Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Di balik Topeng

joli's picture

“Give a man a mask and he’ll tell you the truth”

(narsis.com)

 

Iklan Fesbuk mudah dan murah tertempel di baliho-baliho dan spanduk-spandul di perempatan..  internet bisa di akses via hp dengan murah,  semua berpesbuk ria. Dunia maya, membuat keajaiban, orang-orang dari berbagai kalangan yang tak pernah terpikirkan bisa menjadi “teman”, kawan-kawan lawas pun bisa conect lagi, kawan nya kawan juga bisa jadi “teman”

Cara berinteraksi di dunia maya, membuat kita bisa bebas, sebebas-bebasnya, termasuk menentukan nama dan karakter yang mau di mainkan. Satu orang bisa mempunyai banyak nick, dan mungkin banyak peran juga.. Ada teman kalau pas chat jadi “aneh” sangat beda dengan keadaan normal nya dia. Ada yang menjadi manja ke-kanak-kanak-an, ada yang mau nampak ceria sepanjang masa, ada  yang mau peran antagonis..

Di usia Remaja, dunia maya juga sebagai ajang mengaktualisasikan diri, Narsis sudah menjadi hal wajar.. banyak photo model dadakan. Asik juga sih.. Joli bisa melihat dan mengikuti kegiatan Clair my daughter  dari ledakan dunia maya ini..

Di balik perlindungan dunia virtual, sikap galak dan bermusuhan pun tidak canggung-canggung untuk di pamerkan ke kalayak dunia maya, bebas. Mungkin ini yang membuat dunia maya menjadi banyak penggemarnya.. Berlindung di balik nick name, kita merasa tak perlu jaim, mau ngamuk-pun bisa dengan leluasa mengeluarkan kata caci maki, tanpa rasa risi, bahkan bisa menjadi saluran unloading emosi..
Mau lempar batu sembunyi tangan pun bisa, bahkan nampak keroyokan pun sangat di mungkin-kan karena satu orang bisa  mempunyai banyak Nick..

Nick name, seakan merahasiakan identitas. Apakah dengan tanpa di kenali kita bisa bebas dan benar-benar tak ter-kenal-i?
10 Oktober 2009, ada kegiatan bersama anak-anak compassion, semua memakai topeng, ketika memakai topeng, meski hanya secuil penutup muka, sensasi yang di rasakan berbeda.. Waktu itu bisa menjadi ceria bersama-sama 200 an anak, berteriak dan tertawa ngakak, lepas bebas, meski ketika berangkat-nya ni hati kemrungsung. Ya di balik topeng serasa bisa menyembunyikan sekaligus menampakan, hal yang kita inginkan..

"Give a man a mask, and he’ll show you his true face..’

Pepatah di atas benarkah? berilah seorang pria topeng, maka dia akan menampak-kan siapa dia sebenarnya..

Dua tahun lalu, ketika di SS, semua tamu tanpa menjadi member SS bisa berkomentar, wah seru, bisa macam-macam komentarnya, hingga erusi masuk jadi kacau.. lalu timbulah policy baru di launcing admin, pengunjung (bukan member tidak bisa komentar). Pada waktu itu, awal-awal Joli masuk SS, sometimes bila ada pertanyaan nyleneh atau pemikiran liar yang kira2 akan di omeli oleh gereja, aku tanyakan di SS ini tanpa nick, alias pengunjung. Bila mau komen yang normal-normal baru pakai nick Joli ;)

Nah, aku ingat-ingat, ketika tanpa nama, hanya sebagai anonim, bisa berkomentar apa saja, bisa ngomel sekalipun. Apakah yang aku tulis itu tidak mencerminkan seorang Joli? Aku pikir tidak, wong aku bisa berperan sebagai apapun, bisa sebagai anak2, bisa sebagai istri, bisa sebagai apapun. Jadi ingat si Oma, dulu sebagai Esti, selalu memanggil siapa aja dengan kakak, kk Xaris, kk Dennis, dll..
Kembali lagi, ketika menulis sebagai anonim, berperan sebagai anak-anak, istri atau suami atau Opa sekalipun, apakah itu tidak mencerminkan diri seorang Joli? Setelah di baca ulang, merunut kembali, kalau mau jujur, itulah Joli.. meski sembunyi di balik anonim, dia tetap Joli, bahkan bisa jadi justru itulah pribadi Joli yang tersembunyi…

Wah..wah.. berarti bener juga kata-kata..

Oscar Wilde said, “Give a man a mask and he’ll tell you the truth”

Saya suka menulis di SS dan membaca ulang semua yang kutulis sendiri,  look likes baca my diary, jadi "melihat" sisi kepribadian-ku dari sudut yang lain, menarik, sangat menarik, kadang terkaget-kaget ketika menemukan sifat tersembunyi yang sama sekali tak terduga, nah sekarang lagi mencoba bagaimana memanfaatkan-nya dengan mengendalikan-nya, seperti Naruto belajar mengendalikan cakra-cakranya..;)

Nah mau coba ikutan Joli??, baca semua tulisan-tulisan anda, dan anda  akan menemukan sisi-sisi tersembunyi, ada kekuatan sekaligus kelemahan bahkan keliaran yang selama ini tidak terlihat. Mungkin selama ini kita kenal kepribadian kita dari apa kata orang tentang kita, nah dengan membaca ulang tulisan-tulisan kita akan tahu kepribadian kita..

Selamat mencoba..

jesusfreaks's picture

Mari Selamatkan SS

Semoga INI juga maksud dan tujuan blog INI. STOP SUMPAH SERAPAH !!!

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

joli's picture

@JF. baca ur diary..

Dear JF,

Sumpah serapah nggak pa-pa kok, di gereja aja bila pak pendeta lepas kendali juga melakukannya ;)

Di Sabdaspace, sejak dahulu kala memang sudah bau begini, walaupun yang bau cuma beberapa kios yang jual ikan asin, tetapi ya.. begini, bila ada pengunjung baru kebetulan lewat masuk-nya pas di kios itu, sering menyama ratakan semua kios di SS bau.. tapi biarin lah, wong orangnya juga itu-itu aja..

@JF, coba baca lagi semua blog JF, yang paling Joli ingat adalah "Bapa Sorgawi mengasihi Lucifer"  liar, tetapi dari sini Joli bisa belajar tentang kasih sekaligus kedaulatan ALLAH..

Ketika Hai-hai mengunggah iblis adalah adam, kira-in kalian seperguruan, karena setelah itu mbak luci jadi populer lagi.. mbak luci yang di kasihi bapa sorgawi?? ternyata nggak toh..? wah kalian memang membingungkan joli yang awam ini.. Maka sekarang lebih enak baca alkitab-nya joli sendiri mulai dari kejadian lagi, sekarang dah sampai bilangan..

Blog Rambo, ini tulisan JF yang keren..  LIVE FOR NOTHING ! DIE FOR SOMETHING !

TAPI... 
Jikalau HIDUP gw TERPAKSA atau DENGAN SENDIRINYA DIPERHADAPKAN KEPADA KESIA-SIAAN, maka seperti kata RAMBO, paling tidak gw HARUS MATI UNTUK SESUATU.
Entah untuk diri sendiri atau untuk orang lain
Entah untuk keyakinan atau untuk prinsip
 
Blog ini yang Joli nggak suka..
 
Ada 130 blog yang JF tulis, nah baca lah kembali, dan pas waktu apa JF nulis, waktu nunggu di airport, waktu ngomeli istri dll... juga dari membaca semua tulisan akan nampak, waktu-waktu ketika dekat bersama Allah atau pas jauh-jauhan..
 
Nampak-nya naik turun emosi juga di drive jauh dekat dengan anak istri (keluarga).. selain kedekatan hubungan Allah-nya
 
Nah dari membaca blog-blog JF, joli bisa berguru dan SKSD ama JF.. tulisan bisa menjadi cermin kan? cermin yang jernih sekali.. meski bersembunyi di balik topeng dan nick name sekalipun.. kepribadian masih nampak.. walau hanya SKSD.. ternyata di balik auman Singa Palopo, ada hati yang sangat lembut, ketika bertemu dengan pencebok-nya.. ;)
dennis santoso a.k.a nis's picture

selamatkan SS....[?]

selamatkan SS....[?]

emangnya si SS kenapa? ada apa di SS? bukannya masih sama2 aja kayak dulu2?

joli's picture

@admin, kasih link tulisan bagus ke FB

Nis, si SS nggak kenapa-kenapa kok.. masih seperti yang dulu, seperti pasar, hanya pedagang-pedagang baru banyak yang protes ketika Hai-Hai jualan mercon di kiosnya. Berbahaya kata mereka, sayang-nya para pendatang yang datang langsung teriak-teriak menghakimi semua kios di pasar klewer "berbahaya", mereka datang berombongan alih-alih untuk menyelematkan, padahal mereka hanya mendatangi kios satu orang (hai-hai) untuk buktikan jualan mercon berbahaya, sayang-nya untuk pembuktian-nya justru dengan banting-in mercon-mercon yang mereka bawa juga. Wah jadi BERISIK ini pasar. Nggak pa-pa juga sih.. hanya menjadi tidak nyaman, banyak pelanggan males berbelanja lagi, Joli jadi kangen ama Clara Anita, Noni, Anak El Shadday, dll.. 

Beberapa hanya titip pesan ama Joli, bila ada tulisan bagus kasih link via pesbuk ya.. ?

Perlu selamatkan SS?? nggak lah, mereka hanya pedagang musiman, hanya datang bila musim MEMAKI ;)

@Admin, mbok ya o, fan fesbuk SS di update berita tentang SS, tulisan bagus di SS di link ke sana, mosok Joli yang di minta kasih tahu para pelanggan lama yang masih rindu ama SS??

Purnawan Kristanto's picture

Jangan Anggap Enteng

Perlu selamatkan SS?? nggak lah, mereka hanya pedagang musiman, hanya datang bila musim MEMAKI ;)

Apakah ini hanya musiman? Saya berharap begitu. Tapi jika ini berlangsung lama dan menjadi kebiasaan dalam berdebat, maka akan ada banyak pedagang yang akan memindahkan kiosnya. Terus terang saja, belakangan ini saya malas banget menulis di SS ini. Jangan anggap enteng persoalan ini.

Saya tidak anti peredebatan. Namun perlu diingat bahwa memaki dan menggunakan sumpah serapah itu bukan satu-satunya cara untuk berdebat.

 


 www.purnawan.web.id

__________________

------------

Communicating good news in good ways

joli's picture

@Purnawan, apakah mereka ber-bobot ??

Wawan, mengapa tidak boleh menganggap enteng mereka? apakah mereka berbobot? sama sekali tidak.. Cara-cara mereka sama sekali tidak mencerminkan bobot mereka. Kemarin waktu ikutan ngobrol di kotak ijo, Joli sempat gemes. Bukan karena makian mereka, tetapi melihat "tidak sehat"nya hidup berjemaat dewasa ini. Hingga Joli kemarin sempet mau hubungi Bapak Pendeta-nya, karena banyak yang mengatas nama kan utusan beliau tetapi dengan cara-cara yang mirip-mirip cara FPI. (dicoret)

SS hanya tempat berkumpulnya para jemaat bertopeng, lebih bebas mengaktualisasi diri tanpa perlu jaim, karena dengan bertopeng seakan tak perlu malu tanpa membawa nama besar tuhannya.

Sejati-nya justru, para "pembicara" dan gereja, lebih baik bermain-main lah di SS, untuk melihat cermin rombongan jemaat bertopeng namun JUJUR, karena that, their true face.. “Give a man a mask and he’ll tell you the truth”

Wawan : Apakah ini hanya musiman? Saya berharap begitu. Tapi jika ini berlangsung lama dan menjadi kebiasaan dalam berdebat, maka akan ada banyak pedagang yang akan memindahkan kiosnya. Terus terang saja, belakangan ini saya malas banget menulis di SS ini. Jangan anggap enteng persoalan ini.

Ya 2 tahun Joli, di SS, secara periodik terjadi seperti ini, kalau nggak salah sudah mengalami lebih dari 3 kali. Nah kenapa begitu? mereka datang untuk membuat kawan yang di kasihinya bertobat atau jangan sampai kawan-kawan tersesat oleh pendapat yang dianggap tidak "betul" Sayang-nya cara-cara yang di pakai tidak smart dan cenderung agak brutal. Hai-Hai, juga perlu cara lain, karena cara-mu mempunyai efek samping yang meresahkan pasar Hai.

Peran Admin, dan para pedagang lainnya.. sebenarnya juga ambil porsi yang sangat penting. Kemarin beberapa blog di turun-kan dan Hai-hai diganjar espulso, itu bagus juga.. Sayang-nya "peringatan2" yang dilakukan admin belum menyentuh ke esensi-nya, baru kepada meredam panas-nya.

JUSTRU bila Purnawan dan pedagang lainnya malas menulis di SS, Joli TIDAK SETUJU, itu berarti mereka yang hanya beberapa gelintir dan hanya gaco TERIAK itulah nanti yang bener-bener akan mendominasi SS. Lihat tuh gara-gara Wawan males pajang tulisan lagi, hingga hanya di nilai setitik susu kan? padahal ada 222 blog purnawan.. hanya setitik susu, karena pedagang baru gres, belum melihat new product nya Purnawan. Come On, unggah lagi stock tulisan-tulisan-mu. di TUNGGU..

Beruntung Purnomo masih tidak mutung, sehingga masih ada yang "bisa" di baca..

 

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

+1

tulisan yang dicoret oleh joli itu, gue pun hampir melakukan nya.

Purnawan Kristanto's picture

Nabok nyilih tangan

Saya kok malah punya pikiran terbaik. Saya menduga lasykar itu justru beraksi atas restu panglimanya yang sudah gerah. Kalau sang panglima harus turun sendiri. dia merasa gengsi dan nggak PD karena gaptek. Maka dia memilih untuk "nabok nyilih tangan"

 


 www.purnawan.web.id

__________________

------------

Communicating good news in good ways

dennis santoso a.k.a nis's picture

andai ini benar...

wah kalo dugaan ini bisa dibuktikan benar, maka potret kekristenan indo bener2 parah.

joli's picture

nggak mungkin permalukan diri

Wawan, nabok nyilih tangan? Naak mungkin lah, emang ada orang yang mau mempermalukan diri? Menyuruh orang lain tuk permalukan dirinya sendiri? Nggak mungkin lah.. Beliau selain berjabatan pendeta, juga bukanlah pendeta tak bernyali, lihatlah CV nya.
Pniel's picture

@Joli, anda bisa berpikir jernih.

Bu Joli, anda bisa berpikir jernih diantara sekian banyak SSer yang hanya sekedar bengak bengok.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

alvazez's picture

Ketabok tanganne dewe

joli:

Naak mungkin lah, emang ada orang yang mau mempermalukan diri?

Mungkin saja ci Joli, apa sih yang tidak mungkin saat ini? walaupun emang benar "mereka" tidak disuruh panglimanya, SETIDAKNYA MEREKA MEMPERMALUKAN DIRI ATAS INISIATIF MEREKA SENDIRI.

Tentunya mereka tidak sadar akan perbuatan mereka disebabkan kurangnya pendidikan yang didapat dari orang tua mereka bahwa yang dilakukannya itu salah, jadi walaupun sudah diberitahukan oleh banyak pihak tetap saja tidak sadar, karena orang tua mereka juga tidak keberatan bahkan mendukung apa yang mereka perbuat. Jadi sabar aja ya ci Joli sama seperti nasihat saya pada bygrace untuk bersabar.

GBU

Pniel's picture

@Purnawan, cara2 orde baru

Purnawan : Saya kok malah punya pikiran terbaik. Saya menduga lasykar itu justru beraksi atas restu panglimanya yang sudah gerah. Kalau sang panglima harus turun sendiri. dia merasa gengsi dan nggak PD karena gaptek. Maka dia memilih untuk "nabok nyilih tangan"

Siapakah yang anda maksud dengan tuduhan anda diatas?

Jangan memakai cara2 rezim orba dengan menuduh orang sembarangan! Meludah menentang angin mengenai muka sendiri. Cara anda mempermalukan reputasi anda sbg seorang penulis yang biasanya menulis secara obyektif.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Adrina's picture

@Purnawan, maafkan saya...

Purnawan : Saya kok malah punya pikiran terbaik. Saya menduga lasykar itu justru beraksi atas restu panglimanya yang sudah gerah. Kalau sang panglima harus turun sendiri. dia merasa gengsi dan nggak PD karena gaptek. Maka dia memilih untuk "nabok nyilih tangan"

Tolong anda jelaskan siapa-siapa yang anda maksud dengan "laskar" itu ?

Siapa yang anda maksud dengan "panglima" itu ?

Kalau anda tidak bisa menjelaskannya, maafkan saya yang harus mengatakan bahwa anda tukang FITNAH.

Pniel's picture

@Adrina, orang agung yang anti minta maaf.

Sis, saya menyangsikan bhw dia akan menjelaskan apa yang sudah dia tulis. Orang agung (spt kata SF) spt itu akan anti pati untuk mengeluarkan kata minta maaf. GENGSI DUNK!

Kalau anda perhatikan postingan sebelumnya, Amara yang pernah menyinggung Purnawan, langsung dituntut permintaan maafnya. Tetapi ketika ia sendiri menuduh dan memfitnah orang lain..eh malah ngacir.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

jesusfreaks's picture

@purnawan kristanto : Klarifikasi atau KAMUFLASE

Dear Pur,

awalnya saya mau mendukung gerakan kamu (stop SUMPAH SERAPAH), tapi kalau ini cuma "kamuflase" saja. buat saya gerakan ini "MENJIJIKAN".

saya juga menuntut kamu Fair dan TIDAK Menyebelah mengenai ESENSI Stop SUMPAH SERAPAH.

Kamu juga harus menjelaskan pertanyaan ADRINA. apakah kamu sedang memFITNAH seseorang, TANPA KAMU TAHU DUDUK PERKARANYA DENGAN "MELIHATNYA" DENGAN MATA KEPALA SENDIRI ?

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Purnawan Kristanto's picture

JF, Saya memang berpihak.

JF, Saya memang berpihak. Saya memihak pada Sabdaspace ini. Saya prihatin dengan situasi interaksi yang ada di sini. Coba baca thread diskusi ini secara keseluruhan. Maka Anda akan menangkap pesan bahwa yang diprihatinkan adalah cara berinteraksi yang didominasi oleh sumpah serapah.

Mungkin saya membuat blunder dengan pernyataan terakhir. Jika itu menyinggung user yang ada di sini, maka saya minta maaf. Saya tidak dapat menjelaskannya lebih lanjut karena pernyataan saya itu masih berupa dugaan.

Jika saya dianggap telah memihak Hai Hai atau SF atau tidak objektif, maka saya akan menerimanya dengan ikhlas. Namun jika Anda menelisik perdebatan antara Hai Hai cs versus seterunya, tak satu pun komentar saya memberi dukungan atau memihak kepada satu pihak. Hal itu dikarenakan saya menyadari keterbatasan pengetahuan teologi, sehingga tak layak untuk terlibat di dalamnya.

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Pniel's picture

Pak Purnawan, tambahan saya.

Purnawan : Jika saya dianggap telah memihak Hai Hai atau SF atau tidak objektif, maka saya akan menerimanya dengan ikhlas. Namun jika Anda menelisik perdebatan antara Hai Hai cs versus seterunya, tak satu pun komentar saya memberi dukungan atau memihak kepada satu pihak. Hal itu dikarenakan saya menyadari keterbatasan pengetahuan teologi, sehingga tak layak untuk terlibat di dalamnya.

Anda tak perlu ikut dalam perdebatan untuk menyatakan dukungan anda terhadap Hai Hai cs, anda cukup menyerang kami dari sisi non theologis, itu sudah membuktikan bhw anda tidak berada di pihak kami. Kami tidak haus dukungan dan pengakuan (spt Hai Hai cs). Kami tak mempermasalahkan mengenai kritikan tetapi kritikan itu haruslah obyektif dan Alkitabiah. Anda harus menilai manakah yang jauh lebih penting, urgent dan diperhatikan : apakah ajaran sesat ataukan 'olokan' terhadap ajaran sesat?

Saya sudah bertanya pada postingan sebelumnya :

Mana yang lebih menyenangkan kalian :

    1. SS adem ayem tetapi didalamnya kebenaran FT disembelih dimana-mana atau

    2. Beberapa blog sesat di SS saja yang geger karena kebenaran FT berusaha diberitakan dengan menentang pengajaran sesat ?

Silah dipilih dengan diberikan justifikasi FT!

Silahkan dipikirkan.

Sampai seberapa terbatasnya pengetahuan teologi Pak Pur sehingga membuat Pak Pur tak berdaya mengerti perdebatan ini?? Saya pikir seorang kristen biasa minimal harus mengerti mengenai doktrin dasar imannya seperti : Yesus adalah Tuhan, keselamatan karena iman, Alkitab adalah Firman Allah, dll. Kalau orang kristen tersebut tak mengerti dasar imannya, apa dia bisa dikatakan beriman??? iman yang buta???

Misal : Apakah Pak Pur percaya bhw Yesus adalah Tuhan (dalam arti setinggi-tingginya dan semutlak-mutlaknya bahwa Ia benar-benar Tuhan)? Kalau iya, berarti Pak Pur harus protes terhadap suatu pernyataan yang menyatakan bhw Yesus adalah ciptaan pertama Allah. Kalau tidak, apakah saya bisa mengatakan bhw iman anda adalah iman yang buta?

Sekian. Terima kasih.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

jesusfreaks's picture

@Purnawan Kristanto : Saya mendukung anda

Terima kasih atas KLARIFIKASI mengenai esensi Stop Sumpah Serapah.

kalau anda ikuti, maka sayapun sedang berusaha untuk mendukung "gerakan" anda secara nyata, bukan lips service.

dan hal esensi ini, sementara ini saya TELAN BULAT BULAT.

tidak perduli blog atau orang itu membual atau sesat, saya akan berusaha stop sumpah serapah terhadapnya. saya akan berusaha dan terus berusaha.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Purnawan Kristanto's picture

@ JF:


@ JF:


__________________

------------

Communicating good news in good ways

alvazez's picture

@JF, beneran nih

Kamu mau stop BERAK BACOT? ntar kembung lho perut kamu? bwi hi hi hi

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

Purnawan Kristanto's picture

Pniel, Saya tidak pernah

Pniel,

Saya tidak pernah menuntut Amara untuk meminta maaf. Yang saya tuntut adalah supaya dia menunjukkan bagian mana dari tulisan saya yang "tidak menghormati Allah." [Dan itu yang belum ditunjukkan sama beliau sampai saat ini].

Yang menuntut Amara meminta maaf adalah SF.

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Pniel's picture

Pak Purnawan, silahkan dijelaskan. Thanks.

Pak Purnawan Kristanto yang terhormat,

Saya memohon klarifikasi anda mengenai kalimat anda ini :

Saya kok malah punya pikiran terbaik. Saya menduga lasykar itu justru beraksi atas restu panglimanya yang sudah gerah. Kalau sang panglima harus turun sendiri. dia merasa gengsi dan nggak PD karena gaptek. Maka dia memilih untuk "nabok nyilih tangan"

Terima kasih.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Purnawan Kristanto's picture

Saya takut


Saya merasa takut untuk menjelaskan lebih lanjut. Itu sebabnya, saya memakai kata "menduga". Dugaan itu masih perlu diekplorasi lebih dalam lagi. Kalau dugaan itu ternyata tidak benar, berarti informasi tersebut tidak benar dan saya yang salah.


__________________

------------

Communicating good news in good ways

Pniel's picture

Pak Purnawan, ini pembelaan saya thdp fitnahan anda.

Purnawan : Saya kok malah punya pikiran terbaik. Saya menduga lasykar itu justru beraksi atas restu panglimanya yang sudah gerah. Kalau sang panglima harus turun sendiri. dia merasa gengsi dan nggak PD karena gaptek. Maka dia memilih untuk "nabok nyilih tangan"

Awalnya anda gunakan kalimat : 'Saya kok malah punya pikiran TERBAIK'. Apakah yang anda maksudkan dengan pikiran TERBAIK? Apakah itu hanya sekedar dugaan /praduga tak bersalah biasa??? Kenapa gunakan kata TERBAIK? Apakah anda pada awalnya memang hendak menuduh/memfitnah, lalu setelah mendapat protes maka anda ciut nyali dan menarik ucapan anda lalu memaknai kalimat anda HANYA sebagai 'DUGAAN' belaka?

Pak Pur, anda tahu apa kesalahan anda dengan kalimat anda diatas? Kenapa kalau anda tidak yakin dengan pikiran TERBAIK anda tersebut, anda tidak bertanya, malah menlanjutkan dugaan tersebut dengan pikiran liar lainnya spt : 'gengsi', 'gak PD', 'nabok nyilih tangan' ???

Pak Pur, beberapa hal ini PERLU anda ketahui : (hal yang seharusnya anda ketahui tetapi sekarang harus saya ajari agar mata anda melek)

1. Saya (dan juga teman2 yang lain) berdebat dengan Hai Hai bukan hanya karena alasan Pak Budi Asali dilecehkan, tetapi untuk alasan yang jauh lebih penting yaitu agar FT tidak diselewengkan oleh para bidat dan pada akhirnya banyak orang yang disesatkan.

2. Saya masuk ke SS JAUH...JAUH...JAUH (sengaja saya tulis 3x agar mata anda melek) sebelum Hai Hai menyerang Pak Budi Asali. Tujuan saya semula masuk SS karena mau menghajar Dede Wijaya. Anda tahu kenapa Hai Hai begitu membenci Pak Budi Asali? Anda pasti tak mau tahu. Namun saya perlu memberitahu agar semua SSer bisa membaca pembelaan saya ini terhadap tuduhan anda, yaitu Hai Hai SAKIT HATI dengan sikap Pak Budi Asali yang tidak respek tdhp Hai Hai shg Beliau tdk mau menanggapi tulisan Hai Hai.

3. Adrina, Gondrong, apalagi JF dan Amara masuk ke SS BUKAN KARENA sebelumnya minta restu kepada Pdt.Budi Asali lalu Beliau merestui mereka menghajar Hai Hai dengan sumpah serapah.

Adrina sudah menjelaskan sendiri motivasinya masuk SS, dimana itu bukan didorong karena pesanan Pdt.Budi Asali. Bahkan Adrina sendiri menyatakan bhw ia tidak segan2 menegor dengan Pdt.Budi Asali kalau Beliau sesat. Tetapi nyatanya sejauh ini Beliau tdk sesat dan tetap Alkitabiah.

Gondrong juga pada waktu ia masuk ke SS dan berkonfrontasi dengan Hai Hai, ia sama sekali tidak pernah mengenal Pdt.Budi Asali. Setelah beberapa waktu saya berkenalan dengan Gondrong lewat PM, Gondrong saya perkenalkan dengan Pdt.Budi Asali.

JF, weleh..weleh..orang yang satu ini tidak perlu saya bela dech. Mungkin anda sendiri tahu track record sahabat saya yang satu ini.

Amara pernah menyatakan bhw ia pribadi tidak terlalu suka dengan Pdt.Budi Asali. Namun Amara masih bisa menempatkan diri dan ia menilai bhw Pdt.Budi Asali tidak sesat sehingga tidak perlu diserang. Justru Hai Hai cs yang sesat dan perlu untuk dihajar.

4. Pdt.Budi Asali bukan orang pengecut. Saya dan Adrina sudah menyampaikan alasan Beliau tidak mau menanggapi Hai Hai cs. Beliau sangat sibuk sekali dengan pelayanan. Juga dari email Hai Hai, Beliau sudah bisa membaca karakter Hai Hai bahwa Hai Hai itu model orang bebal yang tolol yang tak mungkin lagi bisa diperbaiki. Hal ini Beliau utarakan kepada saya. Semula saya tidak percaya, namun akhirnya saya percaya karena kenyataan. Kalau sampai sekarang saya dan teman-teman masih menghajar Hai Hai yg bebal itu bukan karena Hai Hai tetapi karena SSer yg lain, yaitu kami berusaha menghambar laju ajaran sesat agar tidak banyak yang disesatkan. Untuk yg sudah disesatkan....ya..walahualam!

Mungkin itu saja penjelasan saya terhadap tuduhan anda.

NAH TERBUKTI KHAN BAHWA TUDUHAN / FITNAHAN ANDA TIDAK BERDASAR !?

NAH SEKARANG BAGAIMANA DENGAN SIKAP/REAKSI ANDA SETELAH MENDENGAR PENJELASAN SAYA INI? MASIH BERSIKUKUH BAHWA TUDUHAN ANDA BENAR ATAU ADA KEMUNGKINAN BENAR, TANPA KLARIFIKASI KEPADA YG BERSANGKUTAN ???

Note : Pak Purnawan, saya ingin sekali berbincang dengan anda karena saya ingin belajar banyak dari anda mengenai teknik tulis menulis. tetapi sayang sekali bhw anda terlalu agung bagi saya yang hina ini untuk mencapai anda sehingga saya gagal berkomunikasi dengan anda. Beberapa kali saya telah menyapa anda tetapi selalu bertepuk sebelah tangan. BARU kali ini anda menanggapi sapaan saya dalam suasana yang tidak mengenakkan. Sayang sekali...niat persahabatan diawali dengan persitegangan.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

GONDRONG's picture

Pak Purnawan ; pertanggungjawabkanlah pernyataan anda

Saya kok malah punya pikiran terbaik. Saya menduga lasykar itu justru beraksi atas restu panglimanya yang sudah gerah. Kalau sang panglima harus turun sendiri. dia merasa gengsi dan nggak PD karena gaptek. Maka dia memilih untuk "nabok nyilih tangan"

Pak Purnawan, saya minta bapak segera klarifikasi pernyataan diatas.

1. Siapakah dalam pikiran "TERBAIK" anda yang disebut "laskar" ?

2. Siapakah dalam pikiran "TERBAIK" anda yang disebut "panglima" ?

3. Apa maksud anda "NABOK NYILIH TANGAN" ?

Pada komentar Pniel sebelumnya, sudah dijelaskan bagaimana proses saya ikut masuk ke SS, yaitu sebelum saya bertemu dan mengenal Pdt. Budi Asali. Kenapa ? karena saat itu saya melihat bahwa hai-hai sedang menikam Pdt. Stephen Tong dari belakang. Dg modus : hai-hai mengangkat-angkat Pdt Stephen Tong, baik dari blognya maupun dari komentar-komentarnya secara tersirat. Tetapi didalam artikel yang lain, dia dengan sengaja MENGHANCURKAN TEOLOGI REFORMED baik secara tersurat maupun tersirat. Untuk hal ini, saya sudah laporkan kepada beberapa hamba Tuhan di GRII dan mereka sedang mencek laporan-laporan saya.

Pak Purnawan, saya minta anda segera memberikan keterangan tentang statemen anda diatas. Agar tidak ada dusta dan rasa saling curiga diantara sesama blogger SS.

Purnawan Kristanto's picture

Pniel: Salah ketik

Uuups....sori... Saya baru menyadarinya sekarang. Itu adalah salah ketik. Mestinya saya menulis "TERBALIK". Itu adalah sambungan dari pernyataan Dennis sebelumnya.

Terimakasih atas penjelasan Anda. Saya bisa memahami pernyataan Anda. Ada beberapa poin yang kurang searah dengan saya, tetapi saya ingin merenungkannya lebih dulu.

Kalau Anda ingin belajar menulis pada saya, silakan kontak saya. [Saya merasa belum pernah Anda sapa secara pribadi. Jadi mohon jangan berprasangka dulu]. Pada Kopdarnas, saya pernah menyampaikan bahwa passion saya adalah melayani di bidang literatur. Saya bermimpi muncul penulis-penulis besar dari orang-orang Kristen. Jika itu tidak muncul semasa saya hidup, saya tidak putus asa. Setidaknya saya bisa menanam benihnya mulai dari sekarang

Pada dasarnya saya tidak punya niatan memusuhi siapa pun. Naiwatu atau niat utama saya adalah mengembalikan iklim berdiskusi yang menyenangkan. Seperti yang sudah saya utarakan pada blog lain; Saya tidak anti peredebatan, tapi saya berpendapat bahwa makian dan sumpah serapah bukan satu-satunya cara untuk berdiskusi.

 

__________________

------------

Communicating good news in good ways

joli's picture

Purnawan, anda contoh yang dewasa..

Purnawan: Mungkin saya membuat blunder dengan pernyataan terakhir. Jika itu menyinggung user yang ada di sini, maka saya minta maaf. Saya tidak dapat menjelaskannya lebih lanjut karena pernyataan saya itu masih berupa dugaan.

Uuups....sori... Saya baru menyadarinya sekarang. Itu adalah salah ketik. Mestinya saya menulis "TERBALIK". Itu adalah sambungan dari pernyataan Dennis sebelumnya.

Pada dasarnya saya tidak punya niatan memusuhi siapa pun. Naiwatu atau niat utama saya adalah mengembalikan iklim berdiskusi yang menyenangkan. Seperti yang sudah saya utarakan pada blog lain; Saya tidak anti peredebatan, tapi saya berpendapat bahwa makian dan sumpah serapah bukan satu-satunya cara untuk berdiskusi.

 

Wawan, melihat dari tanggapan dari buanyak komentar bertubi-tubi, nampak lah kedewasan anda,..

 

alvazez's picture

PNIEL ORDE BARU

PNIEL: Siapakah yang anda maksud dengan tuduhan anda diatas?

alvazez: PNIEL cs

PNIEL cs berfirman:

PNIEL:

Hai...loe udah ngelantur ya? otak lu benar-benar ga waras!

Tetapi sekali saya buat blog pasti akan sangat hebat kekuatan penghancurannya terhadap ajaran anda

Sampai sekarang Steven Liauw masih klenger belum mampu mengcounter tulisan saya

Anda sekarang boleh bergirang ria dan mendapat sanjungan dari SF, Vantillian, Sandman, hiskia22,

Argumentum Ad Hominem!

Hai Hai... Hai Hai ...sesat dan tolol koq dipelihara!

Saya heran apa sich yang SF dan kroni-kroninya lihat di diri kamu sehingga membuat mereka sehidup semati dengan kamu!? Mereka semua sama-sama bodohnya dengan kamu! Sama-sama anak iblis!

Adrina: 

Mengapa saya tidak heran ? karena anda memang anak iblis,

Jadi siapa yang membual ? ANDALAH PEMBUAL ITU !

Apa yang dilakukan hai hai sangat licik, selicik ‘bapanya’ iblis.

Kelihatannya anda suka OMONG BESAR tapi sayang gigimu OMPONG !

ketika saya mengatakan hai hai "anak iblis", tolol, bidat (penyesat), dsb,

Saya telah melihatnya dengan jelas penyesat itu ada di SS ini !

karena hai hai memang ANAK SETAN !!!  

Itulah sistematika hai hai, sistematika orang TOLOL, dan GOBLOK !

GONDRONG:

Kalau kamu masih melakukannya, saya akan GEBUKIN lagi kamu !!!

Kenapa ? karena lu termasuk PENYEMBAH IBLIS terbesar di SS.

Jika disudutkan, lu jangan serodok kiri-serodok kanan, dan menggunakan ARGUMENTASI TERBIRIT-BIRIT seperti PELIHARAAN LU !

Hai2, kamu betul2 payah....kamu memang sering menggunakan ARGUMENTASI LARI-LARI persis seperti anjing yang takut untuk dipukul

dan saya tambahi sedikit : SS menjadi sarang PENYESAT seperti anda !!

alvazez:

Jangan memakai cara2 rezim orba dengan menuduh orang sembarangan! Meludah menentang angin mengenai muka sendiri. Cara anda mempermalukan reputasi anda sbg seorang Illuminata dan superboy yang tidak mungkin melakukan kesalahan!

 

Adrina's picture

@alvazez, Tong kosong yang LIAR

Jangan memakai cara2 rezim orba dengan menuduh orang sembarangan! Meludah menentang angin mengenai muka sendiri. Cara anda mempermalukan reputasi anda sbg seorang Illuminata dan superboy yang tidak mungkin melakukan kesalahan!

Alvazez, ketika anda menuduh / memfitnah Pdt Budi Asali, saya telah membuktikannya dengan sangat jelas, bahwa itu tidak benar. Bukankah itu membuktikan bahwa anda adalah seorang tukang FITNAH yang menuduh orang dengan sembarangan?

Lalu mengapa anda sekarang justru menuduh kami sebagai PEMFITNAH ?

Alvazez, sebaiknya anda BUNGKAM saja !

Anda hanya seorang yang suka membuang kata-kata KOSONG.

Anda adalah tong kosong yang berbunyi LIAR !

alvazez's picture

@Banci Adrina murid BUDIAS PNIEL ILLUMINATA

Alvazez, ketika anda menuduh / memfitnah Pdt Budi Asali, saya telah membuktikannya dengan sangat jelas, bahwa itu tidak benar. Bukankah itu membuktikan bahwa anda adalah seorang tukang FITNAH yang menuduh orang dengan sembarangan?

Justru kamu semakin hari semakin membuktikan siapa dan bagaimana sebenarnya golongan kalian, berhubung kalian terbatas jadinya ngga ngerti bahwa kalian membongkar kedok kalian sendiri kan?

 

Adrina's picture

@alvazez, sanggup gak ?

Justru kamu semakin hari semakin membuktikan siapa dan bagaimana sebenarnya golongan kalian, berhubung kalian terbatas jadinya ngga ngerti bahwa kalian membongkar kedok kalian sendiri kan?

Coba tunjukkan buktinya ?

Walau hanya "bertiga", apa alvazez cs SANGGUP ?

he he he .....

jesusfreaks's picture

@alvazez : antara mamakmu, xxxxxai & banci

Dear alvazez,

ada baiknya kamu berpulang kepada mamakmu, kedalam pelukan hangatnya yang telah melahirkan kamu.

saya yakin, mamakmu bisa menolong kamu untuk membedakan kamu dengan xxxxxxx ATAU membedakan kamu dengan banci.

dari situ kamu mungkin akan belajar membedakan orang lain dengan banci.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

@JF: antara bini kamu, XXXXXXX & JF

Dear Jesusfreaks,

ada baiknya kamu berpulang kepada bini kamu, kedalam pelukan hangatnya yang telah melahirkan anak kamu.

saya yakin, bini kamu belum bisa menolong dirinya sendiri untuk tidak berxxxxxxxxx/mexxxxxkan xxxx dengan XXXXXXX / membedakan kamu dengan xxxxxxx ATAU membedakan kamu dengan JF.

dari situ bini kamu mungkin akan belajar membedakan JF dengan XXXXXXX

 

 "Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

jesusfreaks's picture

@alvazez : antara mamakmu, xxxxxxx & xxxxxxx

Dear Alvazez,

kembali kamu seharusnya bertanya kepada mamakmu (sambil bercermin),

bagaimana membedakan kamu dengan pelacur ?

kamu harus kembali kepelukan mamakmu, jangan kepelukan pelacur.

atau kamu memang tidak tahu bedanya ???

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

JF dan Alvazez: Hentikan omong kosong kalian berdua

Hentikan omong kosong kalian berdua. Baca tuh surat cinta dari Admin.

jesusfreaks's picture

@SF : maafkan saya...

Dear brow,

maafkan saya atas semua omong kosong ini.

callnya ada di ALVAZEZ...

SERIBU surat cinta admin, tidak akan menghentikan SAYA MEMBELI JUALAN ALVAZEZ.

 

dia jual, saya beli...

PERHATIKAN BAIK-BAIK, CALLNYA ADA DI ALVAZEZ.

 

once again, thank you brow for reminding...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

@SF & admin minta maaf sebesar-besarnya

Tapi saya hanya ingin membuktikan JANJI JF bahwa dia akan berhenti dari kebiasaannya selama ini yang terbukti dijilat mentah-mentah, padahal baru aja lho janjinya. Lagian semua kata-kata saya jauh lebih sopan dari pada JF yg mengatakan Hawa Pelacur karena tidak mengetahui Adam waktu mati dipanggil Iblis oleh Allah.

Sekali lagi minta maaf sebesar2nya, setidaknya saya tidak menjilat ludah sendiri seperti JF yg sudah berjanji kosong / membual tidak karuan. Jadi callnya sebenarnya di JESUSFREAKS

GBU

jesusfreaks's picture

@alvazez : mewek nih yeee...

bwi hi hi hi...

kacian deh kamu...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

JF SUDAHLAH

Kamu apa nggak malu menjilat janji / BB kamu sendiri dihadapan semua blogers? jangan diteruskan lagi tingkah laku kamu itu ya....

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

joli's picture

JF, dan ALVAZEZ.. NJIJIK-I

JF dan ALVAZEZ..

Kalian tuh nggilani, dan njijiki bener, ni kios joli jadi belepotan banyak kotoran.

SEKARANG HARUS KALIAN BERSIHKAN, kalau nggak tak mau, Joli datangi dan tak keplaki satu per satu..

Lihat lah.. diri kalian.. dah jangan ngomong tentang firman lagi.. jangan sekali-kali ngomong tentang tuhan kalian lagi.. Joli tutup telinga.. jangan bicara tentang apapun lagi, bener-bener njijik-i.. PERGI DARI kios Joli, kecuali kalian bantuin Joli ngepel kotoran nya, baru nanti Joli beliin es jeruk. Tapi TETAP JANGAN ngomong tentang firman lagi., apalagi ngomong tentang tuhan nya kalian.. nggak mau denger..

Viesnu's picture

sabar..

sabar ci Joli...

klo mereka ga mau bersihin..minta tolong sama tukang bersih2 ajah..he.he...

 

Lovepeace..uenak..

__________________

Lovepeace..uenak..

alvazez's picture

@joli, sabar ya

Kalian tuh nggilani, dan njijiki bener, ni kios joli jadi belepotan banyak kotoran.

alv: emang bener kalo njijiki, aq cuman berusaha ngimbangi patner aq yg menjijikan itu

SEKARANG HARUS KALIAN BERSIHKAN, kalau nggak tak mau, Joli datangi dan tak keplaki satu per satu..

alv: yg dibersihkan yg mana? jgn dikeplaki dong, mintalah maka akan diberikan kepadamu. lagian kamu kan cewe jd ngga pantes berbuat begitu HA HA HA HA

PERGI DARI kios Joli, kecuali kalian bantuin Joli ngepel kotoran nya, baru nanti Joli beliin es jeruk.

alv: iya deh joli, gua akan ikuti kemauan joli, cuman kalo JF gua ngga tau mau ngga dia? gua tau kok banyak yg muak sama gua akibat perbuatan gua. Alv kasi rahasia ke joli ya kalo setelah mereka bertobat (apa mungkin?) atau ngacir maka alvazez juga ngga ada lagi, jadi sing sabar ya.

Tapi TETAP JANGAN ngomong tentang firman lagi., apalagi ngomong tentang tuhan nya kalian.. nggak mau denger..

alv: jangan diperhatikan tulisanqu kalo gitu, emang tulisanku hanya ditujukan bagi yg mengerti bahasanya yaitu golongan pengacau keamanan, kamu kan nggak termaksud didalamnya? jd abaikan aja, OK? krn emang ngga ngomongin firman kok

 

Adam Kurniawan's picture

@ Bu Joli gara2 artikel blogmu

Gara2 bu Joli sediakan Thread blog kayak gini, jadi laris manis nech komentar2 bagai piring beterbangan, kirain UFO beneran, ternyata .....

 

Ayo, bu Joli, buka topengmu, jangan bersembunyi DIBALIK TOPENG, tuch anak2mu semua pada berkelahi, menebak Mama Kita, Bu Joli itu cantik atau jelek ya, akhirnya mereka bertengkar, ada yg bilang Jelek, ada yg bilang Cantik, dan ada yg berusaha menengahi, sudah2, baik Cantik dan Jelek, Bu Joli tetap mama kita. 

Ehm, Bu Joli emang punya anak banyak ya?:) Tanya kenapa?

1 korintus 15:58

__________________

1 korintus 15:58

joli's picture

Alvazez.. kamu juga buat bau..

Alvazez sayang..

Bacalah kembali tulisan dan komentar-komentar anda.. salah satu yang buat bau kios Joli adalah kamu. Pls buat kios sendiri gih. Joli repot, ladenin pembeli, masih haris nimpal banyak kotoran di kios ini..

 

alvazez's picture

@Dear Joli

Joli sayang...

Udah mau dihapus tapi fungsi editnya udah ngga ada lagi, ada usul yg lain?

Oh iya kamu core user ato bukan? kalo iya tolong dihapus perbincangan saya dengan JF aja ya, jangan dihapus semua, pleasee

 

joli's picture

menghajar lelaki lebih mudah..

Blog ini, Joli tulis karena Joli merasakan manfaat menulis di SS ini. Salah satu syarat menulis di pasar klewer ini adalah ke-original-an-nya, sehingga copy paste tulisan orang lain adalah hal yang tabu. Justru karena ke-asli-annya ini, kita bisa manfaatkan sebagai cermin tuk melihat perjalanan hidup ini, bukan hanya perjalanan pengetahuan akan alkitab, pertumbuhan rohani, juga perkembangan rohayah dan gejolak pengendalian emosi, bisa kita lihat seakan melihat cermin. Kenapa Joli ajak masing2 melihat tulisannya sendiri? Karena asik, bener-bener asik, lucu dan seru, kenal diri sendiri itu mengasik-kan. Nah, sekarang topik di lapak ini berkembang kearah tren pasar saat ini, hal debat, cara debat, kriterianya, perilaku peserta debat, promotor dan sponsor debat, cheer leader, kompor, tukang kipas dll.. ya wis piye? Penjaga lapak mesti ikutin ajalah, nanti siang panggil penjual es buah, tuk jaga agar para pembeli nggak panas.. Membaca ulang, tulisan2 lama Joli, juga temen2 yang lain. Hal emosi, ternyata, masing-masing mempunyai spot emosion masing2. Joli tidak akan marah dan bila ada yang menanyakan hal maki2an di SS, selalu jawab silahkan, asal di balik kata2 sampah taruhlah mutiara. Namun Joli akan marah bila yang di maki-maki my bojo, karena my bojo is my hero dan satu lagi, akan ngamuk bila ada yang ngomong hal tidak benar tentang pekerjaan Joli, itulah emosion spot Joli.. (Itu tadi rahasia lhoh). Nah hal yang sama juga ternyata terjadi di SS ini. Contoh langsung, mohon maaf kepada Pniel dan Purnawan, jika Joli intip cermin-nya dan pakai contoh, bila ada yang salah dalam menilai mohon di maafkan. Pniel, ketika join pertama, membaca komentar2nya, Joli sangat senang sekali, wah ini ada pendekar dari timur, akan melengkapi para ahli kitab di pasar ini. Namun dalam perjalanan waktu ternyata ada perubahan cara, yang membuat-ku agak kuciwa, ketika emosion spot-nya (guru-nya) tersentuh, menjadi "lupa" cara membagi mutiara. Purnawan, salah satu penulis blog, yang selalu ku tunggu, tulisan-tulisan yang mendarat tanpa menggurui. Salah satu orang yang bisa meredam, polah si bocah tua nakal. Salah satu yang netral di pasar ini, hanya sayang sekali kedatangan ke ulang tahun SF, jadi kecipratan cap stempel bolo-bolo-an, kubu-kubu-an. Kemarin sempat terpancing juga ketika emosion spotnya (karya tulis) tertusuk. Ketika bergalon-galon susu hanya dinilai sebagai setitik susu.. Tapi ya sudahlah, bila sudah podo emosi apalagi yang nama-nya lelaki memang tak bisa lagi di ajak ngomong, kecuali, mengajak melihat masing-masing melihat dirinya sendiri. Mengajak bercermin, baik dengan atau tanpa topeng, rasakan sensasinya, asik loh.. Kalau sudah tahu emosion spot, belajar tuk kendalikan-nya, sehingga tahu tuk nge-drive-nya. Sayangnya, ketika tahu emosion spot lawan, justru itu yang disenggol2 terus jadi kacau dah pasar ini. Maybe ini yang di bilang si guest, bahwa tegoran2 admin baru menyentuh kulitnya, belum esensinya, itu mungkin bener. Yang esensi bukan maki-makian tetapi bila niatan dibalik makian itu yang lebih penting. Yeah sekali lagi, mengajar itu jauh lebih sulit dari pada mengHAJAR.. Apalagi mengajar lelaki, ya nggak pak Kiem?? Lebih mudah menghajar lelaki daripada mengajarnya ya kan pak Kiem?? All, jangan emosion di lapak joli ya, ni dah di pesenin es buah, es tetap segar, kelapa muda utuh, es kopyor, mau yang lain? Silahkan pesen sendiri, tapi yar we we, bayar dewe-dewe..
Purnawan Kristanto's picture

Ngadem sebentar


Oke, cik....

Saya sudah bisa menangkap nuansa yang dimaksud cik Joli. Saya akan ngadem selema beberapa saat.

 


__________________

------------

Communicating good news in good ways

joli's picture

@Purnawan, terima kasih..

Terimakasih, tuk membawa adem dan tidak mudah tersenggol lagi.. Tulisan-tulisan tetap di tunggu.. di metanoia rak depan.

Samuel Franklyn's picture

Joli: Gondrong gondrong pacul

Gondrong gondrong pacul gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi selatar

Komentar ini menuruti ajaran Mas Wawan untuk menegur dengan sopan.

Yah mudah-mudah gerombolan Gondrong bisa sadar.

GONDRONG's picture

Samuel ; Pertanggungjawabkan Pernyataan anda

Gondrong gondrong pacul gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi selatar

Komentar ini menuruti ajaran Mas Wawan untuk menegur dengan sopan.

Yah mudah-mudah gerombolan Gondrong bisa sadar.

Samuel, dari komentar anda pertama sampai komentar anda yang kesekian kali ini...anda terlihat terus menerus berusaha memojokkan saya. Saya tidak tahu mungkin anda punya dendam kesumat terhadap saya...tapi dalam diskusi tempo lalu saya sudah tahu kemampuan anda sampai dimana.  Apa maksud kalimat anda "Yah mudah-mudah gerombolan Gondrong bisa sadar.". Samuel, apa maksudmu ini? siapa yang kamu maksud gerombolan gondrong ? sadar dalam hal apa ? hati-hati kalau anda berkomentar ya. Sekarang saya minta pertanggungjawabkan komentar anda.

Samuel Franklyn's picture

Gondrong: Bagaimana kalau dimulai dari diri sendiri?

Bagaimana kalau dimulai dari diri sendiri? Pertama-tama sebutkan dulu pekerjaan asli anda. Ingat anda sudah pernah menghina profesi saya. Saya tanya profesi asli anda tapi anda tidak menjawab.

Yang kedua kalau kamu punya nyali sebutkan nama asli secara lengkap.

Yang ketiga pertanggungjawabkan maki-makian kamu yang bertebaran di SabdaSpace ini.

Saya punya kesan amat sangat buruk terhadap pribadi anda dan gerombolan anda yaitu pniel dan amara. Terlihat sekali kalian ini tidak punya identitas jelas dan berniat mengacaukan SabdaSpace. Sekarang saya minta anda pertanggung jawabkan tingkah laku anda dan gerombolan anda.

Tanpa identitas jelas yang bisa diminta pertanggung jawaban kalian mengacau di SabdaSpace. Sungguh sangat berbeda dengan saya yang punya identitas jelas dan bisa dimintai pertanggung jawaban. Sebaiknya jangan ngomong soal tanggung jawab kalau identitas diri sendiri saja tidak jelas.

Soal kemampuan. Kemampuan anda itu apa? Satu blog pun belum anda tulis sampai saat ini.

GONDRONG's picture

Sam, jangan menghindar seperti guru anda

Samuel, apa maksudmu ini? siapa yang kamu maksud gerombolan gondrong ? sadar dalam hal apa ? hati-hati kalau anda berkomentar ya. Sekarang saya minta pertanggungjawabkan komentar anda

Sam, silahkan anda jawab pertanyaan saya diatas. Anda jangan menghindar dengan pertanyaan-pertanyaan dan pernyataan-pernyataan anda yang tidak karu-karuan. Ingatlah, semakin anda berbunyi, orang banyak akan tahu wajah anda sebenarnya walaupun identitas anda jelas.

Bagaimana kalau dimulai dari diri sendiri? Pertama-tama sebutkan dulu pekerjaan asli anda. Ingat anda sudah pernah menghina profesi saya. Saya tanya profesi asli anda tapi anda tidak menjawab.

Sam, anda ingat konteksnya ? tentang KBBI Sam, saat itu anda salah memahaminya dan saya ajarkan hal tersebut  pada anda, tetapi anda tetap berkepala batu dan anda mengeraskan hati anda terhadap ajaran guru anda yaitu hai-hai. Anda walaupun sering mengatakan bahwa anda bukan muridnya, tetapi itu dalam arti murid secara langsung. Memang anda bukan muridnya secara langsung, tetapi anda adalah murid guru anda secara tidak langsung, Saya harap anda memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga anda bisa benar-benar memahami dan mengerti pernyataan saya ini.

Sam, saya adalah seorang guru Matematika SMP dan SMU, jadi saya paham betul logika-logika yang beres dan tidak beres dan saya paling tidak suka orang yang tidak jelas alur berpikirnya. Dan dalam penilaian saya terhadap anda, saya sudah pernah uraikan bahwa alur logika anda perlu dibenahi secara komprehensif.

Yang kedua kalau kamu punya nyali sebutkan nama asli secara lengkap.

Sam, untuk apa nama asli saya secara lengkap ? toh anda bukan admin SS. Untuk hal ini silahkan anda komplain ke Admin SS agar nama-nama dan identitas setiap orang bisa jelas, bukan kepada saya. Walaupun saya sebutkan nama asli saya, itu hanya untuk kepuasan diri anda sendiri, untuk apa ? bukankah saya pun sudah mengundang anda dan hai-hai untuk datang ke Surabaya tetapi anda dan guru anda terus-terusan menghindar dengan 1001 macam alasan.  Bagaimana dg identitas orang lain di SS ? kenapa anda harus tebang pilih, inikah yang anda lakukan selama ini dimana pun anda berada?

Yang ketiga pertanggungjawabkan maki-makian kamu yang bertebaran di SabdaSpace ini.

Sam, anda terlalu bersifat tebang pilih.  Makian yang saya lakukan adalah suatu teguran keras bagi "gerombolan-gerombolan penghancur Ajaran Alkitabiah" seperti anda dan hai-hai. Anda tidak pernah membaca Kristus pun menegur para pendusta agama dengan keras pada Matius 23

23:1 
Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya:

23:2
 
/"Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.*

23:3
 
/Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.*

23:4
 
/Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya.*

23:5
 
/Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang;*

23:6
 
/mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat;*

23:7
 
/mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi.*

23:8
 
/Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara.*

23:9
 
/Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.*

23:10
 
/Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias.*

23:11
 
/Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.*

23:12
 
/Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.*

23:13
 
/Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.*

23:14
 
/(Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.)*

23:15
 
/Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.*

23:16
 
/Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat.*

23:17
 
/Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu?*

23:18
 
/Bersumpah demi mezbah, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi persembahan yang ada di atasnya, sumpah itu mengikat.*

23:19
 
/Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu?*

23:20
 
/Karena itu barangsiapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya.*

23:21
 
/Dan barangsiapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam di situ.*

23:22
 
/Dan barangsiapa bersumpah demi sorga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya.*

23:23
 
/Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.*

23:24
 
/Hai kamu pemimpin-pemimpin buta, nyamuk kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan.*

23:25
 
/Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan.*

23:26
 
/Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih.*

23:27
 
/Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.*

23:28
 
/Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.*

23:29
 
/Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh*

23:30
 
/dan berkata: Jika kami hidup di zaman nenek moyang kita, tentulah kami tidak ikut dengan mereka dalam pembunuhan nabi-nabi itu.*

23:31
 
/Tetapi dengan demikian kamu bersaksi terhadap diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah keturunan pembunuh nabi-nabi itu.*

23:32
 
/Jadi, penuhilah juga takaran nenek moyangmu!*

23:33
 
/Hai kamu ular-ular, hai kamu keturunan ular beludak! Bagaimanakah mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka?*

23:34
 
/Sebab itu, lihatlah, Aku mengutus kepadamu nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antara mereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu dan kamu aniaya dari kota ke kota,*

23:35
 
/supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah orang yang tidak bersalah mulai dari Habel, orang benar itu, sampai kepada Zakharia anak Berekhya, yang kamu bunuh di antara tempat kudus dan mezbah.*

23:36
 
/Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semuanya ini akan ditanggung angkatan ini!"*

Ayat-ayat diatas adalah suatu teguran keras KRISTUS kepada gerombolan PARA PENDUSTA AGAMA. Silahkan anda beli buku PENGUDUSAN EMOSI karangan Pdt. DR.Stephen Tong, tentang KEMARAHAN DALAM KESUCIAN hal 73 - 106.

Sam, saya pun menegur anda dan hai-hai dengan keras selain karena kalian menghancurkan TEOLOGI yg ALKITABIAH yang berarti menghina Allah, kalian pun juga menghina Pdt.Dr.Stephen Tong, melalui artikel hai-hai yang begitu meninggi-ninggikan Pak Tong, tetapi dibelakangnya melalui artikel-artkel yang lain dan komentar-komentar yang lain dia MENUSUK dari BELAKANG dengan menyatakan bahwa para Teolog itu keliru, padahal ajaran pak TONG pun juga berdasarkan ALKITAB dan sesuai dengan para TEOLOG REFORMED. Saya pun minta anda bertanggungjawab dalam hal ini. Untuk hal ini saya juga sudah laporkan ke GRII.

Saya punya kesan amat sangat buruk terhadap pribadi anda dan gerombolan anda yaitu pniel dan amara. Terlihat sekali kalian ini tidak punya identitas jelas dan berniat mengacaukan SabdaSpace. Sekarang saya minta anda pertanggung jawabkan tingkah laku anda dan gerombolan anda.

Sam, justru andalah yang sebenarnya ingin menghacurkan SabdaSpace bahkan lebih dari itu anda dan hai-hai ingin membuat BIDAT baru dalam keKristenan. Apakah saya membual dalam hal ini? TIDAK, saya tidak membual, dalam study beberapa ayat ALKITAB, saya melihat hai-hai dan anda melakukan HERMENEUTIK ALKITAB dg tidak ALKITABIAH. Maka itu saya sarankan anda dan hai-hai untuk membeli buku HERMENEUTIK karangan Pdt Hasan Sutanto, terbitan SAAT Malang dan buku KITAB SUCI-UNTUK KITA ! Membaca dan menafsirkan Firman Tuhan secara UTUH, SETIA dan KONTESKTUAL , karangan Henk Venema. Saya minta anda untuk belajar baik-baik dan jangan mencopot-copot konteks Alkitab, karena itu berpotensi  menyesatkan. Sam inilah kesan yang telah saya tangkap dari anda. Silahkan anda belajar Alkitab baik-baik, kalau memungkinkan, anda lebih baik bersama hai-hai ikut STRIJ dan belajar Alkitab baik-baik disana agar tidak menyesatkan orang lain.

Tanpa identitas jelas yang bisa diminta pertanggung jawaban kalian mengacau di SabdaSpace. Sungguh sangat berbeda dengan saya yang punya identitas jelas dan bisa dimintai pertanggung jawaban. Sebaiknya jangan ngomong soal tanggung jawab kalau identitas diri sendiri saja tidak jelas.

Sam, mengenai identitas sudah saya bahas diatas. Anda disini terlalu sombong dengan identitas anda yang jelas dan berkat komentar-komentar anda, siapapun yang mengakses SS dapat melihat alur logika anda yang tidak jelas. Indentitas jelas tapi alur pikiran menyesatkan untuk apa ? malah berbahaya apalagi ditambah tidak pernah belajar Alkitab baik-baik dan mengangkat-angkat figur Pdt.DR.Stephen Tong  justru hal ini semakin berbahaya karena orang sudah melihat figur dibelakang anda dan biasanya langsung menelan ajaran hai-hai dan anda.

Soal kemampuan. Kemampuan anda itu apa? Satu blog pun belum anda tulis sampai saat ini.

Sam, saya saat ini sedang mengedit blog-blog saya, silahkan anda tunggu, saya tidak mau blog saya jadi terburu-buru dan dilaunching secara prematur, itu bukan karakter saya. Lebih baik blog sedikit tetapi mengarahkan orang dan membuat orang serta mengembalikan orang lain kepada KRISTUS daripada banyak blog tetapi membuat orang berpaling dari KRISTUS kepada IBLIS, lebih baik lagi kalau banyak blog dan dapat membuat orang mengenal, mengarahkan dan memimpin orang lain kepada KRISTUS.

Sam, pesan saya : Anda belajar Alkitab baik-baik dulu dan jangan berkomentar tentang Alkitab bila memang anda tidak memiliki kemampuan daripada orang banyak ikut terjerumus dalam pola pikir anda serta jaga kestabilan emosi anda.

Kristus Menyertai

Samuel Franklyn's picture

Gondrong: Saya sudah menjawab

Samuel, apa maksudmu ini? siapa yang kamu maksud gerombolan gondrong ? sadar dalam hal apa ? hati-hati kalau anda berkomentar ya. Sekarang saya minta pertanggungjawabkan komentar anda

Baca lagi baik-baik. Saya menulis:

Saya punya kesan amat sangat buruk terhadap pribadi anda dan gerombolan anda yaitu pniel dan amara.

Jadi sudah jelas apa yang dimaksud dengan gerombolan gondrong. Bagi saya gerombolan gondrong adalah gondrong, pniel dan amara.

Untuk omongan ngaco kamu lainnya tidak akan saya jawab disini supaya blog ini jangan penuh dengan sampah makian kamu. Lanunching saja blog kamu nanti saya akan komentar di blog kamu biar kamu merasakan sendiri nikmatnya blog kamu dikacau orang.

GONDRONG's picture

Sam ; itulah anda

Baca lagi baik-baik. Saya menulis:

Saya punya kesan amat sangat buruk terhadap pribadi anda dan gerombolan anda yaitu pniel dan amara.

Jadi sudah jelas apa yang dimaksud dengan gerombolan gondrong. Bagi saya gerombolan gondrong adalah gondrong, pniel dan amara.

Untuk omongan ngaco kamu lainnya tidak akan saya jawab disini supaya blog ini jangan penuh dengan sampah makian kamu. Lanunching saja blog kamu nanti saya akan komentar di blog kamu biar kamu merasakan sendiri nikmatnya blog kamu dikacau orang.

Sam, itulah anda, anda terlalu sering berkomentar dengan emosi yang tidak terkendali....sehingga tulisan anda semakin lama semakin tidak karu-karuan Sam.

Saya sarankan anda untuk beli bukunya Pdt Stephen Tong yang berjudul Pengudusan Emosi . Jaga emosi anda baik-baik Sam.

Kristus Menyertai

 

alvazez's picture

Anto Gondrong, GENDERUWO itulah kamu

GONDRONG, itulah anda, anda terlalu sering berkomentar dengan emosi yang tidak terkendali....sehingga tulisan anda semakin lama semakin tidak karu-karuan DRONG.

Saya sarankan anda untuk beli bukunya Pdt Stephen Tong yang berjudul Pengudusan Emosi . Jaga emosi anda baik-baik Drong.

Saya bertanya-tanya, jikalau anda adalah seorang guru SMP dan SMU, cara berdiskusi dan bahasa seperti yg kamu tunjukkan selama inikah yang kamu ajarkan kepada murid2 kamu? budi pekerti seperti BUDI ASALI yang kamu ajarkan? Berbicara mengenai guru saya teringat seorang guru yg anggota SS ini bernama BANGmujiZAT yang mengajarkan bahwa seluruh anggota jemaat gerejanya tidak mungkin sakit dan menderita sakit penyakit. Kalau dipikir2 mirip ajaran kalian yang mengatakan bahwa kalian tidak mungkin salah dan melakukan kesalahan (ILLUMINATA)

Kalau saya memiliki anak yang bersekolah di tempat anda mengajar, tentunya saya akan memperingatkan para orang tua yang lain agar mengawasi anak2 mereka jikalau Guru yang bernama ANTO / GONDRONG mengajak ketemuan tanpa pendamping! baik ortu murid cowok maupun cewek karena kapan hari dia sempat menjebak Lady Silent karena ANTO / GONDRONG adalah seorang AC/DC/BANCI cabul

 

BUDI ASALI & PNIEL cs menyertai kamu selalu GONDRONG

 

joli's picture

Alvazez, dua pelajaran kecil untukmu

Alvazez sayang..

Alvazez : Saya bertanya-tanya, jikalau anda adalah seorang guru SMP dan SMU, cara berdiskusi dan bahasa seperti yg kamu tunjukkan selama inikah yang kamu ajarkan kepada murid2 kamu?

KAmu masih kecil, Joli kasih tahu ya:

1,  Jangan sekali-kali menghina profesi orang, jangan sekali-kali. Itu juga namanya mengganggu periuk orang.

2,  Kalau mau tantangan dan gelutan lakukan langsung. Jangan mengikut-ikutkan dan menyebut nama, gurunya, mama-nya, nenek-nya, bojo-nya, anak-nya, dll.. apalagi jangan sampai menghina mereka. Kalau mau bertengkar bertengkarlah dengan cara LELAKI.. itu lebih terhormat.

Ingat-ingatlah dua hal itu..

 

alvazez's picture

@Dear joli sayang

Jangan sekali-kali menghina profesi orang, jangan sekali-kali. Itu juga namanya mengganggu periuk orang.

alv: bukankah dia lebih dulu menghina profesi SF? yang mana hal itu memberikan saya hak untuk mempertanyakan profesinya?

Kalau mau tantangan dan gelutan lakukan langsung. Jangan mengikut-ikutkan dan menyebut nama, gurunya, mama-nya, nenek-nya, bojo-nya, anak-nya, dll.. apalagi jangan sampai menghina mereka. Kalau mau bertengkar bertengkarlah dengan cara LELAKI.. itu lebih terhormat.

alv: kemarin sudah (gua kan lelaki jantan), tapi dia malah ngajak kencan di KFC, sekali cabul tetap cabul

 

joli's picture

SF, tidak perlu

SF: Pertama-tama sebutkan dulu pekerjaan asli anda. Ingat anda sudah pernah menghina profesi saya. Saya tanya profesi asli anda tapi anda tidak menjawab.

Judul blog ini di balik topeng, artinya ketika berselancar di dunia maya, TIDAK ada yang mengharuskan, menggunakan data pribadi. Itulah sebabnya, dalam berinteraksi di internet orang menjadi bebas melakukan perannya. Justru ketika di balik Non identitas, sebenarnya nampaklah kepribadiannya, itulah yang dikatakan : “Give a man a mask and he’ll tell you the truth"

Kenapa tanya profesi Gondrong? Gondrong berhak tidak menjawabmya.

Joli akan ngamuk bila ada yang mengganggu pekerjaan Joli, itu adalah emotion spotnya Joli. Maka jangan saling menghina profesi. STOP sampai disini aja..

Pniel's picture

@Joli, terima kasih, cc : all

Terima kasih Bu Joli atas nasehatnya. Saya akan mencoba mengerti sisi kefeminiman anda.

Maafkan saya kalau saya tidak bisa memenuhi semua harapan anda. Saya akan menjadi orang gila kalau saya berusaha menyenangkan hati semua orang.

Kebenaran haruslah menjadi landasan bagi damai. Damai tanpa kebenaran adalah damai yang semu dan sementara yang hanya menunggu saatnya untuk meledak menjadi suatu kekacauan besar. Sering kali kedua kepentingan (menyenangkan Allah dan menyenangkan manusia) berbenturan dan saya harus memilih salah satu. Saya hanya berusaha menyenangkan hati Tuhan saya dengan menuruti apa yang Ia nyatakan di dalam firmanNya.

Lukas 16:15 Sebab apa yang dikagumi manusia, dibenci oleh Allah.

I Tesalonika 2:4 Sebaliknya, karena Allah telah menganggap kami layak untuk mempercayakan Injil kepada kami, karena itulah kami berbicara, bukan untuk menyukakan manusia, melainkan untuk menyukakan Allah yang menguji hati kita.

Saya, Andrina dan Gondrong sudah mengutarakan bhw tidak kepada semua orang kami berbuat 'kasar'. Kami hanya berusaha membendung ajaran sesat di SS dengan berapologia. Kalaulah kami dianggap oleh sebagian SSer sbg pembuat teror di SS ini, silahkan jawab pertanyaan saya ini :

1. Apa definisi teror yang kalian maksudkan? Beri justifikasi FT!

2. Apa definisi damai yang kalian maksudkan? Beri justifikasi FT!

3. Apakah ada yang salah dengan yang sedang kami lakukan? Silahkan dijelaskan!

4. Apakah pendapat kami yang menentang kesesatan disini, adalah salah? Silahkan dijelaskan berserta justifikasi FT!

5. Bagaimana seharusnya penafsiran FT yang benar tentang issue yang sedang kami perdebatkan? Silahkan justifikasi dengan FT!

6. Mana yang lebih menyenangkan kalian :

    1. SS adem ayem tetapi didalamnya kebenaran FT disembelih dimana-mana atau

    2. Beberapa blog sesat di SS saja yang geger karena kebenaran FT berusaha diberitakan dengan menentang pengajaran sesat ?

Silah dipilih dengan diberikan justifikasi FT!

Silahkan bagi siapa saja yang menuduh kami yang bukan-bukan, harap untuk menjawab pertanyaan klarifikasi saya diatas.

Satu hal lagi yang saya ingin utarakan, yaitu : adalah sikap yang aneh kalau ada SSer yang mogok posting atau berkunjung di SS hanya karena adanya perdebatan ini. Hal yang perlu dipertanyakan dari sikap mereka ini adalah : apa motivasi mereka masuk di SS ini? Toh lapak yang sedang diribukan bukan sembarang / seadanya lapak. Hanya lapak sesat saja yang kami tanggapi. Tetapi anehnya semua pedagang pada kebakaran jenggot. Apa mereka cemburu karena lapaknya sepi jadi sepi pengunjung??

Sementara ini dulu. Ada banyak ganjelan di otak saya yang mau saya utarakan. Ntar semuanya bersambung dengan mengikuti perkembangan yang ada. Saya mau melanjutkan kerja dulu ya? Thanks.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

joli's picture

bagaimana copas semua komentar blog?

Pniel, Maafkan saya kalau saya tidak bisa memenuhi semua harapan anda. Saya akan menjadi orang gila kalau saya berusaha menyenangkan hati semua orang.

Ya, ampun, Pniel, jangan menjadi gila tuk menyenangkan hati orang. Tetaplah menjadi diri-mu sendiri.. Dengan berjalannya waktu kita akan saling mengenal, walaupun bisa jadi tidak saling klop.. Joli menghargai perbedaan, justru di SS ini lah, kita belajar menyikapi-nya. Sekarang inipun kita sedang melakukannya kan?

Pniel : Kebenaran haruslah menjadi landasan bagi damai......... Sering kali kedua kepentingan (menyenangkan Allah dan menyenangkan manusia) berbenturan dan saya harus memilih salah satu. Saya hanya berusaha menyenangkan hati Tuhan saya dengan menuruti apa yang Ia nyatakan di dalam firmanNya.

Setuju, mungkin semua SSer juga meng-iya-kan, tidak akan perbedaan disini, kebenaran dari Firman lah yang menjadi dasar..

Pniel: Saya, Andrina dan Gondrong sudah mengutarakan bhw tidak kepada semua orang kami berbuat 'kasar'. Kami hanya berusaha membendung ajaran sesat di SS dengan berapologia. Kalaulah kami dianggap oleh sebagian SSer sbg pembuat teror di SS ini, silahkan jawab pertanyaan saya ini : Beri justifikasi FT!

Tujuan yang baik. Sejak dari awal, hal kebenaran Firman, menjadi dasar semua tulisan di SS ini.. semuanya bilang begitu.. tapi kenapa bisa berbeda? itu Joli pernah tanyakan ke Vantillian disini.

Kenapa Joli memohon untuk melihat dan membaca komentar masing-masing? lihatlah dan bacalah.. ambil aja salah satu blog, yang ingin di lurus-kan "kebenaran"nya. Baca, telusuri, berapa banyak mutiara firman, berapa banyak kata-kata sia-sia, mari berhitunglah, masing-masing..  Bila Joli bisa copas komentar2 satu blog, lalu kita sama-sama coretin hal yang sia-sia.. kalian akan tahu apa yang joli maksud, agak gaptek, caranya piye ya?

alvazez's picture

PNIEL bertanya yg tidak bertanya

Saya, Andrina dan Gondrong sudah mengutarakan bhw tidak kepada semua orang kami berbuat 'kasar' (memaki membabi buta). Kami hanya berusaha membendung ajaran sesat di SS dengan berapologia (memfitnah, membual, memelintir alkitab). Kalaulah kami dianggap oleh sebagian SSer sbg pembuat teror di SS ini, silahkan jawab pertanyaan saya ini :

1. Apa definisi teror yang kalian maksudkan? Beri justifikasi FT!

Berdiskusi dengan cara2 kotor, menuduh tanpa bisa membuktikan, membuat isue2 meresahkan, hanya ajaran kelompoknya yg dianggap BENAR/TIDAK MUNGKIN SALAH (ILLUMINATA)

2. Apa definisi damai yang kalian maksudkan? Beri justifikasi FT!

Tidak menghasut, tidak memfitnah, tidak membual, tidak menuduh sembarangan dll

3. Apakah ada yang salah dengan yang sedang kami lakukan? Silahkan dijelaskan!

Tidak ada yang salah(illuminata) karena kalian sedang mengamalkan ilmu yg didapat dari guru kalian!

4. Apakah pendapat kami yang menentang kesesatan disini, adalah salah? Silahkan dijelaskan berserta justifikasi FT!

Kalian bukan sedang menentang kesesatan tapi MEMAKI MEMBABI BUTA, menuduh tanpa bisa membuktikan, semua juga tahu lagi.

5. Bagaimana seharusnya penafsiran FT yang benar tentang issue yang sedang kami perdebatkan? Silahkan justifikasi dengan FT!

Penafsiran yg benar? bukannya kalian cuman memaki-maki? bukankah tidak ada isue disini sebab kalian penganut ILLUMINATA / TIDAK MUNGKIN SALAH / PASTI BENAR!

 

alvazez's picture

Ci Joli, GONDRONG PNIEL cs BUKAN LELAKI

MENGAJAR lelaki jauh lebih mudah dibandingkan ngobrol dengan BANCI (PNIEL, GONDRONG, ADRINA)

Liat aja perubahan KIEM yg jantan tulen, saat ini dia sudah lebih bijaksana dari sebelumnya, begitu juga si perjaka Billy chien yg sudah belajar dari pengalamannya di SS.

Tentu saja hal itu tidak berlaku kepada BANCI. Lihat saja perbincangan PNIEL. GONDRONG ADRINA cs yang semakin lama semakin ngawur walaupun sudah ditegur berkali-kali tapi semakin menunjukkan jati diri mereka yang sebenarnya (tanpa topeng) Disini dapat diambil kesimpulan bahwa mengajar lelaki jauh lebih mudah daripada sekedar berbicara dengan PARA BANCI (PNIEL, GONDRONG, ADRINA cs)

Yeah sekali lagi, mengajar itu jauh lebih sulit dari pada mengHAJAR.. Apalagi mengajar BANCI, ya nggak ci Joli?? Lebih mudah menghajar BANCI daripada mengajarnya ya kan ci Joli??

 

joli's picture

Alvazez, apakah arti BANCI??

Alvazez : Yeah sekali lagi, mengajar itu jauh lebih sulit dari pada mengHAJAR.. Apalagi mengajar BANCI, ya nggak ci Joli?? Lebih mudah menghajar BANCI daripada mengajarnya ya kan ci Joli??

Alvazez, ini namanya mlintir-mlintir, eh nabok sambil mlintir tangan..

Tuhan Yesus, punya sisi feminin yang sangat kuat. Lihat betapa lembut hatiNya juga kasihNya melebihi kasih seorang ibu kepada anaknya..

Alvazez, tahukah anda Dewi Kwan Im, itu sebenarnya lelaki?

Apakah arti BANCI? hati-hati mengartikannya, karena bisa jadi Tuhan Yesus atau Dewi Kwan Im juga akan disebut seperti itu (Joli nggak berani oii)

 

alvazez's picture

@Dear joli, BANCI bukan FEMININ

untuk penjelasan detil bisa ditanyakan kepada bojo, secara garis besar Banci itu memiliki kelainan sex juga orientasi sexnya menyimpang.

Umumnya mereka ini penyuka sesama jenis (guy) walaupun ada juga yg mampu untuk berorientasi kepada lawan jenis juga (AC/DC)

Menurut saya Yesus bukan banci seperti sangkaan joli, sedang Kwan im saya ngga tau ?

joli's picture

embuh ahhh

ahh alvazez, embuh ahhh.. (tangan pakai gaya banci)

alvazez's picture

lho kok embuh ahhh, kan tadi situ yg nanya

hanya untuk detilnya ngga enak aku menjelaskan disini, soalnya mereka (guy) biasanya main ikut pantat. Masalah disini adalah Gondrong selain mengajak kencan Lady Silent juga mengajak saya (cowok tulen dan jantan) kan itu berarti dia AC/DC karena itu haruslah para orang tua mengawasi kalau Gondrong ngajak jalan2 anaknya, karena seperti itulah modus operasinya kalo mereka mau beroprasi he he he moga2 joli mudeng

 

Purnawan Kristanto's picture

Nggak berbobot jadi meresahan

Justru karena mereka tidak berbobot itulah yang meresahkan. Mending kalau di balik sumpah serapah itu masih ada "isinya".  Dapat diibaratkan begini: Saya menyukai kwaci bunga matahari. Meski harus bersusah payah menyingkirkan kulitnya, saya rela melakukannya karena pada akhirnya akan mendapatkan isinya. Yang terjadi di SS ini, kita sedang kebanjiran kwaci gombong bin kopong. Gombong itu artinya dari luar nampak besar, tapi setelah dibuka isinya kopong alias kosong.

Sesungguhnya huru-hara di SS ini mencerminkan kegagapan dan kegamangan orang Kristen terhadap tekonologi internet. Mereka belum mamahami karakteristik internet yang bisa sangat impersonal, massif dan cepat.

 


 www.purnawan.web.id

__________________

------------

Communicating good news in good ways

dennis santoso a.k.a nis's picture

menyebalkan

tulisan ini pasti membuat mereka ga terima, om wawan.

entah kenapa, mereka cenderung menganggap diri mereka sangat tinggi dan kita sangat rendah. dan lagi mereka juga ga gentle, ketika di-exercise dan terpojok, alih2 berpikir, mereka "hobby" sekali berteriak2 bahwa kita sesat, ga hormat, dan segala hal buruk lainnya.

jadi... memang menyebalkan.

Purnawan Kristanto's picture

Harus membuktikan

Berarti mereka harus membuktikan bahwa asumsi saya salah total. Caranya, bikin tulisan blog yang bagus dan bermutu tinggi..he..he..he.. Kalau nggak mau menulis di sini, tulis sajalah di blog yang lain, lalu kasih link-nya ke sini.

 


 www.purnawan.web.id

__________________

------------

Communicating good news in good ways

GONDRONG's picture

Jawaban budak Kristus

Galatia

1:6 
Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,

1:7
 
yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.

1:8
 
Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

1:9
 
Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

1:10
 
Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

Flp. 1:21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Kid. 4:16 --Bangunlah, hai angin utara, dan marilah, hai angin selatan, bertiuplah dalam kebunku, supaya semerbaklah bau rempah-rempahnya!

jesusfreaks's picture

@gondrong : go for filipi 1 : 21

Memaknai Filipi 1 : 21, haruslah memaknainya dengan MARTIR.

ingat MARTIR, bukanlah semangat MENGHABISI "Lawan/Musuh" melainkan semangat MENYELAMATKAN "Lawan/Musuh" walaupun mungkin pada akhirnya "Lawan/Musuh" itu MENGHABISI kita.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

joli's picture

@JF, itu yang Joli suka, namun kenapa masih sakit ya?

JF : ingat MARTIR, bukanlah semangat MENGHABISI "Lawan/Musuh" melainkan semangat MENYELAMATKAN "Lawan/Musuh" walaupun mungkin pada akhirnya "Lawan/Musuh" itu MENGHABISI kita.

Ini-lah yang Joli suka pada JF..

Btw,

Sejauh ini, ada 45 komentar, Joli coba evaluasi dengan bercermin satu blog ini saja.. Tidak ada kata-kata BOTOL (bodoh dan tolol). Tapi kok ya masih menyakitkan ya? Apakah ini seperti kata Pniel, Joli hanya melihat sisi feminax nya?

Apanya yang kurang pas ya? sperti kata Pniel, mesti justifikasi berdasarkan Firman Tuhan. Adakah tegoran-tegoran, nasihat-nasihat, cara meluruskan dan cara melihat sesama teman berdasarkan kasih firman?  Walah ni nanti Joli di bilang menghakimi lagi.. Tapi beneran kok, masih ada yang kurang pas dan menyakitkan,  apa-nya ya? Atau karena tidak ada empati seperti kata Bygrace disini ??

 

 

 

jesusfreaks's picture

@joli : DINAMIKA

Dear joli,

bersabarlah, sayapun mungkin masih berlaku sama, tidak menggunakan "kata kata yang vulgar", namun membuat/menciptakan interpretasi atau penafsiran yang menyakitkan. cth. ketika orang menyinggung istri saya, lalu saya memakai kata "mamakmu" memang saya tidak menghina mamanya, tapi saya yakin orang tersebut menginterpretasikan saya sedang menghina mamanya.

namun kembali lagi, saya berusaha, dan mau belajar, dan berusaha memahami DINAMIKA yang terjadi.

"KESESATAN" kadang bukan masalah pemahaman teologis saja, tapi perilaku juga.

nah mudah-mudahan, kita memahami lebih luas lagi tentang "KESESATAN".

saya mau menghajar keduanya, baik pemahaman maupun perilaku.

 

sayapun RELA dihajar, dipermalukan, atas KESESATAN pemahaman dan PERILAKU saya.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Viesnu's picture

ayo...

Ayo JF jgn bawa mamak2...he.he.

Lovepeace..uenak..

__________________

Lovepeace..uenak..

alvazez's picture

Jawaban Budak PNIEL

Galatia

1:6   Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, (INJIL ILLUMINATA)
1:7   yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang (PNIEL CS) yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8   Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil (INJIL ILLUMINATA) yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu (ALKITAB), terkutuklah dia (PNIEL GONDRONG CS).
1:9   Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia (PNIEL GONDRONG CS).
1:10   Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia (BUDIAS PNIEL GONDRONG CS) atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia (BUDIAS)? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia (BUDIAS), maka aku bukanlah hamba Kristus.

Flp. 1:21 Karena bagiku hidup adalah Kristus (BUDIAS ILLUMINATA) dan mati adalah keuntungan (PERGI KE LAUT).

 

jesusfreaks's picture

@alvazez : alkitab mamakmukah ini ?

Galatia

1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, (INJIL ILLUMINATA)
1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang (PNIEL CS) yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil (INJIL ILLUMINATA) yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu (ALKITAB), terkutuklah dia (PNIEL GONDRONG CS).
1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia (PNIEL GONDRONG CS).
1:10 Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia (BUDIAS PNIEL GONDRONG CS) atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia(BUDIAS)? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia(BUDIAS), maka aku bukanlah hamba Kristus.

Flp. 1:21 Karena bagiku hidup adalah Kristus (BUDIAS ILLUMINATA) dan mati adalahkeuntungan (PERGI KE LAUT).

 

WAH INI ALKITAB MAMAKMU, ALKITABMU ATAU ALKITAB IBLIS ?

dijual gak ya ? pasti ini ditulis oleh NABI BERAK BACOT ya...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

@JF mintalah baik2 ke PNIEL cs

JF: WAH INI ALKITAB MAMAKMU, ALKITABMU ATAU ALKITAB IBLIS ?

dijual gak ya ? pasti ini ditulis oleh NABI BERAK BACOT ya...

alv: kebetulan itu alkitabnya GONDRONG yg gue kutip, dijual nggak saya kurang tau tapi kalau kamu tertarik bisa menjadi pengikut mereka, siapa tau dapet gratisan jadi bisa menghemat uang belanja daging dan menyenangkan hati bini kamu.

Oh iya OOT itu apa ya?

 

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

jesusfreaks's picture

@alvazez : kok kamu tahu isi kitabnya ???

wah kok ada yang aneh disini.

kok kamu bisa tahu isi kitabnya ya ?!?!

apa kamu mencuri alkitabnya si Gondrong ?

atau kamu pengikut mereka ?

 

soal OOT, makanya JANGAN SOK TAHU apalagi BERAK BACOT kalau GAK TAHU.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

@JF: ya jelas tau karena baca pake mata

JF:

wah kok ada yang aneh disini. kok kamu bisa tahu isi kitabnya ya ?!?! apa kamu mencuri alkitabnya si Gondrong ?

alvazez:

makanya JF, MATA kamu kalo baca jangan yg jorok2 aja, isi kitabnya kan udah dibocorkan oleh mereka untuk iklan yang memiliki ajaran diantaranya BUDIAS PNIEL GONDRONG ADRINA CS ADALAH ILLUMINATA (Suci tidak bercacat dan tidak melakukan kesalahan) dan BUDIAS CS LEBIH BESAR DARI YOHANES PEMBABTIS.

Kalo kamu tertarik ajarannya ya harus jadi murid PNIEL dong! siapa tau kamu jadi lebih besar dari Yohanes Pembabtis dan Tidak Mungkin Melakukan Kesalahan

 

Pniel's picture

@Purnawan, anda bukan standar.

Sesuatu berbobot atau tidak, tidak ditentukan oleh penilaian subyektif anda yang memang cenderung pro kesesatan Hai Hai.

Kalau sudah seperti ini, komentar yang baguspun pasti akan kelihatan jelek karena anda hanya melihat 'bumbunya' saja tanpa bisa menikmati 'rasa masakannya'.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

jesusfreaks's picture

@nies : saya cuma mendukung Pak Purnawan

untuk lebih detailnya, silahkan tanya Pak PUranawan bro...

Saya hanya mendukung "gerekan'nya...

bwi hi hi hi

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

bygrace's picture

@Joli & all : Mari efektifkan SS

Saya setuju sekali dengan pernyataan Joli ini :

JUSTRU bila Purnawan dan pedagang lainnya malas menulis di SS, Joli TIDAK SETUJU, itu berarti mereka yang hanya beberapa gelintir dan hanya gaco TERIAK itulah nanti yang bener-bener akan mendominasi SS. Lihat tuh gara-gara Wawan males pajang tulisan lagi, hingga hanya di nilai setitik susu kan? padahal ada 222 blog purnawan.. hanya setitik susu, karena pedagang baru gres, belum melihat new product nya Purnawan. Come On, unggah lagi stock tulisan-tulisan-mu. di TUNGGU..


Pertama kali saya mulai membaca SS sekitar setahun yang lalu saya juga nyaris 'cabut' karena berpikir bahwa perdebatan gaya SS itu adalah representasi SS. Untung ada seekor babi pink yang imut mengingatkan bahwa ada banyak tulisan lain di SS yang berbeda, dan saya pun terpikat dan tertambat pada blog-blog dari Purnomo, Purnawan dan Anakpatirsa. Meski begitu, mata saya memang tetap mengamati lapak-lapak yang riuh rendah dengan suara kasar, karena memang banyak tontonannya.

Kalau alasan Pak Purnawan malas menulis di SS adalah karena alasan menyampahnya sumpah serapah di SS, sungguhlah komunitas ini perlu menaruh perhatian terhadap apa yang sedang berlangsung. Seriuskah keadaan ini ? Saya tak bisa memberi penilaian yang obyektif; namun, saya cukup yakin bahwa mayoritas pengunjung SS dapat menerima pandangan Pak Purnawan ini :

Jangan Anggap Enteng

Saya tidak anti peredebatan. Namun perlu diingat bahwa memaki dan menggunakan sumpah serapah itu bukan satu-satunya cara untuk berdebat.



Mengapa seseorang mau melakukan sesuatu ? Pasti karena ada manfaat yang didapat dari tindakan itu. Hal yang sama juga pasti menjadi alasan seseorang mau menjadi anggota komunitas Sabda Space dan setia hadir di sini. Mari dengar pernyataan Pak Purnomo ini :

Masih senang bertandang di Sabda Space yang amburadul ini?

Dua tahun jadi member di sini, pertanyaan itu juga saya ajukan kepada diri sendiri. Kadang ada godaan untuk membuat "rumah" sendiri di dunia maya ini, tetapi selalu saja batal. Mengapa? Munculnya kembali Priska membuat alasan yang samar menjadi jelas. Saya mendapat manfaat dari bertandang, bergadang, bergelandang di pasar amburadul ini.



Mungkin lapak Joli ini bisa digunakan untuk pengumpulan sumbang saran bagaimana cara interaksi yang lebih baik di SS agar kita semua mendapat manfaat. Sebenarnya Dennis sudah sempat memberikan contoh debat yang baik di dunia maya di blog Hai-hai yang diturunkan Admin. Sayangnya blog itu sudah terhapus, dan saran itu mungkin sudah terlupakan; saya sih berharap, ayo kita coba...tampaknya itu baik.

Menurut saya, salah satu permasalahan dalam debat di SS ini adalah kurangnya EMPATI terhadap lawan debat. Joli mengatakan bahwa 

... mereka datang untuk membuat kawan yang di kasihinya bertobat atau jangan sampai kawan-kawan tersesat oleh pendapat yang dianggap tidak "betul" Sayang-nya cara-cara yang di pakai tidak smart dan cenderung agak brutal.

Tidak smart dan agak brutal, menurut saya, adalah dampak dari kurangnya empati terhadap orang lain. Kurangnya empati ini, menurut saya, bukan hanya dari blogger atau komentator baru, tetapi juga dari beberapa blogger lama yang menulis soal-soal doktrin.

Seberapa besarkah empati Hai2 terhadap Gilbert L., Daud T., Budi A., ketika ia 'menguliti' ajaran mereka ? Tak dapatkah kita melihat bahwa di dalam diri mereka ada keinginan yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan, tetapi - entah mengapa - mereka tergelincir ke dalam pengetahuan dan pemahaman yang menurut Hai2 sebagai bualan ?

Seberapa besarkah empati lawan2 debat JF terhadapnya, terlepas ia berpendapat bahwa Bapa mengasihi Lucifer ? Seberapa besarkah empati lawan2 debat gkmin/pwijayanto terhadapnya, terlepas ia berpendapat bahwa Allah bukanlah JHWH ? Seberapa besarkah empati lawan2 debat Hai-hai terhadap Hai2, terlepas bahwa ia berpendapat bahwa Adam adalah Iblis ? Seberapa besarkah empati lawan2 debat Dede Wijaya a.ka. Adam Kurniawan terhadapnya, terlepas ia berpendapat bahwa baptis harus dicelup dan boleh diulang kalau tak afdol dengan yang sebelumnya ?

Tak dapatkah masing-masing kita melihat bahwa di dalam diri mereka ada keinginan yang sungguh-sungguh untuk mengenal dan melayani Tuhan, tetapi - entah mengapa, menurut masing-masing kita yang berbeda pendapat - mereka tergelincir ke dalam pengetahuan dan pemahaman yang 'sesat' ? Mengapakah (sebagian) kita seakan-akan memperlakukan mereka yang berbeda pendapat itu sebagai 'sang penyesat' dan bukan 'yang tersesat' ? Bukankah domba yang tersesat dicari dan dipanggul sang gembala, kemudian dibawa pulang ke kawanan domba itu, dan bukannya dimaki-maki dan digoblok-goblokin ?

Mari kita manfaatkan SS secara efektif sebagai sarana untuk bersilaturahmi, sekaligus sarana untuk saling mengajar dan menasihati.

jesusfreaks's picture

@bygrace : i like this

BG : Seberapa besarkah empati Hai2 terhadap Gilbert L., Daud T., Budi A., ketika ia 'menguliti' ajaran mereka ? Tak dapatkah kita melihat bahwa di dalam diri mereka ada keinginan yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan, tetapi - entah mengapa - mereka tergelincir ke dalam pengetahuan dan pemahaman yang menurut Hai2 sebagai bualan ?

Seberapa besarkah empati lawan2 debat JF terhadapnya, terlepas ia berpendapat bahwa Bapa mengasihi Lucifer ? Seberapa besarkah empati lawan2 debat gkmin/pwijayanto terhadapnya, terlepas ia berpendapat bahwa Allah bukanlah JHWH ? Seberapa besarkah empati lawan2 debat Hai-hai terhadap Hai2, terlepas bahwa ia berpendapat bahwa Adam adalah Iblis ? Seberapa besarkah empati lawan2 debat Dede Wijaya a.ka. Adam Kurniawan terhadapnya, terlepas ia berpendapat bahwa baptis harus dicelup dan boleh diulang kalau tak afdol dengan yang sebelumnya ?

 

JF : saya sependapat sama kamu, kita belum lihat "gambaran utuh" seseorang tapi kita meng"hakim"i-nya membabi buta.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

joli's picture

komentar pink pig

Bygrace ini komentar Dennis Pig, yang ikut ter"turun"kan akibat unpublish blog.

 

berikut ini usulan dennis di komentar

----

daripada jadi polemik berkepanjangan, gimana kalo kita adakan DEBAT TERTULIS di SS seperti biasa tapi dengan TEAM MODERATOR dan ATURAN MAEN yang disepakati bersama aja?

bila tertarik, ayo kita bahas siapa2 saja yang dianggap cukup pantas jadi moderator (gue pribadi mengusulkan si Purnomo). abis itu, sepakati aturan maen nya, misalnya:

  • berapa jumlah kata maksimum dalam suatu post,
  • gimana pengaturan giliran post nya,
  • sampai kapan peserta debat boleh mengepost... sehingga ga akan terjadi kelamaan nunggu
  • dsb

gimana JF, pniel, gondrong, adrina, amara, hai2, SF.... ALL ?

gue rasa dengan adanya MODERATOR debat ini akan jadi terarah dan ga cuma saling memaki. karena MODERATOR akan bisa bertindak objektif dan mengarahkan diskusi ke level yang seharusnya.

selain itu, dengan TERTULIS di SS maka semua orang, dimana saja dan kapan saja, selama tersambung ke internet, maka pasti bisa membacanya. ini akan SANGAT EFEKTIF dan OBJEKTIF.

link berikut adalah contoh dari debat tertulis yang bagus... di link itu bahkan ada polling yang sangat berguna buat audience untuk mengetahui kira2 pihak mana yang lebih kompeten.

 

ps.

@Admin, gue rasa, link diatas sangat bagus untuk dijadikan contoh untuk diterapkan di SS.

 

bygrace's picture

Joli, thx atas posting arsipnya

Yup, itu dia yang saya maksud. Sayang link-nya  tak terlihat. Sebenarnya saya sudah sempat saya book mark, tapi ada di komputer lain yang tidak sedang saya pakai sekarang ini. Halo, Om Dennis, berkenankah menuliskan kembali link cara berdebat yang baik itu ? Mudah-mudahan bisa dijadiin bahan pertimbangan bagi kita semua.

joli's picture

link sudah terpasang

Bygrace, tadi Joli koment via hape, jadi nggak bisa pasang link, sekarang dah di benerin ;)

Purnomo's picture

Atas nama dendam pribadi Joli

bila tertarik, ayo kita bahas siapa2 saja yang dianggap cukup pantas jadi moderator (gue pribadi mengusulkan si Purnomo).

Kebetulan saja saya membaca usulan ini dan saya ngakak berat. Saya tidak tahu atas dasar apa nama ini diusulkan kecuali atas nama dendam pribadi. Saya membayangkan orang itu jadi juri seperti "ketek ditulup" berwajah bengong sambil menoleh kian kemari mengikuti tembakan-tembakan dua kubu yang bertarung tanpa tahu harus ngapain. Dan di kejauhan Joli melihat pakai teropong sambil cekikikan senang. Rasak no!

Dan pertarungan diakhiri dengan acara dua kubu bersekutu untuk melempari juri ini dengan batu.

Bubar deh!

joli's picture

Purnomo, wasit gokil

bila tertarik, ayo kita bahas siapa2 saja yang dianggap cukup pantas jadi moderator (gue pribadi mengusulkan si Purnomo).

Purnomo yang nulis itu babi ndut, iya si babi punya dendam tuh ama Purnomo, ha..ha.. Joli juga baru baca tulisan Dennis ini, ternyata Dennis punya pikiran yang sama ama Joli.. usulan Joli di lapak tante paku di sini,  dah nanti Joli ajak seluruh pedagang klewer untuk njago-in wasit aja, biar yang juara pak wasit.. piye, mau traktir opo? pilih nraktir apa dikatain RASAK NO..

dennis santoso a.k.a nis's picture

dendam kesumat pada purnomo

Purnomo, yang ngusulin elo jadi anggota team moderator adalah GUE. alasan gue, seperti sudah bisa lo "baca" dengan sangat baik, adalah DENDAM pribadi.

gue dendam banget ama elo karena lo bisa membuat tulisan2 berikut ini, sementara gue ga bisa.... (disusun dalam urutan waktu penulisan):

  1. menyiasati biaya pendidikan
  2. gereja butuh orang jahat
  3. loyality levels
  4. berapa banyak pacar Yesus
  5. mencari idola dalam gereja
  6. .... dsb (cukup lima aja deh, gempor ngetiknya).

di artikel pertama dan kedua, gue merasa bahwa lo cukup LICIK untuk bisa membaca karakter seseorang. lo bisa membuat mereka terlihat telanjang dari topeng2 yang mereka gunakan ketika berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka. kelicikan lo akan sangat berguna untuk melihat apa sebenernya yang ingin diucapkan oleh peserta debat ketika mereka "berbusa2" dengan segala "jurus2" mereka.

selanjutnya, di tiga artikel berikutnya, tampaknya lo cukup REALISTIS ketika melihat seseorang dalam hubungan orang itu dengan Tuhan. hal ini diperlukan untuk menilai kualitas suatu argumen dikaitkan dengan keberpihakan nya pada denominasi yang dianutnya.

PIAWAI dalam menulis blog, cukup LICIK dan REALISTIS... tiga hal yang gue IRI dari elo. makanya gue mengusulkan nama elo agar terbukti bahwa semuanya itu hanya bagus di tulisan saja. di aslinya, seorang purnomo adalah NOTHING.

hahahaha *tawa iblis super sinis*