Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Manusia

manusia biru's picture

Menang atau Kalah

Kecenderungan setiap orang pasti ingin dinilai baik oleh orang lain. Jika ada hal-hal yang tak beres/bermasalah dan diketahui orang lain, kita cenderung ingin banyak berargumen untuk membela diri. Tidak salah, karena memang kecenderungan manusia itu seperti ini. Namun, sebagai orang yang sudah ditebus Allah, kita sudah tidak berhak lagi memiliki diri kita sendiri apalagi membela diri. Hidup baru yang sudah kita terima dari Allah, hanya karena anugerah Allah saja. :)

ebed_adonai's picture

Hukuman mati?: Sebuah Renungan Pribadi atas Eksekusi Enam Terpidana Kasus Narkoba

"Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, .... .... .... ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu..." 

(Pengkhotbah 11:9 - 12:1)

antonic's picture

Manusia di Mata Allah, Sebuah Perspektif.

      

Orang yg paling berhikmat pernah berkata: 

Veritas's picture

Pandangan Manusia Modern Tentang Kitab Musa

Sebenarnya saya ingin sekali melakukan ujicoba mengenai pendapat orang modern (yang belum dikotori oleh doktrin-doktrin AGAMA) terhadap Kitab Musa. Misalnya kita mengambil beberapa sample manusia modern yang dididik dalam pendidikan matematika, biologi, ethic, Medical dll yang ada didunia modern tanpa pernah mengajarkan doktrin keagamaan.

josia_sembiring's picture

Humanisasi atau Manusia Super yang nyata?

Kitab Yahudi dan Kristen banyak menceritakan bagaiamana Sang Pencipta digambarkan seperti manusia. Pencipta bisa berjalan, bisa berbicara, bisa memiliki emosi dan semua hal-hal yang sama dengan manusia. Hanya saja perbedaaannya adalah Sang Pencipta memiliki kuasa yang luar biasa. Tak heran, hampir semua manusia-manusia yang berhadapan dengan sang pencipta dizaman dahulu memiliki ketakutan yang luar biasa, termasuk orang-orang hebat sekelas Adam, Abraham, Musa. Pertanyaan yang muncul adalah : Mengapa harus takut?

Saya masih ingat pengalaman saya sewaktu berumur 5-17 tahun dimana saya mengenal orang orang yang saya takuti. Orang tersebut adalah : Orang Tua saya, Guru saya. Bagi saya, mereka memiliki kuasa yang luar biasa jauh diatas saya. Hal inilah yang membuat saya takut. Apalagi saya tahu mereka itu sama seperti saya hanya perbedaannya adalah mereka memiliki kuasa lebih dibanding saya. Saya takut dipukul, dimarahi dan hal2 yang tidak menyenangkan bagi saya.

josia_sembiring's picture

Titan's Winter

Kebudayaan Yunani nan eksotis menyimpan cerita cerita menarik seputar makhluk-makhluk sakti dan hebat. Cerita-cerita itu dikenal dengan sebutan mitologi Yunani. Tak kalah hebat dengan cerita-cerita kehebatan Allah Israel (YH*H).

Kalau di kisah Israel kita bisa melihat kehebatan Y**H membelah laut merah, maka dikisah Yunani pun banyak hal-hal menarik dan fantastis.

josia_sembiring's picture

"Biarkan sebuah Kakimu diluar lingkaran"

Kebanyakan orang Kristen yang saya kenal bermain aman dalam mempelajari hikmat2 atau filsafat2 ataupun doktrin2 yang beredar luas di Bumi Tercinta ini.

Veritas's picture

Makhluk Hidup atau Manusia?

Ada yang berkata bahwa manusia itu terdiri atas tubuh, jiwa dan roh. Hingga detik ini, saya masih bingung dengan pembagian tersebut. Okelah, misalnya tubuh (jasmani), saya masih mengerti, namun jiwa dan roh? Sangat sulit untuk dimengerti. Sebenarnya istilah ini dipopulerkan oleh Surat Tesalonika. Namun setelah saya baca, surat tersebut tidak membicarakan masalah pembagian manusia.

chacanda che-q thaT's picture

Dosa dan Manusia

A.  DEFINISI DOSA.
Kata dosa berasal dari bahasa yunani yaitu :

Kata 'hamartêma' berasal dari kata kerja 'hamartanô', "berdosa" atau
"berbuat dosa", lebih menitikberatkan pada dosa itu sendiri ketimbang
tindakannya. Secara konseptual kata ini berarti "tidak mendapat bagian atau tidak terhidar dari sasaran. Oleh karena itu penulis menyimpulkan bah dosa adalah tindakan manusia yang melanggar perintah atau hokum Allah. Manusia jatu kedalam dosa karena di pengaruhi oleh kemauannya sendiri mau ingin jadi seperti penciptanya. Hal dan tindakan seperti ini yang menyebabkan manusia jatuh.

antonic's picture

semua manusia telah berdosa?

5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semu

Yenti's picture

Cerita Manusia

Tahapan Usia


1-25 tahun : Kehidupan manusia adalah seperti Kuda, yang hidup di dalam kesenangan tanpa harus berpikir macam-macam. Tanpa bekerja, uangpun akan datang .
26-55 tahun : Kehidupan manusia seperti Sapi, yang harus selalu bekerja keras untuk menopang keluarga
gee's picture

Inilah Keselamatan

Betapa besarnya kuasa Allah sehingga saya tak henti-hentinya bersyukur karena berkatnya yang melimpah. Dan tak henti-hentinya hatiku berdoa kepadaNya.

Adrina's picture

Siapakah Yesus Kristus Ditinjau Dari Tiga 'Era' KeberadaanNya

Yesus Kristus adalah pribadi yang luar biasa! Tidak ada satu tokohpun didunia ini yang sefenomenal tokoh ini. Ia bukan saja dihormati, di puji dan di sembah oleh para pengikut-Nya, tetapi juga di hina, di caci dan di anggap sebagai mahluk ciptaan belaka.

unyil's picture

Dua Benih, Dua Garis Keturunan

Dua Benih, Dua Garis Keturunan

Kloter 9

 

crom's picture

Diseruduk Kambing

Terkadang kalau dilihat...bahwa kambing suka seradak seruduk...
Mengapa dia suka seradak seruduk...?
Bisa jadi dia ingin mempertontonkan kekerasan kepalanya...
Dan pada umumnya kekerasan kepala kambing identik dengan kesombongannya...

Muhammad Sholihin's picture

Kebenaran ...... "Manusia & Allah"

 

Banyak orang berkomentar mengenai "kebenaran", tapi mereka semua hanya dapat memahami dalam kapasitas sebagai manusia yang "dangkal"- Allah lebih dalam......di luar pemikiran manusia

Kebenaran Allah yang paling benar bukan pemahaman kebenaran kalian sendiri....

 

andryhart's picture

Di mana Allah?

Ketika mengalami cobaan, kita selalu bertanya di manaAllah pada saat kita membutuhkan?

Debu tanah's picture

Manusia “sama seperti” binatang

Benarkah manusia adalah ciptaan Allah yang mulia? Aku nyaris tidak percaya, karena mataku sendiri telah melihat perbuatan-perbuatan jahat yang sanggup dilakukan oleh manusia yang katanya diciptakan menurut rupa dan gambar Allah…

Sigit's picture

Manusia di dalam Allah

"Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan
rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan
burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas
segala binatang melata yang merayap di bumi. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar
Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka." (Kej 1:26-27)

Yenti's picture

Pengorbanan - Hari Raya

Dua hari Raya yang dirayakan pada zaman sekarang , dan dua-duanya merupakan hari raya yang didasarkan pada suatu pengorbanan

===================================================== 

Perayaan Hari Raya Makan Dingin