Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Dongeng

Purnomo's picture

JUJUR itu SULIT

               Apek setelah anak-anaknya menikah tinggal berdua saja dengan istrinya di desa. Suatu hari ketika mencari kayu di hutan, saat menyeberangi jembatan batang kelapa, gara-gara jari-jarinya sudah kurus mengikuti tubuhnya, cincin kawinnya terlepas dan jatuh ke sungai. Dia sedih, sedih sekali, walaupun itu hanya dibuat dari tembaga tetapi melambangkan ikatan pernikahannya. Dia takut istrinya curiga bila dia pulang tanpa cincin kawin. Saking sedihnya dia menangis keras sekali dan suaranya mengganggu ketentraman surga.

Veritas's picture

Kisah Pendekar Jalanan Sakti yang mati Oleh Jurusnya Sendiri

Ada seorang pendekar sakti. Pendekar ini "paham" semua kitab silat yang ada diseantero jagat ini. Dia mengklaim bahwa semua ajaran Mahaguru yang ada didunia ini telah dia pelajari. Terlebih lagi, dia sangat "menguasai" ilmu yang diajarkan mahaguru dari Timur Tengah yang terkenal padepokannya diseluruh jagat persilatan.

Purnawan Kristanto's picture

Back to Dongeng [Preview]

 

13072101931124083822

Sudah lama saya muak dengan tayangan hiburan televisi di Indonesia. Sinetronnya menjual mimpi dan penuh dengan intrik. Aktingnya lebay dan jalan ceritanya tidak masuk akal. Acara variety show dipandu oleh host pria yang kemayu. Acara reality show juga memprihatinkan. Ada banyak kesaksian yang menunjukkan bahwa tayangan itu sudah diskenario. Jadi tidak murni realitas lagi.  Heuduh, bagaimana jika semua ditonton anak saya?

Secara kebetulan, ada penawaran berlangganan televisi lewat satelit. Dalam menu yang paling murah ada kanal Disney dan Cartoon Network.  Klop, kami pun berlangganan. Syukurlah Kirana (5 tahun), anak kami, menyukai kanal anak-anak. Sedangkan saya menikmati kanal Fox dan Netgeo. Sedangkan isteri menyukai kanal kuliner.

Debu tanah's picture

Dongeng “ULAR DI TAMAN EDEN” – Kisah Kejatuhan Manusia

Kejadian 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

Apa yang terbersit dalam pikiran kita waktu membaca kisah kejatuhan manusia? Ayo, jujur deh.. Bagi saya membaca kisah kejatuhan manusia ke dalam dosa dalam Alkitab adalah persis seperti dongeng pembawa tidur yang saya dengar waktu saya masih kecil: ada pohon pengetahuan yang baik & yang jahat, ada pohon kehidupan, kemudian manusia tergoda oleh ular yang bisa bicara untuk makan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat. Setelah berdosa mereka diusir dari Taman Eden, kemudian Allah menempatkan beberapa kerub dengan pedang yang menyala-nyala dan menyambar-nyambar untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan. Mirip kisah dongeng serial kungfu klasik bukan?