Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

puasa

mujizat's picture

Humor Orang-Orang Percaya

Tanya: "Kamu puasa ya?"
Jawab: "Rahasia doong"
Tanya: "Lho, kok rahasia? Pasti kamu gak pernah berpuasa"
Jawab: "Kalau aku berpuasa, dan aku beritahu kamu kalau aku berpuasa, maka aku akan RUGI, sebab Tuhan jadi tahu kalau kamu tahu aku berpuasa. Aku tak mau kehilangan upah puasaku, makanya... RAHASIA"

manusia biru's picture

Puasa dan Godaan

Dalam masa perenungan, aku berpikir mengapa Yesus dicobai oleh Iblis sampai 3 kali, dalam kondisi pas puasa. Bukankah Iblis bisa menggoda/merayu manusia kapan saja ... mengapa pas menggoda Yesus, justru pas puasa ya.

sandiputra's picture

Pemuridan dan Puasa


 

Stephen's picture

Puasa Transformatif

Puasa dimengerti sebagai praktek rohani dengan berpantang makan dan minum. Umat Tuhan berpuasa dengan berbagai alasan (1) saat mendengar berita buruk, Nehemia 1:4, 2 Samuel 1:12, (2)  saat keluarga, sahabat, atau umat sedang sakit, 2 Samuel 12:16, Mazmur 35:13; (3) saat kematian, 1 Samuel 31:13, 2 Samuel 3:35; (4) saat datang bahaya , Ester 4:16, Daniel 6:18, Kis.27:33-34; (5) saat terancam bencana nasional, Hakim 20:26; 2 Taw.20:3; Yoel 1:14; 2:12-15; (6) saat terancam penghakiman, Yeremia 36:9, Yunus 3:5-10; (6) Sebelum mengadakan perjalanan, Esra 8:21-23; (7) saat pengakuan dosa di muka umum, Nehemia 9:1-2, 1 Samuel 7:6; (8) dalam pertobatan pribadi, 1 Raja 21:27-29, Esra 10:6 (9) saat bersyafaat, Daniel 9:3; (10) saat merespon penyataan dari Allah, Daniel 10:1-3, Kisah 9:9 dan (11) ketika mentahbiskan atau mengutus pelayan, Kisah 13:3, 14:23.

Puasa menjadi cara umat berserah sepenuhnya kepada kehendak Allah di waktu tidak berdaya; memohon pertolonganNya saat menghadapi musibah; meminta penyertaanNya menghadapi situasi yang tidak menentu; berharap topangan agar dikuatkan menghadapi tugas dan tanggungjawab serta pengakuan bersalah atas pelanggaran yang memalukan dan menyakitkan hati Allah.

Purnomo's picture

Mengetuk pintu sorga

Lewat tengah malam aku terbangun. Aku melihat dari satu sudut kamar keluar seberkas asap putih, bergerak perlahan melintasi kamar. Kemudian dari sudut lain keluar juga berkas asap yang kemudian bergerak saling menyilang. Geraknya makin lama makin cepat sehingga kamarku penuh asap putih. Aku tidak takut, bahkan marah. Ada kekuatan gaib yang mau mengganggu aku. Aku keluarkan empat simpananku. Satu persatu ajimat itu aku pergunakan, tetapi tidak mempan.

Purnawan Kristanto's picture

Rabu Abu

Umat kristiani di Indonesia menandai awal penghayatan masa pra paskah dengan mengadakan ibadah Rabu Abu, 25 Februari. Di GKI Klaten, ibadah dilayani oleh Bono Wiratmo, dosen Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan dihadiri sekitar 250 jemaat.

Ari_Thok's picture

Toleransi Berpuasa Saat Ramadhan

Puasa lagi puasa lagi ...Duh... Buat sebagian penduduk dunia, bulan ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, bulan untuk mengumpulkan pahala, bulan dimana saatnya keagamaan ditingkatkan. Bagi sebagian orang lagi, bulan ini adalah bulan musibah. Ups, jangan meradang atau mengenyitkan dahi terlebih dahulu ya. Ini hanya sekadar uneg-uneg yang sudah menggelembung. Sekadar ingin mengungkapkan sesuatu yang sudah terpendam, yang selama ini terkungkung dalam rongga otak dan sekat kamar tidur. Tidak untuk menyerang, hanya sekadar curhat. Bulan ramadhan bulan dimana toleransi harus lebih dijalankan buat yang tidak berpuasa. Hormati yang lagi beribadah puasa, hargai bulan suci ini. Sekarang timbul pertanyaan, apakah yang dihormati hanya yang berpuasa? Atau coba berpikir sebaliknya, apakah yang berpuasa juga sudah menghormati dan menghargai yang tidak berpuasa?

Aletheia Muntilan's picture

DAPATKAH KITA MERUBAH KEPUTUSAN ALLAH???

Di dunia ini sering kita dengar istilah TAKDIR. banyak orang sering berpikir bahwa takdir yang menentukan jalan hidup mereka. akhirnya mereka putus asa setelah mengalami kegagalan yang berulang-ulang. Terkadang kita merasa hanya Allah sajalah yang menentukan jalan hidup kita. yang menjadi pertanyaan adalah apakah keputusan Allah dalam hidup seseorang dapat diubah?

waskami's picture

Buka Puasa di GKJ Manahan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tiap kali bulan puasa Gereja Kristen Jawa (GKJ) Manahan selalu mengadakan penjualan nasi murah seharga Rp 500,- untuk berbuka puasa. Acara yang sudah berusia 11 tahun tersebut diberi nama Peduli Kasih Nasi Murah. Pelanggannya kebanyakan orang-orang pinggiran yang memiliki penghasilan pas-pasan.

putra hulu's picture

" toleransi "

Saat ini salah satu umat beragama di Indonesia sedang melaksanakan ibadah puasa. Saya kaget juga mendengar ada beberapa anak Tuhan/gereja yang meminjamkan ruang ibadah mereka untuk dipergunakan tempat melaksanakan tarawih. Inikah yang dinamakan toleransi beragama?