Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

YHWH

jesusfreaks's picture

ALLAH - I am who I am

Manusia : Siapakah ENGKAU ?

ALLAH : I am who I am

 

 

Manusia : Apakah ENGKAU ?

ALLAH : I am who I am

 

 

Manusia : Dari manakah ENGKAU berasal ?

mujizat's picture

Sejak Kapan Manusia Mengenal Proper-Name Elohim?

Tertulis di Kitab Keluaran :
Allah berfirman kepada Musa, katanya, "Akulah TUHAN. Aku menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi Aku tidak memperkenalkan diri kepada mereka dengan nama 'TUHAN'." (Kel 6:1-2)

Dengan penafsiran lugu, dapat ditulis ulang:

Allah berfirman kepada Musa, katanya, "Akulah YHWH. Aku menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi Aku tidak memperkenalkan diri kepada mereka dengan nama 'YHWH'. (Kel 6:1-2)

Dari ayat ini dapat disimpulkan kalau orang2 sebelum Nabi Musa, mereka belum mengenal nama "YHWH" (orang Yahudi membacanya "Adonai"), lalu mereka memanggil Sang Pencipta dengan apa?

Elohim.

Veritas's picture

Elohim = Alef Lamed He Yod Mem (Serangan kepada si Ngaco Belo)

Belakangan ini, blogger TOP kita mengeluarkan jurus-jurus sakti untuk menyerang para penganut paham Tritunggal. Serangannya benar-benar Massive. Mengapa massive? Karena menulis beberapa blog dan debat yang dijadikan blog. Debat dari pesilat-pesilat TRITUNGGAL hahahaha...

Veritas's picture

Perjalanan sang AKU (1)

Tanah ini kosong, belum ada tumbuh-tumbuhan. Bahkan semak-semak dan rumput pun belum ada. Tidak ada orang disini yang mengusahakan tanah ini. Tapi ada uap air disini naik perlahan dari tanah ini. Tanah ini cocok untuk memulainya

kocak humor's picture

TUHANku Tidak Gila Disembah!!!!!!!!!!!!

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQAgF35MekfHBCq_z0aFrMeytdELw8ajaXpRnp7UnDNbY9eR_aORQ

TUHANku adalah ROH
bukan zat PADAT apalagi zat CAIR

 Kej 1:2

hai hai's picture

Allah Mustahil Bapa Karena Yesus Kristus Anak Tunggal Bapa

Benarkah doktrin Tritunggal paling sulit untuk dipahami bahkan mustahil dipahami dengan sempurna manusia? SALAH! Kenapa doktrin Tritunggal jarang sekali dikotbahkan dari atas mimbar-mimbar gereja? Karena banyak pengkotbah yang tidak memahaminya dengan benar! Kenapa Yohanes perlu memberi nama baru Firman (Logos) kepada Yesus Kristus? Apakah nama-nama di dalam Perjanjian Lama dan yang digunakan oleh Yesus selama Dia di dunia tidak cukup untuk menjelaskan kepada manusia tentang Tuhan yang disembah orang Kristen? Bila cukup, mustahil Yohanes memberi-Nya nama baru. Apa yang ingin diajarkan oleh Yohanes kepada kita di dalam Yohanes 1:1-34? Mari kita mencari tahu.

Debu tanah's picture

Musa Melihat Rupa Allah Bapa atau Yesus Kristus?

Siapakah manusia yang terbesar dalam Perjanjian Lama? Banyak yang sepakat bahwa Musa adalah nabi terbesar dalam Perjanjian Lama. Tentang Musa, TUHAN sendiri mengakui dia sebagai manusia yang paling lembut hatinya di seluruh muka bumi dan sebagai manusia yang berbicara secara langsung dengan Dia.

Bilangan
12:7 Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia dalam segenap rumah-Ku.
12:8 Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?"
12:9 Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap mereka, lalu pergilah Ia.

Benarkah Musa melihat rupa TUHAN? Rupa TUHAN yang mana yang dilihat oleh Musa? Allah Bapa atau Anak Allah (Yesus Kristus) ?

pwijayanto's picture

Ini bukan SILOGISME, hanya proposisi

ini kebetulan saya dapatkan di http://www.sabdaspace.org/hanya_untuk_pwijayanto_yang_tidak_mau_bertanya...

berhubung tidak bisa berkomentar di sana, saya posting ulang disini:

tulisan asli saya sebenarnya berupa komentar dalam salah satu topik, tapi nampaknya sekarang  sudah hilang.

================

anakpatirsa's picture

Antara “AKU ADALAH AKU” dan TUHAN


Dalam bahasa sederhana, pada saat Musa bertanya siapa nama Allah, Ia menjawab: "AKU ADALAH AKU." Pertanyaannya sekarang, mengapa orang menyimpulkan bahwa jawaban tersebut merujuk kepada nama Allah yang dalam Alkitab LAI diterjemahkan menjadi TUHAN?

anakpatirsa's picture

Yehowah, Sebuah Kesalahpengertian

Seorang guru mengatakan sesuatu yang membuat saya yang masih duduk di kelas enam sekolah dasar membaca Alkitab sampai selesai. Suatu hari, mungkin karena melihat kami tidak mengerti apa yang ia ajarkan, atau mungkin ia sedang malas mengajar -- saya tidak tahu alasannya. Ia mengganti pelajaran matematika dengan pelajaran agama suku setengah-setengah.