Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Predestinasi

sandiputra's picture

Teori Predestinasi

'Teori Predestinasi' merupakan satu topik yang menjadi perdebatan klasik mulai dari gereja awal sampai pada masa gereja milenium sekarang. Setelah dipikirkan dan diteliti oleh ahli-ahli theologia tetap saja tidak mendapat titik temu yang memuaskan, sehingga kemudian masing-masing memutuskan untuk berjalan menurut pendapat dan keyakinannya sendiri.

Kejarlah Kasih's picture

Ditentukan-Nya Dari Semula

Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. Roma 8:30

Prasangka buruk tentang Allah dan ajaran tradisi membuat ayat tersebut ditafsirkan menjadi: Allah menentukan dari semula hanya sebagian kecil manusia yang akan diselamatkan.

Teori yang mengajarkan hanya sebagian manusia selamat dan sebagian lainnya akan disiksa selama-lamanya adalah teori kejam.

Kunci untuk memahami ayat tersebut terletak pada fakta tentang siapa yang dibenarkan-Nya.

jlwijaya's picture

Pendapatku tantang doktrin PREDESTINASI di EF 1:5 dan 11

Semua anak Tuhan yang percaya seluruh Alkitab dari kej sampai wahyu adalah Firman Tuhan ,tentunya  percaya PREDESTINASI<

mujizat's picture

Rahasia panggilan dan pilihan Allah

Bagiku, panggilan dan pilihan Allah atas Saulus seperti masih merupakan sebuah misteri, seperti masih merupakan rahasia Allah. Karena yang nampak dari tindakan Saulus sebelumnya adalah: penganiaya jemaat (Tuhan), bagian dari suatu kelompok dengan gerakan tertentu yang melegalkan aniaya dan - jika diungkapkan dengan parameter sekarang - yang melegalkan pelanggaran HAM demi menegakkan Taurat Tuhan. Saulus boleh dibilang sebagai "yang tidak mencari Yesus" tetapi MUNGKIN dia bisa dikategorikan sebagai "yang ingin menegakkan kebenaran" setidaknya kebenaran menurut tingkat pemahaman yang dicapai Saulus pada waktu itu.

josia_sembiring's picture

Predestinasi, Free Will dan Past Destinasi

Manusia sangat senang belajar sesuatu yang unik dan rumit seolah mereka sangat pintar membuat istilah-istilah yang kompleks yang sulit dimengerti sesamanya. Ada 2 istilah yang populer didunia kristen, islam dan Yahudi (Agama Samawi). Istilah tersebut adalah Predestinasi dan Freewill. Kedua istilah itu seperti kata mutiara yang wajib untuk dipahami oleh mereka-mereka yang menyematkan dirinya sebagai manusia pilihan "Allah". Dengan berbagai cara mereka menjelaskan seolah mereka memang menguasai maknanya.

Terlepas dari apa yang mereka percayai dan mengerti tentang istilah tersebut, saya akan mengambil posisi sebagai orang awam untuk menjelaskan pengertian saya sendiri. Bahkan saya mengambil istilah baru setelah saya mempelajari kedua istilah tersebut. Istilah baru itu saya sebut sebagai past destinasi. Past Destinasi adalah lawan dari predestinasi menurut pikiran saya.

ferrywar's picture

Misteri Mimpi

 

Misteri Mimpi

 

hiskia22's picture

Hanya sekedar renungan

Ketika kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, apakah hal itu dikarenakan kita memilih untuk percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, ataukah kita memang ditentukan untuk percaya bahwa Yesus adalah Tuhan ?

Suatu polemik yang mungkin akan ada pembenarannya sendiri - sendiri dari kedua hal di atas.

akhung's picture

TUHAN TIDAK ADIL

TUHAN....

Jika Engkau adil, mengapa Engkau melahirkan saya di tengah keluarga Kristen? Padahal jutaan orang tidak?

 

Jika Engkau adil, mengapa begitu banyak kesempatan saya mendengar tentang Kristus, padahal ada jutaan orang tidak pernah sekalipun mendengar tentang Engkau?

akhung's picture

Allah Menciptakan Dosa? Atau Dosa = Konsekuensi Kehendak Bebas?

ALLAH MENCIPTAKAN DOSA? ATAU DOSA = KONSEKUENSI KEHENDAK BEBAS?

Saya ingin menyampaikan pandangan saya dan hasil pembelajaran saya terhadap Firman Tuhan yang saya pelajari selama ini. Mungkin pandangan ini bisa saja salah. Tapi saya siap untuk mempertanggungjawabkan pandangan saya, dan saya siap untuk dikoreksi jika ada yang bisa membuktikan secara alkitabiah kalau pandangan saya salah.

bintang seven's picture

anda ingin melihat predestinasi dengan jelas? KEMBALILAH PADA KRISTUS HAI MANUSIA BEBAL!

waktu masih bego dulu (sekarang dah bisa bego-begoin orang) gw rada terkesima dengan pengajaran predestinasi.... waktu temen gw anak injili I3 malang ngejelasin di depan anak2 pemuda gw bengong kayak ayam bego... masak sih Tuhan begitu? apa gak salah?

ground's picture

TENSION dari Kedaulatan Allah dan Kehendak bebas manusia!

TENSION dari Kedaulatan Allah dan Kehendak bebas manusia!

 

 

 

Pada mulanya Allah…(Kej.1:1). … Bagi saya kalo mau mulai sadari kedua pinnacle  ini maka harus dimulai dengan pemikiran mengenai Allah sendiri. Bukan dimulai dengan sebelum dunia dijadikan atau kembali ke Eden, karena itu  suatu kejadian atau tempat, yang adalah AKIBAT bukan SEBAB. Mulai dengan pemikiran mengenai Allah.

 

 

 

Allah saja yang Maha tahu, Berdaulat dan Maha-freewill. Allah saja yang absolute free-will, artinya Dia melakukan apapun kapanpun dimanapun tanpa ada yang dapat menghentikan, mendikte, mengatur untuk Tujuan kekalNya. Free will Allah yang absolute itu adalah sejalan dengan KEDAULATAN Allah. Tidak mungkin Dia berdaulat total tanpa free-will yang absolute. Jadi Dia bebas secara absolute.

bintang seven's picture

PREDESTINASI ALA BINTANG SEVEN

                      PREDESTINASI ALA BINTANG SEVEN

jesusfreaks's picture

PREDESTINASI JF : TULIP CALVIN YANG MEKAR

Blog mengenai Predestinasi ini sudah lama ingin saya release, janji-janji kepada beberapa blogger lain pun sudah sering beredar.

Hari ini adalah janji yang mana pernah tersebut waktunya, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap, bagus tidak bagus, sesat tidak sesat, benar tidak benar, ya harus release.

kenapa hari ini ?!?!

phrack's picture

Frewill Yes Predestinasi No. Oh.. Yes...Oh.. Nooo..

Allah tidak menentukan lebih dahulu (Roma 8:29 KJV foreknow; Yunani
proginosko) tetapi Allah mengetahui lebih dahulu apa yang
akan terjadi dengan tepat dari setiap orang, meskipun dengan itu belum terjadi.

Wong Inlander:

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari
semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu,
menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Roma 8:29

Wong Londo:

For whom he did foreknow, he also did predestinate to be conformed to the image
of his Son, that he might be the firstborn among many brethren Rome 8:29.

"

siska yuliana's picture

predestinasi???

Ada sebagian orang yang terima doktrin predestinasi, ada juga yang enggak. Kalau Tuhan memilih sebagian untuk diselamatkan, dengan demikian berarti Allah juga menentukan sebagian tidak diselamatkan. berarti Allah ga adil donk??? konsekuensi logisnya ya gitu... tapi Alkitab juga tidak pernahmengatakan bahwa ada yang ditentukan masuk neraka. jadi qta ga bisa duga2.

Debu tanah's picture

Apakah Alkitab Kontradiktif: Predestinasi vs Kehendak Bebas

Bagaimana menafsirkan Alkitab bila ada ayat-ayat yang kontradiktif? Saya setuju dengan pendapat seorang saudara dalam Sabda ini bahwa “KEBENARAN YANG TIDAK KONSISTEN BUKAN LAH KEBENARAN”.