Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Daniel's blog

Daniel's picture

Kopdar dan Lomba Menulis Blog [UPDATED 27-Nov-2010]

Beberapa hari yang lalu, salah seorang panitia Festival Penulis & Pembaca Kristiani (FPPK) 2010 -- sekaligus moderator Milis Komunitas Penjunan (Penulis & Jurnalis Kristiani) dan blogger SABDA Space -- menghubungi saya dan menanyakan apakah para blogger SABDA Space mau mengadakan kopdar lagi, bergabung dengan FPPK 2010?

Daniel's picture

The Origin of Brands

The Origin of BrandsTerbaring sakit selama beberapa hari dan keharusan beristirahat total selama beberapa minggu berikutnya memberi aku kesempatan untuk melakukan banyak hal yang tidak mungkin aku lakukan dalam keadaan normal, termasuk membaca beberapa buku yang tidak mungkin aku baca.

Salah satunya adalah "The Origin of Brands" karangan pasangan suami istri konsultan bisnis Al & Laura Ries. Buku terbitan tahun 2004 ini sudah tergeletak berbulan-bulan (atau bertahun-tahun?) di atas meja dekat komputer, di bawah tumpukan buku-buku lain, dan sebelumnya tidak pernah menarik perhatianku untuk membaca. Tampilannya saja sudah tidak menarik: putih dengan siluet abstrak abu-abu dan tulisan judul besar-besar, membosankan.

Daniel's picture

Alkitab vs Al-Quran

Mengamati diskusi antar agama yang mulai merebak di sabdaspace akhir2 ini, sepertinya saya selalu sampai pada kesimpulan yang sama: tidak akan pernah nyambung. Salah satu penyebabnya adalah karena kedua pihak berpijak pada landasan yang berbeda. Seperti yang pernah dibilang hai hai, mustahil menyatukan rel kereta api.

Daniel's picture

300 vs Apocalypto

Dua hari berturut-turut saya menonton dua film yang berbeda, tapi ternyata sangat mirip satu sama lain, yaitu 300 dan Apocalypto.

*Perhatian, jangan lanjutkan membaca blog ini jika Anda mudah ngeri atau jijik.*

Daniel's picture

IT vs non-IT

Menarik sekali melihat bagaimana orang IT dan non-IT saling memandang satu sama lain Wink

Memang agak sarkastik dan berlebihan, tapi sebagian besar mengandung kebenaran juga, coba simak link-link yang saling meresponi berikut ini:

Daniel's picture

Sudahkah kita menjadi komunitas?

Dalam bukunya The Different Drum: Community Making and Peace, Scott Peck menguraikan pengalamannya mengamati dan memprakarasai pembentukan komunitas. Dia menyimpulkan bahwa setiap komunitas selalu melewat empat tahap, yaitu:

1. Pseudocommunity (komunitas palsu)

Daniel's picture

Cerita yang tak Selesai

Alkisah, terdapatlah sebuah Kerajaan. Di sana bertahta seorang Raja yang memerintah bukan dengan tangan besi melainkan dengan kebijaksanaan. Tidak banyak hukum dan peraturan yang dibuatnya, kecuali sebuah Naskah Perjanjian yang disepakati semua warga Kerajaan.

Daniel's picture

darwin awards

baca blog dennis tentang nagabonar, jadi pingin cerita tentang film juga.

belum lama ini aku nonton darwin awards, yah, aku tahu, ini juga udah telat, maklum lah orang sibuk Cool

Daniel's picture

SUBTEKS

Nanti ketemu ya?
(Aku kangen sama kamu.)

Sama siapa saja?
(Aku pingin berduaan saja sama kamu.)

Rame-rame.

Daniel's picture

El Laberinto del Fauno

Sudah lama saya tidak menonton sebuah film yang benar-benar mampu menyita seluruh perhatian saya, sampai saya menemukan El Laberinto del Fauno (Pan's Labyrinth).

Sejak awal film ini sudah "menipu" saya, bahkan sebelum saya menontonnya. Tadinya saya mengira ini adalah sebuah film petualangan fantasi, apalagi judulnya mengingatkan saya pada Labyrinth, film Jim Henson yang menjadi salah satu favorit masa kecil saya, tapi saya terkecoh.

Daniel's picture

Kristen kok makan Kristen?

Di sebuah pesta pernikahan yang saya hadiri beberapa hari yang lalu, saya duduk di belakang tiga orang bapak yang rupanya baru saling mengenal. Mereka mulai mengobrol kesana kemari tentang berbagai hal dengan volume suara yang makin lama makin keras, tanpa menyadari bahwa saya ikut mendengarkan dari belakang.

Mulanya saya kurang tertarik dengan topik pembicaraan mereka, sampai suatu saat seorang bapak nyeletuk, "Eh, tadi pagi saya baca di koran, Israel menggempur desa-desa Kristen di Lebanon."

"Lho, orang Kristen kok menyerang sesama Kristen?" Sahut bapak yang lain, sementara bapak yang satunya lagi bertanya dengan heran, "Di Lebanon juga ada orang Kristen to?" Dan percakapan berlanjut dengan berbagai spekulasi bak pakar talk-show di televisi.