Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Apa yang Saya Cari?

Sri Libe Suryapusoro's picture

Saya sangat sedih ketika melihat sayabisa.com sepi pengunjung. Saya merasa putus asa karena tulisan saya tidak memberkati banyak orang. Awalnya pembacanya mendekati 200 orang untuk tiap artikel tetapi sekarang hanya sedikit (kalau bisa dibilang sangat sedikit). Saya ingin menyerah. Buat apa selama ini saya menulis kalau hasilnya tidak dibaca orang lain?

Ketika saya melihat website kenalan saya, saya mulai tersemangati kembali. Banyak tulisan dia yang tidak dibaca oleh orang lain. Paling pembacanya hanya dibawah 50 orang. Tetapi dia terus menulis dan menulis. Seakan-akan dia sedang mengatakan, "Saya tidak peduli berapa orang yang membaca, yang penting saya tetap menulis." Cara ini sepertinya yang harus saya lakukan. Saya harus tetap berkarya, entah mereka peduli atau tidak dengan karya saya.

Disinilah saya kembali merenung. "Tuhan apa yang Engkau inginkan?" Dan Dia bertanya kepada saya,"Apa yang engkau cari?" Saya terdiam sejenak. Tanpa saya sadari saya mencari pengakuan dari orang lain. Tetapi bukankah hal yang wajar jika saya mencari pengakuan? BUkankah saya sudah kerja keras sehingga wajar jika saya mendapatkan pengakuan? Bukankah saya sudah melakukan yang terbaik?

Apa yang saya cari? Saya terdiam sejenak. Saya mencari untuk diri saya sendiri. Bohong jika saya mengatakan saya sedang melayani orang lain karena sebenarnya saya sedang melayani diri saya sendiri. Tidak bagus bahkan bisa dibilang memalukan. Apa yang saya lakukan, sungguh-sungguh memalukan. Mengatasnamakan untuk orang lain tetapi sebenarnya untuk diri saya sendiri.

Apa yang seharusnya saya cari? Saya sedang melakukan apa yang Tuhan inginkan. Saya hanya melakukan. Saya bukan mencari pengakuan. Pengakuan adalah hadiah, hadiah bisa diberikan bisa pula tidak. Saya tidak berhak marah jika saya tidak mendapatkan hadiah. Itu hak si pemberi hadiah. Seharusnya saya menulis karena Tuhan inginkan saya menulis. Seperti kendaraan, keberadaannya hanyalah untuk dinaiki. Kemana kendaraan itu menuju? Sopirlah yang menentukan. KEmana saya menuju? Untuk apa tulisan saya? Bagaimana tulisan saya menjadi berkat buat orang lain? Tuhanlah yang menentukan. Itu bagian Tuhan dan tidak layak jika saya merebut bagian Tuhan.

Bisa-bisa saja saya menuliskan sesuatu untuk kepopuleran saya. Tinggal cari topik yang kontroversial, menghina seseorang, pastilah akan menjadi panas dan banyak orang yang membaca dan memberikan komentar. Tetapi apakah itu yang Tuhan minta? Benarkah itu yang Tuhan inginkan? Yang jelas, Tuhan tidak ingin saya melakukannya. Kalau orang lain, entahlah.

Apa yang saya cari? Ternyata saya telah mencari hal yang salah. Saya harus memperbaiki diri. Diam sejenak dan merenung, berkoneksi dengan TUhan. Apa yang saya cari?

Tidak lama setelah saya bergumul tentang hal ini, seorang teman menghubungi saya. Dia menceritakan seseorang yang dia bantu menuliskan kesaksian dalam report tahunannya. Orang tersebut menulis bahwa sangat terbantu oleh tulisan-tulisan di sayabisa.com. Terus terang saya tidak tahu, tulisan mana yang dia baca dan seberapa besar dampak tulisan tersebut. Ternyata saya tetap harus memperbaiki diri. Ketika ada pembaca yang merasa tertolong, itu adalah anugerah. Anugerah buat saya.

__________________

Small thing,deep impact

iik j's picture

Jangan menyerah pak...

Wah... wah... penulis keren pun bisa hampir putus asa yah... apalagi saya? hua ha ha ha ha...

Saya sempat menulis hal yang sama juga di blog pribadi saya, yang berjudul Aku dan Soal Macem-Macem ... begini..

Bagiku, kalau tulisanku dibaca orang ya ‘matur nuwun’... tapi kalau nggak ya... nggak apa apa... kan tetap ada aku sendiri yang membacanya... ha ha ha.. narsis!!! Lagian, kubuat blog ini, supaya bisa menyalurkan hasrat terpendam yaitu menulis. Daripada tulisanku memenuhi memori hape dan PC tanpa ada yang membacanya, mendingan kupajang saja disini.. kan bagus... bisa ditambah gambar... ditambah tulisan-tulisan bergerak... ditambah lagi warna warni... hi hi katrok banget yah... Sekali lagi, aku tak tergantung apakah aku disukai, dibenci, dicibir, dihindari, atau apa... whateve’.. lah! Emang gue pikirinn... hi hi hi...

Jangan Menyerah pak! Saya aja diberkati oleh tulisan2 Bapak di sayabisa.com terutama artikel kepemimpinan. 

AYOOOO PAK.. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR...

he he he he...

passion for Christ, compassion for the lost

Pedang Roh's picture

@ SLS: Tetaplah Berkarya

Artikel banyak dibaca bukan berarti artikel itu selalu jadi berkat, berbobot, atau apa. Bisa jadi karena kontroversial, semakin kontroversial biasa orang akan tertarik, entah sekedar ingin tahu, atau unjuk kebolehan.

Artikel yg hitnya banyak, bisa jadi karena komentar terus dikomentari, dan terus dikomentari lagi baik dari si pembuat maupun penanggap. Misal, u komentari saja komentarku dan Iik J di atas, jadi u udah nulis 2 komentar, sehingga dalam blogmu ini udah ada 4 komentar. Untuk diketahui, biasanya para SS-ers sepengamatan saya, akan mengklik komentar itu, dan bukan bagian judul  artikel blogmu, semakin heboh judul, atau isi komentar, biasanya mengundang / menarik perhatian.

So, kalo u mau ngejar Hit blog, bisa lakukan beberapa usulanku di atas, meski tidak aku sarankan.

Oh ya, ada yg menarik, ketika saya menulis Blog Humor Maruto dan Nurdin M. Top, setahuku meski 5 komentar, hitnya baru 120-an saja. Nah sekarang/kemarin sudah 562 kali dibaca. Dugaanku maybe karena orang cari di Google Search tt berita seputar Terorisme, dan nyangkutlah mereka ke artikel blogku, tidak tahu apa karena kata kunci Bom Jakarta, Teroris, atau apa gitu. Saya sendiri juga tidak menyangka.

Setahuku, blog SS ini yg aktif cuma 20-35 an orang, bisa dilihat di kanan bawah, Berapa tamu yg sedang ONLINE, ONLINE, Jari dan Keyboard berpadu, aku senang ONLINE-ONLINE,

Maybe SLS lupa, lupa, lupa, lupa, lupa lagi syairnya (cara2 membuat Hit jadi Gilee naik, cari saja di artikel SS-ers yg punya Tips dan Triknya), tapi semoga SLS Ingat, Ingat, Ingat, Ingat, Hanya Ingat Kuncinya (beberapa tips dari saya di atas),

Kalo pusing, mending nyanyi lagu Medley paling laris, Mbah Surip

Ibu- ibu Bapak Bapak siapa yg punya anak bilang aku....

Tak Gendong ke mana-mana, Tak Gendong ke mana-mana....

Enak dunk, Mantap Tho..Asyik Tho....,

Selamat menjadi Berkat, maybe bisa jadi buku seri kesekian dari Dr. Andar Ismail.

 

 

 

sandman's picture

Hit dan Komentar penting?

Gak penting amat menurutku, apakah kita tahu dengan hit sedikit berarti tidak memberkati? atau hit banyak berarti banyak yang tidak terberkati? BELUM TENTU ah...

saya jadi inget OMONGAN si BABI PINK, menulis jangan sekedar OBSESI tapi sebagai bukti bahwa kita pernah menulis.. at least bisa jadi kenang2an buat cucu kita. *halah* apa to sand...

Bisa saja tulisan PAK SLS itu di print dan di bagikan ke banyak orang, dan ada orang-orang yang terberkati..

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Pedang Roh's picture

@ SLS dan Sandman

Nah apa kata saya SLS, nech udah ada yg komentar lagi, praktekkan saja usulku, yakin bisa Hitmu naik dech, minimal dikomentari lagi ama orang2 yg tergelitik dg komentar saya atau anda, atau komentar yg lainnya. Di Coba ya.

Hehehe, lihat manjur nech saranku, Blogamu nambah hit lho dengan sendirinya. Belum kalo u komentari 3 orang di atas. nambah naik lagi... lagi... lagi...

Ciayo SLS, ayo teman2 kita komentari Blog ini.

hai hai's picture

Jumlah Hit

Jumlah hit terbanyak dari blog Humor Maruto dan Nurdin M. Top datang dari Google. Mereka mencari dengan kalimat yang berisi nama "Nurdin M top".

Di satu pihak mungkin ada yang bilang, penulisnya aji mumpung. Mumpung rame, ndompleng ngetop.

Ada yang bilang tulisan demikian tidak ada gunanya, seperti gosip yang akan hilang beberapa saat kemudian. Walaupun jumlah hit meningkat dengan cepat, namun hanya untuk waktu sementara. Beberapa saat kemudian hit akan stop sama sekali.

Blog yang paling tinggi jumlah hitnya di SABDASpace saat ini adalah Aku Sudah Tidak Perawan II. Hitnya 69.918 dan akan terus meningkat karena blog tersebut selalu muncul di Daftar "Populer Saat Ini." Itu adalah daftar blog yang paling banyak di hit hari ini.

Ketika mencari dengan kata PERAWAN di Google, maka yang muncul adalah:

Aku sudah tidak perawan (part 2) | SABDA Space - Komunitas Blogger ...
Kamu tidak perawan lagi! Karena kamu sudah menikmati betapa enaknya otak dan tubuh yang dibanjiri hormon endorphin karena hubungan sex, karena kamu pernah ...

Halo-halonya sangat memikat dan menjanjikan. Kita dapat menduga siapakah para pencari dengan kata PERAWAN itu. Tulisan tersebut di atas ada pada salah satu komentar, bukan pada blognya. Itu berrti mereka yang penasaran akan membaca blognya dulu lalu membaca komentar-komentarnya untuk menemukan kalimat tersebut di atas. Pasti banyak yang kejebak. Dan bila mereka adalah orang Kristen, semoga mereka bertobat.

Untuk terus mendapatkan anggota baru kita harus promosi. Salah satu cara yang paling efektif adalah para pengguna mengundang teman-temannya untuk bergabung. Cara yang lain adalah lewat mesin pencari seperti google.

Tidak sulit membuat tulisan laris manis. juga tidak sulit untuk mengajak atau memancing jumlah hit. Apa yang dilakukan oleh KIEM sangat efektif untuk meningkan HIT.

Itukah yang kita inginkah?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Sri Libe Suryapusoro's picture

Kok jadi Hits..

Sebenarnya yang menjadi pertimbangan saya, bagaimana tulisan-tulisan bisa menjadi berkat buat orang lain? sekali lagi, bisa saja kita membuat hits meningkat tetapi apakah tetap menjadi berkat?

Tujuan tulisan ini adalah membuat siapapun yang menulis di blog ini, jangan ragu untuk terus menulis walaupun cuma sedikit yang membuka. Terus saja menulis, siapa tahu dari yang sedikit itu menjadi berka. Buat yang menjadi hits...ya..biar saja mereka seperti itu. Ngga usah iri dan mencoba-coba menulis sesuatu yang justru tidak menjadi berkat. Hehehe...

__________________

Small thing,deep impact

arie_saptaji's picture

pergumulan serupa

saya pernah menuliskan pergumulan serupa soal kepenulisan:

http://ariesaptaji.blog.friendster.com/2008/01/membanggakan-menggentarkan-memprihatinkan-dan-tidak-terduga/

__________________

liyen sipayung's picture

berkat..??

yups bener itu..

dari tulisan2 bapak2, aku juga jd bertobat,hehehehe (dalam proses sih)...

punya kesadaran gitu la...

dan klo mengenai hits nya, aku sendiri kadang gak ngasi komentar, hanya baca karna gak tau mau comen apa, mau naya apa..

jadi klo soal tulisan jgn hanya melihat dr brapa orang yg ngasi comen, karna kayaknya kebanyakan hanya baca aza gak ngasi comen,gituu..

(",)Gb

__________________

(",)

Purnomo's picture

Berseru supaya tetap selamat dan yakin

Pada suatu hari seorang nabi tiba di sebuah kota untuk menobatkan para penduduknya. Mula-mula orang kota mendengarkan kotbah-kotbahnya. Tetapi lama-kelamaan mereka tidak datang lagi, sampai tidak ada segelintir orang pun yang mendengarkan kata-kata sang nabi.

       Pada suatu hari seorang musafir bertanya kepada nabi, ”Mengapa Anda masih saja terus berkotbah? Apakah Anda tidak tahu, bahwa tugas Anda itu sia-sia saja?”

       Jawab sang nabi: ”Pada mulanya aku berharap dapat mengubah mereka. Kini aku masih terus berseru agar supaya mereka jangan mengubah aku!”

(Anthony de Mello SJ – “Burung Berkicau” hal. 135)
rojo's picture

Untuk bapak penulis,da

Untuk bapak penulis,da rekan2 blogger lainnya, ini sebenarnya hanya masalah teknis website.
Agar sebuah website lebih dikenal oleh dan dikunjungi banyak orang, harus memenuhi beberapa standard web SEO. Dalam urusan SEO (search engine optimization) ini banyak rekan2 kita webmaster yg lebih memahaminya.

Kalau melihat kasus web pak penulis, saya melihat kekurangannya dalam hal url rewrite nya, mungkin option tersebut bisa anda cari pada website joomla (CMS yg anda pakai)

Untuk rekan2 lain yg lebih memahami SEO, mungkin bisa menambahkan

antowi's picture

Tembak keywords

Tembak keywords ala Pedang Roh bisa merugikan diri sendiri, kenapa? karena ketika seseorang klik di google dan itu bukan artikel yang sedang ia cari maka kemungkinan besar dia akan click tombol back pada browser nya. Google cuma sebuah robot dia tidak membaca content berkualitas atau nggak sehingga ketika terjadi kasus seperti diatas maka google menganggapnya tulisan sampah nggak berguna.

Jadi mengapa kita nggak melakukan "hanya menulis content yang berkualitas untuk sebuah website terkenal seperti sabdaspace?" kalau nggak bisa nulis secara bagus mending nggak usah nulis seperti saya

Salam..hormat

__________________

Semut,bangsa yang tidak kuat, tetapi yang menyediakan makanannya di musim panas, Amsal 30:25