Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

komunikasi

manusia biru's picture

Hening di Keramaian

Semalam ada kesempatan makan di warung sederhana, bukan restauran ... karena kalau makan di restauran hanya terjadi ketika aku dapat undangan hajatan. Lumayan banyak pembelinya, dan aku duduk di tempat paling ujung, di dekat pasangan suami istri dengan seorang anaknya. Soto berkuah panas dengan aroma rempah-rempah sudah disajikan di depanku .. mantap. Sesendok demi sesendok kusantap ...

karintanojo's picture

Komunikasi kasih sebagai bahasa hidup lewat perbuatan

Teman-teman terkasih, manusia cenderung suka mencari-cari alasan untuk menghindar atau menyelamatkan diri dari tanggung jawab untuk melindungi kenyamanan dan keamanan diri sendiri.

guestx's picture

Menjadi Anggota Komunitas Maya

Suatu komunitas maya (virtual) adalah jejaring orang-orang yang berinteraksi melalui media tertentu - seringkali melampaui batas geografi atau aliran politik - untuk melakukan hal-hal yang menjadi ketertarikan atau tujuan bersama. Komunitas maya mendorong interaksi di antara anggota - kadang-kadang berfokus pada suatu topik tertentu, kadang-kadang hanya sekedar untuk berbincang-bincang. Komunitas virtual yang baik melakukan keduanya. (Dave Peck, Think Before You Engage: 100 Questions to Ask Before Starting a Social Media Marketing Campaign, 2011)

Beberapa komunitas virtual menggunakan metafora warung kopi untuk memvisualisasikan komunitasnya.
http://whatis.techtarget.com/definition/virtual-community

Suasana yang informal dan akrab segera tergambar dengan metafora ini. Orang-orang keluar masuk dan bicara ngalor-ngidul hingga yang serius menjadi ciri keseharian orang-orang di kedai kopi. Daya tarik suatu komunitas seringkali ada pada atmosfer yang terbuka, egaliter dan bebas. Bebas tidak berarti tidak ada aturan. Bukankah di warung kopi pun pengunjung diharapkan menjaga sopan-santun dan tidak mengganggu orang lain? Di dunia maya ada aturan yang ditentukan oleh komunitas itu sendiri atau pengola media dimana komunitas itu berinteraksi.

Purnomo's picture

MAHAR 6 SAPI

            Kata ‘intimasi’ lebih sering membawa pikiran orang kepada hubungan intim dalam sebuah pernikahan di mana suami-istri bisa melihat tubuh pasangannya apa adanya. Makanya dalam hubungan intim ada acara buka-bukaan, seluruh pakaian dibuka ‘gitu. Kayaknya aneh deh kalau mau begituan hanya membukakan pakaian di bagian tertentu saja atau seperlunya saja. Kecuali dalam keadaan gawat darurat dan tidak jadi kebiasaan tindakan impromptu itu mungkin masih bisa dimaklumi oleh pasangannya.

irwanda.bobby's picture

KANDAS

 

Tiga minggu di SS, saya mendapatkan pemahaman baru tentang tipe2 member di SS, pada umumnya ada dua tipe member di SS:

ferrywar's picture

Komunikasi dalam Komunitas SABDA Space

Sebuah komunitas adalah sejumlah orang yang berkumpul dan bergaul atas dasar suatu PERSAMAAN. Persamaan itu bisa sebagai sesama penggemar olah raga bersepeda, sesama penderita AIDS, sesama umat agama tertentu, sesama usia dsb. Apapun jenis komunitas itu, ketika berkumpul dan bergaul terjadi INTERAKSI.

y-control's picture

Dengekeun Aing

Semua orang BISA mendengar tapi tidak semua MAU mendengarkan. Konon, ketika James Cook mula-mula menjejakkan kakinya di Australia, ia heran melihat hewan yang seperti tikus raksasa tapi dapat berdiri di atas dua kaki dan memiliki kantung di perutnya. Ia pun bertanya pada seorang penduduk lokal Aborigin, apa nama binatang itu? Sayang, penduduk asli yang ditanya itu tidak tahu dan berkata dalam bahasa setempat “kan gar ru” (aku tidak tahu) sambil meninggalkan James Cook yang manggut-manggut. Cerita lain terjadi di Indonesia. Alkisah sekian abad lalu, seorang kapten kapal Eropa menanyakan nama sebuah gunung di selat Sunda pada seorang penduduk Betawi. Tapi sang kapten hanya mendapat jawaban singkat, “Kaga tau.” Tahukah Anda? Menurut legenda, demikianlah awal mula gunung itu disebut sebagai Krakatau!
Indonesia-saram's picture

Internet dan Dampaknya bagi Komunikasi Berbahasa Indonesia

Tahun berapa untuk pertama kalinya Anda mengenal internet? Jika mengenal internet pada periode 1990-an, mungkin Anda akan beranggapan bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa universal di dunia maya. Mayoritas situs web menggunakan bahasa Inggris. Tidak hanya pada isi situsnya, tetapi juga pada setiap menu yang digunakan. Bandingkan dengan Yahoo! yang belum sampai lima tahun menyediakan layanan berbahasa Indonesia. Apalagi yang namanya blog. Mempertimbangkan hal itu, apa yang saya bahas berikut ini jelas tidak akan relevan pada masa tersebut.

Namun, seiring perkembangan, situs-situs berbahasa Indonesia pun bermunculan. Internet relay chat pun mewabah pada periode akhir 1990-an. Lalu muncul pula instant messenger. Fenomena blog merebak dalam tahun-tahun kemudian. Semua ini ternyata memberi dampak bagi perkembangan bahasa Indonesia.

clara_anita's picture

Pulsa Gratis.... Asyik ^_^

"Maaf, pulsa Anda tidak cukup untuk melakukan panggilan ini," begitu suara merdu kemayu rekaman si mbak operator disusul tulisan call ended di layar. Lho, tumben betul pulsa saya sudah habis di hari Sabtu. Biasanya, pulsa saya habis di hari Minggu. Ini pertanda bahwa saya sedikit lebih boros pulsa minggu ini.

Purnawan Kristanto's picture

Lima Jurus Berkomunikasi

Sebagian besar bagian kehidupan kita adalah untuk berkomunikasi.

Purnawan Kristanto's picture

Manfaat Berkencan Bagi Suami Isteri

Ancaman serius bagi pernikahan di zaman modern ini adalah “kesibukan.” Aktivitas yang begitu padat akan menyita waktu yang semestinya digunakan oleh pasangan suami-isteri untuk berduaan. Mereka tidak punya kesempatan untuk bersantai sejenak dan menikmati kehidupan bersama. Jika situasi ini berlanjut maka, maka api asmara di antara mereka perlahan-lahan akan redup.
Purnawan Kristanto's picture

Kekuatan Kata-kata

Alkitab telah menegaskan bahwa kata-kata yang diucapkan oleh lidah kita memiliki kekuatan yang dahsyat. Entah itu kekuatan yang menghancurkan, atau kekuatan yang membangun. Penulis Amsal mengatakan, “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya” (18:21). Hal yang serupa disampaikan oleh Yakobus, “Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi” (3:9-10).
clara_anita's picture

I-ring

“Ah, BT deh kalo nelpon mbak!” Begitu keluh si bungsu suatu sore.
”Lho.. kok BT? Emangnya kenapa sih dik?” Aku menyelidik.

Inge Triastuti's picture

Majelis dedudo-dida

Sering kali kritik lahir berawal dari komunikasi yang tidak tuning akibat kita tidak peduli minat orang lain. Di gereja, susah kita membicarakan rencana pelayanan jangka panjang jika lawan bicara kita lebih berminat pada “whatever will be will be.” Sama susahnya bila mendiskusikan lagu kontemporer dengan orang yang minatnya hanya ada di lagu himne.

Purnawan Kristanto's picture

Cara Meraih Publisitas

Banyak gereja yang belum menyadari arti pentingnya sebuah siaran pers atau pers release.  Mereka masih mengandalkan warta lisan atau media internal untuk menyebarkan kegiatan pelayanan mereka.  Akan tetapi hanya dengan cara ini, orang-orang yang bukan anggota gereja itu tidak bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di gereja itu.Lain ceritanya, bila gereja bersedia mengontak media untuk meminta peliputan. Publisitas yang di dapat dari peliputan media akan membuat masyarakat di luar  mengetahui tentang kegiatan yang sedang terjadi di dalam gereja. Beberapa gereja ragu-ragu mengundang media karena mengira dibutuhkan biaya besar untuk mendatangkan dan memberi amplop pada wartawan.  Padahal sesungguhnya media yang baik tidak akan pernah meminta uang untuk peliputan. Mereka sudah berterimakasih apabila wartawannya diberi kesempatan untuk meliput acara tersebut.Berikut ini kiat-kiat supaya acara gereja mendapat peliputan dari media.