Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Bengcu Menggugat karena Alkitab Mustahil Ditulis Atas Ilham Roh Kudus

hai hai's picture

Kerabatku sekalian doktrin Alkitab ditulis atas ilham Roh Kudus juga dikenal dengan nama doktrin UJUG-UJUG.  Suatu hari seseorang UJUG-UJUG ingin menulis. Orang itu pun UJUG-UJUG tahu yang akan dia tulis, “Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan....”  Orang itu pun menulis dan jadilah kitab Ayub. Kenapa orang itu UJUG-UJUG ingin menulis? Karena dia digerakkan oleh Roh Kudus untuk menulis. Kenapa orang itu UJUG-UJUG tahu yang akan dia tulis? Karena dia mendapat ilham dari Roh Kudus. Apakah orang itu tahu dia digerakkan oleh Roh Kudus untuk menulis? Tidak tahu! Apakah orang itu tahu dia mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak tahu! Kenapa orang tersebut tidak tahu? Karena dia hanya tahu bahwa dia UJUG-UJUG ingin menulis dan UJUG-UJUG tahu yang akan dia tulis. Bila demikian siapa yang tahu bawa orang itu digerakan oleh Roh Kudus untuk menulis dan mendapat ilham dari Roh Kudus untuk apa yang harus dia tulis? Para teolog Kristen. Dari mana para teolog Kristen tahu kebenaran demikian? Saya tidak tahu! Mereka tidak pernah memberi tahu. Nampaknya mereka UJUG-UJUG tahu. Itu sebabnya disebut doktrin UJUG-UJUG.

Memberanikan diri bertanya, di dalam bukunya yang berjudul "Apakah Evangelisme itu?", mengenai deklarasi Chicago tentang ketidakbersalahan Alkitab Paulus Daun, STh menulis:

KUTIPAN DEKLARASI CHICAGO TENTANG KETIDAKBERSALAHAN ALKITAB
Kutipan ini diambil sebagian saja dan diterjemahkan secara bebas oleh penulis

PASAL PERTAMA

Kami mengaku bahwa Alkitab harus diterima sebagai Firman Allah yang mempunyai otoritas.  

Kami menyangkal otoritas Alkitab berasal dari gereja, tradisi atau dari yang lainnya.     

PASAL KEDUA

Kami mengaku Alkitab adalah teladan dan ukuran tertinggi hati nurani manusia yang diberi Allah. Gereja seyogianya tunduk di bawah otoritas Alkitab.

Kami menyangkal pengakuan, keputusan sidang dan deklarasi gereja, setaraf atau melampaui otoritas Alkitab.

PASAL KETIGA

Kami mengaku keseluruh isi Alkitab adalah wahyu Allah.

Kami menyangkal Alkitab hanya sebagai kesaksian wahyu dan kami menyangkal pula, Alkitab baru menjadi wahyu tatkala diterima oleh pembaca. Fungsi Alkitab bukan didasarkan atas penentuan reaksi pembaca.

PASAL KEEMPAT

Kami mengaku Allah yang menciptakan manusia menurut gambar-Nya, mempergunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan wahyu kepada manusia.

Kami menyangkal bahasa yang mempunyai "hakekat manusia" bersifat terbatas, sehingga tidak dapat dijadikan alat yang sempurna untuk menyampaikan wahyu Allah; kami terlebih-lebih menyangkal bahwa kebudayaan dan bahasa manusia, karena dirusak dosa, menjadi penghalang bagi pekerjaan wahyu Allah.

PASAL KELIMA

Kami mengaku wahyu yang terdapat dalam Alkitab bersifat progresif.

Kami menyangkal adanya wahyu kemudian yang dinyatakan sebagai tambahan tapi pada hakekatnya mengoreksi wahyu terdahulu; atau wahyu kemudian itu bertentangan dengan wahyu terdahulu. Kami terlebih-lebih menyangkal, setelah rampungnya Alkitab Perjanjian Baru, masih ada wahyu lain yang berotoritas.

 PASAL KEENAM

Kami mengaku seluruh bagian Alkitab, termasuk setiap kata dari naskah aslinya, ditulis berdasarkan ilham dari Allah.

Kami menyangkal hal-hal di bawah ini: Alkitab secara keseluruhan adalah ilham Allah, tapi bukan setiap bagiannya; atau sebagian isi Alkitab adalah ilham lain, tapi bukan keseluruhannya.

 PASAL KETUJUH

Kami mengaku ilham yang dimaksud adalah: Allah memberikan ilham-Nya melalui Roh Kudus dan melalui buah tangan manusia. Sumber Alkitab berasal dari Allah. Kami mengaku bahwa ilham yang kudus ini, sebagian besar sulit dimengerti.

Kami menyangkal ilham Allah dianggap semacam kesadaran atau posisi dari aktivitas kesadaran/pengenalan yang paling tinggi.

PASAL KEDELAPAN

Kami mengaku bahwa ilham Allah diberikan melalui karakter, dan corak tulisan pengarang-pengarang yang dipilih dan yang sudah dipersiapkan lebih dulu.

Kami menyangkal pandangan bahwa karena mau membimbing, maka Allah mempergunakan tulisan yang sudah ditentukan dan juga menghilangkan sifat dari pengarang.

PASAL KESEMBILAN

Kami mengaku meskipun ilham tidak membuat pengarang menjadi orang yang serba tahu, tapi kami dapat dengan pasti menyatakan bahwa gerakan yang diterima pengarang waktu menulis Alkitab dapat dipercaya kebenarannya.

Kami menyangkal karena keterbatasan dan unsur dosa dalam diri pengarang, sehingga tulisannya tidak luput berisikan praduga dan kesalahan.

PASAL KESEPULUH

Kami mengaku yang dimaksud dengan ilham adalah naskah asli Alkitab. Kami percaya di bawah pemeliharaan Allah, salinan naskah asli Alkitab yang ada sekarang ini, tetap tepat. Terlebih-lebih kami mengakui, salinan-salinan dan terjemahan-terjemahan Alkitab, asal dapat mengungkapkan isi dari naskah asli Alkitab tetap adalah Firman Allah.

Kami menyangkal, jika naskah asli Alkitab tidak ada, akan dapat mempengaruhi isi asas kepercayaan Kristen. Kami terlebih-lebih menyangkal, karena kehilangan naskah asli Alkitab, lalu meniadakan pendirian ketanpasalahan Alkitab.

 PASAL KESEBELAS

Kami mengaku Alkitab adalah ilham Allah, maka Alkitab pasti benar (red: infallibility). Sebab itu, Alkitab bukan saja tidak akan mengajar salah, melainkan isinya juga benar dan dapat dipercaya.

Kami menyangkal, jika dikatakan bahwa Alkitab di samping benar, juga ada kesalahan. Meskipun kata "benar" dan "tanpa salah" ada perbedaan arti, tapi keduanya tidak dapat dipisahkan.

PASAL KEDUA BELAS

Kami mengaku Alkitab secara keseluruhan adalah mutlak tanpa salah (red: inerrancy), tanpa tipu, tanpa muslihat.

Kami menyangkal jika dikatakan kebenaran dan ketanpasalahan Alkitab hanya pada segi rohani, agama, dan penebusan, tapi tidak demikian dari segi sejarah dan pengetahuan. Kami lebih-lebih menyangkal kemungkinan teori ilmiah dari sejarah dunia akan menumbangkan kebenaran Alkitab tentang kejadian dan air bah.

PASAL KETIGA BELAS

Kami mengaku mempergunakan "ketanpasalahan" sebagai istilah teologis yang tepat untuk menyatakan Alkitab dapat dipercaya.

Kami menyangkal pertimbangan kebenaran Alkitab diukur dengan cara yang benar atau salah, tetapi berlawanan dengan fungsi dan tujuan Alkitab. Kami terlebih-lebih menyangkal fakta-fakta yang disebut sebagai bukti kesalahan Alkitab.

PASAL KEEMPAT BELAS

Kami mengaku kesatuan dan kesesuaian faham isi Alkitab.

Kami menyangkal kebenaran Alkitab dapat ditumbangkan oleh faktor ketidakpastian jawaban atas kesalahan atau perbedaan yang terdapat dalam Alkitab.

PASAL KELIMA BELAS

Kami mengaku doktrin ketanpasalahan Alkitab didirikan atas dasar paham Alkitab dan ilham kebenaran.

Kami menyangkal tidak diterimanya perkataan Tuhan Yesus dalam Alkitab dengan alasan bahwa kata-kata yang diucapkan Yesus pada waktu itu dalam posisi manusia, dibatasi oleh sifat kemanusiaan-Nya.

PASAL KEENAM BELAS

Kami mengaku doktrin ketanpasalahan Alkitab adalah keyakinan yang tidak dapat dipisahkan dalam sejarah gereja.

Kami menyangkal doktrin ketanpasalahan Alkitab adalah ciptaan Scholastic Protestanism. Kami menyangkal pula bahwa doktrin ini khusus dibuat untuk menghadapi faham kritik tinggi (higher criticism).

PASAL KETUJUH BELAS

Kami mengaku Roh Kudus membuktikan pada umat Kristen akan Alkitab dan kebenaran Firman-Nya.

Kami menyangkal kesaksian Roh Kudus berdiri sendiri dan tidak mempunyai sangkut-paut dengan Alkitab. Kami menyangkal pula pekerjaan kesaksian ini berlawanan dengan Alkitab.

PASAL KEDELAPAN BELAS

Kami mengaku hermeneutika Alkitab berdasarkan tatabahasa, penafsiran sejarah, corak bahasa Alkitab. Dalam menguraikan kebenaran harus dengan metode eksegese.

Kami menyangkal segala bentuk dan cara yang membawa efek negatif dalam menangani corak, dan sumber dari Alkitab; sehingga timbul pandangan yang relatif, mengabaikan sifat sejarah, merendahkan ajaran, dan menyangkal pengarang-pengarang dari Alkitab.

 PASAL KESEMBILAN BELAS

Kami mengaku jika mau mengerti dengan tepat keyakinan Kristen, maka kami harus menerima otoritas mutlak, sifat kebenaran dan ketanpasalahan Alkitab. Kami mengaku pula, sikap ini akan membawa kami makin menyerupai Kristus.

Kami menyangkal sikap demikian sebagai keharusan untuk mendapat keselamatan. Kami menyangkal pula penolakan keyakinan ketanpasalahan Alkitab tidak membawa efek serius bagi jemaat maupun gereja.

Sumber: Apakah Evangelisme itu? Oleh:  Pdt. Paulus Daun, S.Th. Penerbit:  ANDI OFFSET - Yogyakarta - 1986

Bengcu Mengugat hai hai Mengungkap:

Saya sudah membaca tulisan Esra Alfred Soru yang berjudul: Otoritas Alkitab Bagi Orang Percaya. Namun sayang sekali tulisan yang isinya kutip sana kutip sini itu terlalu jelek kualitasnya untuk dikuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai. Itu sebabnya saya memilih untuk menguliti deklarasi Chicago tentang ketidakbersalahan Alkitab dari pada menguliti tulisan jelek itu.

Kerabatku sekalian, apa yang dimaksudkan oleh deklarasi Chicago dengan: Allah memberikan ilham-Nya melalui Roh Kudus dan melalui buah tangan manusia? Maksudnya adalah seseorang ujug-ujug ingin menulis dan dia ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya. Dia ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus. Dan dia ujug-ujug tahu yang akan ditulisnya karena mendapat ilham dari Roh Kudus. Orang tersebut tahu dia digerakkan Roh Kudus dan mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak tahu! Dia hanya tahu ujug-ujug ingin menulis dan ujug-ujug tahu yang akan dia tulis. Para teolog Kristenlah yang tahu bahwa orang itu ujug-ujug ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus dan ujug-ujug tahu yang akan ditulis karena mendapat ilham dari Roh Kudus. Dari mana para teolog itu tahu kebenaran demikian? Mereka nggak pernah cerita. Nampaknya mereka ujug-ujug tahu.

Suatu hari, Musa ujug-ujug Musa ingin menulis. Musa tidak tahu kenapa ujug-ujug ingin menulis namun dia tahu dia ujug-ujug ingin menulis. Bukan hanya ujug-ujug ingin menulis namun Musa pun UJUG-UJUG tahu yang akan ditulisnya. Musa tidak tahu kenapa dia tahu hal yang akan ditulisnya namun dia tahu bagaimana CARA dia tahu apa yang akan ditulisnya yaitu: Dia UJUG-UJUG tahu. Musa ujug-ujug ingin menulis hal yang dia ujug-ujug tahu, “Pada mulanya Allah menciptakan Sorga dan dunia. Dari Iman kepada Iman Bumi belum berbentuk dan kosong;  gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.....” Musa pun menulis dan jadilah kitab Kejadian.

Suatu hari seseorang ujug-ujug ingin menulis. Orang itu pun ujug-ujug tahu yang akan dia tulis, “Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan....”  Orang itu pun menulis dan jadilah kitab Ayub. Kenapa orang itu ujug-ujug ingin menulis? Karena dia digerakkan oleh Roh Kudus untuk menulis. Kenapa orang itu ujug-ujug tahu yang akan dia tulis? Karena dia mendapat ilham dari Roh Kudus. Apakah orang itu tahu dia digerakkan oleh Roh Kudus untuk menulis? Tidak tahu! Apakah orang itu tahu dia mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak tahu! Kenapa orang tersebut tidak tahu? Karena yang tahu hal demikian adalah para teolog Kristen dan mereka tidak memberitahu dia. Dari mana para teolog Kristen tahu kebenaran demikian? Saya tidak tahu! Mereka tidak pernah memberi tahu. Nampaknya mereka ujug-ujug tahu. Ha ha ha ha ...

Suatu hari Lukas digerakan Roh Kudus untuk menulis itu sebabnya dia pun ingin menulis. Bukan hanya ingin menulis namun Lukas pun ujug-ujug tahu yang ingin dia tulis. Lukas tidak tahu kenapa dia ingin menulis namun dia tahu bahwa dia ujug-ujug ingin menulis. Lukas tidak tahu kenapa dia tahu hal yang akan ditulisnya namun dia tahu bagaimana CARA dia tahu apa yang akan ditulisnya yaitu: Dia UJUG-UJUG tahu, “Teofilus yang mulia, banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman....” Lukas pun menulis dan jadilah kitab Lukas.

Suatu hari Yohanes ujug-ujug ingin menulis. Aneh bin ajaib dia pun ujug-ujug tahu yang akan dia tulis, “Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi.  Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.....” Yohanes pun menulis dan jadilah kitab Wahyu.

Roh Kudus Belum Diutus Ke Perjanjian Lama

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong  (parakletos)  yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran (pneuma Aletheia). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Yohanes 14:16-17

tetapi Penghibur (parakletos), yaitu Roh Kudus (pneuma Hagios), yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Yohanes 14:26   

Jikalau Penghibur (parakletos)  yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran (pneuma Aletheia) yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." Yohanes 15:26-27
 
Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur (parakletos)  itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia  kepadamu. Yohanes 16:7
 
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Yohanes 16:8-11

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran (pneuma Aletheia), Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Yohanes 16:13

Kerabatku sekalian, pada zaman Perjanjian Lama, Yesus belum naik ke sorga bahkan belum lahir, itu sebabnya mustahil Roh Kudus SUDAH diutus ke dunia. Mengajarkan Perjanjian Lama ditulis atas ilham Roh Kudus sama dengan mengajarkan Yesus adalah Pembual yang menipu murid-murid-Nya dengan menjanjikan Roh Kudus. Apabila anda percaya Yesus tidak membual maka mau tidak mau anda harus percaya bahwa DEKLARASI CHICAGO adalah kesepakatan untuk SESAT dan menyesatkan dunia dengan mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab.

Perjanjian Lama Ditulis Atas Perintah YHWH

Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit.” Keluaran 17:14

Oleh sebab itu tuliskanlah nyanyian ini dan ajarkanlah kepada orang Israel, letakkanlah di dalam mulut mereka, supaya nyanyian ini menjadi saksi bagi-Ku terhadap orang Israel. Ulangan 31:22    

Maka Musa menuliskan nyanyian ini dan mengajarkannya kepada orang Israel. Ulangan 31:24

Musa menuliskan perjalanan mereka dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan sesuai dengan titah TUHAN; dan inilah tempat-tempat persinggahan mereka dalam perjalanan mereka: Bilangan 33:2

Diambilnyalah kitab perjanjian itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: “Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan.” Keluaran 24:7

Apabila ia duduk di atas takhta kerajaan, maka haruslah ia menyuruh menulis baginya salinan hukum ini menurut kitab yang ada pada imam-imam orang Lewi. Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya, Ulangan 17:18-19

Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan. Ulangan 18:15

Kerabatku sekalian Musa menulis karena diperintah YHWH untuk menulis. Musa sama sekali tidak menulis karena UJUG-UJUG ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus. Musa menulis yang diperintahkan YHWH untuk ditulis. Musa sama sekali tidak menulis hal yang dia UJUG-UJUG tahu karena mendapat ilham dari Roh Kudus. Nabi-nabi setelah Musa menjalani hal yang sama seperti yang dijalani oleh Musa yaitu menulis karena diperintah YHWH dan menuliskan yagn diperintahkan YHWH untuk ditulis.

Infallibility Dan Inerrancy Perjanjian Lama?

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati. Ulangan 18:20

Kerabatku sekalian, atas dasar apa para teolog Kristen meyakini bahwa Alkitab mustahil mengajarkan hal yang salah (Infallibility) dan Alkitab mustahil salah tulis. Karena sekarang kita tahu bahwa Alkitab sama sekali tidak ditulis karena gerakan Roh Kudus (UJUG-UJUG ingin menulis) dan isinya sama sekali tidak diilhamkan Roh Kudus (UJUG-UJUG tahu), a
Akah itu berarti Isi Alkitab pasti ada salahnya dan Alkitab pasti salah tulis karena yang menulisnya manusia?

YHWH mengancam akan membunuh nabi yang terlalu berani yang mengucapkan demi nama-Nya perkataan yang tidak diperintahkan untuk dikatakan oleh-Nya atau yang berkata-kata atas nama Allah lain. Itulah jaminan bahwa Alkitab tidak mengajarkan hal yang salah dan tidak salah tulis.

Perjanjian Baru Mustahil Ditulis Atas Ilham Roh Kudus

Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar. Lukas 1:1-4

Kerabatku sekalian, apakah Lukas menulis karena dia UJUG-UJUG ingin menulis karena digerakkan oleh Roh Kudus? Tidak! Lukas menulis karena dia ingin mengajari Teofilus yang mulia. Apakah Lukas menulis hal yang dia UJUG-UJUG tahu karena mendapat Ilham dari Roh Kudus? Tidak! Dia menulis hal-hal yang disampaikan oleh saksi mata dan pelayan Firman. Kerabatku apakah para saksi mata dan pelayan firman itu mengajarkan hal yang UJUG-UJUG mereka tahu karena mendapat Ilham dari Roh Kudus? TIDAK! Mereka mengajarkan yang diajarkan kepada mereka oleh Yesus. Apakah mereka menceritakan kisah yang UJUG-UJUG diketahuinya karena mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak! Mereka menceritakan kisah dimana mereka menjadi saksinya. Apakah Lukas menulis karena UJUG-UJUG dia tahu ini yang benar dan itu omong kosong, karena mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak! Lukas menyelidiki segalanya dengan seksama sebelum memutuskan untuk menulisnya.

Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi.  Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes. Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya. Wahyu 1:1-2

katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia."  Wahyu 1:11

Dan sesudah ketujuh guruh itu selesai berbicara, aku mau menuliskannya, tetapi aku mendengar suatu suara dari sorga berkata: "Meteraikanlah apa yang dikatakan oleh ketujuh guruh itu dan janganlah engkau menuliskannya!" Wahyu 10:4

Kerabatku, apakah Yohanes menulis kitab Wahyu karena UJUG-UJUG ingin menulis sebab digerakan oleh Roh Kudus untuk menulis? Tidak! Dia menulis atas perintah Yesus Kristus. Apakah yang ditulis Yohanes dalam kitab Wahyu adalah hal yang dia UJUG-UJUG tahu karena mendapat ilham dari Roh Kudus? Tidak! Dia menulis yang dilihat dan didengarnya dan diperintahkan oleh Yesus Kristus untuk ditulisnya. Yang diperintahkan untuk tidak ditulis, tidak ditulisnya.

Infallibility Dan Inerrancy Perjanjian Baru?

Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini." Wahyu 22:18-19

Kerabatku sekalian Perjanjian Baru tidak salah ajarannya (Infallibility) dan tidak salah tulis (Inerrancy) bukan karena penulisnya digerakkan oleh Roh kudus untuk menulis dan isinya diilhamkan oleh Roh Kudus untuk ditulis, namun karena para penulis hanya menuliskan ajaran Yesus Kristus yang diperintahkan untuk ditulis.

Paulus Menulis Karena Ilham Roh Kudus?

Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel. Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku." Kisah Para Rasul 9:15-16

Pada malam berikutnya Tuhan datang berdiri di sisinya dan berkata kepadanya: "Kuatkanlah hatimu, sebab sebagaimana engkau dengan berani telah bersaksi tentang Aku di Yerusalem, demikian jugalah hendaknya engkau pergi bersaksi di Roma." kisah Para Sarul 23:11

Paulus bukan salah satu dari 12 rasul.  Dia baru dipilih dan diangkat menjadi Rasul setelah Yesus naik ke sorga. Mungkinkah dia menulis karena UJUG-UJUG ingin menulis sebab digerakkan oleh Roh Kudus dan menulis yang dia UJUG-UJUG tahu karena menerima ilham dari Roh Kudus? Mustahil! Kenapa demikian? Karena Paulus adalah seorang sarjana teologi Perjanjian Lama. Di samping itu dia juga belajar langsung dari Yesus Kristus dalam wujud Malaikat Tuhan.

Roh Kudus Adalah Penolong

tetapi Penghibur (parakletos), yaitu Roh Kudus (pneuma Hagios), yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Yohanes 14:26   

Jikalau Penghibur (parakletos)  yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran (pneuma Aletheia) yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." Yohanes 15:26-27
 
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Yohanes 16:8-11

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran (pneuma Aletheia), Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Yohanes 16:13

Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Yohanes 16:14

Handai taulanku, ayat-ayat tersebut di atas mencatat TUGAS-TUGAS yang diemban oleh Roh Kudus di dunia. Roh Kudus sama sekali tidak mengemban tugas untuk menggerakan seseorang menulis Alkitab, itu sebabnya mustahil Roh Kudus membuat seseorang UJUG-UJUG ingin menulis. Roh Kudus juga sama sekali tidak mengemban tugas untuk memberi ilham kepada seseorang yang digerakkannya untuk menulis Alkitab tentang yang harus ditulisnya, itu sebabnya mustahil Roh Kudus membuat seseorang UJUG-UJUG tahu yang akan dia tulis. Itu sebabnya kita tahu bahwa doktrin UJUG-UJUG bukan ajaran Alkitab namun ajaran sesat yang diajarkan sebagai ajaran Alkitab.

NB.
Hai hai menantang Esra Alfred Soru dan siapa saja untuk BERAPOLOGETIKA menghadapi 7 blog hai hai di bawah ini di depan banyak saksi dengan Alkitab sebagai sumber pustaka dan standard kebenaran. Apabila yang diajarkan oleh hai hai benar maka semua ayat Alkitab yang digunakan untuk menentangnya akan berbalik mendukung yang diajarkannya. Atas tantangan tersebut, Esra Alfred Soru menyatakan, “Benar sekali pak Albert, saya memang tak tertarik debat dengan orang seperti si Bugil ini, tapi kadang kita perlu melempar seekor anjing walaupun kadang kita abaikan gonggongannya.” Ini adalah blog ke 7 dari 7 blog tantangan hai hai. Semoga Esra Alfred Soru bisa melempar anjing dengan tepat dan membungkam gonggongan hai hai atau dia cukup JANTAN untuk mengakui KEBENARAN? Ha ha ha ha …..

  1. Bengcu Menggugat karena Yesus MUSTAHIL iman, nabi dan raja Yahudi.
  2. Bengcu Menggugat karena "3 hari 3 malam = hari ke 3 = setelah 3 hari" adalah ajaran SESAT
  3. Bengcu Menggugat karena Stefanus MEMBUAL
  4. Bengcu Menggugat karena Doktri Allah Tritunggal adalah Ajaran SESAT
  5. Bengcu Menggugat karena Doktrin Yesus Satu pribadi DUA hakekat adalah ajaran sesat
  6. Bengcu Menggugat Karena Yesus MUSTAHIL mati MENGGANTIKAN manusia MENERIMA hukuman Allah
  7. Bengcu Menggugat karena Alkitab MUSTAHIL ditulis atas ILHAM Roh Kudus


__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Steve Austin's picture

@Hai Hai : Pernyataan anda kontradiksi

Salam sejahtera Pak Hai Hai Smile

 

pernyataan anda :

Bengcu Menggugat karena Alkitab MUSTAHIL ditulis atas ILHAM Roh Kudus

bertentangan sekali dengan pernyataan anda yang ini :

Alkitab ditulis dengan sangat sistematis, logis, terperinci, akurat dan konsisten di bawah pimpinan Roh Kudus.

yang dari sini :

http://www.sabdaspace.org/bila_yhwh_adalah_bapa_maka_yesus_kristus_adalah_pembual


=============================================================

2 Petrus 1:19-21  Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

__________________

And that's the bottom line 'cause JESUS CHRIST said so

hai hai's picture

@Steve Austin, hai hai Seorang Reformed

Steve Austin, hai hai Seorang Reformed. Pada mulanya saya MEYAKINI semua ajaran Teologi Reformed adalah KEBENARAN. Lalu saya bertumbuh dan HANYA meyakini ajaran Teologi Stephen Tong adalah KEBENARAN.  Kemudian saya bertumbuh dan HANYA meyakini ajaran Alkitab adalah KEBENARAN.

Apabila anda membaca blog-blog saya sejak awal maka anda akan melihat PERKEMBANGAN keyakinan saya tersebut. Di samping itu saudah berkali-kali saya akui bahwa hai hai pun bisa SESAT.

Perlu anda ketahui bahwa ketika menulis kalimat yang anda kutip, saat itu saya masih meyakini Deklarasi Chicago adalah ajaran Alkitab. Baru pada tahun 2011 lah saya menyelidiki ajaran Alkitab tentang Roh Kudus dan mengetahui kebenarannya. Cara berpikir saya begini. Sebelum menemukan KEBENARANNYA maka saya MEYAKINI ajaran Teologia Reformed sebagai ajaran Alkitab setelah mengetahui kebenarannya maka saya MEREVISI pengetahuan saya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Steve austin :Dari Reformed rasionalis ke pegan rasianalis

-steve sudah biasa bukan dari reformed rasionalis ke liberal . kemajuan yang merosot kerena reformed memang bukan segalanya. kejujuran kadang JUGA MENJADI ALASANNYA YANG LOGIS . dan ngak aneh juga dari kristen sampai ke islam seperti yahya waloni.

 

jlwijaya's picture

Steve austin :Dari Reformed rasionalis ke pegan rasionalis

-steve sudah biasa bukan dari reformed rasionalis ke liberal . kemajuan yang merosot kerena reformed memang bukan segalanya. kejujuran kadang JUGA MENJADI ALASANNYA YANG LOGIS . dan ngak aneh juga dari kristen sampai ke islam seperti yahya waloni.

 

Veritas's picture

Urantia Raelian Pleidean

Bentar lagi jadi penganut aliran Urantia, terus Raelian, terus Pleidean...

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

hai hai's picture

@Veritas, Anda Oen Tay Joeng

Veritas, anda Oen Tay Joeng yang mengaku bernama gyntara Yongky Wenas dan menggelari diri Pst Wenas, anak ncek Oen yang kerja di toko sepeda namun punya toko sepeda kecil di sebuah kampung di kabupaten Kediri?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Veritas's picture

@ Pak Hai-Hai... Tidak !

Maaf pak, saya bukan Pak Oen Tay Joeng !  Si Wenas atau si gyntara itu seorang yang tidak mengenal secara mendalam apa yang dia ajarkan. Itu menurut pandangan saya. Bahkan menurut saya si WENAS itu sesat pikir dan picik!

Si Asali dan si Esra pun sama, malas berpikir.

Saya hanya orang yang datang untuk mencari kebenaran di Pasar SS ini sambil membagi-bagikan pikiran saya :)

Anda sangat rajin menggali dan menggali tapi sering masuk ke galian sendiri hahahahahaha... Sebaiknya bawa tangga biar bisa naik lagi.

Good Bye Mister....

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

hai hai's picture

@Veritas Bukan Oen Tay Joeng

Baiklah veritas, anda sudah menyatakan bahwa anda bukan Oen Tay Joeng yang mengaku bernama Gyntara Yongky Wenas yang menggelari diri Pst Wenas.

Itu berarti beberapa orang yang mencurigai anda Oen Tay Joeng yang mengaku bernama Gyntara Yongky Wenas yang menggelari diri Pst Wenas, sudah anda SANGKAL. 

Ada yang bertanya apa yang akan saya lakukan bila suatu saat terbukti bahwa anda adalah Oen Tay Joeng yang mengaku bernama Gyntara Yongky Wenas yang menggelari diri Pst Wenas? Saya menjawab, "Saya akan arak dia keliling kampung dan keliling kota sampai tidak ada satu pelosok pun di dunia ini yang tidak TAHU bahwa dia PENIPU."

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Veritas's picture

@ Hai-hai...Lakukan Sekarang !

Anda tidak perlu menunggu untuk mengetahui saya Wenas untuk mengarak saya dan menyatakan penipu. Saya tidak punya urusan dengan mimpi anda itu :)

Jika engkau memang ingin melakukannya LAKUKAN SEKARANG !

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

hai hai's picture

@veritas, Mengarak

Ada yang bertanya apa yang akan saya lakukan bila suatu saat terbukti bahwa anda adalah Oen Tay Joeng yang mengaku bernama Gyntara Yongky Wenas yang menggelari diri Pst Wenas? Saya menjawab, "Saya akan arak dia keliling kampung dan keliling kota sampai tidak ada satu pelosok pun di dunia ini yang tidak TAHU bahwa dia PENIPU."

Ha ha ha ha ha ha ha ....... untuk segala sesuatu itu ada waktunya kisanak. Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2 Jangan menggugat yang tidak salah

 

2Ti 3:16  AllG3956 scriptureG1124 is given by inspiration of God,G2315 andG2532 is profitableG5624 forG4314 doctrine,G1319 forG4314 reproof,G1650 forG4314 correction,G1882 forG4314 instructionG3809 inG1722 righteousness:G1343

 

G2315 

theopneustos 

theh-op'-nyoo-stos 

From G2316 and a presumed derivative of G4154; divinely breathed in: - given by inspiration of God.

 

Theopneustos  jika di terjemahkan secara umum dari bahasa yunani ke bahasa inggris adalah inspired dan dalam bahasa indonesianya : Terinspirasi dan dalam Alkitab bahasa indonesia adalah diilhamkan , di ilhamkan siapa ?di Ilhamkan oleh siapa?Tentu oleh Allah.

 

Lalu kenapa bisa jadi di di ilhamkan Roh Kudus atau ilham Roh Kudus?

 

2Pe 1:20  Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,

2Pe 1:21  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

 

2Sa 23:2  Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;

 

Mat 22:43  Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:

Mat 22:44  Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

Mar 12:36  Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

Act 1:16  "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.

Act 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:

 

Heb 3:7  Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,

 

 

Hai2 ,menurut saya yang jadi  masalah adalah definisi anda tentang apa itu di lihamkan oleh Roh?bukan yang lain.

Musa ,para nabi dan yohanes dll saat menulisnya adalah di bawah pimpinan Roh Kudus.

ROH KUDUS adalah ALLAH yang memberikan inspirasi

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Siapa Yang Membual?

jlwijaya, Siapa Yang Membual nich? Anda mengajarkan bahwa bahwa penulis Perjanjian Lama maupun Baru mendapat ILHAM alias INSPIRASI dari Roh Kudus sedangkan Musa mengaku menulis DISURUH oleh YHWH dan Yohanes disuruh oleh Yesus Kristus sedangkan Lukas menyelidiki.

Di Ilhamkan = diinspirasi = UJUG-UJUG mau nulis dan UJUG-UJUG tahu yang akan ditulis kan?

Roh Kudus baru KELUAR dari Bapa dan diutus oleh Yesus setelah Dia ke sorga kan?

Ha ha ha ha ha ..... Saya tahu, saya tahu. TIDAK ada yang Mustahil bagi Allah kan? Ha ha ha ha ha ...... Kisanak, Anda HARUS belajar dulu baik-baik dan PIKIRKAN KONSEKUENSI dari yang anda TULIS sebelum MENULISKANNYA. Ha ha ha ha ha ha ... Sekarang setelah anda menuliskannya maka orang-orang menjadi TAHU dan MENDUGA Alkitab NGGAK KONSISTEN alis PLINTAT-PLINTUT. ha ha ha ha .... Selamat menjelaskan, kissanak. Ha ha ha ha

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai 2:Perhatikan ayat yang saya berikan.

1)jlwijaya, Siapa Yang Membual nich? Anda mengajarkan bahwa bahwa penulis Perjanjian Lama maupun Baru mendapat ILHAM alias INSPIRASI dari Roh Kudussedangkan Musa mengaku menulis DISURUH oleh YHWH dan Yohanes disuruh oleh Yesus Kristus sedangkan Lukas menyelidiki.

Hai2 silakan anda baca dengan teliti komen saya di atas bahwa yang mengajarkan bukan saya atau siapapun tetapi Alkitab ,Rasul paulus ,Tuhan Yesus, Lukas ,matius ,markus dan Petrus .

2)jlwijaya, Siapa Yang Membual nich? Anda mengajarkan bahwa bahwa penulis Perjanjian Lama maupun Baru mendapat ILHAM alias INSPIRASI dari Roh Kudus sedangkan Musa mengaku menulis DISURUH oleh YHWH dan Yohanes disuruh oleh Yesus Kristus sedangkan Lukas menyelidiki.

Hai2 dalam komentar saya sebelumnya saya tidak menyalakan hal ini :Musa mengaku menulis DISURUH oleh YHWH dan Yohanes disuruh oleh Yesus Kristus sedangkan Lukas menyelidiki. 

Hai2 kenapa harus di pertentangkan, adalah benar Allah yang menyuruh Musa menulis juga Allah yang memberikan Roh Kudus untuk memimpin musa menulis agar setiap kata dan seluruh maksud Allah terungkap dengan sempurna.

3) Di Ilhamkan = diinspirasi = UJUG-UJUG mau nulis dan UJUG-UJUG tahu yang akan ditulis kan?

Definisi ilham ala Hai2 ........sah2 aja untuk kalangan kamu.

4) Roh Kudus baru KELUAR dari Bapa dan diutus oleh Yesus setelah Dia ke sorga kan?

Jelas salah donk hai2, lihat ayat di bawah ini bahwa Roh kudus yang memimpin Daud?:KATA YESUS pula.

Mar 12:35  Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud?

Mar 12:36  Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

Di sinilah jelas terlihat kamu ngak mengerti firman Tuhan .Kamu bingung saat menghadapi ayat yang seolah kontradiksi .......kamu seperti yusup waloni dan ionas rakhmat nih?meragukan.......

5) Ha ha ha ha ha ..... Saya tahu, saya tahu. TIDAK ada yang Mustahil bagi Allah kan? Ha ha ha ha ha ...... Kisanak, Anda HARUS belajar dulu baik-baik dan PIKIRKAN KONSEKUENSI dari yang anda TULIS sebelum MENULISKANNYA. Ha ha ha ha ha ha ... Sekarang setelah anda menuliskannya maka orang-orang menjadi TAHU dan MENDUGA Alkitab NGGAK KONSISTEN alis PLINTAT-PLINTUT. ha ha ha ha .... Selamat menjelaskan, kissanak. Ha ha ha ha

Hai2 yang saya tulis adalah sebagai bahan pertimbangan buat anda agar anda paham bahwa gugatan anda salah.

Alkitab sangat konsisten bagi yang mengerti .kalau buat jenis yusuf waloni ya ngak konsisten tetapi ngak demikian bagi orang2 yang memiliki Roh Kristus.

hai hai's picture

@jlwijaya, Belom diutus

jlwijaya: Hai2 kenapa harus di pertentangkan, adalah benar Allah yang menyuruh Musa menulis juga Allah yang memberikan Roh Kudus untuk memimpin musa menulis agar setiap kata dan seluruh maksud Allah terungkap dengan sempurna.

Saudara jlwijaya yang mulia, jadi maksud anda, Roh Kudus diutus oleh Yesus setelah Dia naik ke sorga lalu Yesus MENGUTUS Roh Kudus ke Perjanjian Lama untuk MEMIMPIN Musa menulis ya? Ha ha ha ha ha .... gimana cara Roh Kudus pergi ke Masa lalu? Naik mesin waktunya si Back From Future? Tidak ada yang mustahil bagi Allah ya? Ha ha ha ha ha ha .....

Anda lupa ya kalau yang diajarkan adalah Alkitabn ditulis atas ILHAM alias INSPIRASI Roh Kudus. anda tahu arti ILHAM alias INSPIRASI? Ha ha ha ha ha .... Itu artinya UJUG-UJUG ingin MENULIS alis DIGERAKKAN dan UJUG-UJUG TAHU yang akan ditulis.

jlwijaya: Definisi ilham ala Hai2 ........sah2 aja untuk kalangan kamu.

ILHAM: n 1 petunjuk Tuhan yg timbul di hati: ibu Nabi Musa mendapat -- supaya memasukkan anaknya ke dl peti dan menghanyutkannya ke Sungai Nil; 2 pikiran (angan-angan) yg timbul dr hati; bisikan hati; 3 sesuatu yg menggerakkan hati untuk mencipta (mengarang syair, lagu, dsb): di tempat pengasingannyalah ia mendapat -- untuk mencipta lagu-lagu perjuangan;

MENG-ILHAM-I: v memberi ilham kpd; membisiki (dl hati);
MENG-ILHAM-KAN:  v membisikkan (petunjuk dsb) kpd;
PENG-ILHAM-AN:  n proses, cara, perbuatan mengilhamkan atau mengilhami

jlwijaya: Jelas salah donk hai2, lihat ayat di bawah ini bahwa Roh kudus yang memimpin Daud?:KATA YESUS pula. Di sinilah jelas terlihat kamu ngak mengerti firman Tuhan .Kamu bingung saat menghadapi ayat yang seolah kontradiksi .......kamu seperti yusup waloni dan ionas rakhmat nih?meragukan.......

Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Markus 12:36

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur (parakletos)  itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia  kepadamu. Yohanes 16:7

Wow ... jlwijaya yang mulia, anda kan MENGERTI firman Tuhan? Kenapa anda nggak menjelaskan ayat yang SEOLAH KONTRDIKSI? Jadi kedua ayat di atas nggak KONTRADIKSI kan? Karena Yesus setelah nak ke sorga lalu MENGUTUS Roh Kudus ke SEGALA zaman? Ke zaman-Nya, ke zaman Perjanjian Lama untuk MENGILHAMI para Nabi juga ke MASA DEPAN?  ha ha ha ha ha ha ...

jlwijaya: Hai2 yang saya tulis adalah sebagai bahan pertimbangan buat anda agar anda paham bahwa gugatan anda salah. Alkitab sangat konsisten bagi yang mengerti .kalau buat jenis yusuf waloni ya ngak konsisten tetapi ngak demikian bagi orang2 yang memiliki Roh Kristus.

Kisanak anda sedang berhadapan dengan AYAT-AYAT Alkitab yang hai hai KUTIP bukan Yusuf Waloni. Jadi tolonglah jangan MEMBUAL dan menuduh SEMBARANGAN. alkitab SANGAT KONSISTEN dan nggak PLINTAT-PLINTUT seperti anda. alkitab juga sangat TEGAS artinya tidak ada yang SAMAR-SAMAR. NAh, kisanak. ajaran Alkitab DIILHAMKAN oleh Roh Kudus adalah ajaran SESAT karena BERTENTANGAN dengan ajaran Alkitab.

anda tahu kenapa anda TIDAK mampu melihat KEBENARAN? Karena anda sudah kekah jumekeh MEMBEBALKAN hati untuk MEYAKiNI ajaran Allah Tritunggal yang seharusnya Allah TRI-DUO muskil TUNGGAL yang sesat itu sebagai ajaran Alkitab.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2 ;satu pertanyaan sederhana?

Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Markus 12:36

satu pertanyaan untuk kamu: apakah yang perkataan Yesus benar bahwa Daud di pimpin Oleh Roh Kudus?

 

utk yoh 16:7 besok aku jawab.

jlwijaya's picture

Hai2:lanjutan jangan menyalahkan yang tidak salah

 

Anda lupa ya kalau yang diajarkan adalah Alkitabn ditulis atas ILHAM alias INSPIRASI Roh Kudus. anda tahu arti ILHAM alias INSPIRASI? Ha ha ha ha ha .... Itu artinya UJUG-UJUG ingin MENULIS alis DIGERAKKAN dan UJUG-UJUG TAHU yang akan ditulis.

jlwijaya: Definisi ilham ala Hai2 ........sah2 aja untuk kalangan kamu.

ILHAM: n 1 petunjuk Tuhan yg timbul di hati: ibu Nabi Musa mendapat -- supaya memasukkan anaknya ke dl peti dan menghanyutkannya ke Sungai Nil; 2 pikiran (angan-angan) yg timbul dr hati; bisikan hati; 3 sesuatu yg menggerakkan hati untuk mencipta (mengarang syair, lagu, dsb): di tempat pengasingannyalah ia mendapat -- untuk mencipta lagu-lagu perjuangan;

MENG-ILHAM-I: v memberi ilham kpd; membisiki (dl hati);
MENG-ILHAM-KAN:  v membisikkan (petunjuk dsb) kpd;
PENG-ILHAM-AN:  n proses, cara, perbuatan mengilhamkan atau mengilhami

Saya tidak sedang ingin berdebat dengan anda tentang seperti apa itu theopneustos ?yang saya mau sampaikan adalah tidak salah menyatakan bahwa ada kata  Diilhamkan Allah/ pengertian ILHAM ROH KUDUS berdasarkan ALKITAB sebagai standar kebenaran dengan ayat yang saya berikan di atas.Dan jika definisi dan pengertian kamu tidak sesuai dengan Alkitab silakan buang dan belajar lagi.


 

hai hai's picture

@jlwijaya, Jangan SOk Jagoan

jlwijaya, bukankah sudah berkali-kali saya memberitahu anda agar JANGAN SOK JAGOAN? Pengetahuan itu didapat dari BELAJAR bukan BERLAGAK. Kalau mau PINTER anda harus belajar kisanak, bukan BERLAGAK pinter. BERLAGAK pinter di depan hai hai? ha ha ha ha ha ... dia akan MENGULITI anda helai demi helai seperti menguliti BAWANG bombai sehingga nampak GAMBLANG bahwa KEPALA anda KOSONG MELOMPONG, nggak ada pengetahuannya.

jlwijaya: Saya tidak sedang ingin berdebat dengan anda tentang seperti apa itu theopneustos ?yang saya mau sampaikan adalah tidak salah menyatakan bahwa ada kata  Diilhamkan Allah/ pengertian ILHAM ROH KUDUS berdasarkan ALKITAB sebagai standar kebenaran dengan ayat yang saya berikan di atas.Dan jika definisi dan pengertian kamu tidak sesuai dengan Alkitab silakan buang dan belajar lagi.

sebaiknya anda memang tidak ebrdebat dengan hai hai kisanak karena OTAK anda KOSONG. ARTI kata MENGILHAMI saja anda NGGAK PAHAM mau BERLAGAK mengajari hai hai? Ha ha ha ha ha ha .... kisanak, kisanak. Kenapa nggak NGACA dulu agar anda TAHU bahwa KETAHUAN LAGAKNYA karena NGGAK paham arti kata MENGILHAMI numun SOK mengajari hai hai? Ha ha ha ha ha ha ..... Ingat nak, ingat. Jadi orang harus TAHU MALU!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2:jangan jadi tukang ngeyel ,pantesan takut lisan .

-BUKANNYA KAMU YANG SOK JAGOAN ,sudah jelas ayat2 yang saya kasih bertentangan sengan Ajaran kamu masih sombong

Baca baik2 ayat2 yang saya berikan di bawa ini bahwa ADA THEOPNUSTOS artinya ada ilham Roh Kudus,masih saja ngeyel makanya kamu takut kalau lisan.

 

2Ti 3:16  AllG3956 scriptureG1124 is given by inspiration of God,G2315 andG2532 is profitableG5624 forG4314 doctrine,G1319 forG4314 reproof,G1650 forG4314 correction,G1882 forG4314 instructionG3809 inG1722 righteousness:G1343

 

G2315 

theopneustos 

theh-op'-nyoo-stos 

From G2316 and a presumed derivative of G4154; divinely breathed in: - given by inspiration of God.

 

Theopneustos  jika di terjemahkan secara umum dari bahasa yunani ke bahasa inggris adalah inspired dan dalam bahasa indonesianya : Terinspirasi dan dalam Alkitab bahasa indonesia adalah diilhamkan , di ilhamkan siapa ?di Ilhamkan oleh siapa?Tentu oleh Allah.

 

Lalu kenapa bisa jadi di di ilhamkan Roh Kudus atau ilham Roh Kudus?

 

2Pe 1:20  Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,

2Pe 1:21  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

 

2Sa 23:2  Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;

 

Mat 22:43  Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:

Mat 22:44  Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

Mar 12:36  Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

Act 1:16  "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.

Act 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:

 

Heb 3:7  Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,

 

 

Hai2 ,menurut saya yang jadi  masalah adalah definisi anda tentang apa itu di lihamkan oleh Roh?bukan yang lain.

Musa ,para nabi dan yohanes dll saat menulisnya adalah di bawah pimpinan Roh Kudus.

ROH KUDUS adalah ALLAH yang memberikan inspirasi

hai hai's picture

@jlwijaya, Bertanya

jlwijaya, kalau mau BELAJAR dari hai hai, bertanyalah dengan SOPAN dan jangan KURANG ajar ketika diajari. Kalau mau MENGAJAR yang GAMBLANG, jangan plintat plintut ketika DIMiNTAi pertanggungan jawab.

jlwijaya: Baca baik2 ayat2 yang saya berikan di bawa ini bahwa ADA THEOPNUSTOS artinya ada ilham Roh Kudus,masih saja ngeyel makanya kamu takut kalau lisan.

Theopneustos = ilham Roh Rudus

Kenapa nggak sekalian aja bilang Theopneustos = Ilham Roh WEDUS? ha ha ha ha ha .....  Kalu suka boleh juga terjemahkan sebagai Roh KARDUS. ha ha ha ha ha ... kisanak, kisanak ...... KEBENARAN yang tidak konsisten mustahil kebenaran SEJATI.

Kisanak, anda yang MENGAJARKAN bahwa Para penulis Perjanjian Lama menulis atas ILHAM Roh Kudus, bukan? Padahal Roh Kudus baru ke dunia SETELAH Yesus naik ke sorga.

Jadi gimana kisanak? siap yang MEMBuAL? jlwijaya MEMBUAL? Yesus MEMBUAL? Alkitab salah CATAT? Atau Roh Kudus yang diutus oleh Yesus setelah Dia naik ke sorga pergi ke masa LALU naik MESIN WAKTU? ha ha ha ha ha .... Kisanak .... Belajar dulu baik-baik, kisanak SEBELUM anda MAMPU menjelaskan semua KONTRADIKSI tersebut, tolong jangan PENTANG BACOT bikin MALU dengan mengagul-agulkan kepala dan yang KOSONG. ha ha ha ha ha ha .....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2:Pemahaman kamu parah sekali. Gong Xi Fat Chai

 

Hai 2 oh hai2 dengan kwalitas kamu mau ngajarin saya? , kamu kristen atau islam saya ngak jelas ? yang saya jelas kamu tidak menerima setiap ayat adalah Firman yang tak mungkin salah dan yang saya jelas kamu sesat ngak ada bedanya dengan saksi yehovah dll. Saya tidak rela di ajar oleh orang yang tidak  berpegang teguh pada firman .

 

Kisanak, anda yang MENGAJARKAN bahwa Para penulis Perjanjian Lama menulis atas ILHAM Roh Kudus, bukan? Padahal Roh Kudus baru ke dunia SETELAH Yesus naik ke sorga.

Hai2 dalam hal ini saja kamu sudah salah  masih mau ngajarin saya?????

 

1)Roh Kudus ada  di PL dan berinteraksi dengan manusia di PL, ini adalah  kata Yesus, markus ,Lukas ,Petrus dan Paulus silakan baca ayat di bawah ini:

 

Mar 12:35  Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud?

Mar 12:36  Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

2Pe 1:20  Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,

2Pe 1:21  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Act 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:

 

Roh Kudus juga ada di dunia saat Yesus belum mati bangkit dan naik kesorga:

Luk 1:15  Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; (pada yohanes pembabtis)

 

Luk 1:41  Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus,

 

Luk_2:25  Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya,

Luk_2:26  dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan.

Luk_2:27  Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat,

 

Luk_3:22  dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Luk_4:1  Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.

 

Hai2 Kamu ngak mengerti Yoh 16:7 , kamu sama sekali ngak paham arti perkataan Yesus di Yoh 16:7

Joh 16:7  Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

 

Hai2 , pikir dan renungkan bagaimana mungkin Roh Kudus di utus untuk menginsafkan orang jika Yesus belum mati untuk menebus dosa manusia , Bagaimana mungkin roh Kudus di Karuniakan kepada orang berdosa sebagai materai dan tinggal di dalam manusia jika manusia belum di ampuni dosa2nya  , Jadi sebelum Yesus mati untuk manusia dan bangkit untuk membenarkan mereka yang percaya maka Roh Kudus tidak bisa datang dan setelah Yesus pergi yaitu mati dan bangkit maka Roh Kudus baru di utus untuk menginsafkan dunia dan melahir ulangkan orang percaya dan memeterai mereka dan tinggal di dalam orang yang percaya kepadanya.

 

Ayat ini berkata bahwa Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, ayat ini tidak berkata bahwa Roh Kudus belum atau tidak pernah berinteraksi dengan manusia di dunia sebelumnya. Jadi bacalah dengan teliti hai2


Hai2 kamu mengerti hal ini???ha ha ha saya jadi ragu kamu beneran kristen bukan?atau kamu manusia bertopeng kristen???

 

2) hai2 saya tidak mengatakan bahwa Theopneustos = ilham Roh Rudus

Yang saya katakan adalah Theopneustos ada di 2 Tim 3 :16 ,siapa yang melakukan Theopneustos ? pasti Allah bukan sesuai dengan terjemahan bahasa indonesianya . dan selamjutnya saya mencantumkan banyak ayat yang menyatakan penulis di PL di pimpin Oleh Roh Kudus jadi tidak salah jika kita mengerti bahwa yang melakukan Theopneustos adalah Roh Kudus......baca lagi tanggapan saya di atas .

Kalau mau menyangkal maka lakukan dengan jantan yaitu mengupas bahwa ayat yang saya gunakan salah ,Bukan dengan jualan image dan maki2 karena ngak ada kemampuan menjawab.

 

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Mengajari anda? Ho ho ho ho

jlwijaya, Mengajari anda? Ho ho ho ho ...... mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat. hai hai menolak mentah-mentah, ingat MENTAH-MENTAH untuk mengajari anda.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2 pendapat kamu 100% salah .

Act 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:

 

Roh Kudus baru KELUAR dari Bapa dan diutus oleh Yesus setelah Dia ke sorga kan?

Kisanak, anda yang MENGAJARKAN bahwa Para penulis Perjanjian Lama menulis atas ILHAM Roh Kudus, bukan? Padahal Roh Kudus baru ke dunia SETELAH Yesus naik ke sorga.

 

Hai2 kamu menyatakan bahwa Roh Kudus baru keluar dan baru kedunia setelah Yesus naik ke sorga padahal Rasul paulus mengajarkan dalam Kis 28:25 bahwa Roh Kudus sudah ber firman kepada nenek moyang bangsa israel melalui Yesaya .Jadi pernyataan kamu bertentangan dengan Rasul Paulus Bukan? Dengan demikian bukankah berarti pemahaman kamu salah? Apa lagi yang bisa kamu katakan?

hai hai's picture

@jlwijaya, Jangan Memfitnah

jlwijaya: Hai2 kamu menyatakan bahwa Roh Kudus baru keluar dan baru kedunia setelah Yesus naik ke sorga padahal Rasul paulus mengajarkan dalam Kis 28:25 bahwa Roh Kudus sudah ber firman kepada nenek moyang bangsa israel melalui Yesaya .Jadi pernyataan kamu bertentangan dengan Rasul Paulus Bukan? Dengan demikian bukankah berarti pemahaman kamu salah? Apa lagi yang bisa kamu katakan?

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Yohanes 16:17

kisanak, jangan MEFItNAH Yesuslah yang MENGAJARKAN bahwa Dia BELUM MENGUTUS roh Kudus dan roh Kudus belum DATANG ke dunia. Sebaiknya anda suruh Yesus dan Paulus BERUNDING dulu lalu mengajari anda SOPAN SANTUN agar nggak sembarangan memfitnah hai hai. Haha ha ha ha ......

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2 Saya tidak mengfitnah ,jawablah terus terang.

hai2 disinikan kamu sedang mau ngomong bahwa kis 28 :25 bertentangan denga Yoh 16:17 Bukan?.dan kamu sedang berpegang pada yoh 16:17 (dlm pengertian hai2) dengan demikian kamu bertentangan dengan Kis 28:25 bukan ??

Jangan di putar2 hai ngaku saja terus terang bahwa untuk kamu keduanya saling bertentangan .

kalau kamu ngaku bahwa dengan demikian konsep kamu bertentangan dengan pernyataan Paulus di kis 28:25 maka baru terjadi perdebatan tulisan yang gentelman.Kamu jangan takut dengannya saya menyerang bahwa buat kamu ayat2 alkitab saling bertentangan.

Saya bisa jawab kok , di sini bukan masalah IQ ,pinter atau bodoh ....yang masalah hanya karena kebetulan saya memahami dari para senior yang memahami hal ini.

Kamu berdebat selalu masalh pinter bodoh , siapa yang lebih berisi.......ini justru kekanak2kan .......saya ngak pernah meresa jadi lebih pintar atau lebih bodoh karena di puji pintar atupun di katain bodoh.....karena saya adalah saya yang sebagaimana saya ada ....cont waktu saya di katain bodoh ,saya berIQ 125 waktu di bilang pinter IQ saya tetap 125 paling paling saya merasa mungkin karena nilai Ruang saya 138 ,ngak lebih dari itu .karena itu hai2 jawablah apa adanya .

hai hai's picture

@jlwijaya, Sampai Sini Saja

jlwijaya, bila dilanjutkan pun tetap akan berakhir di entah berentah. oleh karena itu, maka saya tidak akan menangapi komenar anda lagi masalah Roh Kudus DATANG setelahh Yesus.

Seperti saya bilang, anda sebaiknya TELP Yesus dan Paulus untuk melakukan KONFIRMASI kenapa mereka mengajarkan hal yang bertentangan? Bila tidak bertentangan lalu apa artinya? Setelah anda mendapatkan jawabannya barulah komentar lagi. Sebelum itu, baiklah anda belajar baik-baik, kisanak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2:jangan jadi tukang ngeyel ,pantesan takut lisan .

-BUKANNYA KAMU YANG SOK JAGOAN ,sudah jelas ayat2 yang saya kasih bertentangan sengan Ajaran kamu masih sombong

Baca baik2 ayat2 yang saya berikan di bawa ini bahwa ADA THEOPNUSTOS artinya ada ilham Roh Kudus,masih saja ngeyel makanya kamu takut kalau lisan.

 

 

2Ti 3:16  AllG3956 scriptureG1124 is given by inspiration of God,G2315 andG2532 is profitableG5624 forG4314 doctrine,G1319 forG4314 reproof,G1650 forG4314 correction,G1882 forG4314 instructionG3809 inG1722 righteousness:G1343

 

G2315 

theopneustos 

theh-op'-nyoo-stos 

From G2316 and a presumed derivative of G4154; divinely breathed in: - given by inspiration of God.

 

Theopneustos  jika di terjemahkan secara umum dari bahasa yunani ke bahasa inggris adalah inspired dan dalam bahasa indonesianya : Terinspirasi dan dalam Alkitab bahasa indonesia adalah diilhamkan , di ilhamkan siapa ?di Ilhamkan oleh siapa?Tentu oleh Allah.

 

Lalu kenapa bisa jadi di di ilhamkan Roh Kudus atau ilham Roh Kudus?

 

2Pe 1:20  Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,

2Pe 1:21  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

 

2Sa 23:2  Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;

 

Mat 22:43  Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:

Mat 22:44  Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

Mar 12:36  Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

Act 1:16  "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.

Act 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:

 

Heb 3:7  Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,

 

 

Hai2 ,menurut saya yang jadi  masalah adalah definisi anda tentang apa itu di lihamkan oleh Roh?bukan yang lain.

Musa ,para nabi dan yohanes dll saat menulisnya adalah di bawah pimpinan Roh Kudus.

ROH KUDUS adalah ALLAH yang memberikan inspirasi

 

HAI2 SOK PINTER YA JANGAN KETERLALUAN MASAK MELAWAN AYAT2 YANG ADA.ITU NGEYEL NAMANYA.

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Memang Sederhana

Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Markus 12:36

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur (parakletos)  itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia  kepadamu. Yohanes 16:7

jlwijaya: satu pertanyaan untuk kamu: apakah yang perkataan Yesus benar bahwa Daud di pimpin Oleh Roh Kudus?

bukankah anda yang MENGAJARKAN: Di sinilah jelas terlihat kamu ngak mengerti firman Tuhan .Kamu bingung saat menghadapi ayat yang seolah kontradiksi .......

Bukankah bila tidak bERLAGAK pinter, maka anda HARUS menjelaskan apa maksud anda dengan SEOLAH KONTRADIKSI? bila nggak mampu MENJELASKANNYA silahkan MENGAKU SALAH bahwa anda sudah SOK PiNTER  lalu MiNTA AMPuNLAh kepada hai hai agar dia MEMAAFKAN anda. hai hai itu murah hati lho. Ha ha ha ha ha ha ha ha .....

Bagaimana
jlwijaya yang MULIA? sanggupkah anda menjelaskan maksud anda dengan SEOLAH KONTRADIKSI? ha ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2:Silakan jawab dalu

 

1)Seolah kontradiksi =Tidak kontradiksi

2) Roh Kudus baru KELUAR dari Bapa dan diutus oleh Yesus setelah Dia ke sorga kan?(HAI2)

-berdasarkan pernyataan itu saya menuduh bahwa pernyataan kamu itu kontradiksi dengan mrk 12:35-36. Benarkah demikian?kalau tuduhan saya salah saya baru akan minta maaf kepada hai2 yang maha mulai bahwa saya telah menilai hai2 sedemikian rendahnya .

-Dan kalau tuduhan saya diatas salah berarti hai2 setuju bahwa ada pimpinan Roh kudus di PL.

SALAH KAH TUDUHAN SAYA TERHADAP KAMU????SILAKAN DI JAWAB.

3)Berdasarkan tuduhan saya di atas maka bagi saya dalam pengertian hai2 mrk 12;35-36 kontradiksi dengan Yoh 16:7.

Jika ya, maka saya menyatakan berdasarkan cara baca hai2 yang mengakibatkan adanya pengertian kontradiksi itu maka yang sesungguhnya dengan cara baca seperti itupun yang terjadi hanya sekedar seolah kontradiksi .

4)Yang jadi masalah benarkah tuduhan saya ? untuk jelas apakah tuduhan saya benar/salah saya bertanya sekali lagi kepada kamu: apakah yang perkataan Yesus benar bahwa Daud di pimpin Oleh Roh Kudus?

Hai2 silakan jawab dulu dan saya perlu jawaban anda yang jujur jika memang ada kontradiksi dalam pengertian anda terhadap yoh 16:7 dan mrk 12:35:36,sebelum saya menjelaskan bahwa sesungguhnya itu hanya: “seolah kontradiksi”.(sebenarnya bisa di jelaskan dengan sangat2 simpel)

 

hai hai's picture

@jlwijaya, MENGAKU saja

Kisanak, bila tidak berpengetahuan, JANGAN SOK JAGAOAN berapologetika. Kalau sudah nggak mampu menjawab pertanyaan sebaiknya MENGAKU saja sebab hai hai itu MURAH hati itu sebabnya dia pasti MENGAMPUNI anda. Ha ha ha ha ha ha ha ... Saya kutip lagi agar anda JAWAB ya? ha ha ha ha ha ...

Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Markus 12:36

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur (parakletos)  itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia  kepadamu. Yohanes 16:7

jlwijaya: satu pertanyaan untuk kamu: apakah yang perkataan Yesus benar bahwa Daud di pimpin Oleh Roh Kudus?

bukankah anda yang MENGAJARKAN: Di sinilah jelas terlihat kamu ngak mengerti firman Tuhan .Kamu bingung saat menghadapi ayat yang seolah kontradiksi .......

Bukankah bila tidak bERLAGAK pinter, maka anda HARUS menjelaskan apa maksud anda dengan SEOLAH KONTRADIKSI? bila nggak mampu MENJELASKANNYA silahkan MENGAKU SALAH bahwa anda sudah SOK PiNTER  lalu MiNTA AMPuNLAh kepada hai hai agar dia MEMAAFKAN anda. hai hai itu murah hati lho. Ha ha ha ha ha ha ha ha .....

Bagaimana
jlwijaya yang MULIA? sanggupkah anda menjelaskan maksud anda dengan SEOLA

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2 ; ngalah sama kamu.

 

Eze 36:26  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 

Eze 36:27  Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

 Joh 7:37  Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! 

Joh 7:38  Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." 

Joh 7:39  Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan

Joh 7:39  (But this spake he of the Spirit, which they that believe on him should receive: for the Holy Ghost was not yet given; because that Jesus was not yet glorified.) 

 

Act 2:38  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah an hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 

 

Gal 3:2  Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil? 

 

Eph 1:13  Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. 

 

Hai2 ada janji untuk orang percaya di dalam PB bahwa mereka akan menerima Roh Kudus ,di meterai oleh Roh Kudus dan hal ini adalah karena Kristus Yesus telah mati menebus dosa manusia dan telah bangkit untuk membenarkan mereka yang percaya.hal ini tidak terjadi di pl , di PL Roh Kudus berhubungan dengan manusia untuk satu pekerjaan atau tugas tertentu bukan untuk memeterai mereka dan bukan untuk tinggal di dalam mereka.

 

Joh 16:7  Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. 

Joh 16:8  Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; 

 

 Kepergian Yesus di sini adalah untuk menggenapkan pekerjaan penebusan melalui mati dan bangkit setelah penebusan selesai maka Roh Kudus di utus untuk menginsafkan orang dan untuk tinggal di dalam diri orang percaya.Tanpa Yesus mati dan bangkit tentunya tak ada pekerjaan Roh kudus yang menginsafkan manusia dan berhuni di dalam diri orang yang percaya , karena itu jelas bahwa untuk Tugas ini maka Roh kudus di utius dan di berikan setelah Yesus mati dan bangkit.

 

ayat ini tidak sama sekali menyatakan bahwa sebelum ini tak ada pekertjaan Roh Kudus di dunia dan kepada orang2 tertentu .karena itu tetap adalah benar bahwa Roh kudus yang di utus di PB untuk menginsafkan dan untuk tinggal di dalam kaum imani adalah Roh Kudus yang di PL memimpin daud di mrk 12:35-36

 

ada masalah?

hai hai's picture

@jlwijaya, Jangan Ngalah namun BERTOBAT

jlwijaya: Hai2 ada janji untuk orang percaya di dalam PB bahwa mereka akan menerima Roh Kudus, dimeterai oleh Roh Kudus dan hal ini adalah karena Kristus Yesus telah mati menebus dosa manusia dan telah bangkit untuk membenarkan mereka yang percaya.hal ini tidak terjadi di pl, di PL Roh Kudus berhubungan dengan manusia untuk satu pekerjaan atau tugas tertentu bukan untuk memeterai mereka dan bukan untuk tinggal di dalam mereka.

Kisanak, mana ayat yang mengajarkan demikian? Ha ha ha ha .... Cari dulu sampai kuda gigit jari baru MENGAJAR ya? ha ha ha ha ha ha ha ...

Eze 36:26  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Kisanak, Roh yang BARU itu SUDAH diberi atau BARU AKAN diberi? Baru AKAN diberi kisanak. JANGAN keras kepala!

Eze 36:27  Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Kisanak, Roh-kus SudAH diberi atau AKAN diberi? Jangan KERASKAN kepalamu nak untuk MENyANGKAL kebenaran nak.

Joh 7:39  Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

jlwijaya, MORAL anda rendah sekali ya mau menipu hai hi yang TUA dan BIJAKSANA ini? Mau MENIPU bilang, Roh Kudus SUDAH datang di Perjanjian Lama padahal Yohanes bilang BELUM DATANG sebab Yesus BELUM DIMULIAKAN? Nggak mau MENGAKU mengajarkan KEBENARAN padahal anda MENCOBA MENIPU hai hai? ha ha ha ha ... Kisanak-kisanak kalu mau MENIPU kira-kira dong. Ha ha ha ha ha ha ha ... kisanak, anda TIDAK perlu MENGALAH sebab yang anda perlukan adalah BERTOBAT!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

hai2 :kamu total tak mengerti

1)Kamu sama sekali awam ngak mengerti bahwa di PB saat percaya sudah menerima roh yang baru dan Roh Kudus 

 

Joh 3:6  Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 

karenanya kita di sebut ciptaan baru ;

 

2Co_5:17  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 

Gal_6:15  Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. 

2)Belum datang bukan belum ada, belum datang untuk di berikan kepada orang percaya sebagai meterai dan tinggal di dalam orang percaya.

 

3)yang utama adalah kamu menyangkan perkataanYesus bahwa Roh Kudus memimpin Daud?

 

 

hai hai's picture

@jlwijaya, silah Menipu sampai tua

jlwijaya, MORAL anda rendah sekali ya mau menipu hai hi yang TUA dan BIJAKSANA ini? Mau MENIPU bilang, Roh Kudus SUDAH datang di Perjanjian Lama padahal Yohanes bilang BELUM DATANG sebab Yesus BELUM DIMULIAKAN? Nggak mau MENGAKU mengajarkan KEBENARAN padahal anda MENCOBA MENIPU hai hai? ha ha ha ha ... Kisanak-kisanak kalu mau MENIPU kira-kira dong. Ha ha ha ha ha ha ha ... kisanak, anda TIDAK perlu MENGALAH sebab yang anda perlukan adalah BERTOBAT!

ha ha ha ha ha ha .... kisanak, sialhkan menipu sampai TUA dech. ha ha ha ... Silat bersilat LIDAH sampai keriting. Ha ha ha ha ha ha ha ...

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

hai2 :kamu bertentangan dengan Alkitab bahkan perkataan Yesus

 

 

Joh 7:39  (But this spake he of the Spirit, which they that believe on him should receive: for the Holy Ghost was not yet given; because that Jesus was not yet glorified.) 

 

-Yoh 7:38-39 berkata bahwa belum datang dalam pengertian belum di berikan untuk tinggal di dalam manusia dan kata belum di sana hanya not yet dalam pengertian not yet given  yaitu belum di berikan kepada mereka yang saat itu menjadi pengikut Yesus

-Hai2 , kamu bertentangan dengan Tuhan Yesus dan markus dan matius:

Mar 12:36  Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

 

-kamu bertentangan juga dengan rasul petrus dan lukas: 

Act 1:16  "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.

 

 -Kamu juga bertentangan dengan Paulus dan Lukas

Act 28:25  Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:

 

Hai2 kamu jangan menipu orang seolah kamu mengajarkan berdasarkan alkitab jika ada ayat yang tidak kamu terima.

 

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Mengajar? No Lah

jlwijaya, Mengajar? No Lah! hai hai belum mengajar, baru menguliti ajaran sesat anda. Ha ha ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

t45ya's picture

numpang lwt wkwk

ayo kasih jempol di youtube saya dunk klo suka hehehehe

 

http://www.youtube.com/watch?v=0JyWoROU-LI

 

makasih...

numpang promo haha

hai hai's picture

@t45ya, Jualan

t45ya, salah satu hal  yang diharamkan di SABDA Space adalah BERJUALAN dengan CARA pedagang asongan. Yang anda lakukan adalah MENGASONG seperti pedagang asongan. Anda akan ditegor oleh Admin dan dagangan anda DITURUNKAN. Kenapa demikian? Karena bila semua orang BOLEH melakukan apa yang anda lakukan maka SABDA Space pun akan JADI tong sampah IKLAN.

itu sebabnya, kisanak, bila anda mau DAGANG, lakukanlah dengan CERDIK seperti yang dilakukan oleh hai hai di blog INI.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

hai2 oh hai2:Sadarlah.

 Hai2 berkata kepada Jlwijaya:

anda tahu kenapa anda TIDAK mampu melihat KEBENARAN? Karena anda sudah kekah jumekeh MEMBEBALKAN hati untuk MEYAKiNI ajaran Allah Tritunggal yang seharusnya Allah TRI-DUO muskil TUNGGAL yang sesat itu sebagai ajaran Alkitab.

Jawab:

-Penjelasan kamu adalah KEBENARAN ????

-Saya justru memberi ayat2 Firman Tuhan yang bertentangan dengan penjelasan kamu itu sepaya kamu sadar atau pembeca SS sadar.(kalau kamu sadar mah ngak mungkin kale.........)

-Perkataan kamu itu hanya cocok untuk orang yang tidak mengerti KEBENARAN alkitab.



hai hai's picture

@jlwijaya, ayat Alkitab

jlwijaya, terima kasih sudah BAIK sekali mengutip ayat-ayat Alkitab untuk hai hai. Namun ketahuilah kisanak, hai hai punya Alkitab juga punya alkitab elektronik dan PANDAI sekali mencari dan mengutip ayat-ayat. Jadi TOLONG jangan SOK JAGOAN bermurah hati mengutip ayat untuk hai hai ya?

jlwijaya: -Perkataan kamu itu hanya cocok untuk orang yang tidak mengerti KEBENARAN alkitab.

Anda benar kisanak, kalimat hai hai di bawah ini hanya COCOK untuk orang yang TIDAK mengerti KEBENARAN Alkitab. Itu sebabnya hai hai akan MENGUTIPNYA sekali lagi buat anda. Ha ha ha ha ha ha ... Kali ini SIMAK baik-baik ya nak? ha ha ha ha ha ...

hai hai: anda tahu kenapa anda TIDAK mampu melihat KEBENARAN? Karena anda sudah kekah jumekeh MEMBEBALKAN hati untuk MEYAKiNI ajaran Allah Tritunggal yang seharusnya Allah TRI-DUO muskil TUNGGAL yang sesat itu sebagai ajaran Alkitab.


__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

openmind's picture

Tulisan-tulisan pak hai hai

Tulisan-tulisan pak hai hai sangat menarik, pak hai hai sangat pandai mencari kontradiksi-kontradiksi yang memaksa kita secara logika memilih mana fakta yang harus diyakini.

Setelah membaca beberapa topik, bolehkah pak hai hai menuliskan pemikirian pak hai hai tentang Yesus, apakah kita harus menurutiNYa ? apakah dengan menurutiNya kita akan diselamatkan ? atau bagaimana cara agar kita diselamatkan ?. Keselamatan yang saya maksudkan adalah agar kita mati kelak tidak masuk neraka dan menerima penganiayaan abadi.

Terimakasih

hai hai's picture

@openmind, Dosamu SUDAH diampuni

kisanak, terima kasih atas pujiannya. DOSAMU sudah DIAMPUNI. Nggak ada lagi penghukuman.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Yang masalah bukan open mind saja.

-Orang buta ,sekalipun open mind tak mungkin sangup memahami pewarnaan karena bagi seseorang mengerti pewarnaan perlu open eyes selain open mind

-orang tuli dan bisu sejak lahir tak mungkin jadi sound engineer sekalipun ia memiliki otak yang jenius karena menjadi sound engineer bukan hanya perlu open mind and used mind only tetapi harus memuliki organ pendengaran yang baik pula

- Banyak orang berpikir asal rajin baca alkitab dan menggunakan malar yang baik bisa mengerti alkitab,banyak orang setelah menyelidiki alkitab ber-puluh2 tahun, lalu saat pikirannya terbuka ia mengira dapat wahyu sejati untuk memahami alkitab ......ternyata wahyu dari Hongkong.

-karenanya open mind bukan jaminan anda memahami kebenaran yang sejati.saat hawa open mind ternyata dia tertipu dan jatuh dalam dosa.

 

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Open Mouth

Kisanak, yang OPEN MIND ajabelum tentu ngerti apalagi yang OPEN MOUTH doang kayak ente dong ya? ha ha ha ha

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak