Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

perenungan

widdiy's picture

Gembala

Tidak bisa dipungkiri, bahwa bagian dari Kitab Perjanjian Lama yang paling terkenal, paling banyak dibaca dan paling disukai pembacanya adalah Kitab Mazmur. Dan dari Kitab Mazmur tersebut, ada satu pasal yang paling terkenal yaitu pasal 23. Banyak lagu-lagu rohani ditulis karena terinspirasi dari Mazmur 23. Film-film produksi Hollywood juga banyak yang mengutip ayat-ayat dari pasal ini.

widdiy's picture

My Children

Hari ini 22 Oktober adalah ulang tahun ke-8 anakku yang ke-4. Si bontot, satu-satunya anak laki-lakiku. Dari semalam aku merenung, merencanakan apa yang aku katakan ke anakku selain ucapan selamat ulang tahun lewat telpon (aku di Jakarta, istri dan anak-anak di Slawi). Merenung juga memikirkan jawaban apa yang akan kukatakan kalau anakku minta hadiah ulang tahunnya.

sandiputra's picture

Kerajaan Allah

Kerajaan Allah adalah suatu bentuk pemerintahan oleh Allah sebagai rajanya. Dalam hal ini yang duduk di tahta raja adalah Tuhan Yesus Kristus, yang telah mengalahkan maut dan sekarang duduk di sisi Allah Bapa. Kerajaan Allah meliputi wilayah dunia fana dan dunia baka.

arharahadian's picture

Dunia Ini Bukanlah Rumahku

“Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengambil dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginanya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya” (Yoh. 2:15-17).

Orang-orang zaman ini merasa terhilang, tampak aneh ketika kita mempunyai lebih banyak kontrol atas daya-daya alam daripada sebelumnya, mereka jatuh ke dalam situasi demikian. Semua itu merupakan penghukuman Allah, yang sudah kita turunkan atas diri kita sendiri dengan berusaha merasa begitu kerasan di dunia yang mereka rasakan memberi banyak kenyamanan dalam hidup, mereka berpikir hidup hanya sekali maka harus dinikmati dengan sebaik-baiknya tanpa peduli apa yang sedang mereka diami dan alami sekarang ini adalah sesuatu yang bersifat fana. Kita menolak mempercayai bahwa orang harus hidup untuk sesuatu yang lebih dari kehidupan yang sekarang, kita sudah memperlakukan dunia ini seolah-olah itu adalah satu-satunya rumah yang pernah kita miliki dan sudah mengonsentrasikan secara eksklusif dalam mengaturnya untuk kenyamaanan kita. Kita mengira kita dapat membangun langit dan bumi, tetapi sekarang Allah sudah menghakimi kita karena ketidak salehan kita.

jesusfreaks's picture

Life, Love & Liberty

Life

Apakah saya menghargai hidup ?

Saya lebih sering berdoa dan mengunjungi sesama ketika mereka mati

Saya lebih sering membiarkan sesama saya yang kekurangan hingga mereka mati

 

Love

Apakah saya penuh kasih ?

Saya jarang mengasihi lebih dulu

Saya memilih orang yang saya kasihi

 

Liberty

sandiputra's picture

Yang Terbesar dalam Kerajaan Sorga dan Kebahagiaan

Yang Terbesar dalam Kerajaan Sorga

arharahadian's picture

DUNIA ADALAH SEBAGAI LADANG BEKERJA

“Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu” (Kej. 2:15), dalam Visi alkitabiah, pemelihara untuk mengatur dunia Allah bagi-Nya menurut kehendak-Nya yang dinyatakan. Allah menempatkan Adam untuk menangani taman secara sempurna menggambarkan mandat budaya kerja yang Allah berikan. Kita harus melihat seluruh aturan, penciptaan, termasuk, tentu saja, sesama kita dan kita sendiri, sebagai milik kita, sebagai tukang-tukang kebun Allah , bertanggung jawab untuk mengusahakannya. Jangan pernah lupa bahwa kemuliaan Allah dan kebahagian manusia selalu dimaksudkan untuk berjalan bersama! Di mana kita benar-benar mempunyai yang terdahulu, kita akan mempunyai yang terkemudian juga. Tidak dapat dikatakan terlalu sering bahwa dunia ini dalam setiap  arti dunia Allah, yang makhluk manusia-Nya harus belajar untuk menanganinya dengan hormat, untuk pujian kepada-Nya.

arharahadian's picture

ALLAH MENGAMBILKU DI MANA IA MENEMUKAN AKU DAN MEMBAWAKU KEPADA DIRI-NYA.

Aku terlahir bukan Kristen itu karena takdirku Ia “menitipkan” aku pada sebuah keluarga yang belum percaya, semua itu adalah masa persiapan dan penggemblengan Tuhan yang mana Ia ijinkan agar aku belajar dari pengalaman hidupku dan mengambil intisari dari pengajaran tersebut untuk menggenapi akan rencana-Nya. Aku pun tidak memilih pasangan hidup yang mana Tuhan telah memilihkan dia dan menghantarkannya dalam lingkaran kehidupanku dan menjadi bagian dalam sejarah kehidupanku. Dia yang telah memilihku juga memilihkan pasangan hidup yang ‘sepadan’ bagiku dan karena dia jugalah aku mengenal Allahku yang kini aku imani dengan sepenuh keyakinan. Apkah aku yang telah merencanakan semua ini? Jangankan merencanakan mengkhayalkan pun tidak, semua itu adalah rencana dan rancangan Tuhan yang mana tidak akan pernah terjangkau oleh pikiran manusia.

jesusfreaks's picture

33 MY AGE : Kristusisasi

Kisah bahasa intelek seorang Vicky Prasetyo cukup menghebohkan. Speech, Grammar dan vocabulary yang nyelenehnya cukup menghibur masyarakat, bahkan banyak di buat parodi parodinya di youtube.

ada salah satu kalimat yang menginspirasi saya untuk menulis blog ini, yaitu "29 my age"

arharahadian's picture

AMARAH YANG MENGHANGUSKAN

Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh.”( Pkh 7:9)

 

Terjadi suatu pertekaran dalam rumah tangga, masing-masing saling menyerang dan mempertahankan argumentasi ketololan pikiran keduanya, inilah isinya:

arharahadian's picture

UNTUK ANAKKU

 Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. (Ef 6:4)

 

Seorang ayah menulis surat untuk putranya, ia menulis dan memberikan surat ini di saat anaknya terlelap tidur, beginilah suratnya:

 

Dengar, nak, ayah mengatakan ini saat kamu tertidur lelap, kulihat begitu lelapnya engkau tertidur dengan satu tangan tertindih pipimu. Ayah menyesal telah berlaku kasar terhadapmu, ayah tak dapat mengontrol emosi sehingga memukul engkau, karena engkau tak mau belajar dan beradu argumentasi denganmu serta merta ayah menganggap engkau sungguh sudah keterlaluan hingga tak kuasa tanganku melayang ke pipimu, maafkan aku anakku.

 

arharahadian's picture

ALLAH MEMANGGIL DAN MELENGKAPI AKU UNTUK PERCAYA DAN MELAYANI

“Demikanlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang di anugerahkan kepada kita...jika karunia untuk melayani, baiklah melayani, jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; jika karunia untuk menasehati, baiklah kita menasehati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunujukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita” (Rm. 12-6-8).

sandiputra's picture

Jangan Kuatir

“Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh.

sandiputra's picture

Berserah kepada Allah

Kalimat ini sangat sering kita dengar diucapkan orang-orang beriman dalam percakapan mereka sehari-hari, baik di dalam gereja maupun di luar gereja (di pasar- pasar, di mal-mal, di jalan atau di tempat-tempat lain). Seringkali orang mengucapkan kalimat ini tidak memahami maknanya secara mendalam, karena kata “berserah” sering rancu dengan kata “pasrah”.

sandiputra's picture

Khotbah di atas Bukit menurut Injil Lukas (Luk.6:12-49)

Pada pembahasan 'Khotbah di atas Bukit menurut Injil Matius 5:1-12' yang telah diuraikan, memberikan pengetahuan tentang pengajaran Tuhan Yesus.

sandiputra's picture

Apakah TUHAN menjadikan bisu, buta, dan tuli ?

Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: "Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN?

jesusfreaks's picture

MASJIDMU GEREJAKU

Tuhanmu Tuhanku

Agamamu Agamaku

Doktrinmu Doktrinku

Masjidmu Gerejaku

 

Tuhanmu Tuhanku

Istrimu Istriku

Anakmu Anakku

Masjidmu Gerejaku

Tuhanmu Tuhanku

Jabatanmu Jabatanku

Hartaku Hartamu

Masjidmu Gerejaku

Tuhanmu Tuhanku

Nerakamu Surgaku

Nerakaku Surgamu

jesusfreaks's picture

Sang Pemburu Undian Berhadiah

Penampilannya bisa dibilang memprihatinkan, dengan perawakannya yang masih terlihat sisa sisa kegagahannya.

namun dia tidak menunjukkan diri sebagai orang yang perlu diprihatinkan atau dikasihani.

seorang pensiunan DLLAJ kalau gak salah, tinggi besar, bersendal jepit, berkendaraan sepeda, dan sepertinya selalu bertopi.

dia seorang PEMBURU UNDIAN BERHADIAH.

jesusfreaks's picture

Kepada Allah Yang Tidak Dikenal

kulayangkan mata memandang seluruh pesona alam semesta

Terpaku dalam pikiran bagaimana semua terjadinya ?

Terjadi begitu saja atau ada yang membuatnya

Bila ada pembuatnya, bagaimana jati dirinya ?

 

Manusia menyebutnya Allah Yang Tidak Dikenal

DIA mengaku AKU adalah AKU

Puaskah manusia menyebutNYA demikian

Cukupkah DIA mengakuNYA demikian

jesusfreaks's picture

Manusia TriTunggal adalah Gambar dan Rupa Allah TriTunggal

Jangan memperkosa Alkitab ! Jangan memperkosa Kebenaran ! (JF)

Blog ini adalah hasil perpaduan renungan saya dan sebuah tulisan yang saya tidak tahu siapa penulisnya, Cuma judul tulisannya “A Comedy of Errors”, silahkan di googling sendiri yo.

 

ANALOGI MENYESATKAN