Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

martir

sandiputra's picture

Kebenaran Allah : Rapture (4)

b. Kedatangan Tuhan Yesus Kristus (Rapture)

sandiputra's picture

Martir

 Kamus Besar Bahasa Indonesia* (KBBI) memberi penjelasan arti kata "martir" adalah: n 1 orang yg rela menderita atau mati dp menyerah krn mempertahankan agama atau kepercayaan; 2 orang yg mati dl memperjuangkan kebenaran agama.

gbiajohnthebaptist's picture

Balthasar Hubmaier

 

Tokoh Anabaptis yang sangat teguh dalam doktrin adalah Balthasar Hubmaier. Kalau ia tidak mati martir di Wina maka ia akan menjadi seorang teolog Anabaptist yang terdepan pada masa itu. Pada tanggal 29 September 1512, Balthasar mendapat gelar doctor teologi dari universitas Ingol Stadt. Hubmaier terjun dalam pelayanan Katolik, namun melalui pembelajarannya akan kitab suci ia merasa kecewa dengan apa yang dilakukan Katolik. Tahun 1523 ia bertemu dengan Zwingli, seorang reformator Protestan. Mereka berdiskusi tentang banyak hal mengenai iman Kristen yang alkitabiah.

gbiajohnthebaptist's picture

George Blaurock 1491-1529 AD

Blaurock terlahir dengan nama Georg Cajacob di desa  Bonaduz, Swiss sekitar tahun 1491. tahun 1516 ia menjadi seorang imam Katolik di Trins dan dua tahun kemudian mengundurkan diri. Tahun 1524 ia tertarik mempelajari lebih banyak mengenai reformasi Swiss. Blaurock adalah seorang yang pemberani, dialah yang meminta Grebel untuk membaptiskan dia dan setelah itu ia membaptis orang-orang percaya yang lain di Januari 1525.

gbiajohnthebaptist's picture

Tokoh-tokoh Anabaptis yg Dibunuh

Conrad Grebel 1498-1526 AD.

Conrad adalah anak laki-laki dari Jacob dan Dorothea Fries Grebel. Grebel adalah keluarga yang terpandang di Swiss oleh karena itu Conrad memiliki pendidikan yang cukup tinggi. Conrad belajar di universitas Basel dan Wina dan terpengaruh humanisme Erasmus. Ia banyak mempelajari karya-karya klasik Yunani dan Perjanjian Baru dari Zwingly. Di tahun 1522 Felix Manz bergabung di kelas dan menjadi murid Zwingly bersama dengan Grebel. Pada awalnya mereka belajar bahasa dan tidak begitu membahas masalah rohani. Ini adalah strategi Zwingly untuk menarik anak-anak muda dalam mendukung program reformasinya.

Purnawan Kristanto's picture

Renungan Paskah [1]: Saksi Martir

Pada tahun 202, kaisar Septimius Severus khawatir terhadap pertumbuhan gereja. Karena itu, ia melarang agama Kristen. Namun banyak orang Kristen yang yang mengabaikan larangan ini. Termasuk di antaranya seorang wanita muda bernama Perpetua. Akibatnya, ia harus dihukum mati.

Selama menanti ekskusi, wanita ini membawa buku harian dalam penjara. Dengan mengharukan, dia menuliskan kegembiraannya ketika bayinya diizinkan tinggal bersamanya. “Penjara tiba-tiba menjadi istana, sehingga aku sangat ingin tinggal di sana daripada di tempat lain mana pun.”
putra hulu's picture

selamat jalan pak pendeta..

Pagi itu Senin 16 Oktober 2006 pukul 08:00 Wita, dia bersama istrinya sedang berbelanja bahan bangunan. Mereka berada disalah satu toko bahan bangunan di Pusat Perbelanjaan Monginsidi, Palu, Sulteng. Tiba-tiba seorang pengendara motor dengan mengenakan topeng datang menghampiri. Orang itu melepaskan dua kali tembakan pistol ke arahnya. Satu tembakan meleset mengenai bahan bangunan. Sementara satu tembakan lagi menembus kepalanya.