Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

violinholic's blog

violinholic's picture

tabrakan beruntun...

 

Hari Sabtu, 29 Des '07, saya ngalamin yang namanya tabrakan beruntun.. Kejadiannya waktu saya
nemenin abang saya manggung di Karawang bareng band-nya. Dalam
perjalanan berangkat, kita konvoi, ada 4 mobil. Mobil saya di urutan
ke-2. Di tengah perjalanan, tiba-tiba aja mobil paling depan ngerem
mendadak lantaran vios di depannya ngerem mendadak duluan, untungnya
posisi mobil saya nggak terlalu dekat dengan mobil pertama, jadi masih
ada waktu untuk ngerem,... dan selamat, mobil saya tidak nabrak mobil
yang di depan, meskipun mobil sempat berguncang hebat.

violinholic's picture

Ansambel Remaja GKJ Eben-Haezer

(24 des '07) SALUT!!
Ansambel Remaja GKJ Eben-Haezer, yang dikenal dengan nama 'Angel
Sound', makin keren. Ibadah syukur Natal tadi, Ansambel tampil beda.

violinholic's picture

antara manado-cina, batak, jawa...saya?

(8 des '07)

Tadi
siang, sepulangnya saya dari GBI Wahid Hasyim, saya dan Aksa (teman
saya) naik 502 duduk di depan samping supir. Setelah lampu merah depan
Perpustakaan Nasional, Aksa turun. Begitu bus kembali melaju, si supir
tanya "Temannya orang ambon?". "Bukan. Papua" Jawab saya males-malesan.
Gak lama si supir nanya lagi, "kalo situ orang manado ya?" Saya cuma
nyengir trus geleng-geleng. "Trus orang mana?" tanya si supir lagi.
"Jawa!" jawab saya berharap pembicaraan segera usai. Sialnya si supir
malah manggil rekan sekerjanya, alias kenek. Tu kenek duduk di samping
saya dan ngobrol sejenak dengan si supir pake bahasa batak. Ye,,,
emangnya saya nggak ngerti bahasa batak?! Saya ngerti loh
sedikit-sedikit. Waktu saya denger kata "mulak" saya langsung mikir
jelek jangan-jangan saya mau dibawa pulang sama mereka...
hahahahaha.... Ga dink!

violinholic's picture

Perbuatan Komunikatif Yesus

Konteks Perbuatan Yesus

Yesus
adalah subjek utama dalam injil. Injil ditemukan dalam perbuatan
komunikatifnya dan isi dari injil adalah peraturan Allah. Secara umum,
perbuatan Yesus ditentukan oleh kultur sosial, politik dan hubungan
religius di Palestina pada masa-Nya. Terdapat
beberapa komunitas dalam masyarakat Yahudi di masa itu, mereka adalah
orang-orang Saduki, Farisi Eseni, dan Zelot. Orang-orang Saduki adalah
bangsawan awam yang merupakan gabungan dari kaum ningrat. Mereka
bermufakat dengan orang-orang Romawi sehingga mereka dapat menyokong
hak ekonomi dan religiusnya. Orang-orang Saduki merupakan kelompok yang
sangat berpengaruh dalam bidang politik dan mereka ditetapkan sebagai
pendeta tertinggi. Kaum Farisi adalah lawan mereka baik dalam ideologi
maupun politik. Mereka berasal dari kalangan menengah bawah. Kaum Eseni
menarik diri dari masyarakat. Mereka mengorganisir diri mereka dalam
komunitas-komunitas monastik. Orang luar menamai kelompok ini sebagai
komunitas suci dan terpilih

violinholic's picture

Etika dalam Hukum Taurat


Di dalam Kitab Perjanjian Lama, Hukum Taurat itu biasanya disebut “Tora”.

[1]

Kata ini berasal dari kata kerja hora
yang memiliki arti mengajar atau menunjukkan. Bangsa Israel memahami
Tora secara khusus sebagai petunjuk Ilahi atau keputusan Ilahi. Tora
juga merupakan salah satu titik tolak etik Kristen. Hal ini disebabkan
karena Tora menempatkan segala sesuatu yang ada dalam kehidupan manusia
berada di bawah pemerintahan TUHAN. Di sini terdapat pengertian bahwa
Allah Israel senantiasa memperhatikan soal-soal kehidupan umatNya. Ia
memberi pimpinan dan petunjuk dalam setiap masalah, kesukaraan,
pencobaan yang dihadapi umatNya. Petunjuk dan keputusan itulah yang
kemudian disebut Tora.

violinholic's picture

Ilustrasi dalam Khotbah

Berangkat
dari adanya perbedaan daya tangkap setiap orang, Ilustrasi memiliki
peranan yang cukup besar bagi keberhasilan sebuah khotbah. Penyelidikan
modern terhadap otak menunjukkan bahwa sisi kiri otak bersifat
pragmatis dan analisis, sementara sisi kanan otak bersifat meditatif
dan imajinatif. Sebagian besar orang mengembangkan kapasitas salah satu
sisi lebih banyak dari sisi lainnya. Hal ini tentu menyebabkan daya
tangkap setiap orang berbeda. Bagi orang yang lebih mengembangkan sisi
kiri otak, mereka mampu menangkap informasi yang bersifat logika dan
abstrak. Mereka senang mendengar dan memikirkan khotbah-khotbah yang
gamblang dan jelas. Sedangkan orang yang lebih mengembangkan sisi kanan
otak kurang terbiasa berpikir dengan perkara-perkara sulit. Bagi
mereka, mendengarkan khotbah yang abstrak sangat membosankan. Mereka
lebih menyukai perumpamaan dan cerita, yakni gambaran kehidupan yang
dapat mereka ‘lihat’ dengan pikiran mereka. Karena itulah, ilustrasi
dapat memberikan “penerangan” terhadap apa yang pengkhotbah sampaikan,
khususnya bagi mereka yang pola penerimaannya bersifat gambaran.

violinholic's picture

Bahkan Tuhan memperhatikan kehidupan si anjing

(Jumat, 26 Oktober '07)

Kemarin
malam saya berkabung lantaran Popo, anjing jantan saya dinyatakan RIP.
Popo, si anjing, 4 hari sebelumnya jadi korban kecerobohan kami
tuan-tuannya. Sewaktu saya berangkat dari rumah ke kosan, mobil saya
menabrak si anjing. Tidak kencang sih. Sebenarnya tidak ada yang patah,
namun sepertinya bagian dalam tubuh si anjing rusak karenanya. Setelah
bertahan 4 hari dengan nafsu makan yang makin lama makin menurun dan
tubuh yang semakin kurus dan lesu, akhirnya kemarin malam si anjing
berpamitan dengan orang-orang rumah, satu per satu. Hua, saya sangat
sedih. Popo anjing kesayangan saya yang saya rawat dari kecil, akhirnya
pergi karna kecerobohan kami sendiri. Maafkan kami ya Tuhan.

violinholic's picture

Kurang Percaya Diri..,, musnahlah!



Sebelum
nulis ini, saya memandangi biola saya yang belum lama sebelumnya saya
mainkan.Ini biola saya yang kedua, biola saya yang ini elektrik, masih
lumayan baru --kurang lebih baru setahun--, warnanya hijau. Saya
belinya di MG Blok-M. Sebenarnya waktu itu cari yang warna klasik, tapi
nggak ada yang buatan China adanya buatan Eropa. Berhubung isi dompet
cuma mampu beli buatan China ya... saya ambil warna hijau karena hanya
ada dua pilihan, hijau dan biru, jadi saya pilih hijau saja. . Biola
ini baru saya pakai 'main' (dalam arti tampil di depan umum) sebanyak
4x. Pertama waktu acara sidi di gereja saya. Waktu itu saya berdua
dengan teman saya main biola dan abang saya main keyboard mengiringi
anak-anak yang disidi. Yang kedua, waktu ibadah Taize di gereja. Saya
main bareng tim ansamble remaja GKJ Eben-Haezer. Yang ketiga, waktu
angkatan Abednego cari dana, nyanyi ke gereja-gereja. Saat itu saya dan
beberapa teman ditugaskan nyanyi di GKI CipLok (Cipinang Elok). Saya
main biola dan bang Stephen main gitar sementara yang lain vocal group.
Dan yang keempat, belum lama ini. Waktu ibadah mengenang Ibu Liem Kiem
Yang, Jumat, 5 Oktober 2007. Mainnya bareng anak-anak KMK STT Jakarta.

violinholic's picture

Tentang Jazz...



Saya
menulis ini di dalam kamar dengan diiringi musik jazz dari CnJ [99.9
FM]. Dari tadi saya bingung mau menulis tentang apa, tapi berkat musik
yang saya dengar saat ini saya jadi tertarik untuk menulis tentang
musik jazz.

violinholic's picture

Bagaimana JC Mencintai kita,,,,

Aku
pernah berdebat dengan sahabatku,,namanya Ophie (kalian bisa lihat
fotonya di bawah). Perdebatan itu berawal dari perbedaan pandangan kami
akan cinta,,,

Aku pernah mencintai seseorang sampai 'jatuh',,, [tenang yang ku maksud jatuh di sini tidak separah yang kalian pikir]

violinholic's picture

Kita=Buku Best Seller

Kita orang Kristen,,, hidup kita ibarat 'buku' yang terbuka
dan siap dibaca siapa saja,,,Sudahkan kita memiliki gaya hidup yang 'oke',,,
Sudahkah kita benar-benar 'layak' menjadi 'buku' best seller dan bersaksi
tentang kasih Tuhan,,,Saya sedang bergumul,,, menjadikan hidup saya layaknya
'buku' best seller yang menunjukkan betapa Sang Penulis kehidupan saya adalah

violinholic's picture

posting pertama


Posting pertama,,,,
Gw berharap apapun yang gw post kelak bisa memberkati teman-teman,,, dan tentunya memuliakan JC,,,

Selamat diberkati dan memberkati