Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Khotbah

tilestian's picture

Antusias? Debat vs Khotbah

Beberapa waktu yang lalu, saat melihat siaran debat capres cawapres, saya deg-deg'an ketika capres mulai menjawab pertanyaan. Siapa pun capresnya, tentunya mereka ingin menjawab dengan benar dan diyakini oleh rakyat Indonesia bahwa mereka mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik di masa depan. Banyak mata yang menatap tajam dan banyak telinga yang tak ingin lepas satu kata pun yang mereka lontarkan. Seakan-akan semua kata yang mereka susun sedemikian rupa menjadi penentu apakah rakyat akan memilihnya atau tidak. Yah, mungkin ini benar, tetapi ini peristiwa yang langka. Sudah berapa kali Indonesia mengadakan pemilu pilpres, tapi sepertinya kali ini sangat ... sangat berkesan. Hampir semua rakyat pasang mata dan telinga untuk mengikuti setiap gerak-gerik dan ucapan kedua capres, serta polah tingkah pendukung mereka di sela-sela aktivitas "padat" rakyat Indonesia.

manusia biru's picture

Susah Dapat Khotbah Murni

Zaman sekarang susah untuk mendapatkan khotbah yang murni ... alkitabiah. Bangun pagi, semangat, berangkat ke gereja. Sampai di gereja, lumayanlah nyanyian pujian penyembahan bisa membawa sampai ke dalam suasana ibadah. Namun, begitu pak pendeta naik ke mimbar dan mulai berkhotbah ... wah, awalnya sudah meyakinkan karena setidaknya jemaat diajak buka Alkitab. Setelah itu, masuk ke pertengahan hingga akhir khotbah ... koq yang diomongin cuma berkat dan pengalaman mendapatkan materi berlimpah dari Tuhan ya? Iya, saya percaya kalau Tuhan itu kaya dan punya segalanya. Ia sanggup memberikan semua yang kita inginkan, jangankan materi ... kepuasan batin, Ia sanggup berikan.

Gerry Atje's picture

Ujian Kesetiaan

Ujian Kesetiaan
Daniel 3:13-27


Sewaktu kita membaca perikop ini, cerita heroik - dramatisnya tentang 3 orang sahabat: Sadrakh, Mesakh dan Abednego (SMA) ... Ada gak sih sesuatu yang bapak, ibu atau teman-teman bayangkan dan pikirkan atau bahkan pertanyakan tentang tindakan mereka itu? Mungkin kita berpikir: "Wuihhh ... hebat benar ni 3 orang itu, berani benar ... untung aja selamat dia, coba kalau kagak ... gosong aja kan mereka tuh bertiga!!!"

heppy's picture

Tuhan adalah Gembalaku

Tuhan Adalah Gembalaku

Mazmur 23:4

manguns's picture

5-5 Ucok Masuk Sorga

Suatu saat digerbang surga sedang antri empat orang yang baru meninggal, untuk dihakimi Malaikat. Secara bergiliran mereka ditanyai, dan karena diakhirat so pasti tidak ada jawaban bohong atau pelintir2an. Secara singkat…

Malaikat: “Nomor 1. Kamu siapa? ceritakan tentang kehidupanmu didunia”

Pendeta: "Saya pendeta, 40 tahun melayani Tuhan, semua perintahNya saya coba patuhi walaupun sering gagal. Tadi saya seperti biasa sedang khotbah menyebarkan ajaranNya, eh..mendadak gereja kena bom, mati dah, tau-tau saya sudah disini".

yakub harianto's picture

KEMUNAFIKAN

Spoiler: Highlight to view

Nats : Lukas 11:37-44

joli's picture

Kesakralan Mimbar..

"Dia pernah selingkuh..." Itulah kata yang terucap oleh salah satu anggota panitia, ketika gereja mencari "pembicara".  Mosok? kapan? dimana..? kok bisa begitu ya?  nggak mungkin ah..?

Raissa Eka Fedora's picture

ternyata khotbah itu... seruuu!!!!

haha.. setelah khotbahku selesai di sampaikan juga [ garis besar khotbah bisa dilihat di sini ] akhirnya aku senang karena khotbahku berjalan dengan baik.. menggembirakan memang karena pertama kalinya aku berbicara tentang kebenaran Firman Tuhan di depan banyak orang.

Aries Yunarta's picture

Kehendak Allah Dapat Berubah

Hari minggu kemarin, seperti biasa saya ikut kebaktian di
gereja saya. Ketika Firman Tuhan akan di sampaikan Gembala Sidang saya memperkenalkan seorang Pendeta yang akan melayani Firman Tuhan saat itu.

 

Purnawan Kristanto's picture

Integritas Pemimpin

Seorang aktor terkenal bernama Charles Coburn pernah bercerita begini: "Ketika masih
kanak-kanak, saya jatuh cinta pada teater dan karena waktu itu belum ada
bisokop, saya berkeliling menonton semua pertunjukan hidup yang saya jumpai."


"Ayah
saya memberi nasihat, ‘Nak, satu hal yang tidak pernah boleh engkau lakukan
ialah tidak boleh pergi ke pertunjukan tertutup yang mempertotonkan
wanita-wanita telanjang.'"

anakpatirsa's picture

Ironi di Atas Mimbar

Beribadah di gereja berjemaat lebih dari lima ribu sangat praktis. Tidak akan ada yang mencari-cari ketika kita tidak datang empat kali berturut-turut. Tetapi bukan itu alasanku datang ke gereja yang sangat besar ini tadi malam. Aku benar-benar ingin bisa merasakan kehadiran Tuhan dalam sebuah ibadah, tetapi tidak tahu caranya. Siapa tahu gereja ini bisa menolongku.

Love's picture

Presidenku Marah

Tadi malam ada tontonan menarik di televisi yang memaksaku untuk
sejenak berlama-lama di depan televisi. Seorang lelaki yang berbadan
tinggi besar, berdiri tepat di belakang sebuah mimbar lengkap dengan
dua buah alat pengeras suara. Ya, aku kenal lelaki itu. Dia presidenku.

violinholic's picture

Ilustrasi dalam Khotbah

Berangkat
dari adanya perbedaan daya tangkap setiap orang, Ilustrasi memiliki
peranan yang cukup besar bagi keberhasilan sebuah khotbah. Penyelidikan
modern terhadap otak menunjukkan bahwa sisi kiri otak bersifat
pragmatis dan analisis, sementara sisi kanan otak bersifat meditatif
dan imajinatif. Sebagian besar orang mengembangkan kapasitas salah satu
sisi lebih banyak dari sisi lainnya. Hal ini tentu menyebabkan daya
tangkap setiap orang berbeda. Bagi orang yang lebih mengembangkan sisi
kiri otak, mereka mampu menangkap informasi yang bersifat logika dan
abstrak. Mereka senang mendengar dan memikirkan khotbah-khotbah yang
gamblang dan jelas. Sedangkan orang yang lebih mengembangkan sisi kanan
otak kurang terbiasa berpikir dengan perkara-perkara sulit. Bagi
mereka, mendengarkan khotbah yang abstrak sangat membosankan. Mereka
lebih menyukai perumpamaan dan cerita, yakni gambaran kehidupan yang
dapat mereka ‘lihat’ dengan pikiran mereka. Karena itulah, ilustrasi
dapat memberikan “penerangan” terhadap apa yang pengkhotbah sampaikan,
khususnya bagi mereka yang pola penerimaannya bersifat gambaran.

dianpra's picture

Khotbah Yang Belum Pernah Loe Semua Denger

Minggu lalu, seperti biasa gue ke gereja untuk kebaktian. Nah, yang
ngga biasa, yang khotbah minggu itu pendeta tamu. Yang luar biasa,
si pendeta itu, bilang di awal khotbah kalau dia bakal bilang
khotbahin sesuatu yang dia jamin jemaat belum pernah denger
sebelumnya. Katanya dia pernah khotbahin itu di depan lima puluh

Eudice's picture

Tikus dan Anjing Takut Kucing

Melawan rasa kantuk yang tiba-tiba menyerang menjadi kegiatan selama
kebaktian hari Minggu. Rasanya ingin menang! Meski sulit, memang.
Pengkhotbahnya bertele-tele, musiknya tidak ceria, suasana tidak
mendukung!

anthonysteven's picture

Hasil Ringkasan Persekutuan Jumat di PO Fasilkom 3 November 2006

What Would Jesus Do....

ChristLike

Vision and Devotion

Yaahh, begitulah kira2 isi Pj kita kalee ini..
Buat temen - temen yang ga dateng PJ, bisa tau tentang PJ minggu ini yang bertemakan "Karaktek dan Pribadi Yesus"