Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

hukuman

ebed_adonai's picture

Hukuman mati?: Sebuah Renungan Pribadi atas Eksekusi Enam Terpidana Kasus Narkoba

"Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, .... .... .... ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu..." 

(Pengkhotbah 11:9 - 12:1)

mujizat's picture

Api siksaan

Sesungguhnya, mereka sebagai jerami yang dibakar api; mereka tidak dapat melepaskan nyawanya dari kuasa nyala api; api itu bukan bara api untuk memanaskan diri, bukan api untuk berdiang! (Yesaya 47:14)

Ayat itu menarik hatiku.

Yesaya pasal 47 terdiri satu perikop, mengenai hukuman Tuhan atas negeri Babel yang dipakai Tuhan untuk "menghukum" atau mungkin lebih tepatnya "menghajar" bangsa Israel oleh sebab kejahatan pemberhalaan bangsa itu, namun Babel bertindak keterlaluan terhadap bangsa keturunan Yakub tersebut, sehingga Tuhan hendak menghukum Babel dengan api, bukan bara api untuk berdiang atau untuk memanaskan diri, melainkan api yang membinasakan, api yang menghanguskan.

mujizat's picture

Alasan TUHAN memusnahkan suatu bangsa

18 Kenajisan, Alasan TUHAN memuntahkan suatu bangsa

Kitab-kitab Musa mencatat perbuatan-perbuatan tegas TUHAN terhadap bangsa-bangsa tertentu misalnya “pemusnahan massal” atas Sodom dan Gomora yang dilakukan dengan “tangan-Nya” sendiri, lalu “pemusnahan” bangsa Kanaan melalui tangan bangsa Israel baik di bawah komando Musa maupun yang kemudian diteruskan oleh Yosua yang tentu saja tidak terlepas dari campur tangan TUHAN. Membaca kisah-kisahnya mungkin kita akan membayangkan kengerian apa yang menimpa mereka yang sedang mengalami proses pemusnahan, bagaimana jerit ketakutan, kengerian, kalang kabut orang-orang Sodom dan masyarakat gomora, dari bayi yang masih merah hingga kakek nenek yang sudah bau tanah, dari seekor kuman sampai lembu sapi, semuanya musnah oleh panasnya api belerang dengan jeritan terakhir mereka masing-masing. Kemudian juga kengerian apa yang dialami oleh suku-suku bangsa yang sedang menunggu giliran untuk mati ketika mereka sudah mendengar berita-berita pemusnahan suku-suku yang merupakan bagian dari bangsa Kanaan oleh suatu “bangsa pendatang” yang tidak terlawan  yang bernama ISRAEL. Tetapi benarkah tanpa alasan yang jelas maka TUHAN membiarkan “kebiadaban” Israel dan bahkan Dia sendiri yang mendukung aksi-aksi kekerasan tersebut? Salah menilai sesuatu kejadian tanpa belajar memahami latar belakang terjadinya sebuah peristiwa dapat mendorong seseorang memberikan kesimpulan yang salah mengenai TUHAN, dan bahkan mungkin saja akan membuat seseorang menghina kekudusan TUHAN.

king heart's picture

Hukuman mati

Bulan bulan belakangan ini di tanah air tampak isu mengenai hukuman mati menjadi isu yang hangta baik di media cetak maupun TV. Apalagi pada tahun ini kelihatannya Kejaksaan lagi "cuci gudang" narapidana terpidana mati. Pendapat masyrakat baik umum, terpelajar maupun para pakar tampaknya terbelah namun dengan indikasi lebih banyak yang mendukung hukuman mati dijatuhkan. Berbagai argumen mendukung dan menolak disampaikan dengan sama baik dan meyakinkan dengan perspektif masing masing. Hasil akhir tampaknya hukuman mati masih belum akan dihapus dari negeri ini.