Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

sabdaspace

dicky's picture

Masa Depan Blog

BLOGER KRISTEN DAN MASA DEPAN BLOG
Blog (termasuk di dalamnya vlog) sudah menjadi aktivitas yang identik dengan generasi langgas saat ini. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat dan sistem komunikasi yang semakin terkoneksi. Jika dahulu cikal bakal blog adalah buku harian yang bersifat personal pada era sebelum milenium ketiga, maka blog adalah diary yang telah ber-revolusi (bukan evolusi ya) seiring kemunculan warganet secara global.

Nah, di masa injury time ini (semoga masih boleh ikutan lomba, boleh kan Min?) saya ingin berbagi keresahan (macam komika saja, hehehe) sekaligus wangsit dari Mbah Wage (?) tentang kelangsungan aktivitas ini. Menurut saya (dan Mbah Wage tentunya) masa depan blog tak bisa dilepaskan dari BLOG itu sendiri.

Jessica's picture

Masa Depan Blog?

Seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan televisi sebagai media informasi dan hiburan makin berkurang, hampir semua masyarakat kini lebih suka mencari informasi dan hiburan lewat internet. Sebelum youtube berkembang seperti sekarang ini, ada dunia tulis-menulis yang saat itu sangat digandrungi yaitu blog. Hampir semua anak muda menulis blog untuk membagikan informasi atau sekedar menceritakan pengalaman berkesan dalam hidup mereka. Faktanya, banyak penulis besar yang mengawali kariernya dari aktif menulis blog. Ketika youtube makin melebarkan sayapnya, blog seolah-olah tertinggal di belakang. Semua orang beralih karena youtube dirasa lebih menarik.

Ry4n's picture

Bagaimana Keadaan Blog untuk Waktu Mendatang?

Kemajuan teknologi hari-hari ini tidak dapat dimungkiri semakin membuat 'heran' para pengguna dan penikmat teknologi. Semua hal menjadi sesuatu yang mudah untuk didapat dan dipelajari. Kita juga bisa mengekspresikan diri kita tanpa mengenal batas waktu bahkan biaya. Dengan berkembangnya teknologi-teknologi modern adalah sebuah keuntungan tersendiri untuk mereka yang gila untuk mengeksplorasi jiwa kreatif yang ada dalam hidup mereka. Pasalnya sekarang banyak kreator kreatif yang menemukan ide baru dan mewarnai jagad maya dengan menggunakan alat-alat modern yang ada.Contohnya, Vlog (Video Blog) yang marak beredar di situs Youtube akhir-akhir ini adalah salah satu cara mereka untuk menggunakan teknologi secara kreatif, produktif, dan efesien.

Vlog sendiri adalah kegiatan berbagi pikiran atau apa pun yang ingin dibagi dengan orang lain, namun dalam bentuk video. Namun, sadarkah Anda jika Vlog yang kita buat atau kita tonton merupakan hal yang secara tidak langsung mengurangi eksistensi dari apa yang namanya Blog?

Liidya's picture

Masa Depan Blog


Mari kita bahas sejenak mengenai masa depan blog. Dunia internet melalui perkembangannya selalu menawarkan keunikan-keunikan atau kemudahan-kemudahan terbaru bagi masyarakat kita saat ini. Pertanyaannya adalah bagaimana nasib blog pada masa mendatang jika banyak keunikan baru yang dilahirkan? Apakah orang akan beralih ke Vlog?

igrea's picture

Masa Depan Blog

Masa depan blog ....

Embed:

Sumber: https://www.youtube.com/embed/YZ6Ww7qOIn4
fameya's picture

Semua Pilihan Ada di Tangan Kita

Dalam dunia blog, blogger dapat menuliskan segala macam unek-uneknya. Mulai dari hal-hal pribadi yang ingin dibagikan ke dunia maya ataupun tentang isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan. Era digital yang semakin maju, lengkap dengan segala fasilitas yang ada membawa blog masuk dalam era baru yaitu video blog atau yang biasa dikenal dengan vlog.

Tetapi, walau vlog berkembang dan memberi warna baru dalam dunia sosial media, masih banyak blogger yang tetap setia menulis blog atau mengkombinasikan keduanya, aktif menulis blog tetapi juga mengikuti era vlog. Baik blog maupun vlog adalah sama baiknya karena memberi kita wadah untuk berkreasi dan menumpahkan ide-ide yang ada di kepala kita.

joybean's picture

Masa Depan Blog

Selamat ultah SABDA Space :)

Embed:

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=_K2b4sBdxwQ

manusia biru's picture

Dari Buku Harian Sampai ke Vlog

Menulis peristiwa sehari-hari yang kita alami itu menyenangkan. Bukan karena kurang kerjaan, tetapi sebagai terapi psikologis yang nyaman. Betapa nyamannya sampai-sampai aku bisa mengekspresikan segala hal dengan bebas, dan tidak ada seorang pun yang mengecamku, meragukanku, memojokkanku, atau menertawakanku. Itulah sekilas pengalaman indahnya menulis buku harian. Seiring berjalannya waktu, buku harian mulai tertumpuk rapi di rak paling atas.

Beralih ke blog, yang sebenarnya tidak sebaik buku harian .. hehe. Bereskpresi apa saja tetap bisa dilakukan, tetapi tak sebebas dulu. Banyak orang suka omong, omong ini itu meski belum tentu paham benar konteksnya .. duh. Blog memang menarik, memberi ruang bebas untuk menulis dan direspons, tetapi tak seindah buku harian yang kesannya memang ekslusif. Sama-sama fungsinya, tetapi tak memiliki "keindahan" yang sama.

Admin's picture

Bosscha (Oleh: Victorc)

Vlog "Boscha" karya Victorc untuk ulang tahun SABDA Space ke-10.

Embed:

Sumber: https://youtu.be/qZzp7nA1lKs

Admin's picture

Ulang Tahun SABDA Space ke-10

Dear all blogger SS,

Puji syukur kepada Tuhan Yesus atas penyertaan-Nya hingga kini komunitas blogger Kristen SABDA Space genap berusia 10 tahun. Terima kasih untuk semua blogger yang telah memberi warna di komunitas ini melalui tulisan-tulisan yang menginspirasi. Mari kita terus berkarya bagi hormat dan kemuliaan nama-Nya.

Dalam rangka merayakan ultah SS ke-10 ini, setiap blogger boleh membuat vlog sesuai tema di atas dan menampilkannya di Youtube pribadi, lalu ditampilkan di situs SS  dengan di-embed. Berikut informasi selengkapnya:

Admin's picture

SABDA Space Ulang Tahun!!

Dear all blogger SS,

Hore!!
Hari ini, 31 Juli 2014, SABDA Space genap berusia tujuh tahun!! Smile Bersyukur kepada Tuhan atas kasih dan penyertaan-Nya selama ini sehingga SS bisa terus bertahan dan bertumbuh untuk mewartakan Kabar Baik Kristus melalui tulisan.

Ulang tahun SS kali ini akan diisi dengan lomba menulis blog kreatif, dengan tema besar "Relasi dalam Dunia Cyber dan Dampaknya bagi Kekristenan".

Semua blogger SS boleh mengikuti lomba ini dan boleh memberi subjudul pada tulisannya (subjudul harus relevan dengan tema besar). Blog kreatif ini berupa tulisan yang dikombinasi dengan gambar ataupun Youtube. Setiap blog yang diikutkan dalam lomba harus diposting di situs SABDA Space dan akan dianggap sah apabila sudah memenuhi kriteria di bawah ini:

manusia biru's picture

Cinta Beda Keyakinan

Kalau jatuh cinta dengan seseorang yang beda keyakinan dengan kita ... nggak boleh ya? Boleh-boleh saja kan ya, masa cuma jatuh cinta tidak boleh. Kalau seandainya setelah jatuh cinta berujung pada cinta beneran dan tidak mau berpisah, ini baru jadi masalah kan.

Admin's picture

Terus Belajar dan Bertumbuh Setiap Hari di Dalam Tuhan

Dear all blogger SS,

Selamat memasuki bulan Februari 2014!!

Satu bulan di tahun yang baru ini sudah terlewati. Tentunya, banyak hal berharga dan pelajaran yang bisa kita ambil dari kehidupan kita setiap hari. Sama halnya dengan SABDA Space, setiap hari dilalui dengan banyak peristiwa yang bisa membuat kita belajar, baik melalui kritikan, pujian, saran, dan komentar-komentar lain yang ada dalam komunitas ini.

mujizat's picture

Sekolah di SABDAspace

Bagi saya, website SABDAspace.org dengan semua fiturnya adalah situs maya yang menarik, karena siapapun yang terdaftar sebagai user dapat bebas menulis menuangkan gagasan-gagasan yang dirasa baik dalam bentuk blog, sejauh tidak keluar dari policy yang memang perlu sebagai kontrol. Nilai PALING PLUS dari situs maya ini saya rasa adalah banyaknya user yang sudah terdaftar, dan tidak sedikit user aktif yang on-line setiap harinya, disamping the silent-majority yang sebagian adalah user juga, sementara sebagian lain adalah pengunjung, namun dengan pengamatan kasar saya simpulkan bahwa SABDAspace yang menampung komunitas blogger Kristiani terbilang sangat aktif.

Ramainya pengunjung Pasar Klewer, sebutan lain dari SABDA space menjadi BUKTI

antowi's picture

Perusak (tampilan) SABDA Space

Hari ini kejadian lagi seorang user Sabda space yang menggunakan Ms. Words untuk menulis blog kemudian langsung di copas ke editor blog Sabda Space. Tentu saja tampilan sabda space kemudian menjadi rusak. Bagi user yang sudah lama di sabda space sih pasti sudah tahu dan tidak akan menggunakan Ms.Words untuk menulis blog di sini.

Admin's picture

Review SABDA Space Tahun 2010

Ahli statistik SS telah mengkalkulasi blog-blog SABDA Space sepanjang tahun 2010. Berikut ini hasilnya:

  • Pengunjung unik: 784.312
  • Total kunjungan: 1.470.360
  • Halaman yang dikunjungi: 5.943.777
  • Total hits: 51.830.206
  • Bandwith: 602,35 GB

Statistik blog:

  • 1700 blog baru pada tahun 2010 (2322 pada tahun 2009)
  • Total blog 7372

Purnawan Kristanto's picture

Alternatif Tempat Kopdar

Setelah gagal memesan tempat di Salib Putih, maka panitia menjadi pusing tujuh kall tujuh puluh tujuh keliling. Hari Sabtu, 10 April 2010, empat blogger SS merayap lereng gung Merapi dengan misi utama mencari untuk mencari tempat penginapan dan pertemuan yang pas.

Luky_Gitaris's picture

Mana SABDASpace-nya?

Beberapa saat yang lalu saya bermain ke toko buku Gramedia di Jl.Merdeka – Bandung. Kebetulan saat itu ada diskon besar-besaran dari buku penerbit ANDI. Rencana sih mencari buku-buku tentang komputer buat koleksi, namun ternyata kualitas buku-buku komputer terbitan ANDI sangatlah mengecewakan buat saya!! Selain isi yang tidak terlalu menarik dan bahasa yang menurut saya kaku, buku terbitan ANDI juga tidak enak dilihat, dengan bahan kertas kurang bagus dan gambar yang tidak jelas(tidak berwarna). Saya sih sangat suka buku-buku komputer yang bahasanya mudah dicerna dan santai seperti buku-buku terbitan JASAKOM.

y-control's picture

I Want My SS Back! (Bagian 4 - Tanggapan)

Bayangkan jika semua orang menjadi bisu. Maka, mau tidak mau kita akan berkomunikasi dengan tulisan. Bayangkan jika Anda tiba-tiba harus dikirim untuk tinggal di negara Russia, maka saya yakin setidak-tidaknya dalam beberapa tahun Anda akan lebih mahir berbahasa Russia daripada mahasiswa sastra Russia Unpad misalnya. Menulis memang tergantung niat.