Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

mujizat's blog

mujizat's picture

Semoga Hukum Taurat yang INI Masih Berlaku di Masa Kini

Salah satu perintah Taurat yang menakjubkan saya adalah: mengijinkan siapapun yang sedang berjalan di ladang kebun anggur orang untuk memetik buah anggur tersebut dan memakannya di tempat, hanya saja tidak boleh memasukkannya ke dalam kantong untuk dibawa pulang ataupun dijual.

Ulangan 23:24-25
24 "Apabila engkau melalui kebun anggur sesamamu, engkau boleh makan buah anggur sepuas-puas hatimu, tetapi tidak boleh kaumasukkan ke dalam bungkusanmu.
25 Apabila engkau melalui ladang gandum sesamamu yang belum dituai, engkau boleh memetik bulir-bulirnya dengan tanganmu, tetapi sabit tidak boleh kauayunkan kepada gandum sesamamu itu."

mujizat's picture

Mengapa daging Unta haram buat dimakan?

Banyak orang tidak menyadari bahwa Unta ternyata termasuk binatang yang diharamkan oleh Tuhan. Ayat-ayat ini:

Imamat 11:1-4
11:1. Lalu TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun, kata-Nya kepada mereka:
11:2 "Katakanlah kepada orang Israel, begini: Inilah binatang-binatang yang boleh kamu makan dari segala binatang berkaki empat yang ada di atas bumi:
11:3 setiap binatang yang berkuku belah, yaitu yang kukunya bersela panjang, dan yang memamah biak boleh kamu makan.
11:4 Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.

Imamat 11:27
"Demikian juga segala yang berjalan dengan telapak kakinya di antara segala binatang yang berjalan dengan keempat kakinya, semuanya itu haram bagimu;"

mujizat's picture

Membangun Iman di Atas Pondasi Kerupuk

Mualaf. Ada orang yang mengaku mualaf. Mualaf adalah julukan yang diberikan kepada orang yang masuk ke agama Islam dari non-Islam. Seorang yang tadinya beragama kristen, kemudian murtad dari kekristenan lalu berpindah agama menjadi muslim, disebut mualaf. Tapi saya berpikir: dengan alasan apa mereka pindah agama, meninggalkan Kristus? Kekristenan macam apa orang tersebut sebelum akhirnya dia memutuskan murtad dan pindah agama menjadi muslim? Dari sebuah debat yang kulakukan dengan orang yang mengaku mualaf, aku dapat menggali penyebab dia murtad, yakni: landasan iman yang rapuh. Ini seperti sebuah bangunan rumah yang dibangun di atas pondasi kerupuk.

 


mujizat's picture

Rekaman Diskusi Lintas Agama antara Kristen vs Muslim Part #1

Mengisi malam minggu dengan dialog lintas agama di fesbuk dalam sebuah grup. Debat ini terbatas waktu, rencana mulai jam 10 malam sampai jam 12 malam. Berikut copasnya.

 

mujizat's picture

Karakteristik Mujizat nabi Musa vs nabi Elia

Mujizat adalah kejadian luarbiasa yang seringkali keluar atau menyimpang dari kaidah-kaidah yang lazim terjadi di dalam situasi yang lumrah, dimana "Aktor" kejadian luarbiasa tersebut adalah Allah sendiri. Alkitab mencatat banyak peristiwa mujizat ini, yang sekaligus menunjukkan eksistensi Allah dan tanda bukti pengutusan seorang nabi Allah oleh Sang Khalik.  Di antara berbagai peristiwa mujizat yang pernah terjadi di muka bumi ini, biarlah saya ambil contoh sebagian mujizat yang mewarnai pelayanan nabi Musa dan nabi Elia, dua Nabi Besar yang dipercaya untuk menampakkan diri kepada manusia, ratusan atau mungkin ribuan tahun setelah sang nabi "wafat", yaitu nabi Musa dan Elia.

mujizat's picture

Mujizat Energi Supranatural

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Dari Video tentang mantan Imam Muslim, Mario Joseph yang menjadi Kristen setelah mempelajari Quran. Keluarganya mencoba membunuhnya tapi Allah mengijinkan dia untuk melarikan diri, setelah dia disekap 20 hari di kamar sempit tanpa makan/minum dengan tangan dirantai, lalu ayahnya mau membunuhnya. Di saat genting, ada semacam sinar yang memasuki dirinya lewat wajahnya. Anehnya, merasuknya sinar dibarengi dengan timbulnya energi besar dalam tubuhnya. Dia hampir-hampir tidak dapat mengendalikan tubuhnya sendiri oleh energi yang masuk tersebut. Ketika itu dia berteriak, "Yesus..!!" spontan ayahnya terjungkal jatuh ke lantai, masih sambil memegang pisau besar di tangannya.

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

mujizat's picture

Mujizat Elia, Api Turun Dari Langit.

Nabi Elia merupakan salah seorang nabi besar TUHAN dengan kisah-kisah mujizatnya yang luarbiasa. Kitab Raja-Raja setidaknya mencatat dua kisah ketika TUHAN menurunkan api dari langit. Pertama, saat Elia "perang tanding" menghadapi 450 nabi-nabi palsunya Ratu Izebel. Lalu kisah ini mencatat kejadian serupa, yakni turunnya Api Allah menjawab perkataan Nabi Besar Elia.

mujizat's picture

Adam Mewariskan Apa?

Sering kita dengar istilah "dosa warisan". Adam mewariskan dosa. Dosa adalah pelanggaran ketetapan Allah, dan pelanggaran berkonsekwensi hukuman. Maka Adam mewariskan pelanggaran ketetapan Allah, Adam mewariskan hukuman Allah. Adam Hawa yang menikmati lezatnya buah pengetahuan baik dan jahat, anak cucunya yang menanggung hukuman pelanggaran itu. Seperti, "Orang tua memakan buah nangka, anak yang terkena getahnya".

Tetapi apa sebenarnya yang diwariskan Adam kepada kita, anak cucunya? Dosanyakah? Dosa warisan kah? Apa seandainya ada seorang keturunan Adam yang tak pernah berbuat dosa - secuilpun - lalu dia harus masuk neraka, lantaran mewarisi dosa engkong Adam? Jika begini yang terjadi, adilkah? Benarkah? Kebenarannya, beginikah? Saya tidak yakin bahwa setiap orang Kristen memiliki pemahaman yang tepat benar mengenai "dosa warisan" dari Adam ini. Ya... ini topik basi, tapi menurut saya ini penting.

Rebecca Brown, MD, menuliskan dalam bukunya, yang judulnya diterjemahkan, "Menjadi Bejana Kemuliaan". Dia menulis, yang artinya begini:

"Adam mewariskan sifat dosa. Sifat dosa hampir dapat diartikan sebagai,

mujizat's picture

Ketekunan dan Keuletan Yosua dan Elisa

Musa adalah seorang nabi besar. Sepeninggal Musa, "dihasilkan" Yosua yang luarbiasa. Tetapi Yosua "menghasilkan" siapa? Elia juga nabi luarbiasa, dan sepeninggalnya, "dihasilkan" seorang Nabi Elisa, yang juga luarbiasa. Tetapi, Elisa "menghasilkan" siapa? Apakah Yosua gagal mempersiapkan penggantinya? Apakah Elisa juga tidak mempersiapkan penggantinya?

Menurutku, keberhasilan Musa menyiapkan penggantinya memang bukan usaha Musa, tetapi rencana TUHAN sendiri. "Keberhasilan" Musa adalah, karena dia memiliki Abdi yang luarbiasa, namanya "Yosua".

Satu ayat ini menunjukkan perilaku pemuda Yosua yang sangat menghormati hadirat TUHAN.

mujizat's picture

Bodoh, Pintar ataukah Bijaksana?

Saya pernah nonton TV, seseorang berkata, kira-kira begini:

Smart people are people who want to learn from the mistakes of fools; The wise man is one who wants to learn from the experience of smart people; but a fool is one who does not want to learn from others.

Orang pintar adalah orang yang mau belajar dari kesalahan orang bodoh; Orang bijaksana adalah orang yang mau belajar dari pengalaman orang pintar; tetapi orang bodoh adalah orang yang tidak mau belajar dari orang lain.

mujizat's picture

Anak Tuhan dengan roh yang kasar, mungkinkah?

Karakteristik manusia, diakui atau tidak diakui merupakan imbas dari roh yang mempengaruhi roh manusia tersebut. Saat kita masih "manusia dunia", maka kita di bawah pengaruh roh dunia, dan karakteristik roh dunia bermanifestasi melalui karakkter kita, penampilan kita, watak dan tabiat kita. Mungkinkah kita yang mengaku sebagai anak Allah, atau anak Tuhan, kita memperoleh roh yang kasar? Karena dari sisi penampilan, kita adalah pribadi yang kasar? kita memiliki karakter yang kasar?

Yesus menjungkir balikkan meja kursi penukar uang di Bait Allah. Apakah karakter Yesus kasar? Apakah bertentangan dengan perkataanNya sendiri: "..karena Aku lemah lembut"......??

mujizat's picture

Mujizat Nabi Nuh

"Mujizat nabi Nuh" bukan dilakukan seperti Musa mengangkat tongkat memukul bukit batu untuk mengucurkan sumber air, melainkan perbuatan ajaib yang dilakukan oleh Allah di zaman Nabi Nuh, seputar tugas pengutusan sang Nabi.

Ketika Nuh hidup, sebagian besar umat manusia menjalani kehidupan yang rusak, dimana-mana terjadi kekejaman, sehingga Allah bermaksud memusnahkan manusia ciptaanNya dengan mendatangkan banjir besar. Nuh adalah seorang Nabi Allah yang bergaul karib dengan Dia, dan Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat perahu besar. Lalu mujizat apa yang dilakukan melalui Nabi Nuh? 

mujizat's picture

Sejak Kapan Manusia Mengenal Proper-Name Elohim?

Tertulis di Kitab Keluaran :
Allah berfirman kepada Musa, katanya, "Akulah TUHAN. Aku menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi Aku tidak memperkenalkan diri kepada mereka dengan nama 'TUHAN'." (Kel 6:1-2)

Dengan penafsiran lugu, dapat ditulis ulang:

Allah berfirman kepada Musa, katanya, "Akulah YHWH. Aku menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi Aku tidak memperkenalkan diri kepada mereka dengan nama 'YHWH'. (Kel 6:1-2)

Dari ayat ini dapat disimpulkan kalau orang2 sebelum Nabi Musa, mereka belum mengenal nama "YHWH" (orang Yahudi membacanya "Adonai"), lalu mereka memanggil Sang Pencipta dengan apa?

Elohim.

mujizat's picture

Pohon itu bernama Kayu Jati

Pohon kayu jati sebenarnya memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, dengan nilai jual yang mahal, dan ideal untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan mebelair dan alat-alat kebutuhan rumah tangga lainnya. Namun sayangnya, pohon jati yang tumbuh secara alami akan memerlukan kurun waktu yang cukup panjang untuk siap dipanen, misalnya setidaknya harus berumur 25 tahun atau lebih. Namun dewasa ini, dengan rekayasa genetika serta dengan pola tanam yang benar yang didukung dengan pemupukan yang baik, waktu tumbuh pohon kayu jati dapat dipersingkat menjadi hanya 5 tahun saja, dengan diameter sekitar 30 cm, atau sama dengan diameter pohon jati yang tumbuh secara alamiah selama 30 tahun.

Untuk menyemangati pembaca, jika pohon jati tumbuh normal, dan selama 5 tahun mencapai diamater 30 cm bahkan lebih, dan jika harga setiap batangnya mencapai Rp. 20 juta rupiah, sedangkan biaya pembelian benih, pupuk, dan ongkos tanam secara hitungan kasar mencapai Rp. 60.000,- lalu pemeliharaan selama 5 tahun menghabiskan biaya sebanyak Rp. 300.000,- sehingga total biaya setiap pohonnya hanya Rp. 360.000,- maka keuntungan bersih adalah Rp. 19.640.000,-. Itulah keuntungan setiap pohon jati yang kita tanam selama 5 tahun saja.

mujizat's picture

Membedakan roh dengan jiwa

Uya KuyaDalam acara tivi UYA KUYA, ketika si Uya menanyai orang yang dia hipnotis, yang ditanya itu JIWANYA ataukah rohnya? Kalau jiwanya, kok sewaktu ybs sadar, dia tak pernah MERASA ditanyai sesuatu? Menurutku, rohnya, atau dalam bahasa umum, "alam bawah sadarnya" Karena "jiwa" (soul) berhubungan dengan kesadaran, sedangkan "roh" (spirit) berkaitan dengan semangat, dorongan, dsb nya.

 


Contoh mudahnya begini.

Kalau seseorang dicubit tangannya, maka dia merasakan sakit pada tangan yang dicubit itu. Rasa sakit ini dapat dia rasakan dalam keadaan SADAR, yang dia rasakan dengan jiwanya. Lalu... jika seseorang disiksa di api neraka, maka yang merasakan sakit adalah jiwanya juga.

mujizat's picture

Karunia Roh Kudus yang Spontan Mengubahkan

1 Samuel 10:6 Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain. 
Ayat itu tentang ucapan nabi Samuel kepada Saul, calon raja Israel. Dan ucapan itu benar2 terjadi pada diri Saul. Pemuda dari suku Benyamin itu kepenuhan Roh TUHAN yang sontak mengubah Saul bermental raja dan berwibawa.
Sesederhana itulah Roh TUHAN mengubah hati seseorang yang dihinggapiNya.

mujizat's picture

Pertanyaan untuk Teolog Soal Janin Gugur

Bila setiap janin gugur adalah suci tanpa dosa, dan apabila ketentuan masuk sorga hanya berdasarkan "tidak pernah berbuat kejahatan" dan jika arwah janin mati tidak dapat berbuat apa-apa, maka PROSTITUSI atau tempat2 pelacuran mungkin akan menjadi penyumbang terbesar penghuni sorga dari janin-janin gugur. Who knows? Memang dalam kekristenan sebagian besar TIDAK MENGAKUI kalau bayi lahir itu suci tanpa dosa, karena membawa "dosa warisan", katanya.

Syarat masuk sorga menurut Yesus adalah MELAKUKAN KEHENDAK ALLAH (Mat 7:21).

Matius 7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang MELAKUKAN KEHENDAK BAPA-KU yang di sorga.

Sementara ayat lain berkata:

Pengkotbah 9:5 Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.

Bagaimana arwah janin gugur akan dihukum kalau mereka tak pernah lakukan kesalahan pribadi? Bagaimana mereka akan masuk sorga kalau TIDAK PERNAH melakukan kehendak Allah? Karena dalam keadaannya sebagai orang mati, para arwag janin gugur TIDAK DAPAT BERBUAT APA-APA?

mujizat's picture

Bersih Dari Kenajisan Syarat Mutlak Penghuni Surga

Bersih dari segala kenajisan - jika kita sungguh2 meneliti Alkitab - merupakan syarat yang tak dapat ditawar untuk seorang anak manusia boleh mendiami Surga. Yesus bersabda: "Jika kamu hendak berdoa, bila kamu hendak mempersembahkan korban, tetapi kamu teringat dengan masalahmu terhadap saudaramu, tinggalkanlah terlebih dahulu doa dan persembahanmu, lalu berdamailah dengan saudaramu yang bermasalah dengan kamu,.. Baru sesudah itu, kembalilah kamu untuk berdoa dan mempersembahkan korban". Tentu ini bukan kutipan lengkap dari satu dua ayat alkitab, namun "kutipan" dari inti pesan yang diberikan oleh Tuhan Yesus Juruselamat Agung.

Atas pesan tersebut kita dapat belajar, bahwa ternyata konflik dengan saudara, akan membuat jiwa/roh kita menjadi NAJIS sehingga tidak layak untuk berdoa ataupun mempersembahkan korban persembahan kepada Tuhan. Percuma saja kita dengan mulut berteriak lantang di gereja : "PUJI TUHAN, HALELUYA" sementara di hati kita masih tersimpan barang2 berbau busuk yang berasal dari

mujizat's picture

Pintu Gerbang Menuju Mujizat

Sekalipun Injil dan Kisah Rasul2 sudah begitu banyak mengisahkan mujizat2 yang dilakukan oleh Tuhan Yesus melalui Roh Kudus, namun kenyataannya pada saat ini masih terlalu banyak orang Kristen, aktivis2 Kristen, bahkan "hamba2Nya" yang tidak pernah menyaksikan sebuah mujizat, apalagi menjadi pelayan terjadinya sebuah mujizat, semisal mujizat kesembuhan. Tentu hal ini dapat berdampak SALAH,.. dimana bisa saja muncul keraguan apakah mujizat2 yang diceritakan dalam bibel itu adalah kumpulan fakta-fakta sepak terjang Allah ataukah hanya sekedar cerita fiksi. Jika saya tidak pernah menyaksikan, atau menjadi pelayan mujizat, mungkin saja saya akan termasuk salah satu dari kelompok skeptis ini.

mujizat's picture

Humor Orang-Orang Percaya

Tanya: "Kamu puasa ya?"
Jawab: "Rahasia doong"
Tanya: "Lho, kok rahasia? Pasti kamu gak pernah berpuasa"
Jawab: "Kalau aku berpuasa, dan aku beritahu kamu kalau aku berpuasa, maka aku akan RUGI, sebab Tuhan jadi tahu kalau kamu tahu aku berpuasa. Aku tak mau kehilangan upah puasaku, makanya... RAHASIA"