Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Mendampingi anak belajar untuk UNAS

karintanojo's picture

Ujian Nasional telah menjadi tantangan tersendiri bagi siswa dan orangtua. Kini Ujian Nasional sudah berada di depan mata. Para siswa dan orangtua serta guru-guru di sekolah juga mempersiapkan diri untuk menghadapi UNAS. Siswa memperkaya dirinya dengan semua latihan soal dan mencoba untuk menyerap semua materi dari UNAS. Siswa dapat belajar sambil memperhatikan kesehatannya, misalnya makan teratur dan juga memperhatikan jam tidur.

Orangtua dapat mendampingi anak dalam belajar misalnya menemani membaca buku (anak membaca buku pelajaran orangtua membaca bukunya) Kehadiran orangtua akan dirasakan juga oleh anak sehingga kualitas hubungan akan terjalin dengan baik. Orangtua juga bisa membantu anak untuk membuat jadwal belajar dan membantu mencarikan latihan soal. Practice makes perfect. Orangtua juga dapat memberikan kepada anak dukungan dalam bentuk verbal “Ayo semangat!” Jia you! Hal-hal yang tergolong kecil tapi berarti adalah orangtua dapat mendukung dengan misalnya anak yang lebih besar belajar hingga larut malam, ortu menyediakan snack malam seperti buah atau minuman hangat.

Hal yang paling penting setelah menemani anak belajar adalah berdoa bersama yang juga akan menumbuhkan kebersamaan dalam keluarga. Relaksasi bersama keluarga dapat menjadi selingan untuk menyegarkan pikiran setelah belajar. Menyeimbangkan antara belajar dan diselingi relaksasi seperti melakukan hal yang disukai.

Ora et studia. Berdoa sambil belajar.

Amsal 1:7

 

“Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan"

__________________

Karin Tanojo