Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

menulis

Pak Tee's picture

Menulis

      Menulis itu suatu aktivitas yang menyenangkan. Setidaknya, itu buat saya. Tapi terus terang saya sangat jarang mengunggah tulisan saya. Kenapa? Ya, karena kesibukan saya. Begitu sibukkah? Sebenarnya tidak juga. Tapi karena kejelekan sifat saya. Saya suka menulis hanya kalau ada "mood". Jadi?

apink's picture

Aku Ingin Tetap Menulis

Menulis ada yang mengatakan adalah bakat, tetapi keterampilan saat menulis dapat dikembangkan. Keterampilan untuk menulis tidak datang dengan sendirinya, tetapi keterampilan didapat dari terus, terus dan terus berlatih untuk menulis.

Admin's picture

Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Blog Kreatif SS

Dear all blogger SS,

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, dalam rangka perayaan ulang tahun SS yang ke-7, pada 31 Juli -- 31 Agustus 2014 telah diadakan lomba menulis blog kreatif dengan tema "Relasi dalam Dunia Cyber dan Dampaknya bagi Kekristenan". Ada 6 blog dari 5 blogger yang telah ikut meramaikan acara lomba ini. Untuk partisipasinya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hasil penilaian juri adalah sbb.:

y-control's picture

Originality is not Dead.. (n)Yet!

Meski Pengkhotbah berkata, “Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi, tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari”, memunculkan ide orisinal bukan hal yang mustahil. Kalau ada yang tetap sama sejak dulu sampai sekarang, mungkin itu adalah kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi. Itulah sebabnya, buku-buku dan artikel-artikel, termasuk di blog, masih tetap laris dibaca bahkan dibeli karena masih ada orang yang selalu memberikan informasi dan pencerahan baru bagi para pembacanya.

y-control's picture

Kata adalah Senjata

Ini bukan artikel tentang Subcommandante Marcos atau artikel tentang perang gerilya. Ini adalah artikel tentang menulis saja yang mungkin bisa berguna bagi para blogger di SS ini di era di mana sering muncul para grammar nazis (polisi bahasa). Tanpa bermaksud menggurui, jika ingin menulis apapun, kita harus tahu bahwa selain teknik menulis, kepekaan penulis dalam menggunakan bahasa juga sangat penting. Bagi penulis, bahasa ibarat senjata untuk mengalahkan sebanyak mungkin musuh. Jika kita tidak menguasai teknik memakai “senjata” satu ini, maka hasilnya tidak akan efektif. Tanpa kepekaan berbahasa, maka bisa muncul kata dan kalimat yang tidak efektif, rancu, dan sulit dipahami. Nah, apa saja yang ilmu yang diperlukan untuk dapat menguasai “senjata” satu ini? 

Purnawan Kristanto's picture

Strategi Ngeblog

MEMBUAT blog itu sangat mudah dan murah. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh Technorati pada tahun 2007, setiap hari ada lebih dari 120.000 blog baru. Angka ini mengisyaratkan satu hal: PERSAINGAN KETAT! Itu sebabnya jika saat ini Anda akan membuat blog, maka Anda harus membuat blog yang menonjol di antara kerumunan blog yang ada.

Daniel's picture

Kopdar dan Lomba Menulis Blog [UPDATED 27-Nov-2010]

Beberapa hari yang lalu, salah seorang panitia Festival Penulis & Pembaca Kristiani (FPPK) 2010 -- sekaligus moderator Milis Komunitas Penjunan (Penulis & Jurnalis Kristiani) dan blogger SABDA Space -- menghubungi saya dan menanyakan apakah para blogger SABDA Space mau mengadakan kopdar lagi, bergabung dengan FPPK 2010?

y-control's picture

Membuat Judul yang Menarik

Dalam sebuah tulisan, judul tentu saja penting. Hanya saja, kadang kurang diperhatikan. Idealnya, judul memang harus bisa memberi tahu apa kira-kira isi dari sebuah tulisan. Tapi, dalam karangan populer (saya rasa kita semua ingin tulisan blog kita dibaca banyak orang alias populer kan?), judul tulisan tentu saja tidak bisa seperti judul skripsi yang kalau dibaca tidak cukup dengan sekali ambil nafas itu. Memberi judul memang gampang-gampang susah. Gampang karena toh itu cuma seperti membuat beberapa kata yang isinya merangkum semua isi tulisan. Tapi, bisa susah kalo kita menyadari bahwa judul harusnya bukan sekadar sebagai penanda, tapi juga memberi informasi dan yang lebih penting lagi, membuat orang tertarik buat membacanya. Bagi beberapa penulis dan editor  (fyi: di dunia penerbitan, beberapa judul buku sebenarnya adalah bikinan si editor, bukan si penulis, bahkan buku terjemahan, mis: 24 Wajah Billy yang aslinya berjudul The Minds of Billy Milligan), memberi judul sebuah tulisan (apalagi sebuah buku) bisa jadi seperti memberi nama anak sendiri. 

PlainBread's picture

Aku Malas Menulis

Satu jam yang lalu aku melakukan lari pagi berdua dengan istriku. Lumayan, keringat banyak keluar bagaikan racun dan kotoran yang keluar dari mesin yang sudah sering dipakai.

Purnawan Kristanto's picture

Mengapa Saya Menulis?

Mengapa saya memutuskan menekuni kepenulisan? Saya bingung untuk menjawabnya, sama bingungnya ketika ditanya mengapa saya memiliki iman Kristen? Keputusan untuk menjadi penulis atau menghayati iman Kristen merupakan proses yang sangat panjang dan saya tidak tahu sejak kapan itu bermula.

king heart's picture

Mau Menulis Buku ?

Buku adalah jendela dunia, merupakan pepatah yang sudah sangat dikenal.Antusiasme orang akan buku lumayan meningkat belakangan ini. Sebagai bukti, ketika Gramedia mengadakan bazar buku atau diskon besar besaran, tak pelak lagi toko buku tersebut penuh sesak oleh orang yang berebut membeli buku.

y-control's picture

In Cold Blood

Aku tidak terlalu akrab dengan nama Truman Capote sebelumnya. Dulu, di kampus memang pernah diadakan pementasan teater berjudul Breakfast At Tiffany. Itu terjadi pada saat aku masih menjadi mahasiswa baru. Di masa itu, yang kutahu adalah teater merupakan salah satu mata kuliah atau kegiatan ekstra para mahasiswa di jurusanku. Tidak terlalu berminat. Aku tidak menonton pementasan tersebut. Jika kemudian aku memilih menonton film tersebut, yang membuatku tertarik adalah review dan penghargaan Oscar yang diterima Phillip Seymour Hoffman. Ya, dalam memilih sebuah film, aku memang kadang terlalu menghamba pada gambar piala atau tulisan-tulisan di depan sampul VCD/DVD seperti itu. Sebuah kebiasaan yang meski bikin aku jijik, tapi sejauh ini jarang membuatku kecewa.
Purnawan Kristanto's picture

Betawi Expedition:Workshop

Rasanya belum ada satu jam aku tertidur ketika alarm berbunyi. Aku matikan alarm, lalu membenahi bantal dan tidur lagi. Itulah gunanya alarm, untuk membuat jengkel orang yang kurang tidur.

Debu tanah's picture

Lelang Tulisan

Sejak saya terdampar di Sabda lebih dari satu tahun yang lalu Deta jadi gemar menulis. Namun sebulan lebih, Deta tidak mempublish 1 tulisan pun. Bukan berarti Deta tidak menulis sama sekali lho, Deta tetap menulis dan di simpan di Notebook saja.  Kenapa tidak dipublish?  Mau tau aja sih?? Hehehe…

cahyadi's picture

Antara Menulis dan Melakukan Apa yang Ditulis

Menulis dan melakukan apa yang ditulis adalah dua hal yang berbeda. Paling tidak hal ini yang kadang tercermin dalam tindakanku sehari-hari. Beberapa waktu lalu aku menulis tentang perlunya selalu mengucap terima kasih kepada orang yang telah memberikan kebaikan namun kadang aku sendiri lupa mengucap terima kasih.

y-control's picture

10 Cara Bunuh Diri di SABDASpace

1. Copy Paste
Masalah sesungguhnya dari copy paste adalah, semua pengguna (dan pengunjung) SS sama-sama sedang online. Mereka bisa mengklik dan membaca sendiri artikel yang Anda copy paste di sini. Kedua, hobi member SS adalah berdiskusi atau berkomentar. Sekalipun Anda adalah tetangga atau ajudan si penulis artikel, benarkah Anda yakin mengetahui proses dan dasar pemikiran si pengarang dalam membuat tulisan itu? Tidak ada orang yang suka bicara dengan operator atau berbicara dengan manajer sementara yang ingin diwawancarai adalah si artis. Untuk masalah copy paste (tanpa sumber), admin memang bisa menjadi sangat kejam hehehe...

Purnawan Kristanto's picture

Catatan Kecil Lomba Menulis SABDASpace

Sebagai penyelenggara lomba saya terkesima dan tidak menyangka atas antusiasme peserta lomba. Dalam kurun waktu 31 hari, ada 35 tulisan yang diikutertakan dalam lomba. Rata-rata dalam satu hari ada 1,1 tulisan yang diposting. Namun jika dilihat dari peserta yang ikut lomba, angkanya cukup memprihatinkan. Dari 1508 user, hanya ada 18 user yang terlibat, atau sebanyak 0,01 persennya saja. Dengan kata lain, di antara seratus user hanya ada satu orang yang ikut lomba. Ada beberapa variabel yang mungkin menjadi penyebabnya:

Debu tanah's picture

Bagaimana Menulis dengan Baik (Sekedar saran)

Saya sendiri merasa bahwa saya bukanlah orang yang punya bakat menulis. Sejak SD dulu, pelajaran mengarang adalah pelajaran yang paling saya benci! Tulisan ini adalah tulisan ke 5 saya yang pernah saya buat & dipublish di internet, dan saya merasa bahwa tulisan-tulisan saya ini masih jauh dari baik.

anakpatirsa's picture

Sebagian dari 10 Tanda Friendster-mania

Seseorang mengirim email berisi sepuluh tanda-tanda Friendster-mania, ketika membacanya aku hanya bisa senyum-senyum sendiri. Aku berharap tidak akan mengalami sindrom seperti itu.

y-control's picture

Tulisan Tanpa Isi

Entahlah, bagaimana bisa sebuah tulisan dapat sama sekali tidak berisi. Namun, apakah menulis harus tentang isinya? Saya juga tak tahu. Tulisan tak berisi mungkin hanya akan memuat hal-hal selain isi itu sendiri. Dalam setiap tulisan, mestinya paling tidak kita dapat mengetahui di mana, kapan, dan mengapa tulisan itu dibuat. Tapi untuk membuat satu yang ada isinya, saya sendiri kurang banyak tahu soal itu. Ketidaktahuan saya barangkali adalah karena saya tidak mengerti bagaimana mengisi sebuah tulisan. Saya menulis tapi saya tidak membuat isi, dapatkah itu terjadi?