Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

aksi sosial

Purnawan Kristanto's picture

Natalan Blosas di Nungki

 

13567953221087429010

Para blogger merayakan Natal berupa aksi sosial dengan mengunjungi rumah-rumah yang diberi santunan beasiswa di pelosok Gunungkidul (foto Purnawan)

Purnawan Kristanto's picture

Kegigihan ny. Saniyem

Ny. Saniyem

 

Ny. Saniyem (usia 73 tahun) adalah salah satu pasien operasi matak katarak. Pada hari pertama operasi katarak, warga kampung Tegalsepur Klaten ini tidak dapat dioperasi karena tekanan darahnya terlalu tinggi. Hari kedua dia datang lagi. Namun dia tidak kunjung bisa dioperasi karena tensinya masih tinggi.

Purnawan Kristanto's picture

Ratusan Mata Dicelikkan

 

Kondisi kaki pak Slamet tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Kemana-mana dia menunggang semacam kursi beroda yang telah dimodifikasi sehingga terdapat setang di depannya. Cara menjalankannya adalah dengan ditarik sepedamotor di bagian depan.

Selain tidak dapat berjalan, fungsi penglihatan pak Slamet juga sudah mulai menurun. Matanya menderita katarak. Itu sebabnya dia mendaftarkan diri ikut operasi mata gratis. Pada saat pemeriksaan kesehatan, pak Slamet ini tidak lolos penyaringan karena tingkat gula darah tinggi. Namun melihat kondisi tubuhnya yang berkebutuhan khusus, panitia berpikir sungguh kasihan pak Slamet ini. Tubuhnya sudah tidak bisa berjalan sendiri, masih ditambah sebentar lagi akan mengalami kebutaan. Lalu kami sedang memikirkan cara agar pak Slamet ini dapat ditolong di luar aksi sosial ini. Kami sedang mempertimbangkan untuk memfasilitasi dia untuk dioperasi di rumah sakit.

 

 

1355160736643559563
Pak Slamet dan Kursi Rodanya (foto Garu)

Purnawan Kristanto's picture

Orang Buta Menuntun Orang Buta

 

Rapat Persiapan Pemeriksaan Kesehatan

 

 

Saat mempersiapkan aksi sosial operasi katarak, kami seperti orang buta menolong orang buta. Ini adalah ladang pelayanan yang baru. Kami hanya bermodalkan kesediaan, selanjutnya berserah kepada Tuhan untuk memperlengkapi kami. Kami benar-benar buta mengenai kondisi orang-orang yang buta karena katarak ini. Namun dengan bertanya kepada mbah Gugel, kami diberi petunjuk bahwa jumlah penderita katarak di Indonesia itu tertinggi di Asia Tenggara. Tentu saja ini masuk akal karena jumlah penduduk di Indonesia itu paling banyak seasia tenggara. Namun data juga menunjukkan bahwa jumlah pertambahan jumlah pertambahan penderita katarak setiap tahun terlalu besar dibadningkan dengan jumlah penderita yang bisa dioperasi. Karena itu kami memantapkan diri untuk menyiapkan pelayanan ini. Ini kami Tuhan, pakailah kami.