Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

salah kaprah

manguns's picture

Kelirumologi Injil

Dari situs SarapanPagiBiblika saya membaca topik KELIRUMOLOGI, yaitu salah kaprah pemahaman jemaat dan gereja terhadap suatu kisah dalam Injil, saya menambahkan beberapa hal.

y-control's picture

© itu Bohong.

© pada dasarnya adalah monopoli. Apa yang dilindungi oleh © adalah bendanya, bukan idenya. Tindakan hukum hanya diberikan kepada mereka yang menggandakan atau memperbanyak/memakai tanpa izin CD, kertas, gambar, software, dan bukannya mereka yang mendendangkan, membacakan, atau “mencuri” plot atau cara berceritanya ke tulisannya sendiri, dsb tanpa izin. Jika © memang bermaksud melindungi hak si pencipta atas karyanya, seharusnya si pencipta juga akan bisa bebas menyebarkan karya-karyanya kepada siapa pun. Namun kenyataannya tidak demikian. Dalam menyebarkan hasil karya yang berbentuk buku misalnya. Posisi kita tidak akan bisa kuat jika hanya meminta ijin pada seorang penulis. Sebaliknya, kita akan bisa melakukan apa saja asal sudah mengantongi izin dari penerbit tanpa perlu menghubungi penulis. Jadi, tak heran jika penyanyi pop Inggris, Robbie Williams pernah dikecam habis-habisan oleh, siapa lagi kalau bukan, industri rekaman saat dalam satu kesempatan ia berkata bahwa ia mempersilakan penggemarnya membajak CD lagu-lagunya.

Indonesia-saram's picture

Kamus Berjalan?

Apa yang terlintas di benak Anda ketika berhadapan dengan seorang mahasiswa Departemen Sastra Indonesia, khususnya yang mengambil bidang studi linguistik atau ilmu bahasa? Asumsi yang paling sering muncul di benak sebagian besar orang adalah mahasiswa itu mengerti arti kata. Apalagi kalau berhadapan dengan alumnus Sastra Indonesia. Orang tidak segan untuk menanyakan perihal arti kata kepadanya. Dengan kata lain, mereka ini dianggap sebagai kamus berjalan.

Indonesia-saram's picture

Pos Xpress, sehari sampai, PASTI

Kalau Anda memasuki pelataran kantor pos besar di Surakarta, Anda akan menemukan spanduk-spanduk yang menawarkan fitur layanan PT Pos Indonesia ini. Salah satu yang terpampang ialah layanan Pos Xpress. Dengan slogan "Sehari sampai, PASTI!". Dan hal inilah yang sangat menggelitik untuk dituliskan.

Indonesia-saram's picture

Apotik dan Praktek

Salah kaprah didefinisikan sebagai pemakaian bahasa yang secara gramatikal atau historis dianggap salah, tetapi karena lazim, diterima secara umum (Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama). Salah kaprah di antaranya melibatkan kata praktek dan apotik.

Indonesia-saram's picture

Santa Claus: Sekadar Salah Kaprah?

Figur yang satu ini memang sering ditampilkan gemuk, berbaju merah, berjanggut putih, juga suka ber-ho-ho-ho. Ada rusa, ada kereta salju, ada hadiah, dan ada Piet Hitam. Senangnya masuk lewat cerobong asap. Ya, dialah Sinterklas, yang belakangan ini lebih enak disebut Santa Claus.

Belum lama ini, saya menyadari ada yang salah dengan nama tersebut. Makanya, saya lebih suka menyebutnya sebagai Sinterklas (dari Belanda, Sinterklaas; lihat di antaranya tulisan Meneladani Belas Kasihan Sinterklas oleh Sdr. Kristanto atau artikel St. Nicholas di http://www.santas.net/stnicholas.htm).

Indonesia-saram's picture

Juruselamat Dua Ribu Tahun Lalu

Natal 'kan menjelang. Semakin banyak perayaan Natal yang dilangsungkan seiring dengan disampaikannya berita damai sejahtera. Sayangnya, berbagai pemberitaan tersebut masih mengandung kekeliruan yang terus didengungkan oleh para pendeta maupun mereka yang berkhotbah dalam kebaktian-kebaktian Natal, termasuk dalam sejumlah literatur.

Indonesia-saram's picture

Fenomena Aneh: Sekadar Menanggapi

Beberapa waktu lalu, saya sempat membaca tulisan Sdr. Ari_Thok di SABDA Space ini. Cukup menggelitik dari segi bahasa. Di sisi lain, artikel itu sendiri sebenarnya tidaklah jelek. Terbukti sampai saat artikel saya ini ditulis, sudah dibaca lebih dari dua ratus kali dibaca, ehm, setidaknya diklik (karena faktanya, sistem belum bisa mendeteksi apakah kita membaca atau hanya sekadar melongok sebentar).
Indonesia-saram's picture

Batak Karo: Fenomena Salah Kaprah?

Sudah menjadi hal yang umum di nusantara bahwa masyarakat Batak amatlah dominan di Sumatera Utara. Bahkan Kota Medan sendiri sering dianggap sebagai kotanya rakyat Batak. Akibatnya, setiap orang yang berasal dari kota tersebut selalu dianggap mampu berbahasa Batak. Padahal Kota Medan merupakan kota yang masyarakatnya jamak sehingga bahasa Batak tentu saja bukan menjadi bahasa dominan.