Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Hamba Tuhan (3 perkara)

Geadley Lian's picture

Didalam kitab brita baik yang disampaikan oleh yohanes,tiga perkara yang telah dibilang tentang yohanes pembabtis yang menjadi ciri seorang hamba Tuhan yang sejati.Dan sekiranya ke3 perkara itu sentiasa diingat oleh setiap pastor & anggota jemaatnya,gw yakin bahwa banyak masalah yang dialami oleh greja2 pada hari ini bisa dihindarkan.Rasul Yohanes mencatat:

     Seorang bernama Yohanes diutus oleh Allah.Yohanes datang utk membritau orang tentang cahaya itu,supaya orang mendengar & percaya kepada perkabarannya.Dia sendiri bukan cahaya itu,dia datang utk mengkabarkan cahaya itu (Yoh 1:6-8).

Ada tiga perkara penting yang dinyatakan dalam ayat2 ini tentang Yohanes Pembabtis.Pertama,kita dikasitau bahwa "seorang bernama".Dia seorang manusia dan tertakhluk pada kelemahan & keterbatasan seperti orang lain.Yohanes bukan malaikat,dia bukan ciptaan yang luarbiasa,dia bukan utusan yang bertumbuh luarbiasa dari takhta Tuhan.Sebaliknya yang dicatat dia "seorang bernama".

Kedua,kita dikasitau bahwa "Yohanes diutus oleh Allah".Meskipun dia seorang manusia yang mempunyai keterbatasan manusia,Yohanes berbeda daripada orang lain karnadia telah dipilih khas.

Ketiga,kita dikasitau bahwa "seorang.....diutus oleh Allah,utk mkabarkan cahaya itu".Dia datang utk membritakan Kristus,cahaya bagi dunia.Itulah misi yohanes,ayat 8 bilang "dia sendiri bukan cahaya itu,dia datang utk mengkabarkan cahaya itu".Dalam bahagian ini kita mempelajari perkara berikut:

1. Seorang manusia.

2. Diutus oleh Allah.

3.Diutus utk mengkabarkan cahaya itu.

Perkara2 yang sama bisa dikatakan tentang semua pastor/pendeta yang sungguh2 dalam poanggilan mereka.Mereka manusia yang juga memiliki keterbatasan,diutus oleh Tuhan,mempunyai kewibawaan ilahi,diutus utk mkabarkan cahaya itu,punya amanah sorgawi.Pekerjaan utama adalah membritakan tentang Yesus,firman yang hidup,yang menyatakan jika mereka taat setia kepada misi,kristus akan di britakan sama seperti yohanes pembabtis.

Ingat 3 hal yang telah dinyatakan diatas skaligus kita mendokong pelayanan para hamba Tuhan yang melayani sepenuh masa di seluruh greja di seluruh negara.Mungkinkah ada orang yang bisa kompromi kalo pastor/pendetanya suka megah-megahan,syok kaya,tapi tanggungjawab kita adalah berdoa bagi mereka.Meski Pak iones Rahmat ngga pantas diteladani seperti Pak Gilbert Luimondong,namun itu bukan alasan utk seseorang berdoa utk mereka.

__________________

geadley

DAN-DAN's picture

@Geadley Lian, waduh waduh, ioanes dan gilbert

Waduh, waktu baca tulisan diatas masih tenang-tenang saja, tapi sampe tulisan:

Meski Pak iones Rahmat ngga pantas diteladani seperti Pak Gilbert Luimondong

wowwww wowwww...wwwowwwww... TAKUUUUTTTTTTT...!!!!! Mau hitung-hitung an pribadi vs pribadi ni? wouwwwwww...takuttttt!!!!! ^_^

 

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

Geadley Lian's picture

mereka

Ada orang bilang kalo Pak Iones Rahmat adalah seorang pendeta yang penyesat & ada juga yang bilang kalo Pak Gilbert adalah seorang yang suka bermegah-megahan karna kekayaannya.Tapi dari pengetahuan gw masa Tuhan bisa menuntun seseorang yang telah terpilih menjadi hambanya kalo gitu.

__________________

geadley

irwanda.bobby's picture

@geadley saya gk ngerti

Tulisan anda:

Meski Pak iones Rahmat ngga pantas diteladani seperti Pak Gilbert Luimondong,namun itu bukan alasan utk seseorang berdoa utk mereka.

Ada orang bilang kalo Pak Iones Rahmat adalah seorang pendeta yang penyesat & ada juga yang bilang kalo Pak Gilbert adalah seorang yang suka bermegah-megahan karna kekayaannya.

Pertaanyaannya:

Apa yang anda teladani dari pak Gilbert yang kata orang suka bermegah2an karna kekayaannya (sesuai dengan jawaban anda)?

Tulisan anda:

Tapi dari pengetahuan gw masa Tuhan bisa menuntun seseorang yang telah terpilih menjadi hambanya kalo gitu.

Pertaanyaannya:

maksudnya apa yah pak?
Mohon penjelasannya. ^ ^ GBU

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

Makisud

Maksud gw ngga ada alasan utk para jemaat ngga mendoakan mereka karna mereka itu telah dipilih menjadi hamba Tuhan.Seterusnya apa yang qt teladani adalah kerendahan hati sebagai seorang hamba Tuhan.Gw tidak bermaksud utk meneladani kemegahan mereka.Apa yang baik menurut pandangan jemaat,itulah yang harus qt teladani.Hamba Tuhan hanyalah manusia biasa & punya keterbatasan.

__________________

geadley

tonoutomo's picture

bijak

orang bijak bahkan bisa banyak belajar dari peristiwa jatuh dan gagal. siapa dari kita yang tidak pernah jatuh atau gagal. merekapun begitu sama seperti kita. oleh karena itu kalau ada yang jatuh dan gagal tidaklah usah kita mempersoalkannya berlarut-larut seolah-olah kita tidak pernah jatuh dan gagal. sebaliknya kita terima mereka dengan tangan terbuka dengan harapan mereka bisa berubah, belajar dari kekeliruan dan kesalahan. sebagai orang protestas saya pegang prinsip:" diperbarui senantiasa".

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

irwanda.bobby's picture

@geadley jdi bingung

terima kasih sudah menanggapi pak. Saya bingung jadinya, kata anda, yang kita teladani dari mereka (karena saya bertanya tentang pak gilbert, saya asumsikan pak gilbert termasuk salah satu dari mereka. ^ ^) adalah kerendahan hati sebagai seorang hamba Tuhan, knp pak gilbert yang rendah hati bisa dikatakan bermegah2 atas kekayaannya yah? ^ ^. Rendah hati kyknya berlawanan dengan bermegah2 deh, atau mungkin saya salah menangkap penjelasan anda.

Kalo saya lebih baik meneladani ajaran Tuhan Yesus di alkitab aja. ^ ^. Tapi saya setuju pandangan anda soal mendoakan orang lain. Btw salam kenal pak.

 

GBU

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

Memang ada.

Mungkin ada yang merasa cemburu atau punya niat utk menjatuhkan mereka soalnya nama mereka tersebut di ss ini.Bukankah Pak Gilbert adalah seorang pendeta yang berpengaruh di abad ke 21 ini.

Memang banyak orang yang jatuh & bangun semula,oleh itu kuasa doa adalah sangat penting agar qt mampu bertahan,seperti juga Pak Yusuf Roni yang pada suatu ketika adalah pembenci orang kristen tapi bisa bertobat & menjadi pendeta.

__________________

geadley

irwanda.bobby's picture

@geadley

^ ^. Lebih baik saya tetap berusaha meneladani ajaran Tuhan Yesus di alkitab, takut kecewa kalo meneladani orang lain. btw thanks buat tanggapannya pak. GBU

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

hanya

Itu ngga salah karna qt tetap berpegang pada ajaran Tuhan dalam menilai seseorang.Soal pak gilbert itu cuma kemungkinan bagi beberapa orang.

__________________

geadley

DAN-DAN's picture

@Geadley Lian, gak jelas

Piye tho? dari isi blognya sama komen2 nya kok gak jelas gitu gak nyambung-gak nyambung, bingung aku... sistematika ne ora ono.

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

Geadley Lian's picture

Penjelasan

Critanya begini,ada yang bilang pak gilbert ngga bisa diteladani karna dia suka bermegah-megahan,bilang jemaatnya orang kaya & bagi kasus pak iones rahmat,ada orang bilang bahwa ajarannya itu sesat.Makanya gw jadikan firman Tuhan itu sebagai sandaran utk menyatakan bagaimana seharusnya seorang hamba Tuhan di blog ini.

__________________

geadley

DAN-DAN's picture

@Geadley Lian, gilbret vs ioanes

Trus yang sampeyan bilang, gilbret lebih bisa dijadikan contoh daripada ioanes, itu apa maksutnya? saya kurang ngerti.

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

DAN-DAN's picture

@Geadley Lian, oh ic ic

ooooohhhhhhh..ic ic ya ya sekarang ngerti. hehehe ^_^

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...