Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Sri Libe Suryapusoro's blog

Sri Libe Suryapusoro's picture

Belajar Dari Masa Lalu

Kitab Matius dimulai dengan silsilah dari Tuhan Yesus. Buat saya cukup unik, mengapa dimulai dengan masa lalu? Bukankah kita perlu melupakan masa lalu untuk melangkah ke depan? Ketika kita memegang kepemimpinan di sebuah organisasi, apakah kita perlu melihat masa lalu?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Mengapa Tuhan Memakaiku

Suatu hari di tengah perenungan diri, aku pun terperangah. Penyebabnya sebuah pernyataan yang membuatku duduk malu. Mengapa Tuhan mau memakai aku?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Yesus pun Diam

 Bolehkah kita membela diri? Bolehkah kita membenarkan diri kita dengan cara apapun supaya diri kita terlihat benar dimata setiap orang? Saya pun bertanya kepada diri saya sendiri, Yesus yang seperti apakah yang saya kenal? Bagian dari Yesus yang mana yang harus saya tiru? Apakah Yesus yang sedang berdebat dengan para ahli Taurat? Ataukah Yesus yang sedang mengutuk sebuah kota? Atau Yesus yang dengan tenang mengajar murid-muridNya? Saya harus diam cukup lama supaya emosi saya tidak mencari ayat yang sesuai dengan keinginan saya. Saya harus benar-benar diam supaya saya bisa secara jernih mendengarkan suaraNya. Ya...Dia masih bersuara karena Dia masih hidup.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Saya pun bersedih setelah melihat SS

Sobat-sobatku,

Saya mengikuti SS dengan tujuan untuk saling membangun. Saya masih inget awal-awal adanya SS. Walaupun saya bukan orang angkatan pertama dalam media ini, tetapi saya orang yang menginginkan adanya media saling membangun. Beberapa orang yang aktif di media ini sepertinya memiliki semangat yang sama.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Dimanakah Investasimu? Perenungan Akhir Tahun

Investasi adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Disadari atau tidak, kita sedang melakukan investasi. Entah investasi buruk yang dipastikan akan gagal atau investasi baik, yang menghasilkan sesuatu yang berlimpah-limpah.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Hidup Menyebalkan, Mati Menyusahkan

Hari Sabtu kemarin merupakan hari yang melelahkan buatku. Istriku sudah mengeluhkan bau tidak enak di hari Kamis. Tetapi kami belum bisa berbuat banyak. Dia sibuk dengan pekerjaannya demikian pula saya, selain sedang terkapar di tempat tidur juga bekerja dengan kesibukan yang luar biasa. Tetapi semua pekerjaan saya tidak bisa selesai karena kondisi fisik yang tidak bisa dipaksa.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Bekerja VS Berkarya

Istriku menyatakan akan berhenti bekerja. Wah...berarti pendapatan kami akan berkurang. Aku akui, dengan istriku bekerja, pendapatan kami meningkat. Paling tidak, kami mendapatkan uang untuk sedikit bersenang-senang. Dan lagi, dia memiliki kesibukan. Itu sangat membantuku. Dia tidak kesepian di rumah atau hanya ngobrol sana-sini dengan tetangga tanpa ada artinya.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Apa yang Lebih Dihargai

Penghargaan dari manusia banyak yang mencari. Sayangnya banyak yang tidak menemukannya dan berputus asa dengan apa yang sudah dilakukan. Apa yang lebih dihargai oleh seseorang?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Apa yang Saya Cari?

Saya sangat sedih ketika melihat sayabisa.com sepi pengunjung. Saya merasa putus asa karena tulisan saya tidak memberkati banyak orang. Awalnya pembacanya mendekati 200 orang untuk tiap artikel tetapi sekarang hanya sedikit (kalau bisa dibilang sangat sedikit). Saya ingin menyerah. Buat apa selama ini saya menulis kalau hasilnya tidak dibaca orang lain?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Tali yang Mematikan

Perjalanan tidak selalu menyenangkan. Aku menyembahMu Tuhan. Aku mengaku, kekawatiranku sebagai bukti ketidakpercayaanku kepadaMu. Kekawatiranku sebagai bentuk aku mengandalkan diriku sendiri. Kalau memang aku harus kehilangan apa yang sudah aku miliki terus kenapa? Bukankah Tuhan bisa memberikan lagi hal lain? Bukankah Tuhan berkuasa atas segala makluk di bumi dan di surga?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Teknik Mengevaluasi Diri

Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!" Mar 8:29 

Sri Libe Suryapusoro's picture

Siapa yang Harus Berkuasa Atas Hidup Anda?

Ketika saya membaca tentang kisah Salomo menjadi raja, saya pun terinspirasi untuk menuliskan tentang berkuasa. Kuasa menjadi suatu kata yang sering dihindari ketika kita membahasnya. Seakan-akan menjadi tabu untuk berbicara tentang kuasa. Tetapi mau tidak mau kita harus berkuasa atas kehidupan kita. Bukan orang lain tetapi diri kita yang berkuasa.

 

Sri Libe Suryapusoro's picture

Bayak hal yang lebih penting dibandingkan uang

 Sangat mudah mengatakan uang bukan segalanya ketika kita memiliki uang. Mau apa saja bisa terwujud karena ada uang. Semua kebutuhan sudah terpenuhi. Rumah yang diidam-idamkan sudah dimiliki. Makanan sudah tersedia. Gaji tiap bulan sudah pasti dan memenuhi semua kebutuhan. Toh kalau masih belum cukup ada orang lain yang akan membantu perekonomian kita. Bukankah uang bukan segalanya?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Tidak Ada yang Boleh Mendahuluiku

Saya mengenal seorang pemimpin yang memiliki prinsip seperti diatas. Tidak ada anak buah yang boleh melebihi dirinya. Baik dari sisi prestasi kerja, kemampuan maupun hubungan dengan orang lain. Seakan-akan seorang pemimpin harus berkompetisi dengan anak buahnya.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Saya dan Anda sudah menjadi pemimpin

Buat saya pemimpin tidaklah diangkat oleh orang lain, seorang pemimpin harus diangkat menjadi pemimpin oleh orang yang dipimpinnya. Jadi sangatlah salah jika kita menganggap diri kita pemimpin hanya karena kita seorang supervisor, manager atau direktur. Karena siapa yang memimpin tidak ada hubungannya dengan posisi seseorang.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Berapa Arti Satu Jam Buat Anda?

Bagaimanapun juga satu jam berarti 60 menit atau 3600 detik. Semua orang diberi kesempatan yang sama, di beri jumlah jam yang sama oleh Tuhan. Orang yang sangat sibuk, walaupun dia meminta dengan sangat ke Tuhan untuk ditambah jumlah jam dalam satu hari, dia tetap diberi 24 jam sehari. Tidak kurang dan tidak lebih. Orang yang sedang tidak punya pekerjaan, menunggu hari berikutnya dengan bosan, tetap saja diberi 24 jam sehari. Lalu apakah Tuhan itu adil? Bukankah Tuhan seharusnya memberikan sesuai dengan kebutuhan orang yang bersangkutan?

 

Sri Libe Suryapusoro's picture

Konflik selalu Terjadi

Paulus dan Barnabas adalah tim yang solid. Pada awal kepemimpinan Paulus, Barnabas sangat membantunya. Ketika setiap orang menolak dirinya, Barnabas membela Paulus di depan banyak orang. Barnabas mempertaruhkan dirinya demi Paulus. Kerja sama mereka juga sudah teruji.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Haruskah Seorang Pemimpin Dibenci?

Tulisan ini merupakan e-news di www.SayaBisa.com; dengan penulis yang sama.

Seseorang pernah berkata ke saya,”Menjadi pemimpin harus siap untuk dibenci.” Hal ini ada benarnya tetapi bisa jadi berbahaya. Ada pemimpin-pemimpin yang akhirnya tidak mau instrospeksi diri karena dia merasa memang sudah seharusnya dia dibenci. Ketika pemimpin tersebut melakukan kesalahan dan berbuat sekehendakhatinya maka banyak orang yang membencinya. Ketika dia terlalu memaksakan pendapat maka orang di sekitarnya menunjukan rasa tidak sukanya. ”Bukankah menjadi pemimpin memang harus siap untuk dibenci?”

Sri Libe Suryapusoro's picture

Stres Karena Pekerjaan?

Banyak orang yang tertekan karena pekerjaan. Hari Senin menjadi hari yang berat karena terbayang pekerjaan yang luar biasa menekan dirinya. Sedangkan hari Jumat menjadi hari yang menyenangkan karena sebentar lagi terbebas dari pekerjaan. Ketika berangkat ke kantor, badan rasanya tidak mau kompromi. Bangun tidur dengan berat, bersiap-siap ke kantor seperti akan bertemu hantu. Ketika di rumah pun terbayang pekerjaan yang luar biasa berat.

Pada dasarnya pekerjaan haruslah dinikmati. Saya mengenal beberapa orang yang justru dengan senang hati berangkat ke kantor. Dia tersenyum ketika bekerja. Dia sangat menikmati setiap hal yang ada. Bangun pagi dengan penuh semangat karena akan menghadapi pekerjaan yang ada. Bahkan saya mengenal orang yang mengerjakan pekerjaannya sampai 12 jam dan masih tetap semangat bekerja. Jadi masalahnya dimana?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Kamu Harus Memberi Mereka Makan

Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."  Mat 14:16