Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Etika

ebed_adonai's picture

Hukuman mati?: Sebuah Renungan Pribadi atas Eksekusi Enam Terpidana Kasus Narkoba

"Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, .... .... .... ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu..." 

(Pengkhotbah 11:9 - 12:1)

tonoutomo's picture

jual diri, jual gereja sampai jual Yesus

apa mau dikata ketika suaminya terpaksa masuk penjara gara-gara menabrak sopir becak 6 bulan yang lalu mengakibatkan surti harus mulai menjual seluruh barang-barang yang ada di rumahnya. sebagai istri seorang sopir truk pocokan surti seratus persen bergantung pada nafkah yang diberikan suaminya yang paling-paling sehari mendapatkan 50 ribu.
Miyabi's picture

SABDASpace Salah Urus atau Salah Rumus???

Sabdaspace dalam Tentang Kami  merancukan etiket (tata pergaulan) dengan etika (tata nilai). Kesantunan bukan nilai. Yesus tidak selalu santun. Yesus tidak selalu mematuhi etiket. Namun Yesus selalu menjungjung tinggi NILAI. Yesus menanam NILAI itu dalam hati sanubari para murid yang kemudian sampai ke kita dalam wujud Alkitab.

Miyabi's picture

Perumpamaan Tentang Jendela yang Pecah

Membaca dennis dan dreamz menyinggung the law of deminishing return, saya pun jadi ingin membahas istilah ekonomi yang lain, yaitu soal broken window fallacy, sebuah kesalahan berpikir yang men

Purnawan Kristanto's picture

Siaran Langsung Penggerebekan di Temanggung:Jurnalisme atau Reality Show?

 

Courtesy: Kompas
 
Peristiwa penggrebekan sebuah rumah di Temanggung, yang diduga menjadi tempat persembunyian teroris, telah menjadi sebuah tayangan televisi yang dramatis. Sejak pukul 10 malam, dua stasiun berita telah menempatkan mobil produksi mereka dan membuat siarang langsung lewat satelit. 
Pada mulanya tayangan visualnya tidak begitu menarik karena lokasi kejadian sangat minim cahaya. Polisi sengaja memadamkan listrik di rumah yang menjadi sasaran serangan. Penerangan hanya didapatkan dari lampu empat mobil yang diarahkan pada rumah tersebut. Sementara itu, karena alasan keamanan, para jurnalis hanya dapat mengambil gambar dari jarak yang tidak ideal. Maka gambar yang dihasilkan hanya dua buah titik cahaya di tengah-tengah kegelapan. Karena tidak berhasil menangkap gambar yang menarik, maka reporter TV hanya mengulang suara-suara tembakan yang terekam oleh mike kamera. Sesekali, mereka menampilkan suasana warga masyarakat yang mulai berjubel untuk menyaksikan tontonan yang langka ini. Ini pun dengan kualitas gambar yang mengecewakan karena sering “out of focus”.
king heart's picture

Etik

 

Etik atau sekarang sering rancu disebut etika adalah kumpulan asas / nilai berkenaan dengan akhlak atau nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Etika adalah ilmu tentang etik. ( Sumber : KKBI Daring, Pusat Bahasa DepDikNas RI )
Mirandola's picture

Apostasy dalam Surat-surat Paulus (2)

Sambungan (Bag. 2….Apostasi dalam Surat-surat Paulus)

Memahami Locus (Tempat) Tuntutan-tuntutan Etis dalam Surat-surat Paulus: Sebuah Survai Historis

Sampai saat ini, para ahli telah berusaha memberikan jawaban terbaik mereka berkenaan dengan pertanyaan-pertanyaan di atas. Perlu diakui bahwa penulis mendapatkan informasi mengenai pandangan-pandangan ini, terutama dari artikel Schreiner yang berjudul: Perseverance and Assurance: A Survay and a Proposal.

[1]

Dalam artikel tersebut, Schreiner mengulas lima pandangan yang pernah dikemukakan para ahli berkenaan dengan topik ini. Schreiner kemudian mengemukakan pandangannya sendiri yang menurutnya lebih representatif untuk menjelaskan nasihat-nasihat dan peringatan-peringatan dalam Alkitab secara umum, dan surat-surat Paulus secara khusus. Pandangan tersebut kemudian dikembangkan Schreiner bersama Ardel B. Caneday dalam buku berjudul: The Race Set Before Us: A Bibilical Theology of Perseverance and Assurance.

[2]

Jadi, padangan Schreiner dan Caneday membentuk framework dalam ulasan ini. Meskipun demikian, penulis juga akan menyertakan rujukan dari beberapa ahli lain berkenaan dengan setiap pandangan yang dikemukan dalam bagian ini.

[3]

 

Mirandola's picture

Apostasy dalam Surat-surat Paulus (1)

 

Deky Hidnas Yan Nggadas


Pendahuluan: Ruang Lingkup dan Tujuan Penulisan

Di antara sekian banyak topik yang menjadi polemik berkepanjangan dalam Alkitab, topik tentang apostasi yang juga terkait dengan topik ketekunan dan jaminan keselamatan, merupakan “the most hotly debated topic”.

[1]

Diskusi ini dipicu oleh data-data Alkitab (khususnya PB) yang di satu sisi memberikan jaminan yang kuat mengenai kepastian keselamatan orang percaya namun di sisi lain tampaknya membuka peluang bahwa seorang percaya dapat gagal mencapai penggenapan jaminan tersebut. Sejauh yang penulis ketahui, sampai saat ini terdapat empat label teologis (Calvinis Klasik, Calvinis Moderat, Reformed Arminian, dan Wesleyan Arminian) yang menganggap pandangan teologis mereka berbeda (bahkan bertolak belakang) satu sama lain – salah satunya – karena padangan mereka tentang isu tersebut.

[2]

Indonesia-saram's picture

Bagaimana Merespons Komentar di Blog Anda

Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia blog, kecuali Anda adalah seorang yang eksklusif dan hanya menggunakan blog sebagai jurnal pribadi untuk Anda sendiri, Anda tidak bisa menutup mata pada pengunjung. Pengunjung, meski cuma klak-klik menambah jumlah "pukulan" (maksud saya hit) pada tulisan Anda atau halaman blog Anda, bisa dibilang raja.

Rusdy's picture

Etika Allah (tentang perceraian)

Dari pengalaman saya, mayoritas pengikut Tuhan masih sering bertanya "Boleh ini/itu tidak?", atau "Ini/itu dosa tidak?". Tidak salah bertanya seperti ini tentunya, karena dengan bertanya demikian, kita ingin lebih mengenal Allah kita melalui aturan/larangan-Nya.