Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Deflit Dujerslaim Lilo's blog

Deflit Dujerslaim Lilo's picture

Choose The Good and Right Things or The Bad and False Things? (Maleakhi 3:13-18)

Oleh: Deflit Dujerslaim Lilo, S.Th.

 Pendahuluan

 

Manusia adalah “Imago Dei” – begitulah teori yang kita dapatkan berdasarkan apa yang kita temukan melalui penyataan Allah dalam Alkitab. Dari sumber tersebut, kita juga menemukan bahwa manusia dipandang sebagai ciptaan yang lebih baik dan bermutu dibanding dengan semua ciptaan yang pernah diciptakan. Hal ini tentu dipengaruhi oleh pemahaman bahwa tidak ada satu pun dari ciptaan yang ada di kolong langit ini yang mampu melakukan apa pun seperti yang dilakukan manusia. Hingga pada akhirnya manusia dijadikan dan menjadikan dirinya sebagai sumber ilmu pengetahuan yang pada satu sisi mampu menghasilkan sebuah karya yang mengesankan tetapi di sisi lain dapat menjadi petaka bagi dunia ini.

Deflit Dujerslaim Lilo's picture

What Is True About Paul: The Old Or The New Perspective? Apakah Luther telah Salah dalam Memahami Rasul Paulus?

Pendahuluan 

Sejak Martin Luther memproklamirkan ke-95 dalilnya di pintu gedung Gereja Wittenberg, kekristenan seolah-oleh mendapatkan “angin segar.” Angin segar tersebut adalah bahwa seseorang dibenarkan oleh Allah bukan karena perbuatannya melainkan karena imannya kepada Yesus Kristus. Luther sendiri tidak menyadari konsekuensi terjauh dari tindakannya. Pengaruhnya yang luar biasa telah mempengaruhi begitu banyak orang pada zamannya hingga saat ini. Philip Melanchton, Ulrich Zwingli, Johannes Calvin, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lainnya–tidak dapat dipungkiri–memiliki kesamaan pikiran (meskipun berbeda dalam beberapa hal), bahkan mungkin terpengaruh dengan ide-ide atau pokok-pokok iman tersebut.

Deflit Dujerslaim Lilo's picture

Tafsir Hosea 6:3_Hosea dan Pengenalan akan Tuhan_

Pendahuluan

Ketika kita membahas atau membicarakan perihal sejarah kerohanian bangsa Israel atau sejarah bangsa Israel itu sendiri, kita juga harus memperhatikan dengan seksama mengenai sejauh mana keterlibatan para nabi. Hal ini disebabkan oleh betapa pentingnya peran para nabi pada saat itu. Seorang teolog sekaligus penulis buku “The Prophets of Israel” atau “Nabi-nabi Israel” yang bernama Leon J. Wood menyatakan bahwa para nabi Israel mempunyai tempat yang unik dalam sejarah bangsa Israel. Bahkan, profesi sebagai nabi adalah sebuah profesi yang unik di seluruh daerah di wilayah Timur Tengah pada zaman Perjanjian Lama dan karena tulisan-tulisan mereka juga yang memiliki pengaruh yang sangat penting dalam sejarah dunia hingga masa kini. Nabi-nabi telah dianggap sebagai orang-orang yang benar, berani, dan pemandu bagi kepercayaan agamawi.

[1]

Deflit Dujerslaim Lilo's picture

Damai Sejahtera dalam Kebangkitan, Penampakan, dan Pengutusan Yesus (Injil Yohanes 20:19-21)

RENUNGAN

Beberapa waktu yang lalu, kita telah memperingati sebuah peristiwa yang diklaim oleh seluruh umat Kristiani di dunia ini sebagai hari yang paling terpenting dalam sejarah penebusan manusia. Saat dimana umat manusia patut menaikkan puji, syukur, dan sembah kepada-Nya. Peristiwa tersebut telah diklaim sebagai sebuah maha karya dari tindakan penyelamatan Ilahi dan proklamasi kemenangan dari kuasa dosa, maut, dan iblis. Peristiwa itulah yang kita kenal dengan sebutan “Paskah.”