Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Spionase

julian's picture

 

Bacaan Alkitab: 1 Petrus 5: 8-9

 

Spionase berasal dari bahasa Perancis, yaitu "espionnage", artinya pengintaian atau memata-matai. Spionase adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah ataupun individual, untuk memperoleh informasi yang sangat rahasia tanpa adanya izin dari pemilik informasi tersebut. 

 

Kegiatan spionase pada mulanya dianggap sebagai suatu kegiatan memata-matai musuh, terutama untuk tujuan militer, tetapi kini telah berkembang untuk memata-matai perusahaan. Istilah ini disebut spionase industrial.


Tugas Spionase biasanya dilakukan oleh agen spionase. Kegiatan spionase, saat ini tidak pernah berhenti hubungan antar negara terlihat damai.    

 

Kegiatan  ini terus berkembang seiring perkembangan zaman dan teknologi. Sebab, kegiatan spionase tidak hanya menggunakan agen-agen secara fisik, tapi juga menggunakan program-program komputer dan pengiriman virus ke komputer, untuk memperoleh informasi penting dari negara-negara musuh. Hal ini disebut dengan "cyber spionase".  

 

Pada tahun 2013, salah satu kegiatan "spionase kuda troya" Rusia terbongkar. Rusia mencoba sistem informasi komputer negara anggota G20 pada Konferensi Tingkat Tinggi di St. Petersburg. Praktek ini pertama kali diberitakan oleh dua koran Italia II Corriere Della Sera dan La Stampa.     

 

Ditemukan di dalam benda berbentuk USB atau charger, berlambang logo G20 telah dipasang alat yang mampu menyedot data di komputer dan handphone, termasuk data email dan SMS. Oleh koran harian La Stampa, penyadapan ini dijuluki spionase kuda troya. "Ini adalah 'kuda troya' yang dirancang untuk mencuri informasi dari komputer dan telepon seluler," tulis harian La Stampa.    

Spionase 

Praktek spionase ternyata jauh sebelumnya telah diterapkan dalam Alkitab. Salah satunya Yosua mengutus dua orang pengintai untuk mengintai negeri Kanaan. Namun, buat mereka oleh Raja Yerikho dan raja ingin ....


Baca selengkapnya: klik disini