Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Iman

julian's picture

Spionase

 

Bacaan Alkitab: 1 Petrus 5: 8-9

 

Spionase berasal dari bahasa Perancis, yaitu "espionnage", artinya pengintaian atau memata-matai. Spionase adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah ataupun individual, untuk memperoleh informasi yang sangat rahasia tanpa adanya izin dari pemilik informasi tersebut. 

julian's picture

Keluar Dari Kekhawatiran

 

Bacaan Alkitab: Matius 6:25-34

 

 

Khawatir atau kuatir adalah takut, gelisah, atau cemas terhadap sesuatu yang belum terjadi. Rasa takut atau khawatir dimulai sejak Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa. Mereka bersembunyi karena takut bertemu dengan Tuhan, sebab mereka telah berdosa. 


Sejak itu, semua orang memiliki rasa khawatir, takut, cemas, atau gelisah. 

julian's picture

Mencintai Walau Harus Terluka

Bacaan Alktab: Yohanes 3:13-16

 

Pada masa kini, akan sulit ditemukan orang-orang yang mencintai orang lain sampai harus menderita atau terluka seumur hidup. Pengorbanan seperti ini, dilakukan oleh Suaidah Nasution. Ia menderita cacat permanen akibat luka bakar yang dilakukan oleh kekasihnya Sahala Raja. 

 

julian's picture

Died For 20 Minutes

Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 7:55-60


Pengalaman yang paling ditakutkan oleh banyak orang, mungkin saja adalah ketika kematian menjemputnya. Saya pernah melihat seseorang yang belum mengenal Tuhan yang akan segera meninggal. Seketika wajahnya seperti diselimuti oleh ketakutan yang besar.

 

Berbeda dengan orang percaya yang dipanggil Tuhan, wajahnya tenang dan ia siap pulang ke rumah Bapa. Kisah seseorang di ambang kematian dan bisa hidup kembali, sangat jarang ditemui sehingga jika ada yang menyaksikan pengalamannya, sangat sulit diterima oleh logika kita.

 

Namun kenyataannya, ada juga orang yang mengalami pengalaman demikian, "mati selama 20 menit", dan ketika Tuhan Yesus menyentuhnya, ia pun hidup. 

julian's picture

Ketaatan Menghancurkan Tembok

Bacaan Alkitab: Yosua 6: 1-27


Kisah tentang runtuhnya tembok Yerikho dianggap sebagai cerita dongeng oleh para pengkritik Alkitab. Hal ini, tentu bisa mempengaruhi iman, sehingga sebagian orang Kristen meragukan Alkitab. Namun, sanggahan para pengkritik dapat diabaikan dengan adanya bukti sejarah.

 

Pada tahun 1931, seorang arkeolog, yang bernama John Garstang menemukan reruntuhan tembok Yerikho. (Baca juga:  Teologi Paulus dalam Surat Titus )

julian's picture

Menggunakan Kesempatan

Bacaan Alkitab: (Daniel 1:8; 2:48; 6:1-29)

 

Terlahir di dunia ini bukanlah suatu pilihan, melainkan sebagai kesempatan untuk hidup bermanfaat, bermakna, menjadi berkat, dan memiliki kualitas secara rohani. Kita tidak bisa memilih hari, tanggal dan tahun untuk terlahir di dunia ini.

julian's picture

Tampil Inner Beauty

Bacaan: Ester 2:9; 4:1-17; 5:1-8


Memiliki kecantikan fisik tentunya merupakan dambaan setiap wanita di berbagai belahan bumi ini. Berbagai daya dan upaya dilakukan agar diri mereka terlihat cantik dan mengagumkan di mata orang banyak. Sebab itu, tidak heran ada yang berani mengorbankan banyak hal untuk memperoleh kecantikan fisik ini.  (Baca juga: Surat Tilang)

gracedepth's picture

Gereja - Sebuah Museum atau Sebuah Rumah Sakit?

http://www.gracedepth.com/gereja-sebuah-museum-atau-sebuah-rumah-sakit/

 

julian's picture

Melibatkan Tuhan

 

Bacaan: 1 Samuel 13:5-14; Yakobus 4:13-17

 

Tindakan dalam mengambil sebuah keputusan ketika diperhadapkan oleh dilema kehidupan, baik dalam keluarga, pekerjaan, maupun pergaulan, tentu dapat berdampak positif atau negatif. Dibutuhkan kebijaksanaan dan solusi yang tepat agar dapat menyelesaikan persoalan dengan baik.

guestx's picture

Masihkah Ada Gunanya Menjadi Kristen ?

Atau, bolehkah saya bertanya : Masihkah ada gunanya Kristen di dunia ini ?

Ups!

Membaca berita tentang 'prestasi' orang-orang berlabel Kristen di negeri ini, saya bertanya tentang dua hal yang menjadi judul artikel ini dan yang menjadi kalimat pembuka di atas.

vasiliaskid's picture

Bertanya dan menjawab tentang "kepercayaan" (Part I)

Dalam Bahasa Inggris, kita bisa menyebutnya "conviction", "belief" bahkan bisa mengacu dengan kata "faith"

Dari 3 kata ekspor diatas, berikut sedikit pengertiannya :

Conviction : a strong belief or opinion, the feeling of being sure that what you believe or say is true.

N.Brady's picture

Catatan harian : Keagungan firman Allah (memisahkan,menyempurnakan,membimbing dan menguatkan

Kuasa firman Allah melalui kerja  Roh Kudus memisahkan antara hal yang baik dan buruk di hati manusia. Membuka/menunjukan segala tujuan dan pemikiran di hati seseorang melalui hikmat dan pengertian akan kemuliaan dan  kekudusan Allah. Merubah dan pola pikir dan kharakter manusia untuk menjadi seperti kharakter Kristus. 

tonypaulo's picture

Absolutnya Alkitab

Beberapa saat yg lalu, gerombolan liberal seperti @GuestX, @Moron dsb, secara terbuka dan implisit (malu2 kucing) menggugat ke-absolut-an alkitab, sayangnya dakwaan mereka lahir dari minimnya wawasan mereka terhadap sejarah kanonisasi alkitab, namun tetap pede untuk menggugat ke-absolut-an alkitab

victorc's picture

Khotbah: belajar percaya

Shalom saudaraku,

Kemarin saya mengikuti ibadah sore di salah satu gereja, tema khotbah tentang Belajar percaya. Khotbah ini sangat memberkati saya, karena itu izinkan saya berbagi apa yang saya dapat dari khotbah kemarin. Selamat membaca.

Kotbah: Belajar percaya

Teks: Yoh. 11:1-15
Waktu: 4 Oktober 2015 pk. 17.00
Pengkhotbah: Pdt. John Hotman Gurning
N.Brady's picture

Tuhan aku percaya

Pada saat kita menghadapi situasi tertentu terkadang kita tak tahu apa, bagaimana dan kapan harus berdoa. Ini adalah suatu hal yang wajar bagi orang percaya dan bukanlah suatu kelemahan namun suatu bukti bahwa kita memerlukan petunjuk Tuhan. Kita tidak tahu jawaban akan situasi yang kita alami namun Tuhan tahu. 

teograce's picture

Melihat Ke Depan, Melihat Ke Belakang

"Trust" dan "Believe". Dua kata dalam bahasa Inggris yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan menggunakan kata "percaya". Dua hal yang sebenarnya sangat berbeda. Belasan tahun yang lalu adalah pertama kalinya saya mengetahui perbedaan dua kata ini. Tapi sampai saat ini, kemungkinan besar iman saya terhadap Tuhan masih "Believe" belum "Trust". 

aletheia audio's picture

Renungan Voice Note

Shalom...
senang bisa ikut bergabung di forum ini.

melihat begitu pesatnya pergerakan Kekristenan akhir-akhir ini, kami rindu untuk memberikan warna bagi kegerakan Injil di Indonesia. Dimulai dari beberapa orang yang rindu untuk membagikan Firman Tuhan, kami membuat sebuah web site yang berisi renungan-renungan inspiratif yang pasti dapat menguatkan kita.

sandiputra's picture

Pertumbuhan Iman Kristiani

Pertumbuhan iman orang Kristen mengalami tiga tahap yang di tandai dengan Baptis Air, Baptis Roh Kudus dan Baptis Api (lht. "Karunia Bahasa roh - Baptis Roh Kudus - Baptis Api").

Kejarlah Kasih's picture

Ditentukan-Nya Dari Semula

Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. Roma 8:30

Prasangka buruk tentang Allah dan ajaran tradisi membuat ayat tersebut ditafsirkan menjadi: Allah menentukan dari semula hanya sebagian kecil manusia yang akan diselamatkan.

Teori yang mengajarkan hanya sebagian manusia selamat dan sebagian lainnya akan disiksa selama-lamanya adalah teori kejam.

Kunci untuk memahami ayat tersebut terletak pada fakta tentang siapa yang dibenarkan-Nya.