Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

penciptaan

victorc's picture

Berapakah usia bumi?

Shalom, saudaraku. Beberapa hari lalu ada seorang mahasiswa teologi yang bertanya kepada saya via email: Berapa umur bumi sebenarnya?
victorc's picture

Rusuk

Pendahuluan
Shalom saudaraku, pagi ini saya ingin berbagi perenungan tentang makna istilah "rusuk" dalam teks Kej. 2:21. Ayat ini pasti sudah sering kita dengar dikotbahkan di atas mimbar, sampai-sampai kita tidak ada waktu lagi untuk merenungkannya.
hai hai's picture

Bengcu Menggugat Karena Yesus Kristus Melanggar Firman Bapa-Nya

Handai taulan sekalian, dari generasi ke generasi dengan sewenang-wenang umat Kristen menjadikan Adam, nenek moyang pertama kita sebagai KAMBING hitam padahal hanya ada SATU PELANGGARAN yang MAMPU menyebabkan dosa dan maut masuk ke dunia dan hanya ada SATU ORANG yang pelanggaran-Nya BISA menyebabkan dosa dan maut berkuasa atas seluruh umat manusia. Orang itu adalah YESUS KRISTUS. Dia MELANGGAR firman Bapa-Nya ketika MEMBENTUK manusia dari debu tanah.

josia_sembiring's picture

Kisah Penciptaan dan Konsistensi serta ke-logisan-nya

Memahami  proses penciptaan segala yang ada melalui kitab kejadian sungguh sangat menyenangkan. Proses penciptaan diuraikan secara sistematis dan mudah dipahami. Rangkaian kata demi kata, kalimat demi kalimat saling menerangkan satu sama lain. Awal membaca kisah penciptaan di kejadian 1, sepertinya banyak hal2 yang kita temukan tidak logis dan konsisten. Namun apabila kita baca dengan teliti dan tenang, pasti kita akan melihat jelas bahwa semua kisah penciptaan itu benar2 sangat konsisten dan logis.

Debu tanah's picture

SI UCOK VS NABI PALSU (Part 2)

Sang nabi palsu tidak bosan-bosannya mengajarkan ajaran-ajaran baru yang berasal dari pemikiran nya yang memang tidak normal di SINI.

AJARAN ADAM & HAWA DICIPTAKAN DALAM KONDISI BAYI UMUR 1 HARI

 

Debu tanah's picture

"TERANG" DALAM KEJADIAN 1:3

Dalam diskusi  beberapa waktu lalu yang membahas apakah yang disebut sebagai “TERANG” dalam kejadian 1:3?

1.    Pendapat pertama yang umum diterima adalah bahwa TERANG dalam Kejadian 1:3 adalah gelombang Elektromagnetik, baca SINI.

2.    Pendapat ke dua (oleh Samuel Franklyn) bahwa TERANG dalam Kejadian 1:3 adalah empat fundamental force (  1. Elektromagnetis, 2. Gravitasi 3. Interaksi lemah 4. Interaksi kuat) , baca SINI.

Blog ini saya tulis untuk memenuhi permintaan Bygrace di SINI.

ground's picture

Tidak Percaya Mujizat, lalu apa lagi?

Tidak Percaya Mujizat, lalu apa lagi?

Tidak percaya mujizat, lalu apa lagi? Hanya mau berparadoks saja yaitu tidak percaya namun percaya? Paradoks yang aneh.

Saya menulis ini setelah artikel saya (“Percaya mujizat, kemudian lalu apa lagi?”) untuk “perbandingan” terhadap artikel Hai-hai yaitu “Aku tidak percaya mujizat II” yang mana artikel ini tampaknya mau ber-paradoks terus namun tidak ada ESENSI yang penting di dalamnya .

ground's picture

Percaya Mujizat, kemudian lalu apa lagi?

“Pada mulanya Allah…(Kej.1:1)”. Allah-lah permulaan; penyebab; pencipta dari apa yang tidak kita lihat menjadi kita lihat. Dia menciptakan langit dan bumi-dan segala apa yang kita lihat dan yang tidak kita lihat. Pada mulanya, Dia mencipta dengan perintah firmanNya. Ini bukanlah MUJIZAT atau Tanda atau Keajaiban, karena semua itu tadi terjadi setelah penciptaan awal selesai.

hendro's picture

Tanpa Mujizat

Mujizat tidak sekadar menyatakan hal ajaib yang terjadi, tetapi juga Dia yang mengadakannya. Dengan sangat jelas Pemazmur mengungkapkannya, "Engkaulah Allah yang melakukan keajaiban; Engkau telah menyatakan kuasa-Mu di antara bangsa-bangsa." (Mzm.77:15). Bahkan ia berulangkali mengucapkan syukur kepada Allah akan perbuatan-Nya yang ajaib.

ebed_adonai's picture

Mitos Pergumulan Allah Dalam Kisah Penciptaan

 

Pembaca yang budiman, Kisah Penciptaan dalam Kitab Kejadian tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya banyak hal-hal menarik yang terkubur di dalam kisah Penciptaan tersebut? Mungkin banyak di antara pembaca yang mengingkari adanya polesan mitos yang terpendam di dalam Kanon PL (dan Alkitab secara keseluruhan juga), yang menurut hemat saya, justru hanya bisa dipahami, kalau kita mau mencermati mitosnya (dan bukan membuangnya). Karena itu, tidak heran jika dulu seorang ahli seperti PB Rudolf Bultmann mengatakan bahwa Injil-injil hanya bisa dipahami jika unsur-unsur mitosnya dibuang (demitologisasi). Baiklah, beberapa mitos memang tampaknya seperti berdiri sendiri, dan tidak ada kait-mengaitnya dengan isi Alkitab. Namun banyak juga bagian-bagian yang sulit dalam Kanon PL yang justru bisa diterangkan dengan baik (antara lain seperti yang terdapat dalam kisah Penciptaan ini) melalui mitosnya, sehingga sulit bagi kita untuk memungkiri bahwa keberadaan mitos tidak penting dalam studi Alkitab. Ya, memang itu hak anda masing-masing dalam memandang dan menginterpretasi Alkitab; sebagai dokumen historiskah, teologiskah, atau something in between. Monggo.
tomtam's picture

Bagaimana tulisan Penciptaan bisa ada??

All,

Hii....

beberapa hari lalu saya mendapat pertanyaan ini dari teman2 gereja, mo sok tahu ngejawabnya, ntar anak orang tersesat lagi... gw yang dimarahin sama Bapanya nanti... (red: Papa Jesus)

begini pertanyaannya kawan2..

anakpatirsa's picture

Karena Adam Diciptakan Jam 9.00

Dua ratus tahun terakhir, dunia ilmu pengetahuan dan agama bertempur habis-habisan mengenai sebuah topik, Tuhan. Apakah Tuhan itu ada? Jika ada, apakah Ia Tuhan yang sama dengan yang di Alkitab? Jika ya, seberapa besar peran-Nya dalam pembentukan alam semesta, bumi, serta pembentukan tahap kehidupan pertama sampai ras manusia? Pertempuran itu kemudian meluas ke pertanyaan apakah Alkitab bebas kontradiksi dan kesalahan? Empat puluh tahun terakhir, arah pertempuran sedikit bergeser, lebih banyak mengarah ke masalah umur alam semesta, secara khusus umur bumi. Pertempuran yang juga memecah orang Kristen menjadi dua kubu, kubu yang menganggap alam semesta berusia muda dan kubu yang menganggapnya sangat tua.