Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Elohim

mujizat's picture

Sejak Kapan Manusia Mengenal Proper-Name Elohim?

Tertulis di Kitab Keluaran :
Allah berfirman kepada Musa, katanya, "Akulah TUHAN. Aku menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi Aku tidak memperkenalkan diri kepada mereka dengan nama 'TUHAN'." (Kel 6:1-2)

Dengan penafsiran lugu, dapat ditulis ulang:

Allah berfirman kepada Musa, katanya, "Akulah YHWH. Aku menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi Aku tidak memperkenalkan diri kepada mereka dengan nama 'YHWH'. (Kel 6:1-2)

Dari ayat ini dapat disimpulkan kalau orang2 sebelum Nabi Musa, mereka belum mengenal nama "YHWH" (orang Yahudi membacanya "Adonai"), lalu mereka memanggil Sang Pencipta dengan apa?

Elohim.

Veritas's picture

Elohim = Alef Lamed He Yod Mem (Serangan kepada si Ngaco Belo)

Belakangan ini, blogger TOP kita mengeluarkan jurus-jurus sakti untuk menyerang para penganut paham Tritunggal. Serangannya benar-benar Massive. Mengapa massive? Karena menulis beberapa blog dan debat yang dijadikan blog. Debat dari pesilat-pesilat TRITUNGGAL hahahaha...

Veritas's picture

Perjalanan sang AKU (1)

Tanah ini kosong, belum ada tumbuh-tumbuhan. Bahkan semak-semak dan rumput pun belum ada. Tidak ada orang disini yang mengusahakan tanah ini. Tapi ada uap air disini naik perlahan dari tanah ini. Tanah ini cocok untuk memulainya

NoStressInDepress's picture

Yesus gak minta disembah Bro&Sis, Napa ye?

Adakah Yesus pernah berkata "Sembahlah Aku"?

TUDUHAN:
Yesus bukan Tuhan!
Adakah sepatah kata yesus menyebutkan

anakpatirsa's picture

Sekali Lagi Tentang Nama Allah

Dalam bahasa Indonesia, kata benda yang jumlahnya lebih dari satu disebut kata benda jamak. Dibentuk dengan memberi perulangan pada sebuah kata. Contoh: 'orang' menjadi 'orang-orang', 'dewa' menjadi 'dewa-dewa'. Sedangkan dalam bahasa Inggris, penjamakkan sebuah kata benda dilakukan dengan memberi akhiran "s" atau "es". Contoh 'god' menjadi 'gods'.