Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

mercy's blog

mercy's picture

ALKITAB VS ALKITAB

ALKITAB VS ALKITAB

 

Tulisan di blog ini merupakan pemahaman sederhana saya tentang bagaimana saya “melihat” dan menempatkan dua pandangan yang diambil dari Firman Tuhan, yang sering saya dengar melalui kotbah-kotbah serta cukup sering pula saya baca melalui beberapa tulisan berupa ringkasan kotbah, artikel bahkan tulisan-tulisan yang ada di dunia maya, termasuk tentunya di Sabdaspace.

Kedua pandangan yang saya maksud adalah pandangan mengenai PREDESTINASI DAN KEHENDAK BEBAS. Saya melihat, terkadang terjadinya keadaan dimana penyebab perbedaan pendapat dalam diskusi terhadap sebuah materi atau tulisan, yang didalamnya melibatkan pandangan PREDESTINASI dan KEHENDAK BEBAS, adalah karena di satu pihak ada yang menyampaikan argumen dengan menggunakan pandangan PREDESTINASI, sementara pihak lainnya berargumen dengan menggunakan pandangan KEHENDAK BEBAS. Sehingga sebagai hasilnya, ada perbedaan dalam memahami satu topik atau bagian Firman Tuhan.

mercy's picture

SEPERTI BAPA SAYANG KEPADA ANAKNYA

SEPERTI BAPA SAYANG KEPADA ANAKNYA

(Maz 103:13) Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Dalam banyak hal, saya belajar bagaimana Tuhan begitu sayang kepada kita, adalah ketika saya sudah memiliki anak. Secara garis besar, dalam pemahaman saya, ada dua "bentuk" kasih Bapa yang sering kita alami. Dalam tulisan ini saya menyampaikan dua diantara banyak pengalaman sejenis di dalam keluarga kami (khususnya antara orangtua dan anak), sebagai ilustrasi untuk menggambarkan kedua "bentuk" kasih Bapa yang saya maksudkan, yang melaluinya saya semakin mengerti akan kasih Bapa.

mercy's picture

TUHAN MENYEDIAKAN YANG LEBIH BAIK

TUHAN MENYEDIAKAN YANG LEBIH BAIK

 

Tulisan ini merupakan tanggapan saya atas sebagian dari komentar “Love” pada tulisan saya yang berjudul “IMAN, UNTUK APA?”. Berikut bagian dari komentar “Love” yang ingin saya tanggapi melalui tulisan ini.

Apakah Allah pernah tidak menolong kita? Apakah sampai hari ini kita bisa bertahan menghadapi setiap badai hidup bukan suatu mujizat? Hal-hal besar seperti apa yang ingin kita lihat Allah lakukan dalam hidup kita?
Kita tahu pasti bahwa pertolongan Allah "tidak pernah tidak terjadi".

mercy's picture

IMAN, UNTUK APA?

IMAN, UNTUK APA? 

Shalom semuanya.

mercy's picture

Tuhan Musuhan Dengan Orang Kaya

Tuhan Musuhan Dengan Orang Kaya

 

Saya pernah mendengar orang-orang berbicara tentang teologi kemakmuran, dimana intinya adalah mengajarkan bahwa Tuhan menghendaki kita sukses, kaya, sehat, diberkati dll. Kalau kita miskin, maka ada yang tidak beres dengan kehidupan kita, entah itu masih ada kutuk yg belum diputus, iman yang kurang, atau dosa yg masih belum dibereskan (masih disimpan).

mercy's picture

BAPTISAN ROH KUDUS - UPAYA MENJEMBATANI KONTROVERSI

Tulisan ini, terinspirasi oleh tulisan hai hai yang berjudul BAPTISAN ROH KUDUS – KONTROVERSI GENERASI INI. Untuk itu, semoga hai hai tidak keberatan (sebenarnya saya yakin hai hai tidak keberatan) karena saya menggunakan judul tulisan yg mirip dengan judul tulisannya hai hai.

Tetapi saya mengakui, kemampuan saya dalam menulis serta pengetahuan saya akan topik ini masih sangat terbatas, sehingga saya akan sangat berterima kasih kepada rekan-rekan yang bersedia membaca, apalagi memberi tanggapan serta masukan untuk menjadikan tulisan ini lebih bermanfaat.

mercy's picture

TINDAKAN IMAN

TINDAKAN IMAN

 

Seringkali kita mendengar pendeta berkotbah mengenai percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Dimana salah satu penekanannya adalah kata mengenai kata percaya. Biasanya mereka menyampaikan bahwa percaya yang dimaksud adalah percaya yang sungguh-sungguh percaya. Bahkan ada yang menyampaikan dengan bantuan ilustrasi atau contoh, untuk membuat jemaat lebih mudah mengerti.

mercy's picture

Allah Masih Berbicara

Allah masih berbicara

 

Didalam Alkitab, banyak sekali kita menemukan kata-kata seperti : “Tuhan berbicara”, “berfirmanlah Allah”, “berfirmanlah Tuhan”, atau ”berkatalah Malaikat” atau kata-kata lain yang intinya Tuhan atau Malaikat Tuhan berbicara kepada seseorang.

mercy's picture

KENAPA KRISTUS DIHUJAT? KARENA KAMU

KENAPA KRISTUS DIHUJAT? KARENA KAMU 

mercy's picture

LAST KISS

Tadi malam saya nonton film yang bercerita tentang kehidupan rumah tangga beserta pernik-perniknya, dari beberapa pasangan, baik itu pasangan suami istri maupun pasangan yg belum menikah, namun sudah tinggal serumah.

 

mercy's picture

mempercayai Yesus?? berikan bukti dulu!!

Saya pernah mendengar rekan-rekan saya bersaksi mengenai upaya penginjilan mereka, dimana orang-orang yang mereka injili berkata kira-kira begini:”percaya Yesus? Berikan bukti dulu, baru kami mau percaya. 

mercy's picture

Iman Menghasilkan Mujizat

Dalam kekristenan, secara sederhana pegertian Iman adalah percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus. 

mercy's picture

Bangsa ini pasti (bisa) dipulihkan

Karena masih ada Bapa yang baik, yang mengasihi Negri ini

Karena masih ada Kristus yg berjanji pintalah dalam namaKu di tengah-tengah Bangsa ini

mercy's picture

BBM Naik (lagi)

Pemerintah mengumumkan akan menaikkan harga BBM dengan tujuan untuk “menyelamatkan” APBN. Harga BBM yg sudah diatas US$ 120 per barrel membuat subsidi untuk minyak tambah besar. Penyebabnya, meskipun merupakan Indonesia merupakan Negara penghasil minyak, ternyata jumlah produksinya dibawah jumlah konsumsi. Akibatnya semakin tinggi harga BBM, Indonesia bukannya mendapat untung tetapi malahan “buntung”.

mercy's picture

TIGA PENDEKATAN

Di jaman perjanjian lama, khususnya pada saat bangsa Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian, demonstrasi dari kuasa Allah begitu dahsyat. Sebagai contoh, bayangkan pengertian yang terkandung dlm firman Tuhan berikut ini, yang saya kutip dari Ibrani 12:18-21. 

mercy's picture

MANIPULATION

MANIPULATION 

 

mercy's picture

HAMBA TUHAN YANG BESAR

HAMBA TUHAN YANG BESAR 

mercy's picture

Perenungan di Rumah Duka

Perenungan di Rumah Duka

Tadi siang saya dan banyak rekan-rekan lain sesama karyawan di perusahaan dimana saat ini saya bekerja mengunjungi rumah seorang rekan karyawan yg meninggal kemarin sore.

Rekan kami yang meninggal ini merupakan seorang karyawan perempuan yang masih muda usianya, yaitu dua puluh sembilan tahun.

mercy's picture

IMANUEL - SATU PEMAHAMAN LAGI TENTANG KASIH BAPA

Hari Selasa malam, kegiatan kami sekeluarga, mulai jam 7 s/d jam 9 bahkan kadang s/d jam 10 hampir selalu diisi dengan mengikuti Kebaktian Persekutuan Keluarga yg diadakan oleh gereja kami. Saat ini ada sekitar 45 Kelompok Persekutuan Keluarga yang merupakan kumpulan sekitar 5 sampai 7 keluarga yg rumahnya relatif dekat.

mercy's picture

PANDANG YESUS

Ibrani 5:8. “Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya”