Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Scam

victorc's picture
Teks: Mzm. 120:2
"Ya TUHAN, lepaskanlah aku dari pada bibir dusta, dari pada lidah penipu." 

Shalom, selamat sore saudaraku. Izinkan saya mengucap syukur pada Allah Roh Kudus yang telah meluputkan saya dari sebuah penipuan siang ini. Trik yang baru saya alami ini dikenal sebagai red mercury scam(1), tentunya bukan diambil dari nama penyanyi rock Freddy Mercury.

Kronologi
Kisahnya secara ringkas begini: kira-kira dua bulan lalu ada seseorang yang menawari investasi dalam jumlah besar melalui salah satu apps medsos.
Lalu dia mengutus seorang wakilnya untuk bertemu dengan saya. Setelah berbincang-bincang, dia mengambil segepok kertas warna putih yang disebutnya sebagai US bank note in white coat (uang kertas Amerika dengan lapisan). Menurutnya, coated bank note itu biasa digunakan oleh negara-negara besar untuk mengirimkan uang dalam jumlah besar.
Awalnya saya sangat ragu akan penjelasannya, karena saya pernah mendengar tentang penggandaan uang fiktif seperti itu. Namun saya ikuti terus apa yang dia lakukan. Dan benar saja, setelah kira-kira 20 menit, uang kertas yang tadinya putih itu menjadi nampak seperti uang asli.
Lalu, dia menawarkan saya: "ambil satu uang yang tadinya putih itu, dan kamu boleh tukarkan di penukar uang manapun." Lalu dia menyerahkan kepada saya selembar uang kertas yang telah dicuci secara kimia tersebut. Dia juga menantang saya untuk mencari sponsor yang memiliki $50000 atau lebih untuk digandakan seperti itu. 
Sampai di sini, saya jadi ragu: kenapa dia tidak menggandakan sendiri sebanyak yang dia mau? Kan dia bisa gunakan medium uang kertas yang sudah dicuci secara kimiawi, lalu proses pelipatgandaan dapat dilanjutkan "ad infinitum"?

Pencerahan
Ketika saya keluar dari kamar hotel itu, pikiran saya berkecamuk antara ragu dan percaya. Kalau memang ini trik seperti sulap, kok ya lumayan masuk akal?
Sampailah saya di mal di dekat hotel itu, lalu saya tukarkan pecahan uang kertas yang tadi diberikan, dan ternyata memang penukar uang mau menerima pecahan uang tersebut... Wow!
Lalu karena perut sudah lapar, saya mampir ke resto Sam's Wok di dekat penukar uang itu. Sambil menanti pesanan saya, iseng-iseng saya menyalakan tab lalu mulai berselancar, sambil berdoa terus: Tuhan berikan petunjuk, ini tipuan atau bukan...
Ketika itulah saya menemukan artikel yang sangat pas dengan kasus yang saya alami, yang disebut black paper money scam atau Red Mercury scam...(1)
Kisahnya sungguh persis plek dengan yang dipertontonkan kepada saya sebelumnya, termasuk penggunaan bahan sejenis iodine (obat untuk luka), dan memang tadi saya sempat mencium bau seperti iodium.

Selanjutnya?
Ya tentu saya tidak bakal kembali ke sarang penipu itu. Saya bersyukur dapat lolos dari jebakan kuno para penipu Afrika Selatan ini, dan itu semua hanya karena kemurahan dan pencerahan dari Roh Kudus. Dan lebih dari itu, saya masih "untung" sedikit dari hasil menukar uang dolar pecahan (asli) yang diberikan kepada saya oleh si penipu tersebut. Memang maksud dia memberikan uang hasil gosokan itu adalah untuk meyakinkan saya supaya termakan bujukan dia untuk menyetor uang dolar dalam jumlah besar. 

Puji Tuhan! 

Penutup
Awas banyak tipuan di mana-mana, bukan hanya hoax yang menjamur di medsos. Sangat dianjurkan Anda meminta petunjuk dan pencerahan dari Roh Kudus dalam mengambil keputusan apapun, terutama jika ada kasus-kasus yang membuat Anda bimbang dan ragu: itulah saat yang tepat untuk mengambil waktu untuk berdoa...
Soli Deo Gloria!

Versi 1.0: 19 april 2017, pk. 15:56
VC

Referensi:
(1) http://crimes-of-persuasion.com/Nigerian/marked_currency.htm
__________________

"If You Want to Walk on Water, You've Got to Get Out of the Boat‎." - J. Ortberg

The Second Coming Institute