Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

kesalehan

sandiputra's picture

Pertumbuhan Iman Kristiani

Pertumbuhan iman orang Kristen mengalami tiga tahap yang di tandai dengan Baptis Air, Baptis Roh Kudus dan Baptis Api (lht. "Karunia Bahasa roh - Baptis Roh Kudus - Baptis Api").

Stephen's picture

F.D.E Schleiermacher: Sintesa antara kesalehan dan rasionalitas

F.D.E Schleiermacher: Sintesa antara kesalehan dan rasionalitas

Pengantar
Dalam sejarah kekristenan, telah muncul pemikir-pemikir Kristen (teolog) yang berusaha menerjemahkan firman Allah sesuai konteks jamannya. Dalam rangka studi teologi, penting kita mengetahui pemikiran-pemikiran teolog kontemporer serta mengkritisinya secara cermat. Riwayat hidup dan pemikiran teologi Friedrich Daniel Ernst Schleiermacher akan diuraikan dalam makalah ini disertai catatan kritis dalam kaitan dengan realitas kehidupan bergereja di Indonesia.

Stephen's picture

kemiskinan:perspektif & tanggung jawab kristiani

KEMISKINAN: PERSPEKTIF & TANGGUNGJAWAB KRISTIANI

PENGANTAR
Bulan Maret 2007 yang lalu Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik melaksanakan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Kegiatan berkala tersebut bertujuan memotret kondisi sosial-ekonomi masyarakat, yang akan menjawab juga posisi terakhir kemiskinan di Indonesia. Angka resmi jumlah masyarakat miskin saat ini menurut Bustanul Arifin dalam tulisannya di harian Kompas 19 Februari 2007 adalah 39,1 juta orang (17,75%) dengan kisaran konsumsi kalori 2.100 kilokalori (kkal) atau garis kemiskinan sekitar Rp. 152.8457 per kapita per bulan; jumlah itu diukur dari beaya memenuhi bahan pokok pangan dan papan minimum.. Jumlah penduduk miskin ternyata semakin bertambah setiap tahun sejak data pada Februari 2005 dengan jumlah 35,10 juta, lalu data pada Maret 2006 ada 39,05 juta sampai data Februari 2007 dengan 39,1 juta penduduk miskin.