Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Alkitabiah

tonypaulo's picture

Seputar penghianatan Yudas Iskariot

Ada tafsir yang berkembang yang sedemikan mirip dengan tafsir gnostik, belakangan muncul di sabdaspace ini.

Tafsiran pertama : Tuhan Yesus mendorong untuk Yudas menghianatinya, bahkan Tuhan Yesus mengijinkannya

Tafsiran kedua : penyesalan Yudas Iskariot diartikan sebagai pertobatan, dan penyesalan dengan tindakan bunuh diri adalah tanggung jawab iblis

king heart's picture

Memberi dan Menerima

 Kis 20:35 Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."??

Purnawan Kristanto's picture

Hidup Selibat itu Alkitabiah

SelibatDalam tulisan Dede Wijaya tentang hidup selibat di gereja Katolik,  dia dengan gegabah menuduh bahwa hidup selibat yang dijalani oleh rohaniwan Katolik itu tidak Alkitabiah. Dia mengajukan argumentasi bahwa Petrus yang dianggap sebagai Paus yang pertama ternyata menikah. Setelah itu Dede mengutip Matius 19:12, lalu menyimpulkan bahwa kewajiban hidup selibat itu tidak Alkitabiah, sebab mestinya keputusan untuk hidup selibat itu harus berdasarkan kemauan sendiri, bukan karena diharuskan.

 
Mestinya yang lebih berkompeten menanggapi tuduhan Dede Wijaya adalah orang Katolik sendiri. Sembari menunggu tanggapan itu, baiklah saya paparkan hasil pembelajaran saya. Saya tidak berpretensi bahwa tulisan ini akan mengubah pandangan Dede Wijaya, tapi setidaknya tulisan ini akan memberikan perspektif lain yang dapat dipertimbangkan untuk mencerna sebelum mengambil kesimpulan bahwa hidup selibat para rohaniwan Katolik itu tidak alkitabiah.

ebed_adonai's picture

"Mawar kemanda, Mbak?"

Mawar kemanda (=mau ke mana), Mbak?” demikian sapa kami ramah, kepada seorang waria yang kami jumpai di tempat mangkal mereka, di tengah kebekuan malam di kota XYZ.
ebed_adonai's picture

Mitos Pergumulan Allah Dalam Kisah Penciptaan

 

Pembaca yang budiman, Kisah Penciptaan dalam Kitab Kejadian tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya banyak hal-hal menarik yang terkubur di dalam kisah Penciptaan tersebut? Mungkin banyak di antara pembaca yang mengingkari adanya polesan mitos yang terpendam di dalam Kanon PL (dan Alkitab secara keseluruhan juga), yang menurut hemat saya, justru hanya bisa dipahami, kalau kita mau mencermati mitosnya (dan bukan membuangnya). Karena itu, tidak heran jika dulu seorang ahli seperti PB Rudolf Bultmann mengatakan bahwa Injil-injil hanya bisa dipahami jika unsur-unsur mitosnya dibuang (demitologisasi). Baiklah, beberapa mitos memang tampaknya seperti berdiri sendiri, dan tidak ada kait-mengaitnya dengan isi Alkitab. Namun banyak juga bagian-bagian yang sulit dalam Kanon PL yang justru bisa diterangkan dengan baik (antara lain seperti yang terdapat dalam kisah Penciptaan ini) melalui mitosnya, sehingga sulit bagi kita untuk memungkiri bahwa keberadaan mitos tidak penting dalam studi Alkitab. Ya, memang itu hak anda masing-masing dalam memandang dan menginterpretasi Alkitab; sebagai dokumen historiskah, teologiskah, atau something in between. Monggo.
ebed_adonai's picture

"Berdosa nggak Pak, kalau wanita yang di atas?"

 

Ya, judul di atas adalah salah satu dari tiga buah kalimat menarik seputar masalah seks, yang saya dapatkan dari orang-orang Kristen yang pernah saya temui dalam perjalanan pelayanan saya. Berikut adalah petikan dari ketiga kalimat tersebut, yang akan saya jelaskan satu-persatu:
ebed_adonai's picture

Mitos "Istri-(istri) Adam"

 

 

Pembaca yang budiman, pernahkah anda mendengar cerita bahwa Adam memiliki istri lebih dari satu? Di kalangan bangsa Yahudi, terdapat mitos yang menyatakan bahwa sebenarnya Adam mempunyai tiga istri (!). Menurut para ahli, mitos ini berkembang sebagai akibat perbedaan dari kisah penciptaan menurut Kej 1:1-2:4a dengan apa yang terdapat dalam Kej 2:4b-25.

alkitabiah's picture

Penyesatan Melalui Ibadah Pelepasan

Saat ini banyak sekali penyimpangan yang dilakukan oleh gerakan karismatik, salah satunya adalah ibadah pelepasan. Seolah-olah ada orang yang hebat, berkuasa dan "diurapi" berteriak-teriak, menengking dan mengusir iblis yang "katanya" ada dalam diri seseorang.

jesusfreaks's picture

PENAMPAKAN YESUS

Sebuah email kembali bikin gw gerah.

email ini tentang keharusan mem forward Gambar Penampakan Yesus di Meksiko.

katanya, kalau tidak diteruskan BISA SIAL.

seperti biasanya, ya gw terima email itu, ya gak gw TERUSKAN, nge test, atau nguji gitu loh.

soal sialnya, ya kebetulan hidup gw sering sial juga, ya nothing to lose lah.