Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

toleransi

Purnawan Kristanto's picture

Camp Pemuda Lintas Iman

"Ayo kita bikin pertemuan kaum muda lintas iman," ajak gus Marzuki Adnan saat rawuh ke rumah pastori kami. Gus Mar, demikian panggilan akrabnya, adalah ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor di Klaten, sebuah sayap organisasi otonom dari NU. Dia memimpin ribuan pemuda NU dan Banser di Klaten.

"Ayo aja Gus," ajakku. Sudah bertahun-tahun wacana ini digagas, tapi tidak pernah direalisasikan. Itu yang membuat saya gemas. 

"Bagaimana kalau kita adakan semacam camp? Saya bisa pinjamkan villa di Tawangmangu. Untuk biayanya, kita bisa ider tampah," usulku. Villa yang dimaksud adalah milik anggota jemaat GKI Klaten yang pernah dipakai untuk Kopdar Sabdaspace tahun 2009. Sedangkan yang dimaksud dengan ider tampah adalah mencari donasi sukarela dari para dermawan.

victorc's picture

Bhinneka

Shalom, selamat pagi saudaraku. Kemarin sore kami berempatbelas ditraktir nonton film baru oleh teman sd yang kini menjadi produser film.* Film itu berjudul Aisyah.(1) Awalnya saya agak enggan nonton film tersebut karena agak bernuansa non-kristen, tapi karena desakan seorang teman sd akhirnya saya berangkat juga.
guestx's picture

Siapa Butuh Ucapan Selamat Natalmu ?

selamat natal, ucapmu
apa yang diselamatin ? tanyaku
selamat bergembira
gembira karena apa ?
karena sedang merayakan natal
apakah ucapan selamatmu akan menambah kegembiraanku ?

guestx's picture

Ketika Wiranto Menyanyikan Lagu “Bagi Tuhan Tak Ada yang Mustahil”

bagaimana menanggapi penampilan seorang Muslim yang menyanyikan lagu rohani kristen di acara natal yang ditayangkan di teve kemarin malam ?
apalagi dia seorang calon presiden yang berpasangan dengan cawapres non-muslim ?
adakah itu bagian dari promosi diri untuk pilpres 2014 ?
apakah dia telah terjebak ke dalam sebuah kekeliruan fatal yang akan mengandaskan peluangnya jadi pemimpin negeri ini ?
atau, mungkinkah dia melantunkan lagu itu sebagai doa karena sedang berupaya untuk menggapai hal yang mustahil ?

Purnawan Kristanto's picture

Bianglala..la..la..la

Photobucket

Sumber: http://byebyebeautifool.deviantart.com

 

Kirana menarik tanganku masuk ke dalam pagar pembatas besi. Tenaganya tak seberapa besar, tapi antusiasmenya tak kuasa kutahan. Sejenak aku termangu menatap kerangka besi itu. "Amankah?" batinku. Tapi tak sempat berlama-lama termangu karena pintu sangkar besi dalam jentera raksasa itu sudah menunggu. Dengan antusias Kirana menerobos masuk, sementara aku meringis karena kepalaku membentur palang besi akibat kurang merunduk.

Roda besi itu berotasi pada porosnya diiringi dengus mesin diesel. Terdengar suara besi berderak-derak dari sambungan-sambungan besi.  Sangkar besi yang kami tumpangi perlahan-lahan mengayun ke atas. Pengunjung tampak mengecil saat kami sampai di puncak putaran.

"Papa takut, nggak?" tanya Kirana.

"Nggak," jawabku dusta.

Ari_Thok's picture

Toleransi Berpuasa Saat Ramadhan

Puasa lagi puasa lagi ...Duh... Buat sebagian penduduk dunia, bulan ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, bulan untuk mengumpulkan pahala, bulan dimana saatnya keagamaan ditingkatkan. Bagi sebagian orang lagi, bulan ini adalah bulan musibah. Ups, jangan meradang atau mengenyitkan dahi terlebih dahulu ya. Ini hanya sekadar uneg-uneg yang sudah menggelembung. Sekadar ingin mengungkapkan sesuatu yang sudah terpendam, yang selama ini terkungkung dalam rongga otak dan sekat kamar tidur. Tidak untuk menyerang, hanya sekadar curhat. Bulan ramadhan bulan dimana toleransi harus lebih dijalankan buat yang tidak berpuasa. Hormati yang lagi beribadah puasa, hargai bulan suci ini. Sekarang timbul pertanyaan, apakah yang dihormati hanya yang berpuasa? Atau coba berpikir sebaliknya, apakah yang berpuasa juga sudah menghormati dan menghargai yang tidak berpuasa?

y-control's picture

brisik

eh.. eh.. ada artikel (atau cerpen) yg lumayan bagus di sini. sbnrnya isu dan omong2 soal ini juga sudah lama, cuma lain rasanya kalo ternyata sdh ada yg menulis dng jelas dan gamblang di internet dan dibaca cukup banyak org .

putra hulu's picture

" toleransi "

Saat ini salah satu umat beragama di Indonesia sedang melaksanakan ibadah puasa. Saya kaget juga mendengar ada beberapa anak Tuhan/gereja yang meminjamkan ruang ibadah mereka untuk dipergunakan tempat melaksanakan tarawih. Inikah yang dinamakan toleransi beragama?