Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

dosa

Pak Tee's picture

Invisible Sin

1. Sang Pendendam

mujizat's picture

Adam Mewariskan Apa?

Sering kita dengar istilah "dosa warisan". Adam mewariskan dosa. Dosa adalah pelanggaran ketetapan Allah, dan pelanggaran berkonsekwensi hukuman. Maka Adam mewariskan pelanggaran ketetapan Allah, Adam mewariskan hukuman Allah. Adam Hawa yang menikmati lezatnya buah pengetahuan baik dan jahat, anak cucunya yang menanggung hukuman pelanggaran itu. Seperti, "Orang tua memakan buah nangka, anak yang terkena getahnya".

Tetapi apa sebenarnya yang diwariskan Adam kepada kita, anak cucunya? Dosanyakah? Dosa warisan kah? Apa seandainya ada seorang keturunan Adam yang tak pernah berbuat dosa - secuilpun - lalu dia harus masuk neraka, lantaran mewarisi dosa engkong Adam? Jika begini yang terjadi, adilkah? Benarkah? Kebenarannya, beginikah? Saya tidak yakin bahwa setiap orang Kristen memiliki pemahaman yang tepat benar mengenai "dosa warisan" dari Adam ini. Ya... ini topik basi, tapi menurut saya ini penting.

Rebecca Brown, MD, menuliskan dalam bukunya, yang judulnya diterjemahkan, "Menjadi Bejana Kemuliaan". Dia menulis, yang artinya begini:

"Adam mewariskan sifat dosa. Sifat dosa hampir dapat diartikan sebagai,

Kejarlah Kasih's picture

Keselamatan Berdasarkan Pengampunan Dosa

Yesus mengakui bahwa Yohanes Pembaptis adalah utusan yang mempersiapkan jalan bagi Dia dan meluruskan jalan-Nya. Dari semua manusia yang dilahirkan perempuan, tidak ada yang seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.

 

Yohanes Pembaptis adalah nabi Allah Yang Mahatinggi. 

 

untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, Lukas 1:77 

 

Yohanes Pembaptis bernubuat bahwa Anak Domba Allah akan menghapus dosa dunia.

myjourney's picture

Berjuang dari dosa gay

halo semua, saya sudah lama ingin sekali berbagi perjalanan iman saya bersama Tuhan, saya berharap kalian semua bisa memberikan masukan dan mennguatkan saya, karena saya snagat membutuhkan dukungan rekan2 seiman....

saya adalah seorang gay (bahkan tidak jelas apakah saya biseks atau tidak). hingga saat ini saya masih merasa ketertarikan kepada sesama jenis.

Veritas's picture

Penjara dibalik kata selamat

Penjara adalah sebuah kata yang merepresentasikan sebuah tempat sempit yang khusus dihuni oleh para terhukum akibat melakukan tindakan melawan hukum. Yang memegang kunci penjara adalah pengawas penjara (sipir) dan penghuninya tidak bisa keluar bebas tanpa persetujuan dari sipir dan jadwal yang telah diberikan oleh pengelola penjara.

Pak Tee's picture

Setitik Nila

      Pengusaha itu mengajakku duduk. Dalam pembicaraan kami kemudian tiba-tiba saja Beliau menyebut nama Bapak Wahyudi (bukan nama sebenarnya), yang juga seorang pengusaha sekaligus direktur sebuah bank. Dan ceritanya mulai mengalir.

mujizat's picture

Potongan lagu tomat tobat maksiat Wali

.......

Reff:

ingat mati, ingat sakit
ingatlah saat kau sulit
ingat ingat hidup cuman satu kali

berapa dosa kau buat
berapa kali maksiat
ingat ingat sobat ingatlah akhirat

cepat ucap astafighrullahal’adzim

.......

Itu lah potongan lirik lagu punya e Wali, dan saya lebih tertarik pada baris yang kuberi warna merah.

Sepertinya, sebagian besar orang, mungkin juga termasuk Kristen, ketika dia atau mereka sedang menyongsong sakaratul maut, dimana kemungkinan hidup sudah tidak ada lagi. dimana mau tak mau dia / mereka harus menyerah pada kodrat dimana harus - siap ato ngak siap - menelusuri "lorong" entah seperti apa,

Felly Sotanto's picture

Tiga Kisah, Berawal dari Hati

 

Ini bukanlah sebuah judul film, atau sebuah sinetron. Tapi Ini adalah tiga kisah menarik yang endingnya memang menyedihkan, tapi ternyata ketiga kisah dibawah ini punya awal yang sama. Yakni dimulai dari hati.

 

Veritas's picture

Menghujat Roh Kudus versi orang awam

Kata hujat menurut kamus adalah menghina. Walaupun memiliki makna menghina, tetapi kata hujat diberi posisi terhormat, karena umumnya digunakan apabila berhubungan dengan TUHAN. Menghina adalah perbuatan merendahkan objek yang dihina. 

Debu tanah's picture

Orang yang Pantas Masuk Neraka - 1

Kehidupan diciptakan oleh Tuhan dengan prinsip “kebebasan yang bertanggung-jawab”. Termasuk hal pernikahan. Manusia bebas menikah atau tidak, Tuhan tidak memaksa manusia harus menikah atau tidak, yang jelas harus bertanggung-jawab. Menikah harus bertanggung jawab, tidak menikah pun harus bertanggung jawab.

Wapannuri's picture

Hidup Kudus? Mungkinkah? Saya bilang tidak mungkin!

Sebenarnya saya sudah menulis topik ini di website saya, tapi saya ingin teman - teman memberikan pendapat dan masukan buat saya. Jadi saya kopi-paste saja di sini....lagi belum ada inspirasi untuk nulis nih ! 

 

 

Debu tanah's picture

Dosa Aktif vs Dosa Pasif

Secara tak sadar kita menggolong-golongkan dosa, dosa ini kecil dan dosa itu besar. Dosa si A lebih besar dari dosa ku, “kalo gue masuk neraka, maka si A pasti masuk lubang sumur di neraka”.
mujizat's picture

Dosa 1

Dosa, secara umum berarti pelanggaran terhadap aturan-aturan agama. Dalam versi Kristiani, dosa dapat berupa pelanggaran aturan-aturan Tuhan yang dilakukan baik dengan perbuatan, dengan perkataan maupun dengan pemikiran.
 
Dosa dengan perbuatan, misal: mencuri, korupsi, membunuh, berzinah, tidak beribadah (mengabaikan "hari Sabbat" ).
chacanda che-q thaT's picture

Dosa dan Manusia

A.  DEFINISI DOSA.
Kata dosa berasal dari bahasa yunani yaitu :

Kata 'hamartêma' berasal dari kata kerja 'hamartanô', "berdosa" atau
"berbuat dosa", lebih menitikberatkan pada dosa itu sendiri ketimbang
tindakannya. Secara konseptual kata ini berarti "tidak mendapat bagian atau tidak terhidar dari sasaran. Oleh karena itu penulis menyimpulkan bah dosa adalah tindakan manusia yang melanggar perintah atau hokum Allah. Manusia jatu kedalam dosa karena di pengaruhi oleh kemauannya sendiri mau ingin jadi seperti penciptanya. Hal dan tindakan seperti ini yang menyebabkan manusia jatuh.

Debu tanah's picture

Dibelenggu oleh Tuhan

Yang namanya dibelenggu itu tidak enak. Mau ke mana-mana tidak bisa dan bergerakpun tidak leluasa. Beginilah keadaan manusia setelah berdosa. Mulanya hidup manusia sangat mudah di Taman Eden sebelum manusia berdosa, manusia tidak perlu bekerja, manusia tidak membutuhkan apa apa selain makanan dan minuman, itupun tersedia di Taman Eden.

Debu tanah's picture

Asal Mula Dosa

Betapa suramnya keadaan manusia setelah manusia itu tergoda makan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat. Hanya Adam yang tergoda makan buah beracun sehingga berdosa, kemudian oleh satu orang itu semua manusia menjadi berdosa karena diperanakkan. Selanjutnya penderitaan dan hukuman Allah melanda seluruh dunia. Tampaknya tidak adil ya, kenapa karena satu orang makan buah beracun, seluruh manusia jatuh ke dalam dosa? Dari manakah asal mula dosa?

Debu tanah's picture

Berbuat Kesalahan (Updated)

Siapa yang tidak pernah berbuat kesalahan ?

Baru-baru ini perusahaan kami berbuat kesalahan yang cukup fatal. Sebagai pengemban tanggung jawab saya harus membereskan kesalahan itu. Kami punya pilihan membiarkan dan menutupi kesalahan itu, dan berlaku seolah-olah tidak terjadi sesuatu, tetapi menunggu orang lain (auditor) membongkar kesalahan itu suatu saat nanti.

unyil's picture

Dua Benih, Dua Garis Keturunan

Dua Benih, Dua Garis Keturunan

Kloter 9

 

unyil's picture

Dosa Pertama

Dosa Pertama

unyil's picture

Adam Tidak Pernah Berdusta

Adam Tidak Pernah Berdusta

 Pertanyaan Kloter-3

Unyil bertanya lagi.

Apakah boleh kalau si Unyil menyimpulkan bahwa Adam tidak tercatat pernah berdusta ?

Berdasarkan Kejadian 2:9 – 3:12.

Kejadian 2