Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kopdar "Ilegal" Blossas, Elimer, dan Kompasianer di Solo 2011

Tante Paku's picture

http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/46718_1492005953426_1632344113_1163941_511538_n.jpg


Kenapa kami menyebutkan pertemuan ini kopdar ilegal? Ya, sekedar bercanda saja, sebab setiap ada kopdar (kopi darat) biasanya diumumkan di Sabda Space, tapi kali ini tidak, sebab ada blogger dari beberapa tempat sekaligus, tidak hanya blogger dari situs Sabda Space saja. Walau sebelumnya sudah ada Kopdar pemanasan dengan Jesusfreaks yang cukup seru, kali ini lebih GAYENG sekali.

Para blogger di Sabda Space biasa disebut BLOSSAS,
Para blogger di grup ELIM biasa disebut ELIMER.
Para blogger di situs Kompasiana biasa disebut Kompasianer.
Ketika bergabung tidak ada lagi baju blogger yang disandangnya, sebab yang
datang kopdar memang tercatat sebagai member  di tiga tempat itu sebagai
wadah berinteraksi di dunia maya saat ini atau hanya menjadi salah satu member di satu tempat saja, baik yang aktif ngeblog atau hanya silent reader saja, namun kami sudah saling mengenalnya. Akhirnya yang ada hanya rasa saling membangun persahabatan dalam komunitas maya yang terjalin hingga ke dunia nyata demi langkah-langkah positif ke depannya.

Hari Pertama 2 Juli 2011


Tiba-tiba ada SMS masuk, oh ternyata dari Joli mengabarkan bahwa tamu istimewa dari Bandung Susan beserta rombongan sudah masuk Solo, bahkan sudah berkeliling ke Pasar Klewer sesungguhnya (bukan untuk menyebut Sabda Space lho), sebab Susan ini bukan member SS melainkan silent reader saja. Saya pun akan bergabung untuk ke Rumah Turi sekitar jam 20.00 WIB.

Tak berapa lama ada telpon masuk, ternyata dari GK Min, katanya sudah sampai jalan Slamet Riyadi dan lupa jalan ke arah Rumah Turi, saya pun memberi ancer-ancer. Setelah menyelesaikan pekerjaan saya pun meluncur ke Rumah Turi. Eh baru sampai sudah ada SMS masuk lagi, ternyata dari GK Min lagi, SMS belum saya balas kami sudah berpapasan di tempat parkir. O rupanya GK Min ditemani istri mudanya, kami pun bersalaman dengan hangat, dan langsung duduk di teras sambil ngobrol ringan.

Baru beberapa menit duduk di teras Rumah Turi, ada lagi SMS masuk, ternyata dari Ari Thok untuk menanyakan apakah sudah pada berkumpul. Saya jawab, ada, walaupun menurut informasi dari Joli, Susan lagi menikmati makan malam di GALABO (Gladak Langen Boga) untuk menikmati kuliner yang belum pernah dicobanya.

Seperempat jam kemudian, Joli bersama my bojo datang bersama tamu dari Australia yang dijemputnya dari bandara, dan ikut bergabung bersama kami. Namun my bojo pamit duluan karena ada tamu lain yang perlu dengannya. Obrolan pun semakin meriah. Setengah jam kemudian rombongan Susan datang setelah KESASAR di jalan yang berliku untunglah Joli menunjukkan JALAN YANG LURUS, hingga mereka sampai pada KEBENARAN SEJATI yang tidak perlu ditunjukkan ayatnya deh.

Saya berbisik pada istrinya GK Min untuk mengaku bahwa dirinya bernama Tante Paku, biar dikira Tante Paku itu "perempuan beneran" eh rupanya Susan itu CERDIK seperti ADAM, sudah tahu sebelum bertemu artinya sudah mempelajari segala hal dengan teman dari dunia maya yang akan ditemuinya, biar tidak gelap informasi.

 Ketika Susan menuding dan berkata : "Ini pak GK Min ya? Terus ini siapa?"

"Itu Tante Paku!" sahutku cepat.

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/282598_2073715555733_1030248420_32421080_2149236_n.jpg

"Ahh hahahahaha nggak mungkin kamu yang Tante Paku!" Dan semua yang mendengar pun tertawa. Kami semua pun saling berkenalan, bersalaman, plus
cipika cipikinya.Obrolan pun langsung nyambung, apalagi bahannya tak lepas dari sepak terjang para ELIMER penghuni group ELIM yang sering ia berinteraksi di dalamnya. Perlu Anda ketahui, group tertutup di pesbuk ini memang tak beda jauh dengan keberadaan Sabda Space "masa lalu" yang masih ramai dengan "kemewahan" tawar menawar antara pedagang dan pembelinya, bisa jadi ELIM mengadaptasi Sabda Space dalam hal berinteraksi jual beli, hingga group itu cukup ramai, baik siang maupun malam, persis SS tempo doeloe.

Berhubung Susan aktif di Elim maka topik pun tak lepas membicarakan para penghuninya. Mulai dari ELIMER yang lama maupun yang baru tak lepas dari obrolan kami semua. Dari member yang membuat PENGUMUMAN untuk mewakili ADMIN sampai topik-topik hangat yang ada di ELIM. Dari yang suka teriak GOBLOK sampai yang teriak TOLOL  pun tak luput dari topik untuk "DIRASANI", yang berhalangan hadir pun ikut nyelip dalam pembicaraan. Dan masing-masing pun bernostalgia saat PERTAMA KALI MASUK group ELIM maupun bisa tahu Sabda Space.

Malam semakin larut, kami harus siap-siap isi perut.Karena banyak jalan macet, sebab berbarengan ada banyak event di Solo, kami pun sepakat mencari makan di warung pak Kumis yang cukup dekat dengan Rumah Turi dan sambil makan obrolan berlanjut. Saya semakin asyik ngobrol dengan suaminya Susan tentang bisnis yang kami jalani masing-masing dan juga berbagai hal yang sifatnya umum.

Habis makan kami kembali ke Rumah Turi, Joli sudah ngantuk, Susan beserta rombongan juga sudah cape, GK Min dan istri sudah kangen anak-anak, Ari Thok juga mau melanjutkan program L-MEN untuk pitnes, akhirnya kami berpisah dalam cuaca dingin yang hangat. Besoknya rombongan Susan akan balik pulang, sebab hari Senin tanggal 3 Juli 2011 pekerjaan sudah menanti.

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/268268_2258274455156_1197212031_32746113_4356114_n.jpg


Kopdar Kedua


Kurang lebih pukul 09.00 Joli kirim SMS mengabarkan bahwa Hai Hai sudah tiba di bandara, oke saya tak kerja dulu kalau sudah selesai pasti meluncur, begitulah saya menjawab.Ternyata Bengcu tidak langsung meluncur ke Rumah Turi, tapi bertandang ke kantor Joli dan bertandang ke markas Sabda Space, ternyata sekedar untuk makan rujak, maklum siang itu memang paling enak rujakan, walau beberapa wajah tegang, setelah kepedesen atau memang lagi tegang karena banyak pekerjaan, entahlah.


Kurang lebih jam 3 sore Hai Hai SMS saya kalau sudah tiba di Rumah Turi, setelah pekerjaan bisa saya tinggal, saya segera meluncur menuju Rumah Turi. Saya lihat Hai Hai duduk dan asyik SMS-an di depan receptionist, saya berdiri di belakangnya, diam saja, tapi bisa membaca tulisan SMS-nya, dia benar-benar tidak sadar kalau ada tante-tante berdiri di belakangnya. Beberapa menit kemudian, dia baru menoleh karena seperti ada penampakan yang aneh di belakangnya. Setelah menoleh, kami pun tertawa terbahak-bahak sambil berjabat erat sekali.

Kami berdua pindah ke ruang tengah untuk saling berkabar, tidak banyak perubahan pada Hai Hai, masih seperti yang kemarin dan seperti biasa, kami larut dalam bincang-bincang banyak hal, tapi topik pembukaan ini tentang SELINGKUH alias selingan indah keluarga utuh apakah benar-benar Alkitabiah?
Kalau ada Blogger yang selingkuh, perlu rasanya dikuliti helai demi helai seperti menguliti BAWANG BREBES, maaf BUKAN bawang bombay, sebab bawang bombay khusus untuk mereka yang menggunakan ayat hanya untuk MENCURI KEBAJIKAN saja.

http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/269196_2258270215050_1197212031_32746111_2304708_n.jpg

Ultah Joli


Pukul 15.00 mau ada acara di REMPAH rumah karya, Hai Hai pun berangkat duluan bersama rombongan yang lain, ia harus mengikuti mobil di depannya karena memang tidak tahu lokasi REMPAH rumah karya itu. Ada acara bistonan, saya harus pulang dulu untuk mandi sebelum menyusul ke sana, maklum masih berdebu, seharian kerja sebagai KULI BANGUNAN memang kotor sekali badan ini.

Di sana nanti akan bertemu banyak handai taulan bahkan ada blogger yang
ingin datang sebagai kejutan, artinya tidak memberitahu kapan datangnya. Kita
lihat saja nanti, siapakah dia? Apa perlu dikuliti helai demi helai, tapi tergantung suasananya dulu deh, BAWANG BOMBAY atau BAWANG BREBES.

Saya datang terlambat ke acara biston di REMPAH rumah karya, undangan
jam l5.00 WIB, saya datang pukul 16.00. Ternyata tempat sudah penuh, wah meriah sekali kelihatannya. Saya bertemu beberapa sahabat di luar, ngobrol-ngobrol sebentar, setelah itu saya melihat ada gerobak bakso di sudut halaman, juga beberapa meja yang sudah berisi berbagai menu.

Saya tidak masuk ruangan, rupanya sang pendeta baru kotbah, Hai Hai asyik duduk mendengarkan bersama my bojo dan tamu lainnya, saya lebih memilih mengambil semangkok bakso, lebih baik mengisi perut dulu daripada mendengarkan kotbah, toh hidup tidak hanya mendengarkan kotbah pendeta, sebab kalau perut lapar mana mungkin kotbah-kotbah itu bisa mengenyangkan perut?

Setelah kenyang, baru saya masuk ruangan, duduk dengan Hai Hai  sambil menceritakan kalau sudah dari tadi datang, tapi ngebakso dulu, baksonya ternyata enak banget, konon itu bakso diboyong ke rumah REMPAH karena penjualnya berprestasi atau juara dalam rasa baksonya dalam suatu kompetisi.

ULTAH Joli rupanya, kirain cuma acara doa bersama untuk REMPAH rumah karya, ternyata memang digabung dengan acara ULTAH sang tuan rumah. Seperti biasa orang ULTAH, ada kuenya, ada tumpengnya, ada lagunya, ada cipika-cipiknya, ada kadonya dan tentu kami semua yang hadir makan sampai kenyang. Bahkan Hai Hai yang tergolong jarang makan BAKSO, kali ini bisa ludes 2 mangkok penuh, sepiring nasi goreng dan berbagai macam makanan yang melimpah dan perlu dirasakan.

Tak berapa lama Ari Thok datang bergabung, langsung saja saya menyambutnya dan mempersilahkan ambil makanan sebelum dibersihkan. Beberapa menit kemudian ada tamu lagi yang kami kenal rombongan dari tim yang mengelolah salah satu situnya yaitu SABDA Space, dan mereka juga langsung ambil menunya serta menikmati tanpa canggung lagi.

Setelah makan, kami membicarakan tentang Sabda Space dengan berbagai kendalanya, ada benang merah yang bisa disambung lagi demi kebersamaan, tidak ada dendam walau pernah marah, tidak perlu ragu bila ingin hangat kembali, sebab semua pasti merindukan saat- saat untuk saling berbagi, dan solusi yang terbaik adalah mari kita kembali seperti sedia kala lagi, anggap saja tidak pernah terjadi apa-apa lagi, toh semua bisa diatasi dengan kepala dingin, tidak ada kata terlambat dalam hal ini, hanya tertunda saja untuk memulai lagi. Semoga semua makin dewasa dalam kebijaksanaannya, anggap saja kita (blogger dan admin) seperti dua besi panjang berjajar yang sering disebut REL, seiring tak bergandengan namun BISA mengantarkan gerbong ke arah YANG BENAR.

 Sementara Ari Thok disibukkan oleh LAPTOP LENOVO milik Hai Hai
yang tidak bisa hidup lampu wirellesnya, dibutuhkan waktu berjam-jam dan banyak orang untuk ditanyakan, bagaimana bisa menghidupkannya? Setelah ditengking roh lampunya, Ari Thok berhasil menghidupkannya. Ahli IT kadang kalah beruntung dengan M 23 yang beruntung bisa menghidupkan dalam waktu singkat saat kopdar tahun lalu, untung tidak jadi SMS si M 23 ternyata sudah ditemukan rahasianya.

Hampir pukul 12 malam, saya dan Ari Thok pamit duluan, banyak seniman masih tinggal untuk menata acara buat besok pagi, memajang karya-karya seni yang unik dan menarik. Sementara Hai Hai sudah dapat teman ngobrol yang masih segar, 2 cewek tamu sobatnya Joli, entah sampai jam berapa mereka selesai ngobrol, sebab topiknya banyak, maklum Hai Hai memang ceritanya banyak, kalau saya nggak ngantuk kekenyangan, mungkin akan sampai pagi lagi, tapi perlu menghemat tenaga dulu, sebab besok acaranya lebih meriah tentu akan sampai pagi lagi ceritanya.

http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/249659_114838771936392_100002308104624_147366_1211276_n.jpg

Open House REMPAH Rumah Karya


Hari berikutnya, 9 Juli 2011 kami menghadiri open house REMPAH Rumah Karya. Kami mendengarkan berbagai diskusi dan melihat pameran art & d diselingi bermacam obrolan dengan Hai Hai, Ari Thok, Joli dan semua kenalan yang terlibat di tempat.

Menu kali ini cukup menggoda, BAKSO dengan kualitas JUARA, sebab yang
dikontrak penjualnya pernah menjadi juara bakso dengan rasa paling mantap.
Kemudian ada hidangan lainnya, ada NASGOR, NASI PUTIH dengan berbagai macam lauk-pauk yang disajikan secara PRASMANAN. Eh ada juga PECEL dan CABUK RAMBAK. Dan menu berikutnya adalah NASI LIWET dari DUWET serta WEDHANGAN khas Solo. Saya. Hai Hai, Ari tentu menikmatinya sampai perut benar-benar kenyang sesak.

Dalam Kopdar ini sahabat BLOSSAS (Blogger Sabda Space) ternyata banyak yang berhalangan, pak Purnomo sudah mau berangkat, ternyata yang hamil akhirnya melahirkan pada hari itu. Sementara pak Purnawan, juga gagal datang, katanya panas dingin, sebab ada pendeta yang hamil, entah bagaimana ceritanya, kami jelas menyimpan informasi ini. Dua PUR ini memang unik, para pembaca yang mendengar kisahnya pasti mengharukan, dan kali ini kebetulan mempunyai kasus yang sama, soal HAMIL MENGHAMILI.

Pukul 12 malam akhirnya Ari Thok menyerah untuk pulang, sudah ngantuk berat. Saya dan Hai Hai serta pak Paulus Mintarga (pemilik rempah rumah karya) masih bertahan sampai pukul 3 pagi, hingga kami harus berpisah untuk persiapan besok pagi.

http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/268828_2258219813790_1197212031_32746078_607111_n.jpg

 Kopdar Tanggal 10 Juli 2011


Kurang lebih pukul sebelas siang, saya mendapat telpon dari GK Min bahwa dia bersama keluarga sudah sampai solo, akan menuju Rumah Turi setelah jalan-jalan ke Grand Mall dulu. Para pembaca yang terhormat tanpa mengurangi rasa hormat, Hai Hai dan GK Min ini dulu di SS pernah menjadi SETERU yang sengit dalam DEBAT yang cukup panjang, tak lepas dari jurus TOLOL dan BEBAL, toh masih saja bertemu dalam KOPDAR dalam suasana yang penuh canda dan tawa. DEBAT di dunia maya memang tidak perlu terbawa jauh dalam KOPDAR ini, walau dalam dunia maya nanti
BOLEH dan BISA serta HARUS berdebat dalam TOPIK TERTENTU itu tidak tabu dan BUKAN LARANGAN. Tiada dendam di antara kami dalam pertemuan ini. Lebih dari itu lewat perdebatannya, mereka saling dapat INSPIRASI untuk giat MENGGALI ALKITAB dengan lebih dalam lagi, itulah hikmahnya yang bisa dipetik dari pengakuan mereka.

Begitu sampai Rumah Turi kembali GK Min menghubungi lagi, saya katakan bahwa Hai Hai sudah ada di situ, kalau belum ada pasti lagi jemput pak Sinto, langsung saja masuk. Segera saya hubungi Hai Hai, oh ternyata mereka baru juga bertemu. Dan saya pun meluncur untuk bergabung.

Begitu tiba di Rumah Turi, tidak salah lagi, lelaki berambut paling pendek itu
pasti pak Sinto sang Pendiri ELIM, kalau dalam dunia persilatan nama perguruannya ELIMPAY, masih saudaraan sama SHAOLINPAY dan perguruan silat BUTONGPAY, begitulah.

Dan kami pun berjabat erat sambil ngakak.

"Wah ini pasti Tante Paku yang bukan tante-tante ya?!" kata pak Sinto terus menebarkan tawa renyahnya. Maaf, saya sering membuat kecewa para handai taulan yang pengin bertemu tante-tante namun ternyata BUKAN ha ha ha ha ha ha............

Kami berempat terlibat obrolan yang seru, semua blogger tidak ada yang lepas dari bahan perbincangan, baik blogger di ELIM atau di SS, yang baru masuk maupun yang sudah keluar, baik yang terlibat debat keras maupun yang diam-diam saja. Semua kami kuliti helai demi helai seperti mengupas pisang GODHOK saja layaknya.

Yang tidak diduga dan tak terduga, pak Sinto juga bisa kami buka RAHASIA-nya selama di ELIM ini, dan membuatnya TERHENYAK walau akhirnya NGAKAK TERBAHAK-BAHAK sampai keluar airmatanya berkali-kali. Apa rahasianya? Tentu hanya yang hadir di KOPDAR SOLO saja yang mengetahuinya, kami jelas akan menjaga rahasia itu, tidak menerima pertanyaan di forum terbuka atau lewat inbox! Maaf saja deh.

Griya Tawang Lereng Lawu


Selanjutnya kami semua berangkat ke Griya Tawang yang terletak di lereng Gunung Lawu untuk menikmati suasana yang berbeda. Untuk menikmati gemericik air yang penuh bebabatuan zaman purba dan untuk menikmati menu yang berbeda dan obrolan pun kembali makin seru, baik yang ALKITABIAH maupun yang UMUM.

Saya memberi kesempatan buat pak Sinto untuk memuaskan diri berdiskusi dengan Hai Hai dan GK Min, saya lebih memilih tiduran setelah kekenyangan sambil mendengarkan cerita mereka. Sementara anak-anak dan istri GK Min bermain-main di air sungai itu.

Yang spesial dari Griya Tawang adalah menunya, silahkan Anda melihat sendiri pada gambar di bawah ini :

http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/282598_2073715475731_1030248420_32421078_6888021_n.jpg

Pukul 5 sore kami meninggalkan Griya Tawang untuk menuju Rempah Rumah Karya lagi, sebab pak Sinto dan GK Min belum pernah melihatnya. Di sana kembali bergabung BLOSSAS sahabat lama kami yaitu Mama Nia dan suami, cerita makin seru karena sudah setahun kami tidak bertemu lagi.

GK Min pun melanjutkan pulang ke Salatiga, yang tersisa melanjutkan untuk wedhangan dan kembali ke Rumah Turi, di sana Mama Nia dan suami mohon pamit, saya juga menyusulnya, maklum sudah cape sekali.

Sementara Hai Hai sama Sinto tentu masih melanjutkan obrolannya tentang apa saja.

Kopdar Usai


Akhirnya saya ke Rumah Turi pukul 3 sore untuk mengantar Hai Hai dan Sinto  kembali pulang ke kotanya masing-masing. KOPDAR yang sangat seru dan mengesankan ini pasti akan terulang kembali, walau ini Kopdar "ILEGAL" namun tak kalah asyiknya dengan kopdar yang RESMI. Ada kesan yang tak terlupakan, ada pesan yang tersampaikan, ada janji yang segera direalisasikan, ada rencana yang terungkapkan. Ada oleh-oleh KUE SEMPRONG SPESIAL dari Hai Hai yang kita semua terima

Demikianlah laporan akhir dari KOPDAR di Solo 2011 dari para blogger yang biasa disebut sebagai ELIMER, BLOSSAS dan KOMPASIANER ini dalam kebersamaan dan cerita yang hangat menghanyutkan.

http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/263510_2073700515357_1030248420_32421057_3438898_n.jpg

 
Semoga Bermanfaat Walau Tak Sependapat

Illustrasi : Dokumentasi Blossas.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

joli's picture

maturnuwun

thanks Tante..

hari-hari kemarin adalah hari yang membahagiakan buat Joli.. ketika berkumpul dengan orang-orang yang kukasihi..

Pagi hari tak terasa keluar air mata haru, say thanks God, betapa baiknya Tuhan kepada kami. AnugerahNYA, hari demi hari, oleh kemurahan dan kekuatan juga penyertaannya kami bisa bertahan dan bersuka cita.

Thanks Hai-hai, dah datang.. you are part of our big family, maturnuwun tante paku dan ari thok, yang menemani mulai tanggal 1-10 juli..

 

hai hai's picture

@joli, Thanks undangannya

Terima kasih undangannya. Terima kasih untuk semuanya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

kasih Allah yang sempurna kurasakan..

pada waktu datang bidston-an, joli telat dikit, lewat pintu belakang. Melihat ada banyak anak-anak berlarian riang gembira, banyak bapak-ibu ngerumpi sambil berkenalan dan tersenyum ramah.. Berasa masuk dalam pusaran cinta yang indah. Keluarga-ku sangat besar, generasi berikut sudah menanti..

Acara tanggal 8 juli itu surprise, buat joli maupun buat my bojo (krn para staff yang buat acara) hanya untuk kalangan sendiri bidston sepulang kantor, mas Paul aja nggak pakai acara mandi ha..ha...
Sehingga pada waktu group musik datang, mas Paul sempat menegor, "siapa yang suruh..!!"
ha..ha..ha.. as usuall..

Nggak nyangka yang hadir hampir 300 orang.. dan semuanya "keluarga" ku..

Bagaimana tidak bersyukur, bersama mereka joli merasakan kasih Allah, pemeliharaan Tuhan hari demi hari.. Bila bukan Tuhan yang menjaga-nya.. embuh kayak apa jadinya
ya semua adalah kasih karunia..

8 Juli '11 genap 43 tahun. Bila mesti pulang ke Bapa pun kan ku jalani dengan sukacita, kan ku ceritakan tentang kalian kepada Bapa..

Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. i yoh 4:12

hari itu saya merasakan kasih Allah yang sempurna, di tengah-tengah kasih bersama mama papa, mamah mertua adik koko, seluruh orang2 dekat, sedekat saudara semua. Baik di dunia nyata maupun dunia maya, dunia masa lalu (teman2 sma dan univ) dan masa datang (anak2 generasi berikut)

Young2an, beny, ari thok, sigit, ylsa crew, makasih dah datang.. sorry gak isa menemani ngobrol, dah di wakili hai-hai dan tantepaku

@hai-hai ditunggu tulisannya tentang 'harmonis"

Tante Paku's picture

Matur nuwun kembali

Saya selalu siap bila bu Lurah Joli mengundangnya
Sebab, buat apa menolaknya?
Lhah wong menemani buat-buat senang-senang saja kok

Banyak keuntungan yang saya dapatkan
Ada waktu luang buat melupakan rutinitas keseharian
Ada bahan buat membuat tulisan
Ada cerita yang selalu seru dan lucu

Tentang pendeta
Tentang Pelacur
Tentang tarifnya
Tentang hamil menghamili
Tentang sensasi
Tentang pitnes
Dan seabreg nostalgia yang dirakit menjadi cerita suka

Matur nuwun kembali sudah diajak menemani berhari-hari setiap malam bersama Ari Thok dan sahabat lainnya.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

youngyoungan's picture

Kopdar ma Senior

Aku sih terhitung baru di komunitas SS, tapi sempet beberapa kali ketemu ma "senior2" BLOSSAS. Namun, jujur sih... baru kemaren itu saya bisa beneran ngeliat Tante Paku dari deket. Salam kenal Te.. :)

Senang bisa berbincang-bincang (meski banyak diemnya) dengan Tante Paku, Hai-hai, Joli, Arithok, dan temen2 yang saya temui di Rumah Rempah.

Meski awalnya saya dan beberapa kurcaci sempet "keblasuk", syukurlah finally kami bisa nemuin Rumah Rempah juga.

Suasana di sana menyenangkan sekali, apalagi saat pertama kali dateng, ada sekelompok musisi memainkan musik yang sesuai dengan tempatnya (musik apa ya itu, kata salah satu kurcaciku sih musik country).

Ngendon selama lebih dari 3 jam, ada juga pelajaran yang bisa diambil. Salah satunya tentang komunikasi.

@ Joli

Thanks for d invitation and d great feast :) Terima kasih juga untuk sarannya. Dengan ini saya ngebuktiin kata2 saya :) Ngebeli dagangan dari penjual lain :)

joli's picture

semprong paling enak sedunia

ada semprong kiriman mamah-nya hai2, nanti ku antar ke kantor ya..

semprong paling enak yang pernah ku makan, renyah-nya pas..
remuka-an-ne (remah-remah) wae juga enak.. emang banyak yang remuk karena masuk bagasi pesawat. Hai-hai sih.. nyogok-nya kurang..

hai hai's picture

@joli, Nggak usah masuk bagasi

security: Pak ini nggak boleh ditenteng, harus disimpan di bagasi.

haihai: Pak, ini ada dua kaleng semprong. 1 untuk bapak, satu untuk saya. Nggak usah masuk bagasi, saya tenteng saja.

security: Bapak mau nyogok saya?

hai hai: Bapak mau disogok?

Security: Sebentar pak, saya bicara dengan atasan saya.

hai hai: Baik saya tunggu.

Security itu lalu meninggalkan hai hai dan berbicara pada atasannya. Sebentar kemudian dia menghampiriku dengan atasannya. Kali ini atasannya yang ngomong.

atasan: Bapak mau menyogok kami?

hai hai: Pak, ini ada 2 kaleng semprong. 1 untuk bapak, satu untuk saya. Nggak usah masuk bagasi, saya tenteng aja.

atasan : kaleng seperti ini nggak bisa ditenteng pak. Harus masuk  bagasi.

hai hai: 2 tahun yang lalu saya ke solo nenteng kaleng seperti ini.

atasan: Itu dulu pak. Sekarang tidak boleh lagi.

hai hai: ngomong-ngomong, biar bisa nenteng, harus bayar berapa?

atasan: Kami hanya menjalankan tugas. Jangan menyogok kami.

hai hai: Pak ini semprong paling enak di dunia, buatan mama saya. Semprong ini untuk mama teman saya yang setiap tahun bikin kue keranjang dan mengirimi kami. bila masuk bagasi pasti remuk. Jadi gini saja. Satu kaleng untuk Bapak, satu kaleng untuk saya. Nggak usah masuk bagasi, saya tentang saja.

atasan: Nggak bisa pak. Kaleng seperti ini harus masuk bagasi.

hai hai:Pak, Ini ada dua kaleng semprong. Satu kaleng untuk Bapak, satu kaleng untuk saya. Nggak usah masuk bagasi, saya tentang saja. Nanti pulang dari solo saya kasih kue keranjang.

atasan: Anda mencoba menyogok kami?

hai hai: ini ada 2 kaleng semprong. 2 kaleng TIDAK boleh ditenteng. Makanya 1 kaleng untuk bapak dan 1 kaleng untuk saya. Nggak usah masuk bagasi, saya tentang aja. 2 kaleng nggak boleh ditenteng, 1 kaleng boleh dong?

Security dan atasannya itu memandang hai hai, tiba-tiba mereka ngakak dan berkata:

atasan: Pak, semua kaleng seperti ini harus masuk bagasi. Bukannya nggak boleh nenteng dua kaleng pak.

hai hai: Nyogok juga nggak bisa ya pak?

atasan: Nggak bisa pak. Kami hanya menjalankan tugas.

hai hai ngakak lalu berkata.

hai hai: saya kecewa karena semprong ini harus masuk bagasi dan pasti remuk. Namun saya senang bertemu dengan petugas security bandara yang jujur seperti anda berdua.

Hai hai menyalami keduanya lalu menenteng semprongnya, kembali ke counter depan untuk dimasukkan ke bagasi. hai hai SMS joli untuk menyampaikan berita buuruk itu.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

Cara makan Kue Semprong

Terus terang Kue Semprong buatan mamanya Hai Hai sangat special

Menurut istri itulah karya tradisi
Telurnya berani wijennya menjadi ciri
Sekali mencoba tak bisa berhenti
"Ini oleh-oleh dari Hai Hai, buatan sendiri!" kata saya penuh bangga.

Berhubung Kue Semprongnya satu kantong plastik
Kami harus berbagi
Dengan 8 kepala
Yang empat kakinya dua
Yang empat lagi kakinya empat

Hari pertama, yang kakinya dua dapat jatah masing-masing 6 biji kue semprong
Setiap kepala harus berbagi kepada yang kakinya empat itu seikhlasnya. Kami makan bersama, nikmat sekali, kriuk-kriuk meriah sekali. Empat duduk dikursi, yang empat duduk di lantai.

Hari kedua, masing-masing dapat jatah 5 kue semprong, kami makan lagi bersama-sama, tetap memberi jatah sama yang duduk di lantai itu.

Hari ketiga, jatahnya masing-masing 4 biji, cara makan tetap sama.
Sampai hari terakhir kami yang berkaki dua dapat jatah 3 kue, tinggal sisa 4 biji untuk bonus si kaki empat, masing-masing dapat satu.
Kami pun makan dengan rakusnya
Wow mengasyikkan
Baru kali ini kami makan kue semprong bareng-bareng
Sementara kue semprong Serena tidak dijamah sama sekali, sampai hari ini malah belum habis ha ha ha ha ha......................

Terima kasih Hai Hai
Buat kue semprong istimewanya
Sebab baru kali ini saya bawa kue semprong oleh-oleh dari Hai Hai
Kopdar sebelumnya cuma makan di tempat Turi doang
Tanpa bisa membawa pulang
Orang rumah hanya dapat ceritanya doang
Sambil pada ngedumel : "Kalau makan enak, nggak ingat rumah!"

Eh padahal dulu sudah tak bawain oleh-oleh juga lho
Cuma bukan kue semprong
Tapi kenapa ya Kue Semprong yang mereka suka?
Ya, sebab manusia dan anjing-anjing bisa rukun makan bersama
Kue Semprong rupanya jadi idola hahahahahahahahahaha..............

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

Tante Paku's picture

Youngyoungan senang ya?

Saya coba mengingat kembali
Siapa Youngyoungan ini?
Sudah pernah bertemu ya, tapi aku lupa, yang mana?
Sebab banyak bertemu YOUNG tapi mana yang YOUNGAN hahahahahahaha.......

Bagaimana pun juga
Terima kasih kembali
Senang bertemu Anda
Dimana saja berada
Inilah BLOSAS bila berjumpa
Selalu saja banyak berita
Walau kurang lengkap saya menuliskannya
Tapi berharap
Dengan membaca saja blog KOPDAR ini
Seakan-akan sudah ikut menemani kami

Thank you.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

Viesnu's picture

Budi

Budi yang sudah jadi bapak2 ga jadi dateng ya?

 

__________________

Lovepeace..uenak..

Purnawan Kristanto's picture

Aduh nyesel banget nggak bisa

Aduh nyesel banget nggak bisa datang kemarin.... 

nyesel

__________________

------------

Communicating good news in good ways

joli's picture

Purnawan kok jadi ganteng?

wah, Purnawan setelah sakit panas dingin, kok berubah jadi cakep begini ya?? minum obat ganteng ya Wan :p

sayang sekali dikau tak bisa hadir, jadi hal rekam merekam ku minta tolong mas Ari thok tuk memvideo..

thanks Ari..

Tante Paku's picture

Pak Wawan bikin kesal

Padahal saya juga nunggu pak Wawan
Mau tanya proyek buku
Siapa tahu ada harga baru
Eh malah nggak datang
Ya udah bukan rejekinya
Ha ha ha ha ha ha.......

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

Ari_Thok's picture

Kopdar Terpanjang

Bisa dibilang ini kopdar terpanjang yang kuikuti *kalau ditotal maksudnya*. Ikatan komunitas yang terlanjur terbentuk sejak SS ada sampai sekarang tetap terpelihara, meskipun dari sisi SS versi maya hal itu sudah tak seperti dulu lagi. Saya secara pribadi berpendapat ini komunitas yang aneh :D. Ya, begitulah seharusnya berkomunitas, tidak sebatas tulis menulis.

Terima kasih juga untuk kesempatan yang diberikan untuk menghadiri peresmian Rumah Rempah, kesempatan juga belajar rekam merekam walau saya masih kelas amatir :). 

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

hai hai's picture

@Ari_Thok, KOPDAR Terpanjang

Tanggal 8 Juli, rencana mau kopdar sama Niek Niek, namun dia harus ke yogya. Tanggal 9 pagi baru kita kopdar dengan dia.  Aku joli dan niek niek, pergi makan bakso. Abis 2 mangkok. dari sana ke rumah rempah.

Joli harus menemani Kliennya, jadi aku yang mengajak niek niek keliling rumah rempah. Jolie mengingatkan, 2 kali lewat SMS, niek niek harus dijaga baik-baik. kami ngobrol tentang banyak hal. Beberapa  saat kemudian, mama dan anaknya, si Owen (klo gak salah namanya) datang. Sekali lagi kami keliling Rempah Rumah Karya dan saya menjawab banyak pertanyaan dan bercerita banyak hal. Sama seperti niek niek, mamanya juga cantik dan pandai bergaul.

Ketika niek niek pulang, saya melanjutkan kopdar dengan yang lainnya. Hari itu Rempah Rumah Karya dipenuhi banyak sekali orang. Dan kami diskusi panjang pendek tentangnya. SERU cing! Saat ini saya masih meniikmati Rempah Rumah Karya melalui kenangan. Nanti kalau blognya sudah jadi akan saya unggah di SS.

Di YLSA saya ketemu dengan seorang gadis yang mengaku pernah diskusi dengan saya tentang kata SKEPTIS. Dia menyapa saya dengan kalimat kira kira begini, "Om hai saya kehilangan tulisan-tulisan om." Sebuah kalimat yang menghunjam hati sekaligus membangkitkan RINDU. "Sementara tulisannya disimpan digudang. tunggu saja." Dia kehilangan tulisan hai hai. Dia tidak tahu bahwa hai hai kehilangan PASAR KLEWER. 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

kopdar terpanjang

iya, ini kopdar terpanjang..

sejak tanggal 1 Juli 2011, Joli ajak Tante Paku dan Ari Thok untuk kopdar dan slametan ama para tetangga di rempah rumah karya, keroncongan semalam suntuk.

Tanggal 3 Juli 2011, ada tamu buyer Australia, seminggu di Solo, untuk memulai bisnis baru dengan kami. Mas Paul punya gawe dan ternyata Bule malah kepingin ikutan hadir di pembukaan rempah tanggal 9, wuah, sebenarnya lumayan ngerepotin juga sih.. Sampur dan tongkat estafet beralih ke Joli untuk menemani bule, di Solo maupun terbang ke Jakarta.. Ya sejak itu tidur hingga tengah malam terus menerus, padahal jam tidur joli 8 jam per hari sejak konsultasi kecantikan ama tante paku :p
Yeah jadi kurang tidur neh..

Tanggal 7 malam, ketemuan ama anak2 sipil teman kuliah. Wah kalau ama konco teknik ki wedangan pasti ngebyar, sejak jaman mahasiswa kami biasa nggarap gambar hingga pagi sudah menjadi kebiasaan

Tanggal 8 Juli, Pagi hai-hai datang, sudah atur kasih satu mobil sendiri buat hai2, sehingga hai-hai nya bisa kelayapan sendiri dan sudah atur janjian ama nieniek, penulis buku yang cantik jelita. Ya semua kan terpesona bila melihat bloger satu ini, bukan hanya karena cantiknya tapi juga karena ketabahan-nya dalam menjalani hidup ini. Nggak pernah ada yang tahu kalau si jelita ini jago bela diri. Sejak kecil ikutan bangau putih. Jangan pernah macam-macam ama Nieniek.

Meski penyakit yang sangat berat menyerangnya, namun ketabahan-nya luar biasa.
Silah kan baca buku-buku nieniek yang sudah tersedia di gramedia

Karena tanggal 8 nieniek ke Jogja, maka Joli ajak hai-hai main sebentar ke YLSA induk dari SabdaSpace ini. Jumat.. ternyata sampai YLSA mereka sedang jumatan. (PA bersama) di rumah depan kantor. Baru mau menyeberang, hai-hai melihat bapak jualan rujak dan lotis di gerobak dorong.

"rujakan yuuk Jol" kata hai-hai

Hal ajakan rujakan nggak akan pernah joli tolak, meski itu pagi, siang atau malam.

apalagi mengintip gerobak ada pencit (mangga muda) yang sungguh membuat kemecer air liur berhamburan :)

Maka hai-hai pesan rujak (buah di serut), joli pesan lotis (buah dipotong) dengan pesan pencit-e sing uakeh mas..

lalu kami masuk bergabung ikutan PA bentar. Wah anggota YLSA ternyata buanyak loh, lebih dari 25 kayaknya. Membahas apa joli lupa, karena nara sumbernya adalah audio mendengarkan tip berbicara.. ketika ada kata tentang "penebusan" joli melirik sebentar ke Hai-hai, untuk melihat ekspresinya hai-hai ha..ha...ha..

baru 5 menit dengerin audio, bau segernya rujak tercium, eh ternyata si bapak rujak bawa piring rujak nya masuk ke ruang PA, waduh.. jadi sungkan.. akhirnya kami keluar, ngelesot di teras, rujakan ama hai-hai, sebentar kemudian ari menemani kami di luar. Melihat cara hai-hai makan rujak, mengingatkan joli ama ibu-ibu yang lagi ngidam ha..,ha.,

pk 12 lebih sedikit, Joli di jemput mobil kantor, untuk segera balik ke kantor, ada janjian lunch ama si bule.

Eh sampai kantor ternyata si Bule nggak ada, mereka pergi naik taxi bersama susan. Ternyata meraka mau main rahasia di balik punggung Joli

Karena hari itu pas Joli ulang tahun, rupanya mereka mau cari kado buat Joli..
Susan di tanya apa yang kesukaan Joli?? Tas, sepatu?

Susan tersenyum..

"Tanah dan Rumah itulah kesukaan Joli" kata Susan dalam bahasa inggris

Ha..ha..ha.. Ternyata hidupku benar-benar kitab terbuka, Susan tahu apa yang ku suka ha..ha..

Sudah dulu nanti lanjut lagi.. ni ditunggu tamu..


 

 

Johan candra's picture

Wah kayaknya seru banget ya

Wah kayaknya seru banget ya Tante.... Kapan-kapan kalau pas saya pulang ke solo kalau ada kopdar lg saya ikutan donk tan... Saya member baru nich tan, tapi udah kenal ko hai dan tante di FB...
__________________

Sekarang Dan Sampai Pantatku Tumbuh GIGI Kau Tetap YESUSKU...!!!

Tante Paku's picture

Memang seru SABDA Space ULTAH-nya dulu

Salam kenal kembai Johan Candra

Begitulah komunitas SABDA Space ini, selalu seru dibalik tulisan baru
Ketika bertemu semua mencair jadi satu
Banyak kisah bertabur begitu merdu
Suka duka di dunia maya menjadi cerita
Yang tak habisnya untuk bahan sukacita
Tertawa dengan nikmat bagai saudara seibu

Johan Candra
Sudah bertaman di pesbuk dengan saya dan Hai Hai ya?
Waow, saya nanti mencarinya, apakah dengan nama sama atau lain?
Saya tunggu kedatangan Anda ke Solo
Kapanpun ada waktu luang, mari kita bertemu
Berbagi cerita penuh tawa

31 Juli ini SABDA Space berulang tahun
Entah ada potong tumpeng atau wedhangan lagi
Atau hanya berdoa sendiri-sendiri
Kita tunggu saja yang terjadi
Yang penting BLOSAS tetap eksis
Dimana saja berada

Salam untukmu.



__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

Johan candra's picture

Tante

Benar tan saya sudah kenal sampean dan ko hai di fb, nama saya di fb sama dengan id saya ini, saya pulang ke solo 2 bulan sekali, nanti pulang lagi pas habis lebaran

__________________

Sekarang Dan Sampai Pantatku Tumbuh GIGI Kau Tetap YESUSKU...!!!