Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Miyabi's blog

Miyabi's picture

Rp 34.000.000,- segera atau dia di-DO dari Sastra Jerman

Sebut saja namanya G. Ia angkatan mahasiswa 2008 dan sedang mengikuti kuliah semester 6 di salah satu kampus negeri di Ibu Kota Republik Indonesia. Ia terancam tak dapat melanjutkan studi karena tak mampu membayar biaya kuliah.

Miyabi's picture

Diskusi, Aksi, Konsolidasi: Trilogi CGMI Warisan Mahasiswa Komunis

Consentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMI) adalah salah satu organisasi pergerakan yang anggotanya banyak menjadi simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI). CGMI mempunyai formula organisasi berupa trilogi:

Miyabi's picture

SABDASpace Salah Urus atau Salah Rumus???

Sabdaspace dalam Tentang Kami  merancukan etiket (tata pergaulan) dengan etika (tata nilai). Kesantunan bukan nilai. Yesus tidak selalu santun. Yesus tidak selalu mematuhi etiket. Namun Yesus selalu menjungjung tinggi NILAI. Yesus menanam NILAI itu dalam hati sanubari para murid yang kemudian sampai ke kita dalam wujud Alkitab.

Miyabi's picture

Teks dan Tradisi

Sitor Situmorang punya puisi pendek MALAM LEBARAN yg sangat terkenal dan cuma sebaris: "bulan di atas kuburan"

Miyabi's picture

Pohon Tak Berbuah di Taman Eden dan Asal Mula Suami Takut Istri

Pada mulanya manusia dan para binatang lainnya cuma tahu satu hal: enak. Apa yg enak itu yg dicari. Yang tidak enak itu yang dihindari. Manusia pun kerjanya cuma leyeh-leyeh di padang rumput yang hijau, kalau perutnya mulai kosong dan mulai ada rasa tidak nyaman, maka ia akan bangkit mencari makanan. Bila sudah kenyang dia kembali tiduran leyeh-leyeh dan mengelus-elus perutnya yang membuncit. Di Taman Eden ada banyak pohon buah tapi ada satu pohon yang tidak berbuah yang ditulisi larangan dalam 2 bahasa:

DANGER! HIGH VOLTAGE!
Dipegang = Mati

Miyabi's picture

Leviathan, Kelahiran Bayi Wikileaks dan Keterbukaan

Manusia menciptakan mahluk jadi-jadian lalu tunduk kepadanya. Mahluk ini biasa disebut Leviathan. Salah mahluk Leviathan yg umum ada di berbagai belahan dunia ini adalah Negara-Bangsa (Nation State). Manusia membenci sekaligus mencintai mahluk ini. Saya dan Anda membutuhkannya dan juga sekaligus menghindarinya.

Miyabi's picture

Penginjilan dan Omong Kosong Pemasaran

Peterkambey   menulis soal pendekatan pemasaran dalam penginjilan. Ini bukan topik baru. Pembahasan dan kritikan soal penggunaan pemasaran sekular dalam penginjilan sudah banyak.
Miyabi's picture

Yang PMS Boleh Pulang

Hebatnya institusi prasekolah yang ini adalah: bukan cuma ada kebebasan cuti haid, tapi di sini juga ada kebebasan untuk cuti PMS. Lho kok gitu? Teorinya, perubahan perilaku yang dialami perempuan ketika PMS dapat menciptakan lingkungan tidak bersahabat bagi perkembangan belajar anak-anak. Maksudnya?
Miyabi's picture

Omong Kosong Pengajaran

Setahun yang lalu ia datang diantar ibunya. Baru dua tahun setengah. Ibunya orang Indonesia dan ayahnya Jepang. Sehari hari di rumah menggnakan bahasa Inggris.

Miyabi's picture

LoyangBolic Blues: Internet Ala Anak Kos

Beginilah nasib jadi anak kos. Dikelilingi bangunan tinggi, jadi susah sinyal. Mau internetan cuma bisa pake HP CDMA butut, kalau lagi untung kecepatan download cuma bisa 7 kbps. Tapi kalau lagi edan, kita cuma kebagian 1 kbps. OMG!!! itu artinya cuma bisa buka yahoo messenger minimalatau facebook-mobile. Kalo sudah begitu, akal-akalan pun musti dilakukan

Miyabi's picture

Peristiwa Teater

menunggu godot

Miyabi's picture

Perumpamaan Tentang Jendela yang Pecah

Membaca dennis dan dreamz menyinggung the law of deminishing return, saya pun jadi ingin membahas istilah ekonomi yang lain, yaitu soal broken window fallacy, sebuah kesalahan berpikir yang men

Miyabi's picture

Pandangan Miyabi tentang Alkitab Part I

Mohon kepada para pembaca untuk menguji apakah pandangan saya berikut ini benar atau keliru. Dengan mengemukakan seperti apa sikap-sikap iman saya, maka saya membuka diri untuk diperbaiki. Mohon bantuannya.

Saya, Miyabi, berpandangan sebagaimana berikut:

1. Sebagian  saja dari Alkitab yang sudah ada sebelum iman kristen, yaitu Kitab-Kitab Perjanjian Lama.

Miyabi's picture

Penghuni Kos Baru dan Suaminya

"Eh, bok. Gue nanya dong. Loe pernah ga ngebayangin, kasur loe itu kan bekas orang ya kan? Mungkin aja dia pernah bawa suaminya atau pacarnya. Aduh gue jadi kepikiran. Aduuh gara-gara anak baru sebelah tuh."

Miyabi's picture

LICIKNYA HATI MANUSIA II

Seandainya ada orang-orang jahat di suatu tempat yang secara membahayakan melakukan perbuatan-perbuatan jahat, yang perlu dilakukan adalah memisahkan mereka dari kita semua dan menghancurkan mereka. Namun garis yang memisahkan kebaikan dan kejahatan dapat ditemukan dalam setiap hati manusia. Dan siapakah yang bersedia menghancurkan sepotong dari hatinya sendiri? (Aleksandr Solzhenitsyn, The Gulag Achipelago)

Miyabi's picture

LICIKNYA HATI MANUSIA

Ungkapan "hati manusia itu licik" semula sangat aneh buat saya. Saya dibesarkan dalam lingkungan yang memberi makna positif pada kata "hati". Dalam pemahaman saya, kejahatan itu muncul dalam pikiran, sementara hati itu selalu baik dan menginginkan yang baik.