Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Peta Perjalanan Iman Kristiani

sandiputra's picture

Peta perjalanan iman Kristiani menerangkan perjalanan hidup seorang beriman dari mulai bertobat , dibaptis air, dibaptis Roh Kudus sampai menerima baptis api atau dipanggil Tuhan. Dalam pertumbuhan imannya ia mengalami tiga tahap pertumbuhan iman, yaitu:

Tahap 1. Tahap pertumbuhan dari mulai bertobat sampai mendapatkan baptis Roh.

Dalam hal ini pertobatan seseorang mendahului baptisan air. Sebab tidak ada orang yang tidak beriman kepada Yesus Kristus mau di baptis air. Bila mungkin ada, maka baptisan itu pun tidak ada artinya bagi orang itu, karena baptisan air merupakan tanda bagi dirinya untuk mengingatkan pertobatannya itu.

Baptisan Roh Kudus diperoleh orang yang telah bertobat, biasanya setelah dibaptis air; tetapi pada beberapa kasus baptisan Roh Kudus dapat terjadi pada orang percaya sebelum dirinya dibaptis air. Karena Tuhan melihat hati orang beriman bukan perbuatannya yang terlihat oleh mata manusia.

Baptisan Roh Kudus juga menjadi tanda bagi orang beriman yang dipilih Tuhan menjadi hambaNya untuk melakukan pelayanan, minimal adalah kesaksian; baik kesaksian tentang keselamatan yang diberikan Tuhan Yesus, maupun kesaksian hidup yang nyata kepada orang-orang disekelilingnya.

Tahap 2. Tahap pertumbuhan dari mulai di baptis Roh Kudus sampai pelayanan.

Tahap ini juga disebut sebagai tahap persiapan pelayanan dimana pada saat ia mendapat baptisan Roh Kudus (yang tandanya adalah mendapat karunia berbahasa roh), ia dipilih menjadi murid Yesus. Seperti halnya ketika Yesus hidup di dunia mengangkat dua belas murid, maka masa sekarang (setelah naik ke sorga), Ia pun masih mengangkat banyak murid, yang jumlahnya tidak terhitung. Mereka dibimbing, diajar Firman Tuhan, dikuatkan, dihibur, dan ditolongNya sehingga imannya bertumbuh menjadi dewasa. Dan kemudian Tuhan Yesus akan menyuruhnya berpuasa selama empat puluh hari empat puluh malam, tidak diperbolehkan makan-minum, sebagai ujian untuk mengalahkan iblis, dan mendapatkan kuasa Roh Kudus, yaitu sembilan karunia Roh Kudus, setelah itu ia masuk ke dalam tahap pelayanan.

Tahap 3. Tahap pertumbuhan dari mulai menerima kuasa Roh Kudus sampai menerima Baptis Api (martir) atau diangkat Tuhan ke sorga, atau mati pada usia yang sudah lanjut.

Tahap ini disebut juga 'Tahap Pelayanan', dimana pada tahap ini seorang beriman setelah menerima karunia kuasa akan diperintahkan Tuhan untuk memberitakan Firman Kerajaan Sorga, di dalam pelayanan ini ia akan mengalami pertumbuhan iman hingga mencapai sempurna, sehingga Tuhan Yesus berkenan mengangkatnya ke sorga. Pengangkatan ini terjadi seperti yang dialami oleh Henokh, Musa dan Elia.

Kej.5:24. Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Ul.34:6. Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.

2 Raj.2:11. Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

Bila tidak sempat mengalami pertumbuhan iman hingga mencapai sempurna, ia akan menjalani seluruh hidupnya sampai Tuhan memanggilnya ke sorga, yaitu mati pada usia yang sudah lanjut. Contoh yang paling kita kenal adalah yang kita lihat dari kesaksian hidup rasul Yohanes .

Disamping pengangkatan ke sorga dan mati pada usia yang sudah lanjut, orang beriman dapat mengalami kematian karena martir dalam nama Yesus (menerima Baptis Api). Dalam hal ini orang beriman dapat mengalami kematian ('martir') pada semua tahap pertumbuhan iman, baik pada tahap 1, tahap 2, atau tahap 3. Contoh orang-orang yang 'martir' dapat kita ketahui dari catatan 'kisah-kisah martir' mulai rasul-rasul Yesus Kristus sampai orang-orang beriman pada abad sembilan belas di berbagai daerah di dunia, yang jumlahnya mencapai ratusan ribu martir. Mereka adalah keduabelas rasul dan rasul Paulus, penatua jemaat, sampai orang-orang yang baru bertobat, baik yang sudah dibaptis air maupun yang belum dibaptis air.

Baik orang beriman yang bertumbuh mencapai tingkatan sempurna dan kemudian mengalami diangkat ke sorga, maupun orang beriman yang mati pada usia lanjut atau orang beriman yang mati martir dalam nama Yesus, mempunyai tingkatan iman yang sama. Karena mereka sama-sama mau menyerahkan hidupnya atau nyawanya bagi Yesus. Dalam hal pemuridan, yang diminta Yesus Kristus kepada orang beriman adalah mereka mau menyerahkan hidupnya seutuhnya dalam arti hidup 'selibat', tidak menikah bagiNya (Mat.19:11-12). Jadi bagi orang yang baru bertobat dan mau menyerahkan nyawanya bagi Yesus Kristus dan martir maka ia dinilai sebagai orang yang telah menyerahkan hidupnya bagi Yesus. Bagi mereka yang martir, terdapat banyak orang beriman yang hidup menikah dan tidak mengalami tahapan seperti peta di atas. Mereka adalah orang-orang beriman yang sebenarnya masih sangat awam, tetapi karena melihat kesaksian hidup orang-orang beriman yang menjadi murid Yesus kemudian bersedia menyerahkan nyawanya bagi Tuhan, mereka termasuk orang beriman yang martir pada tahap pertama.

Mat.19:11-12. Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja. Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti."

Mat.10:39. Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Luk.7:33. Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya.

Yoh.12:25. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.

Why.12:11.  Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

 

Kisah para martir dari sejak gereja awal sampai abad 21 dapat dibaca dalam buku:

John Foxe, Foxe's Book of Martyrs, Kisah Para Martir tahun 35-2001, Andi, 2001.

http://www.hrionline.ac.uk/johnfoxe/intro.html

Online Version : http://www.ccel.org/f/foxe/martyrs/home.html

Atau di http://www.the-tribulation-network.com/ ... rs_toc.htm

 

 

__________________

Hal Kerajaan Allah seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu. Mat.13:45-46

Kejarlah Kasih's picture

sandiputra, karuniamu semakin hebat

[Mereka dibimbing, diajar Firman Tuhan, dikuatkan, dihibur, dan ditolongNya sehingga imannya bertumbuh menjadi dewasa. Dan kemudian Tuhan Yesus akan menyuruhnya berpuasa selama empat puluh hari empat puluh malam, tidak diperbolehkan makan-minum, sebagai ujian untuk mengalahkan iblis, dan mendapatkan kuasa Roh Kudus, yaitu sembilan karunia Roh Kudus, setelah itu ia masuk ke dalam tahap pelayanan.]

 

Sandiputra, karunia membual kamu semakin hebat.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

sandiputra's picture

@Kejarlah Kasih: terima kasih...

terima kasih..."kejarlah kasih"...hehehe...Tuhan yesus memberkati kamu...GBUCool

__________________

Hal Kerajaan Allah seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu. Mat.13:45-46

widdiy's picture

@sandiputra, baptis api = mati?????

Sandiputra, tolong jelaskan bagaimana sampai anda menyimpulkan bahwa yg disebut dengan baptis api = mati (martir), diangkat ke sorga atau mati tua??

sandiputra's picture

@widdiy: baca topik.B.A; B.RK; Baptis Api...

Penjelasan ttg Baptis Api sudah saya tulis dalam tulisan berjudul Baptis Air - Baptis Roh Kudus - Baptis Api...silahkan dipelajari dulu...GBU

__________________

Hal Kerajaan Allah seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu. Mat.13:45-46

widdiy's picture

@sandiputra, sudah baca

Saya sudah baca dan sudah comment di tulisan anda yg itu, tapi anda tidak menjawab pertanyaan saya...