Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

fredy's blog

fredy's picture

Bukit Demokrasi

Gundukan tanah itu menjulang tidak terlalu tinggi, kira-kira 2 meter dari permukaan datar jalan di kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Letaknya ada di salah satu pojok lapangan sepak bola kampus, berdekatan dengan Perpustakaan Universitas dan Gedung C. Bukit Demokrasi, demikian para aktifis ’94 UKSW menamakannya.

Bukit Demokrasi memiliki nilai sejarah tersendiri bagi sejumlah mahasiswa, alumni, mantan dosen, ataupun mantan pegawai nonakademik UKSW. Bukit Demokrasi menjadi salah satu saksi bisu perjuangan mereka yang menamakan dirinya Kelompok Pro-Demokrasi (KPD).

fredy's picture

Mabuk In The Kos-Kosan

Fenomena mabuk dikalangan mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mungkin sudah terjadi sekian lama. Parahnya, kadang mereka tidak “pandang bulu” saat memilih tempat untuk melakukannya. Di mana saja, bahkan di tempat mereka tinggal untuk sementara di Salatiga.

fredy's picture

pernikahan: adat, agama, negara

Beragamnya budaya kita berdampak pula pada perbedaan adat yang berlaku di daerah-daerah. Suku (baik jawa, batak, sunda, manado, papua, dll) memiliki cara tersendiri dalam melihat pernikahan.

fredy's picture

Salut!

Kepada teman-teman perjuangan,

Salam kebangsaan:

Merdeka!

fredy's picture

pada sebuah titik...

dengan sebuah titik kehidupanku di...mulai,
...hidup...

fredy's picture

Menggugat Negara !

Bapak-bapak pemikir besar dunia tentang konsep terjadinya sebuah negara: Thomas Hobbes, John Locke, Rosseau, ataupun Montesqieu bersependapat bahwa negara terlahir dari adanya sebuah ‘ikatan’. Ikatan yang dalam istilah Thomas Hobbes ataupun Locke dikatakan sebagai “Perjanjian masyarakat atau social contract”
fredy's picture

tempat duduk..!?

semua orang yang pernah naik bis ekonomi pasti tahu bagaimana rasanya berdesak-desakan, berdiri bergelantungan, ataupun menghirup bau-bau yang kurang sedap yang keluar secara tidak sengaja ataupun disengaja oleh orang dan bawaannya.
fredy's picture

u r a hero

10 November.....<br /><span style="font-style: italic;">"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya".</span><br /><br /><div style="text-align: justify;">Ungkapan bijak diatas sering kita dengar dimanapun dan kapanpun. Namun yang menjadi pertanyaan besar adalah: Apakah kita telah mengikuti apa yang telah diharapkan oleh ungkapan bijak tersebut?