Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Siapa dia ? Siapa Mereka ?

josia_sembiring's picture

Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Mengapa menyerahkan pengampunan kepada Bapa kalau Yesus sendiri memiliki kuasa untuk mengampuni? Siapa mereka?

Sesungguhnya apa yang terjadi kepada Yesus? Apakah Yesus kehilangan ingatan bahwa Dia mampu mengampuni? Kalau memang tidak kehilangan ingatan, lalu siapa Dia yang disalib itu?

Aku dan Bapa adalah satu, kemana Aku dan kemana Bapa ketika Yesus disalibkan ?

Mengapa mereka tidak tahu? Apakah benar mereka tidak tahu? Jelas2 mereka menyiksa, memukul dan membunuh dengan menyalibkan. Bagaimana mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat?

Tepat seperti kata Yesus, mereka adalah aktor-aktor yang muncul begitu saja tanpa tahu mengapa mereka muncul. Sebab itulah disebut mereka tidak tahu. Mereka tidak tahu kenapa mereka ada (atau disebut tiba-tiba ada). Mereka tidak merancang diri mereka untuk ada didunia.

"Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan."

Sayang sekali, aktor-aktor tersebut disiapkan untuk celaka dan dipilih untuk celaka. Apa yang akan engkau perbuat jika sutradara dan scenario menyatakan engkau celaka? Ya sudah, terima saja, kecuali engkau menyimpang dari scenario. Tapi mustahil karena engkau tidak tahu apa yang engkau lakukan.

Apakah saya berhalusinasi? Mungkin. Tapi percayalah, engkau tidak tahu darimana engkau dan kemana engkau pergi. Itu sebabNya Yesus berkata bahwa Dia tahu darimana Dia dan Kemana Dia pergi. Tepat, memang bahwa mereka yang menyalibkan Yesus tidak tahu apa yang mereka perbuat.

Lalu, siapa Dia? Siapa Mereka?