Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

BBM,Bersyukur, bergantung, memuliakan namaNya

kardi's picture
 Pendahuluan
Tulisan ini adalah ringkasan kotbah dan pengalaman hidup pribadi.
Masalah dalam hidup selalu ada, datang silih berganti, siap atau tidak siap.Simak tulisan ini, agar bisa mencapai garis finish (kehidupan) dengan baik.
Isi
Bersyukur
Hal yang paling sulit untuk dilakukan tatkala masalah yang berat datang dalam hidup adalah bersyukur. Mulut ini seakan terkunci untuk memuji Tuhan,dan mengucap syukur.Namun tatkala datang di kaki Tuhan dengan hati hancur, mohon pengampunan atas segala dosa yang diperbuat, minta hati, roh yang diperbaharui. Maka dapat bersyukur atas kebaikan Tuhan yang sudah diterima selama ini. Dan dapat mengerti akan rancangan Tuhan yang indah akan masa depan yang penuh harapan . Tuhan lah sumber kekuatan, Dia mengangkat ke tempat yang tinggi , melewati badai kehidupan.
Bergantung
Seperti ranting yang bergantung pada pokoknya,supaya dapat berbuah lebat. Maka saya dan anda harus bergantung dan melekat pada "pokok anggur yang benar", Tuhan Yesus. Berarti Dia didalam saya dan saya didalam Dia. Jangan pernah mengandalkan kekuatan sendiri,alkitab mengatakan mereka itu terkutuk. Dan juga ranting itu perlu dibersihkan supaya dapat berbuah lebat, maka hidup saya dan anda harus dimurnikan didalam proses "perapian"sebagaimana emas murni melewati dapur perapian.Sanggupkah saya dan anda melewati tahap ini? Pasti sanggup karena bersama Dia dapat melakukan perkara yang besar, bersama Dia tidak ada yang sukar (lagu sekolah Minggu). Dia senantiasa  menyertai walau melewati lembah kelam (dari Mazmur Daud)
Memuliakan Nama Nya
Karena segala sesuatu dari Dia, oleh Dia dan kepada Dia (Roma 11:36).
Hanya Dia, Yesus, yang layak untuk diagungkan dan dimuliakan. Segala hormat, pengagungan dan kemuliaan hanya bagi Dia. Apa yang saya dan anda lakukan hanya untuk kemuliaan namaNya. Biar saya dan anda semakin berkurang tapi nama Yesus semakin bertambah. Amin
Kesimpulan
Bila pikirkan masalah , maka kekuatiran akan menguasai dirimu.Pandanglah dirimu, maka hilanglah kekuatanmu. Tetapi pikirkanlah Yesus maka ketenangan melingkupimu. Pandanglah Yesus maka kuatlah dirimu. Jadi bagian yang saya dan anda harus lakukan adalah mengingat Dia dengan BBM, bersyukur,bergantung dan memuliakan namaNya.
Hannah's picture

Oom Kardi, permisiii

Gw sering bingung ma kalimat2 seperti "Bergantung sama Tuhan" dan "Jangan mengandalkan kekuatan sendiri".. bisa tolong jelasin lebih lanjut dengan bukti konkrit/spesifik?
 
Bukankah kita sudah bergantung ma Tuhan setiap saat? Karena kita bisa napas itu karena Dia, kita bisa punya kekuatan untuk melakukan aktifitas itu karena kekuatan yang dari Dia dllsb. Kita bergantung ma Dia entah kita suka ato kagak, entah kita mau ato kagak, entah kita mengakuinya ato kagak.
 
Trus bukankah kekuatan kita berasal dari Tuhan? Bagaimana kita seakan-akan bisa membedakan kekuatan sendiri dengan kekuatan yang dari Tuhan dengan mengatakan "Jangan mengandalkan kekuatan sendiri"? Wong kekuatanku adalah kekuatan yang dari Tuhan gitu lho..
 
Harap pencerahannya.. trims.
__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

kardi's picture

@hannah saya coba yang konkrit ya,

 @hannah, bukti konkrit banyak orang yang percaya dukun, mama lorent karena memang mereka konkrit, keliatan batang hidungnya, kalau Tuhan mana keliatan hidungnya, Minta kekuatan dari Tuhan, maksudnya kekuatan yang lebih, contoh konkrit lagi, selagi masa pasca gunung merapi ini mereka yang menjadi korban langsung pasti merasa kenapa ya Tuhan tega-teganya....,tapi lihat mereka yang menjadi relawan wah mereka rela berkorban waktu dan tenaga mereka, tenaga ekstra, buat apa..., supaya nama Tuhan Yesus dimuliakan. Lebih nyata lagi, saya pribadi kalau bukan kekuatan dari Tuhan, saya tidaklah mampu menulis ini, karena saya ini bukan penulis, tapi Tuhan yang mampukan saya.....gitu aja dah karena saya tahu setahu-tahunya bahwa Hannah lebih dari saya segala-galanya....
Hannah's picture

Lanjut dong, oom Kardi

Makasih responnya, oom Kardi..
 
Dukun, mama loren, orang pinter, dokter, ahli akupuntur, tukang pijat dllsb adalah orang-orang yang dianggap punya keahlian khusus dan dianggap bisa membantu manusia. Mereka dihormati dan umumnya dicari untuk dimintai bantuan.
 
Di Alkitab sendiri jemaat sangat menghormati para rasul dan orang-orang yang dianggap memiliki hubungan khusus dengan Tuhan atau memiliki karunia khusus dalam pelayanan. Di Mrk 6 Yesus mengutus murid-murid untuk memberitakan pertobatan dan menyembuhkan orang.
 
Jadi apa bedanya orang-orang yang pergi ke mama loren atau seorang dokter dengan orang-orang yang pergi ke murid Yesus saat mereka sakit, oom?
__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

kardi's picture

@hannah mari dilanjutkan sharingnya

 @hannah, ada perbedaan yang nyata bila mereka minta tolong dengan orang diluar Tuhan (orang pintar, dukun dsb). Mereka itu menduakan Tuhan, artinya ada pihak lain yang mereka percayai, padahal Allah itu pencemburu. Sedangkan jemaat mula-mula yang pergi ke murid-murid Yesus untuk minta pertolongan adalah jemaat yang percaya dan setia pada Yesus,sang juru selamat dan penolong yang setia. Jangan segan-segan ,bila masih ada pertanyaan lagi . Dengan adanya pertanyaan dan masukan dari Hannah saya bisa merenungkan lebih dalam akan kebenaran firman Tuhan dan menjadi pelaku firman.GBU