Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

kepemimpinan

butet's picture

#PEMIMPIN YANG BAIK

 

Sri Libe Suryapusoro's picture

Belajar Dari Masa Lalu

Kitab Matius dimulai dengan silsilah dari Tuhan Yesus. Buat saya cukup unik, mengapa dimulai dengan masa lalu? Bukankah kita perlu melupakan masa lalu untuk melangkah ke depan? Ketika kita memegang kepemimpinan di sebuah organisasi, apakah kita perlu melihat masa lalu?

Akhim Kupeilang's picture

Apa itu Kepemimpinan?

Kepemimpinan ialah sebuah kata benda yang berasal dari kata objek yaitu pemimpin lalu memperoleh imbuhan ke - an, kemudian menjadi kepemimpinan.

Purnawan Kristanto's picture

Pemimpin itu Gedibal

Siapa bilang Amerika itu negara makmur? Tahun ini, utang negeri paman Sam ini mencapai 14,3 triliun dollar AS.  Utang itu sudah setara dengan 100 persen dari produksi domestik bruto (PDB) AS selama setahun. Supaya lebih mudah membayangkannya ilustrasinya begini: utang Amerika itu baru bisa dilunasi jika selama setahun rakyat Amerika tidak melakukan konsumsi (termasuk makan dan minum), tidak berinvestasi, para pegawai tidak digaji dan belanja pemerintah distop. Semua uangnya dikumpulkan untuk membayar utang. Barulah utang mereka lunas.

ferrywar's picture

Cerpen Negeri Warna Warni

 Cerpen Negeri Warna Warni
 
 
Ada sebuah negeri yang terdiri atas berbagai suku bangsa, berbagai agama dan negeri itu bersatu atas dasar keaneka-ragaman. Nilai nilai keberagaman dijunjung tinggi, lebih tinggi daripada setiap kepala warga.
 
Sri Libe Suryapusoro's picture

Hidup Menyebalkan, Mati Menyusahkan

Hari Sabtu kemarin merupakan hari yang melelahkan buatku. Istriku sudah mengeluhkan bau tidak enak di hari Kamis. Tetapi kami belum bisa berbuat banyak. Dia sibuk dengan pekerjaannya demikian pula saya, selain sedang terkapar di tempat tidur juga bekerja dengan kesibukan yang luar biasa. Tetapi semua pekerjaan saya tidak bisa selesai karena kondisi fisik yang tidak bisa dipaksa.

Onekhesi Zega's picture

Pemimpi Yang Menjadi Pemimpin

Alkitab mencatat banyak contoh dari para pemimpi yang pada akhirnya menjadi pemimpin. Salah seorang tokoh PL yang begitu akrab dikenal sebagai tukang mimpi, yaitu Yusuf (Kej 37:19), yang pada akhirnya menjadi pemimpin nomor dua di Mesir setelah Firaun (Kej 41:40).

Onekhesi Zega's picture

ViSA

PANDANGAN VISA

Perjalanan hidup bersama Allah; sesudah menerima Yesus menjadi Tuhan dan Juruselamat saya pribadi, memasuki masa pendidikan formal dan mengajar di Sekolah Tinggi Teologia, melayani sebagai Gembala Jemaat dan menjadi Utusan Injil, telah membawa saya pada pandangan hidup yang sederhana, tetapi sangat bermakna, mudah tetapi diperlukan ketelitian, biasa namun sering diabaikan.
Sri Libe Suryapusoro's picture

Tidak Ada yang Boleh Mendahuluiku

Saya mengenal seorang pemimpin yang memiliki prinsip seperti diatas. Tidak ada anak buah yang boleh melebihi dirinya. Baik dari sisi prestasi kerja, kemampuan maupun hubungan dengan orang lain. Seakan-akan seorang pemimpin harus berkompetisi dengan anak buahnya.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Saya dan Anda sudah menjadi pemimpin

Buat saya pemimpin tidaklah diangkat oleh orang lain, seorang pemimpin harus diangkat menjadi pemimpin oleh orang yang dipimpinnya. Jadi sangatlah salah jika kita menganggap diri kita pemimpin hanya karena kita seorang supervisor, manager atau direktur. Karena siapa yang memimpin tidak ada hubungannya dengan posisi seseorang.

Ulah's picture

Potensi Diri dan Kepemimpinan (2)

Pada bagian terdahulu dijelaskan tentang potensi diri dan lingkungan yang selengkapnya dapat dibaca pada http://www.sabdaspace.org/potensi_diri_dan_kepemimpinan_1Pada bagian ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya dan merupakan bagian akhir.

Ulah's picture

Potensi Diri dan Kepemimpinan (1)

Intisari
Potensi diri setiap orang berbeda dan unik.  Keunikan ini perlu dijalin secara “apik” sehingga menjadi mata rantai yang tidak terputus.  Antara potensi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.  Hal ini terjadi dalam kerangka rencana yang lebih besar yang telah Tuhan rencanakan bagi kehidupan orang percaya.  Terlebih lagi orang percaya sangat berharga di mata Allah.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Konflik selalu Terjadi

Paulus dan Barnabas adalah tim yang solid. Pada awal kepemimpinan Paulus, Barnabas sangat membantunya. Ketika setiap orang menolak dirinya, Barnabas membela Paulus di depan banyak orang. Barnabas mempertaruhkan dirinya demi Paulus. Kerja sama mereka juga sudah teruji.

Purnawan Kristanto's picture

Integritas Pemimpin

Seorang aktor terkenal bernama Charles Coburn pernah bercerita begini: "Ketika masih
kanak-kanak, saya jatuh cinta pada teater dan karena waktu itu belum ada
bisokop, saya berkeliling menonton semua pertunjukan hidup yang saya jumpai."


"Ayah
saya memberi nasihat, ‘Nak, satu hal yang tidak pernah boleh engkau lakukan
ialah tidak boleh pergi ke pertunjukan tertutup yang mempertotonkan
wanita-wanita telanjang.'"

Sri Libe Suryapusoro's picture

Haruskah Seorang Pemimpin Dibenci?

Tulisan ini merupakan e-news di www.SayaBisa.com; dengan penulis yang sama.

Seseorang pernah berkata ke saya,”Menjadi pemimpin harus siap untuk dibenci.” Hal ini ada benarnya tetapi bisa jadi berbahaya. Ada pemimpin-pemimpin yang akhirnya tidak mau instrospeksi diri karena dia merasa memang sudah seharusnya dia dibenci. Ketika pemimpin tersebut melakukan kesalahan dan berbuat sekehendakhatinya maka banyak orang yang membencinya. Ketika dia terlalu memaksakan pendapat maka orang di sekitarnya menunjukan rasa tidak sukanya. ”Bukankah menjadi pemimpin memang harus siap untuk dibenci?”

Sri Libe Suryapusoro's picture

kejujuran

Tadi sore saya membaca lembar evaluasi teman saya yang saya rasa sangat jujur. Dia memberikan evaluasi bukan hanya tentang apa yang dia lakukan tetapi juga apa yang bosnya lakukan. Ada beberapa kritik yang langsung disampaikan. Bukankah itu sebuah kejujuran? Dia jujur menyatakan semua keadaan yang ada tanpa mencoba menutup-nutupi? Sebenarnya baik-baik saja selama motivasi yang ada juga jujur. Dia benar-benar ingin membangun kami semua-tentu termasuk bos kami. Tetapi apakah seperti itu yang benar-benar disebut kejujuran? Kita nyatakan semua yang kita tahu tanpa tedeng aling-aling?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Keberanian bertindak

Bagaimana jika Anda tahu ada ketidakberesan dengan orang yang Anda pimpin? Hanya ada dua pilihan, bertindak atau diam saja.

Sri Libe Suryapusoro's picture

Hukum katup dari John C. Maxwell

Kemampuan memimpin ibarat katup yang menentukan tingkat keefektifan seseorang. Semakin tinggi kemampuan memimpinnya, semakin besar tingkat keefektifannya. Untuk mencapai tingkat keefektifannya tertinggi, Anda harus membuka tinggi-tinggi katup kemampuan Anda memimpin. Jika kita menumbuhkan kemampuan kita atau katup-katup tersebut maka kesempatan akan datang kepada kita, bukan sebaliknya.