Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Penipuan

victorc's picture

Scam

Teks: Mzm. 120:2
"Ya TUHAN, lepaskanlah aku dari pada bibir dusta, dari pada lidah penipu." 

Shalom, selamat sore saudaraku. Izinkan saya mengucap syukur pada Allah Roh Kudus yang telah meluputkan saya dari sebuah penipuan siang ini. Trik yang baru saya alami ini dikenal sebagai red mercury scam(1), tentunya bukan diambil dari nama penyanyi rock Freddy Mercury.
Purnawan Kristanto's picture

(Dugaan) Penipuan via Obrolan Facebook (2)

Suatu siang di rumah mertua yang panas [bukan suasana hati yang panas, melainkan cuaca sedang panas], aku sedang on-line di facebook untuk membalas komentar-komentar yang masuk dan sesekali mengomentari posting teman.

Tiba-tiba "Pop...!"

Jendela chatting muncul. Seorang dengan id Matius Go mengirimkan pesan: "Lagi dimana?" tanyanya.

"Di Jakarta," jawabku jujur.

Di megapolitan ini aku punya agenda rapat dengan panitia Festival Penulis dan Pembaca Kristiani  dan bersiaran di Radio RPK. Sedangkan rumahku ada di Klaten.

"Mau minta tolong kamu nih"

"Apa"

"Bisa tolong bantu aku transferin duit dulu ke BCA. Nanti jam 5 sore aku transfer balik ke kamu"

Aku mulai mencium bau tak sedap di sini dan mulai pasang-pasang kuda-kuda.

Purnawan Kristanto's picture

Hati-hati Penipuan via Obrolan Facebook

http://www.surfersam.com

Fasilitas mengobrol [chatting] yang ditambahkan pada facebook, semakin memperkokoh posisinya ini sebagai situs jejaring sosial.  Akan tetapi sebagaimana sebuah fungsi yang selalu dibuntuti oleh disfungsi, ternyata tersimpan penyimpangan di balik fungsi obrolan. Inilah yang kualami: nyaris menjadi korban penipuan.

Ceritanya begini:

Purnawan Kristanto's picture

Mengenali Jerat “Penipuan Investasi”

Kalau Anda memiliki dana ekstra, sebaiknya jangan dibiarkan “menganggur.” Dari hari ke hari, nilai tukar uang Anda akan men

Purnawan Kristanto's picture

It's too Good to be True

Seorang teman meneruskan email berantai kepada saya. Email asli konon berasal dari sebuah perusahaan alat komunikasi yang sedang menguji coba produk mereka. Mereka berjanji akan memberikan gadget terbaru dengan syarat si penerima bersedia meneruskan email tersebut ke enam alamat email yang lain. Sebagai bukti, maka dalam penerusan email tersebut juga harus mengirimkan copy carbon (cc) ke sebuah alamat email tertentu.