Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Firman Tuhan

N.Brady's picture

Rasa Keingintahuan Nikodemus

Dalam hati Nikodemus menyadari bahwa Yesus adalah pengajar yang baik yang telah diutus  oleh Allah. Namun hatinya masih menginginkan kepastian akan segala keajaiban yang Yesus lakukan yang sering dilihatnya.

teograce's picture

Kasih Akan Pengetahuan

1 Korintus 13:1-1

13:1. Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

tonypaulo's picture

Moral dihadapan Firman Tuhan

 

tonypaulo's picture

The reality of the personality

1 Kor 15:10  Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia.

tonypaulo's picture

Menilailah tanpa harus menghakimi

Kata menghakimi berasal dari kata ;

κρι?νω
krino?
kree'-no

Properly to distinguish, that is, decide (mentally or judicially); by implication to try, condemn, punish: - avenge, conclude, condemn, damn, decree, determine, esteem, judge, go to (sue at the) law, ordain, call in question, sentence to, think.

bayem's picture

Gerejaku Sekolahku

Kenapa orang Kristen perlu datang ke Gereja? Ini pertanyaan yang kembali terngiang-ngiang di telingaku untuk dijawab. Kenapa ya koq katanya kita harus datang ke Gereja, dengerin Kotbahnya pendeta, nyanyi-nyanyian gerejawi, kasih persembahan, dan lain lain sebagainya. Kan sekarang sudah ada tuh acara kotbah di Televisi... kan enak tinggal nonton aja di rumah...

Hery Setyo Adi's picture

"Mendambakan" Firman Tuhan (Gali Kata Alkitab dalam Tinjauan Tulisan Ibrani Kuno)

Kata “mendambakan” diterjemahkan dari kata Ibrani y’b (disusun dari huruf-huruf Ibrani Yod-Alef-Bet; dapat dibaca yaab), yang diturunkan dari akar-kata induk ’b (Alef-Bet). Dalam piktograf Ibrani kuno, huruf Alef adalah lambang kekuatan, sedangkan huruf Bet adalah lambang tenda. Gabungan dua gambar tersebut berarti “kekuatan rumah.” 

Tiang tenda atau rumah menyangga tenda atau rumah itu agar tidak roboh, sebagaimana peran bapak menyangga keluarga atau rumah tangga. Jadi makna “mendambakan” sangat penting seperti tiang penyangga yang menjadi sumber “kekuatan rumah” itu, atau kekuatan seorang bapak yang menjadi penopang utama dalam keluarga agar tetap berdiri. Seorang yang “mendambakan” sesuatu pasti ia mengumpulkan segenap tenaga atau kekuatan untuk mendapatkannya.

crom's picture

Setaja Setuju

Apa-apa setuju...
Apa-apa ngekor...
Apa-apa karna takut, maka bilang iya...
Gak pernah protes...

Gak punya pondasi yang kuat...
Ngikut-ngikut aja...

Terbiasa dibimbing...
Gak pernah mandiri...

Selalu melihat level...
”wah dia itu pintar loh...dengerin dia tuh..”

crom's picture

Cara menempel

Didalam dunia ini banyak sekali komponen-komponen yang bisa ditempelkan..

Beberapa diantaranya adalah:

1. Besi, 2. Kayu, 3. Kertas, 4.Plastik, dan masih banyak lagi.

Untuk menempelkan Besi dengan besi bisa dilas, diikat, dilem, dll

Untuk menempelkan kayu dengan kayu bisa dipaku,diikat, dilem, dll

Untuk Plastik bisa dilem, diikat, dll

mercy's picture

ALKITAB VS ALKITAB

ALKITAB VS ALKITAB

 

Tulisan di blog ini merupakan pemahaman sederhana saya tentang bagaimana saya “melihat” dan menempatkan dua pandangan yang diambil dari Firman Tuhan, yang sering saya dengar melalui kotbah-kotbah serta cukup sering pula saya baca melalui beberapa tulisan berupa ringkasan kotbah, artikel bahkan tulisan-tulisan yang ada di dunia maya, termasuk tentunya di Sabdaspace.

Kedua pandangan yang saya maksud adalah pandangan mengenai PREDESTINASI DAN KEHENDAK BEBAS. Saya melihat, terkadang terjadinya keadaan dimana penyebab perbedaan pendapat dalam diskusi terhadap sebuah materi atau tulisan, yang didalamnya melibatkan pandangan PREDESTINASI dan KEHENDAK BEBAS, adalah karena di satu pihak ada yang menyampaikan argumen dengan menggunakan pandangan PREDESTINASI, sementara pihak lainnya berargumen dengan menggunakan pandangan KEHENDAK BEBAS. Sehingga sebagai hasilnya, ada perbedaan dalam memahami satu topik atau bagian Firman Tuhan.

mercy's picture

SEPERTI BAPA SAYANG KEPADA ANAKNYA

SEPERTI BAPA SAYANG KEPADA ANAKNYA

(Maz 103:13) Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Dalam banyak hal, saya belajar bagaimana Tuhan begitu sayang kepada kita, adalah ketika saya sudah memiliki anak. Secara garis besar, dalam pemahaman saya, ada dua "bentuk" kasih Bapa yang sering kita alami. Dalam tulisan ini saya menyampaikan dua diantara banyak pengalaman sejenis di dalam keluarga kami (khususnya antara orangtua dan anak), sebagai ilustrasi untuk menggambarkan kedua "bentuk" kasih Bapa yang saya maksudkan, yang melaluinya saya semakin mengerti akan kasih Bapa.

mercy's picture

TUHAN MENYEDIAKAN YANG LEBIH BAIK

TUHAN MENYEDIAKAN YANG LEBIH BAIK

 

Tulisan ini merupakan tanggapan saya atas sebagian dari komentar “Love” pada tulisan saya yang berjudul “IMAN, UNTUK APA?”. Berikut bagian dari komentar “Love” yang ingin saya tanggapi melalui tulisan ini.

Apakah Allah pernah tidak menolong kita? Apakah sampai hari ini kita bisa bertahan menghadapi setiap badai hidup bukan suatu mujizat? Hal-hal besar seperti apa yang ingin kita lihat Allah lakukan dalam hidup kita?
Kita tahu pasti bahwa pertolongan Allah "tidak pernah tidak terjadi".

mercy's picture

IMAN, UNTUK APA?

IMAN, UNTUK APA? 

Shalom semuanya.

mercy's picture

Tuhan Musuhan Dengan Orang Kaya

Tuhan Musuhan Dengan Orang Kaya

 

Saya pernah mendengar orang-orang berbicara tentang teologi kemakmuran, dimana intinya adalah mengajarkan bahwa Tuhan menghendaki kita sukses, kaya, sehat, diberkati dll. Kalau kita miskin, maka ada yang tidak beres dengan kehidupan kita, entah itu masih ada kutuk yg belum diputus, iman yang kurang, atau dosa yg masih belum dibereskan (masih disimpan).

mercy's picture

BAPTISAN ROH KUDUS - UPAYA MENJEMBATANI KONTROVERSI

Tulisan ini, terinspirasi oleh tulisan hai hai yang berjudul BAPTISAN ROH KUDUS – KONTROVERSI GENERASI INI. Untuk itu, semoga hai hai tidak keberatan (sebenarnya saya yakin hai hai tidak keberatan) karena saya menggunakan judul tulisan yg mirip dengan judul tulisannya hai hai.

Tetapi saya mengakui, kemampuan saya dalam menulis serta pengetahuan saya akan topik ini masih sangat terbatas, sehingga saya akan sangat berterima kasih kepada rekan-rekan yang bersedia membaca, apalagi memberi tanggapan serta masukan untuk menjadikan tulisan ini lebih bermanfaat.

mercy's picture

TINDAKAN IMAN

TINDAKAN IMAN

 

Seringkali kita mendengar pendeta berkotbah mengenai percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Dimana salah satu penekanannya adalah kata mengenai kata percaya. Biasanya mereka menyampaikan bahwa percaya yang dimaksud adalah percaya yang sungguh-sungguh percaya. Bahkan ada yang menyampaikan dengan bantuan ilustrasi atau contoh, untuk membuat jemaat lebih mudah mengerti.

mercy's picture

Allah Masih Berbicara

Allah masih berbicara

 

Didalam Alkitab, banyak sekali kita menemukan kata-kata seperti : “Tuhan berbicara”, “berfirmanlah Allah”, “berfirmanlah Tuhan”, atau ”berkatalah Malaikat” atau kata-kata lain yang intinya Tuhan atau Malaikat Tuhan berbicara kepada seseorang.

mercy's picture

KENAPA KRISTUS DIHUJAT? KARENA KAMU

KENAPA KRISTUS DIHUJAT? KARENA KAMU 

sarlen's picture

Yang Berbahagia

Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.  (Lukas 11 : 28)