Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

kardi's blog

kardi's picture

Mencatat yang dilakukan, lakukan yang dicatat

Belum lama ini, terjadi restruktur organisasi dalam kantor saya, dimana motto :mencatat yang dilakukan , lakukan yang dicatat, harus saya sosialisasikan dalam minggu-minggu ini.

Sebenarnya  motto tersebut sudah lama diketahui, tapi mulai jarang dilakukan, karena tidak ada tindakan tegas dari manajement sebelumnya dan belum terbiasa dengan bahasa tulisan, semuanya serba lisan saja.

Keuntungan yang didapat : terhindar dari human error dan meningkatkan kualitas, dan produktivitas.

kardi's picture

Kemarahan yang berdampak positip dalam keluarga.

Menurut Wikipedia ,  Kemarahan adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantungtekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin .

Kemarahan yang bagaimana yang berdampak positip? Memangnya ada?

Berikut ini  penjabarannya :

kardi's picture

Bersedih atau tertawa ?

Pendahuluan

Tiga tahun yang lalu ayah saya wafat dalam usia 92 tahun, dan sebulan yang lalu menyusul ibu saya dalam usia 95 tahun. Jadilah saya anak yatim piatu.

Saya merasa sedih dan terharu bila melihat ranjang beliau yang kosong setiap masuk kamar yang ditempatinya sejak 3 tahun yang lalu.Sejak ayah meninggal, maka saya bawa ibu untuk tinggal bersama saya. Nah dari firman Tuhan yang saya baca,saya punya pilihan apakah saya mesti bersedih atau tertawa.Ikuti terus tulisan ini..

kardi's picture

Mujizat masih ada buat saya

Pendahuluan,

Percaya bahwa masalah adalah awal dari mujizat.Percaya bahwa Tuhan turut campur tangan dalam masalah yang saya hadapi, percaya bahwa Engkau Tuhan lebih mengerti cara untuk menolong hidup saya.Percaya bahwa Engkau Tuhan yang sanggup memberikan kemenangan demi kemenangan.Percaya bahwa mujizat disediakan buat saya.

kardi's picture

Membedah artikel Motivator

Pendahuluan

Sekarang banyak seminar2 motivator yang diadakan oleh perusahaan2 besar bagi karyawan2nya. Disini,salah satu makalah yang diberikan oleh motivator dibedah dan dibandingkan dengan standard kebenaran Alkitab. Tentu saja, saya tidak mengundang polemik, yang pasti ada pro dan kontra. Dan semoga tulisan ini bisa menjadi berkat.

kardi's picture

Uang dan kekayaan

Uang dan kekayaan saling berkaitan, banyak uang (logam,kertas) =kaya, sebaliknya tidak punya uang = miskin,tidak kaya.

Ibu Teresa Alm, memberi nasihat mengenai uang dan kekayaan sebagai berikut:

kardi's picture

Is success my right ? Apakah sukses itu milik saya?

Pendahuluan

Berdasarkan mitos yang masih dipercayai, sukses itu  berkaitan dengan nasib, keturunan, pendidikan, fisik, kesehatan, warna kulit, jenis kelamin, shio, zodiac, waktu lahir, umur dsb.

kardi's picture

Mencermati dan meneropong hidup Yakub dan Esau

Pendahuluan

Dalam Alkitab tercatat kelahiran bayi kembar pertama, dari rahim Ribka, istri Isak,yang diberi nama Yakub dn Esau. Pada waktu itu Isak sudah berumur 60 tahun, (Kejadian 25:26).

Sebelumnya Tuhan berjanji pada Abraham, ayah Isak untuk memberikan keturunan yang banyak seperti bintang dilangit. Dan janji Tuhan adalah ya dan amin, mulai dari Ismael (anak Abraham dari budak perempun Sara, Hagar) yang mempunyai anak 12 orang sampai pada  Yakub dan Esau ,mereka beranak-pinak.Yakub mempunyai 12 orang anak dari 2 orang istri dan 2 budak perempuannya sedangkan Esau mempunyai 5 orang anak dari 3 orang istri. Dan bagaimana tentang keturunan mereka selanjutnya dan apa yang dapat diambil dari hidup Yakub dan Esau, ikuti terus tulisan ini

kardi's picture

Merdeka atau Mati

Merdeka atau mati adalah sebuah semboyan bagi para pejuang kemerdekaan RI di masa penjajahan Belanda. Teriakan yang kini muncul disaat memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke -66, tepat hari ini,masih sangat relevan untuk dicermati.

Merdeka berarti bebas, lepas dari ikatan/belenggu si penjajah, bisa menentukan kemauan sendiri, berdiri diatas kaki sendiri (kata-kata Bung Karno).

kardi's picture

Antara tugas pekerjaan dan tugas pelayanan

Antara tugas pekerjaan dan tugas pelayanan

Tugas pekerjaan saya dalam hari-hari kerja (Senin sampai Jumat) demikian sibuk akhir-akhir ini, karena ada rekan kerja yang resign dan belum ada gantinya. Sedangkan tugas pelayanan saya dalam ibadah tengah minggu mulai jam 19.00 malam, dimana saya harus sudah standby setengah jam sebelumnya sebagai penyambutan. Yah tugas yang tidak berat, hanya harus kuat berdiri selama 1 jam, dengan senyum selalu dibibir dan muka yang disetel seriang mungkin (mimik muka kira-kira seperti di foto profil saya) dan menyapa shalom, Tuhan berkati...

kardi's picture

Belajar dari Rut

Pendahuluan

Rut, berasal dari bangsa Moab, yang menyembah allah, dewa-dewa nenek moyang mereka. Rut diperistri oleh Mahlon, putra Naomi . Riwayat Rut ini tercatat dalam kitab Rut, Perjanjian lama. Bahkan Rut juga tercatat dalam silsilah Yesus (Matius 1:5), menjadikan kehidupannya patut ditelusuri lebih jauh dan diteladani.

Isi

kardi's picture

BBM,Bersyukur, bergantung, memuliakan namaNya

 Pendahuluan
Tulisan ini adalah ringkasan kotbah dan pengalaman hidup pribadi.
Masalah dalam hidup selalu ada, datang silih berganti, siap atau tidak siap.Simak tulisan ini, agar bisa mencapai garis finish (kehidupan) dengan baik.
kardi's picture

Belajar dari kehidupan Zakheus

 Pendahuluan

Beberapa tahun belakangan ini , pemerintah sedang maraknya menggalang dana dari perpajakan, mulai dari karyawan rendahan sampai yang pegang jabatan, wajib mempunyai NPWP(Nomor Pokok Wajib Pajak) dan setiap tahun harus melaporkan SPT (Surat Pajak Terhutang) nya. Pro dan kontra soal perpajakan ini, membuat sikap masa bodoh dari sebagian besar masyarakat kecil, bisa dimaklumi karena hanya sebagian kecil yang merasakan manfaatnya mempunyai NPWP: a.l untuk dapat meminjam uang dari bank diatas 100 juta rupiah. Oknum perpajakan banyak yang menyelewengkan wewenangnya dan akhirnya korupsi merajalela. Pemerintahan SBY dengan gigih memberantas hal ini, dengan bergulirnya perkara demi perkara di pengadilan,walaupun belum mengikis habis ke akar-akarnya.

Ternyata di Alkitab, Lukas 19:1-10 ada tertulis tentang seorang kepala pemungut cukai,Zakheus,yang bertobat setelah bertemu muka, face to face,dengan Tuhan Yesus. Apa dan bagaimana Zakheus bisa bertemu dan menerima Yesus, ikuti tulisan selanjutnya.

kardi's picture

Apa sukses sesungguhnya menurut Alkitab?

Pendahuluan

Setelah tulisan saya kesuksesan sejati yang merupakan ringkasan kotbah diposting, maka saya  lanjutkan dengan tulisan ini sebagai pelengkap, yang juga merupakan ringkasan kotbah kemarin Jumat di Office Ministry ,Kelapa Gading-Jakarta. Semoga dapat menjadi berkat bagi yang membacanya.

kardi's picture

Kesuksesan sejati

Pendahuluan

Kesuksesan sejati menjadi tema kotbah di office ministry, Jumat lalu yang saya ikuti secara rutin di lingkungan kantor Bukit Gading Indah, Kelapa Gading, Jakarta.

kardi's picture

Mazmur 73, pergumulan dan pengharapan,

Pendahuluan

Mazmur 73 yang berjudul pergumulan dan pengharapan menjadi tema kotbah yang disampaikan oleh Pdt. Binsar Sagala, asal kota Bandung,di GBI Elohim Bogor pada hari Minggu yang lalu. Beliau membaginya menjadi 3 sub tema : Aku didekatMu,-Tetap di dekatMu,- kesukaan di dekatMu

kardi's picture

Kedatangan Tuhan Yesus

Diluar kegelapan malam nan mencekam
Tiada lagi terdengar suara binatang malam,
Mereka meringkuk terdiam.
Mulut seakan terbungkam.

Apa gerangan yang  terjadi ?
Malam dimana Yesus  datang kedua kali
Seperti dinubuatkan, Dia datang bak pencuri
Tak seorangpun  yang mengetahui...

 

kardi's picture

Hidup dan mati didalam Tuhan

Pendahuluan

Tulisan ini adalah renungan kotbah yang disampaikan pada ibadah tengah Minggu oleh gembala sidang kami di bulan Maret 2010 y.l

Saya beri tema : Hidup dan mati didalam Tuhan

Isi:

Ayat Nats: Lukas 7 :11-17 Yesus membangkitkan anak muda di Nain

kardi's picture

Hidup senantiasa dalam rancangan Tuhan

JanjiMu yang menghidupkanku

Hanya padaMu Tuhan

Ku berseru dan mataku tertuju padaMu

 

            Kau selalu punya cara untuk menolongku

            Kau selalu punya jalan keajaibanMu

            Kau dahsyat dalam segala perbuatanMu

            Dan kutenang didalam caraMu.

 

Pujian yang indah , pada waktu office ministry 4 Juni 2010 y.l

Tema kotbah : Hidup senantiasa dalam rancangan Tuhan.

 

kardi's picture

Untuk apa Yesus mati?

Untuk apa Yesus mati, adalah pertanyaan awal yang dilontarkan pendeta pada Office Ministry Kelapa Gading, Jakarta, yang saya ikuti baru-baru ini. Jawaban umum dan standard adalah untuk menebus dosa manusia, untuk menyelamatkan manusia. Suatu kebenaran yang sudah ditanamkan sejak Sekolah Minggu. Dan dengan kata  lain, untuk membawa manusia hidup di surga setelah kematiannya.