Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Yesus adalah Anugerah Allah

mujizat's picture

Orang2 Kristen hidup di dalam wilayah Anugerah Allah, tetapi banyak orang Kristen berpikir seperti orang yang hidup di luar anugerah Allah, bahkan pola pikir ini juga terdapat di kalangan pendeta, teolog dan pemimpin2 gereja - sungguh mengenaskan.

Anugerah adalah suatu pemberian gratis, cuma-cuma. Anugerah tidak sama dengan upah (upah diberikan karena telah lakukan sesuatu pekerjaan). Kita diselamatkan karena Anugerah Allah, dan bukan hasil perbuatan kita (rs Paulus), tetapi perbuatan baik yang kita lakukan akan "menghasilkan" upah yang telah disediakan Tuhan untuk stiap org yg mengasihi Dia.

Yesus mati selagi kita masih berdosa; Dia mati untuk kita (org yg "saat itu" masih berdosa) --> Anugerah.

Kita berbuat baik karena Tuhan memerintahkan kita untuk berbuat baik (Bible), dan karena Roh Kudus yang telah memperbaharui budi kita, Roh Kudus mendorong kita untuk melakukan apa yang baik di "mata" Tuhan. Ketika kita meng "amen" kan dorongan Roh Kudus - dengan berbuat baik - maka Tuhan Yesus menyediakan upah untuk setiap perbuatan baik orang2 percaya.

Namun banyak orang kristen LUPA bahwa dia berada di wilayah anugerah, yang dengan status ini seharusnya kita juga berpikir selayaknya orang yang tinggal di kawasan anugerah Allah. Yuk kita lihat contoh perumpamaan si anak bungsu berikut:

Lukas 15:11-32

15:11 Yesus berkata lagi: "Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki.
15:12 Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka.
15:13 Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya.
15:14 Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan ia pun mulai melarat.
15:15 Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya.
15:16 Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorang pun yang memberikannya kepadanya.
15:17 Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan.
15:18 Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa,
15:19 aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa.
15:20 Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.
15:21 Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa.
15:22 Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya.
15:23 Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita.
15:24 Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria.
15:25 Tetapi anaknya yang sulung berada di ladang dan ketika ia pulang dan dekat ke rumah, ia mendengar bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian.
15:26 Lalu ia memanggil salah seorang hamba dan bertanya kepadanya apa arti semuanya itu.
15:27 Jawab hamba itu: Adikmu telah kembali dan ayahmu telah menyembelih anak lembu tambun, karena ia mendapatnya kembali dengan sehat.
15:28 Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia.
15:29 Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku.
15:30 Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia.
15:31 Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu.
15:32 Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali."

Si anak bungsu menggambarkan seorang yang telah berdosa, dan si sulung menggambarkan seorang yang "benar"

Si anak sulung berpendapat  bahwa si bungsu itu SELAYAKNYA DIHUKUM atau dibiarkan sengsara, menebus kesalahannya, .. dia TIDAK BERHAK BAHAGIA.

Namun si Bapak lain lagi. Kasih si Bapa yang begitu besar, mengatasi kesalahan si bungsu yang sudah bertobat ..........

Yesus datang untuk orang yang TIDAK BENAR, tetapi banyak orang Kristen yang bersikap seperti seorang yang punya pendapat  bahwa Yesus datang buat orang benar,.....

Orang2 yang mati tenggelam di air bah zaman nabi Nuh - sebagai sebuah contoh - mereka adalah orang2 yang TIDAK BENAR, ..... tetapi Yesus PEDULI kepada mereka

I Petrus 3;18-20

3:18. Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Teolog2 JAHAT menafsirkan perjalanan Yesus di alam Roh itu sebagai sebuah PROKLAMASI , bahwa Dia adalah Mesias yang dijanjikan, tetapi berhenti di situ, dan bahwa statemen hanyalah statemen, dan TIDAK ADA KAITAN SAMA SEKALI dengan keselamatan orang2 di zaman Nuh, karena mereka sudah mati sebagai orang berdosa.  Semoga teolog2 seperti ini bertobat,...

Cara berpikir semacam ini mirip sekali dengan pola pikir si Sulung (Lukas 15:11-32)

Sudah saatnya orang Kristen yang tinggal di wilayah anugerah berpikir dengan pola yang benar, dan jangan sombong, jangan membatasi anugerah Allah.

Kata kunci:

Yesus datang untuk ORANG YANG TIDAK BENAR, supaya mereka mempunyai hidup.

__________________

 Tani Desa

Huanan's picture

Merasa benar...

"Aku datang BUKAN untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat." (Lukas 5:32)

Muji: Sudah saatnya orang Kristen yang tinggal di wilayah anugerah berpikir dengan pola yang benar, dan jangan sombong, jangan membatasi anugerah Allah.

Yang berbahaya adalah SUDAH MERASA bahwa dirinya benar dan MERASA tinggal di wilayah anugerah, dgn pola pikir yang DIANGGAP benar.  Padahal dari fakta kehidupan sehari harinya MASIH belum benar.  :)

__________________

Huanan

mujizat's picture

@Huanan, alur berpikirnya Tuhan Yesus

Shalom.

Hakim dunia (yang masih jujur): "Hukum orang yang bersalah, sesuai kadar kesalahannya"

Hakim dunia (yang disuap): "Menangkan klien yang bisa kasih duit banyak, pensiun saya tujuh turunan"

Yesus : "Orang berdosa selayaknya dikasih waktu untuk bertobat, hendaklah mereka bertobat, maka Aku akan menebus dosa mereka."

Alkitab: "Pembalasan adalah Hak Tuhan Allah, yang akan dilakukan-Nya di Hari Penghakiman, setelah semua manusia berdosa diberi kesempatan bertobat dan menerima anugerah Allah".

ADIL, jika orang yang sekalipun kepadanya telah diberitakan Injil namun dia tidak mau bertobat , lalu di hari Penghakiman dia dijebloskan di neraka.

ADIL, jika orang yang walaupun dosanya banyak tetapi mau menggunakan WAKTU TERSISA untuk bertobat dengan sungguh2 lalu menerima Penebusan Dosa oleh Yesus, sehingga di Hari penghakiman, dia dinyatakan sebagai orang yang TELAH DITEBUS, sehingga batal ke Neraka.

Jika Tuhan Yesus berpikir, bahkan telah rela minum "cawan penderitaan" demi kasih Agapao Nya kepada manusia, semua demi pertobatan anak2 manusia dan demi keselamatan mereka, maka

sudah saatnya setiap orang Kristen berpikiran yang sama untuk keselamatan banyak orang, dan BUKANNYA MENGHAKIMI SEBELUM WAKTUNYA.

Salam, Huanan

__________________

 Tani Desa

antonic's picture

blog

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

mujizat's picture

Apakah Antonic belum mengalami Yesus?

Shalom. Reaksi yang bagus, Antonic.

Mungkin Anda adalah salah satu contoh korban kesalahan bapa leluhur kita, Adam, sama seperti saya dan banyak org laen.

Saya sudah mengalami bagaimana Roh Kudus telah mengubah saya, juga cara pandang saya tentang Tuhan Yesus, serta cara pandang saya tentang Roh Kudus, Sang penolong.

Memang benar, Yesus telah mati ketika manusia masih berdosa, dan BUKAN karena manusia telah berbuat baik.

Yesus adalah Anugerah Allah. Justru saya sulit memahami Anda, di bagian mana dalam blog saya ini yang berbau "TAI",.. he he,..

Apakah Anda belum mengalami kerja Roh Kudus?

__________________

 Tani Desa

jlwijaya's picture

muji : bagaimana pendapat kamu dengan Ibr 9 :27

Heb 9:27  Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi

Muji saya juga berharap semua selamat tapi bagaimana dengan ayat di atas yang mengatakan bahwa sesudah mati lalu di hakimi tetapi kalau saya baca blok kamu maka saya berkesan bahwa setelah mati di injili baru di hakimi ? atau itu hanya berlaku satu kali atau untuk semua orang yang mati?

mujizat's picture

Jl Wijaya, Ibr 9:27 versus I Ptr 3:18-20

Ibrani 9:27 sering ditafsirkan sebagai: bahwa setelah seseorang itu mati, maka ia HANYA harus menunggu hari Penghakiman untuk dihakimi menurut perbuatannya. Jika si mati adalah orang yang belum pernah kenal Yesus, maka logisnya ia dihakimi menurut seberapa banyak ia berlaku jahat versus seberapa besar dia telah berbuat baik. Model pemahaman seperti ini lebih condong kepada kepercayaan islam,...

Tetapi Alkitab kaya dengan ayat2 yang menyebutkan bagaimana manusia2 purba, khususnya jalur keturunan Abraham, lebih khusus lagi jalur keturunan Ishak dan Yakub menantikan seorang tokoh besar: Mesias. Jika kedatangan Mesias tidak berarti apa-apa untuk si mati yang dari zaman purba, untuk apa mereka menanti-nantikan Mesias? Untuk GIGIT JARI???? Jika seorang anak manusia dihakimi berdasarkan amal baik / kejahatannya, adakah manusia yang memiliki catatan hidup sedemikian, sehingga dia lebih berat timbangan amal baiknya? Pola pikir semacam ini akan membuat kita seperti berjalan mundur 2000 tahun, bro,... Karena di hadapan Tuhan, kesalehan anak manusia itu seperti kain usang, kotor,...

I Petrus 3;18-20 menjelaskan bagaimana Yesus, dalam roh Dia pergi memberitakan Injil kepada orang2 BERDOSA, dan justru bukan kepada orang2 benar,... inilah yang sangat menarik dari penjabaran Anugerah Allah.

Saya menduga bahwa setiap orang, termasuk si mati, harus mendengar berita Injil terlebih dahulu,... terserah mereka percaya atau tidak. Mereka yang percaya, walau sudah di alam Barzah, mereka menerima anugerah PENEBUSAN DOSA oleh sebab kematian Yesus, dan mereka yang tetap tidak percaya, mereka kelak akan dihakimi berdasarkan ketidak percayaan mereka kpd penebusan dosa oleh Yesus Kristus.

Inilah pendapay saya.

__________________

 Tani Desa

jlwijaya's picture

Muji : ada penginjilan setrelah kematian?

-Muji jadi menurut kamu berdasarkan 1pet 3:18-20 ada penginjilan kedua untuk setiap orang setelah kematian? jelaskan ya .

mujizat's picture

Jl. Wijaya, ada penginjilan kepada ARWAH

Wijaya:

-Muji jadi menurut kamu berdasarkan 1pet 3:18-20 ada penginjilan kedua untuk setiap orang setelah kematian? jelaskan ya .

Muji:

Tepat. Ada penginjilan kepada orang mati, kecuali kalau rasul Patrus NGARANG ,..

Biasanya teolog SIBUK mencari pembenaran, bahwa I Ptr 3:18-20 itu maknanya ngak begitu. Iya ndak?

__________________

 Tani Desa

jlwijaya's picture

Muji tolong jawab ya:Apakah ibr 9:27 versus 1pet 3:18?

-Saya mau tanya apakah benar menurut pendapat kamu bahwa ibr 9 :27 versus/bertentangan dengan 1 pet 3:18?

-Kalau tidak ,bagaimana pengertian yang seharusnya untuk ibr 9:27?singkat aja muji

-Kalau ya, maka tolong jelaskan bagaimana mungkin firman dari satu diri Allah yang sama saling bertentangan?

 

antonic's picture

@mujizat

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Hidup bukan Pilihan's picture

Yesus yang Anugerah Atau Hidup?

Sebenarnya apa sih point yang mau disampaikan dalam topik ini??

 

TOLONG ANDA Perjelas Maksud dari tujuan anda menulis Blog ini!!

 

 

-----------------

"Hidup bukan Pilihan"

mujizat's picture

Hidup bukan pilihan, begini,...

Begini bang,

Saya berpendapat bahwa banyak orang Kristen belum memahami anugerah Allah. Bahwa kita diselamatkan bukan karena perbuatan baik kita, melainkan karena anugerah Allah. Sekali lagi: anugerah Allah. Karena Yesus telah menebus dosa kita SELAGI kita masih berdosa, dan sama sekali bukan karena perbuatan baik kita.

Keistimewaan orang Kristen adalah: bahwa dosa-dosanya telah ditebus oleh Yesus Kristus, sehingga oleh penebusan ini, maka catatan dosa kita telah DIHAPUS oleh kuasa penebusan Yesus ini. Itulah sebabnya, jika orang Kristen kelak harus dihakimi (di hari Penghakiman) maka Kristen (yang dosa2nya telah dihapus oleh Penebusan Yesus) akan dianggap tidak lagi mempunyai catatan dosa, karena telah dihapus itu.

Lalu bagaimana dengan manusia2 zaman dahulu, yaitu mereka2 yang lahir ke dunia TANPA SEMPAT mengenal Juruselamatnya? Padahal mereka sekarang sudah mati? Sudah di alam roh? Bagaimana dengan mereka?

Kalau Yesus tidak menebus dosa mereka, maka kelak mereka juga harus menghadap Tahta Pengadilan Allah, dengan Yesus Kristus sebagai hakim Yang Adil. Tapi karena mereka - orang2 purba itu TIDAK SEMPAT mendengar apalagi mempercayai Juruselamatnya, penebus mereka, maka catatan dosa mereka akan masih tetap ada, sehingga mereka akan dihakimi berdasarkan besarnya catatan amal baik versus catatan dosa2 mereka, sebab dosa mereka belum DITEBUS oleh Yesus Kristus.

Lalu ada ayat yang menyebutkan bahwa ketika Yesus mati sebagai Penebus Dosa, maka dalam kematian-Nya itu, Dia memberitakan Injil kepada orang2 mati, yang mati di zaman Nabi Nuh, dimana mereka mati sebagai orang2 berdosa. Inilah yang SANGAT MENARIK hati saya.  Dengan cara seperti inilah, yaitu melalui Penginjilan kepada orang mati, maka orang2 mati itu MENDENGAR BERITA INJIL, dan apabila mereka percaya, maka Yesus dapat menebus catatan2 dosa mereka, sehingga kelak, mereka akan dihakimi sebagai orang2 yang dosanya telah ditebus oleh Yesus Kristus.

TETAPI SAYANGNYA,...

banyak teolog Kristen yang menafsirkan bahwa untuk setiap orang mati, termasuk manusia2 Purba, mereka sudah tidak dapat berbuat apa-apa, dan telah kehilangan semua kesempatan untuk mendengar berita Injil dan untuk bertobat. Lalu Teolog2 melakukan pemerkosaan ayat (alegoris) dengan seenaknya MENAFSIRKAN I Ptr 3:18-20 sebagai PROKLAMASI YESUS sebagai Juruselamat, dan BUKAN sebagai Kabar Baik bahwa Dia telah mati untuk menebus dosa banyak orang percaya, termasuk orang2 berdosa yang telah menjadi arwah, termasuk orang2 BERDOSA di zaman Nabi Nuh.

Itu maksud saya bang,...

__________________

 Tani Desa

Hidup bukan Pilihan's picture

@ mujizat, Pengertian yang dipaksakan..

Saya akan menanggapi hal ini dengan ayat yang saya ambil dari

Pengkhotbah 9:10

Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Terjemahan MESSAGE

Whatever turns up, grab it and do it. And heartily! This is your last and only chance at it, For there's neither work to do nor thoughts to think In the company of the dead, where you're most certainly headed.

 

DI SINI Jelas bahwa tidak ada "Pertimbangan" Lagi dalam dunia orang mati dengan kata lain gak ada yang dapat ataupun perlu dilakukan lagi terutama untuk mengerjakan keselamatan yang Allah sudah berikan.


saya sudah sampaikan dalam blog saya "Hidup bukanlah sebuah Pilihan"

Bahwa Allah telah mengaruniakan Hidup pada manusia, dan "maut" adalah akibat dari ketidaktaatan manusia itu sendiri (BUKAN PEMBERIAN Allah).


Jadi saya tidak menentang anda mengenai keselamatan adalah Anugerah Allah. Namun yang perlu anda ketahui Bahwa Hidup=Keselamatan VS kematian= Maut

adalah sesuatu yang tidak dapat bergabung.

sebab apa yang anda sampaikan dalam beberapa blog yang anda tulis, anda mencampuradukkan Anugerah Allah dengan Murka Allah yang adalah maut itu sendiri.

 

Begini yang saya tangkap dari pendapat anda (maaf kalo salah) :

Orang yang tidak taat kepada Allah yang hidup sejak zaman Nuh sampai sebelum Yesus di salib mereka kalaupun berdosa(melanggar perintah Allah) masih ada kesempatan untuk bertobat di dunia orang mati.

 

Ini sangat tidak dapat saya setujui sebab bertentangan dengan Anugerah Allah dan Murka Allah.

 

Bagaimana mungkin ketaatan kepada Allah dan Upah Dosa adalah maut sebagai akibat dari ketidaktaatan, namun Upah dosa  sebagai akibat ketidaktaatan masih ada kesempatan untuk taat.

Taat=Hiudp VS Dosa=Maut namun dalam Maut masih ada kesempatan Taat, apakah yang anda dapat sampaikan dengan kedaulatan Allah atas perintah-perintahnya??!!

 

saya berharap anda b

 

---------------------------

Hidup bukan Pilihan

 

 

mujizat's picture

Hidup bukan pilihan, siapa bilang orang mati hilang ingatan?

Anda menulis:

Pengkhotbah 9:10

Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Mujizat:

Ayat tersebut mungkin saja tulisan Salomo yang ketika menulis itu, Salomo BELUM MATI. Yang jelas tahu kebenaran adalah Yesus Kristus. Simak pernyataan Yesus dalam perumpamaan di bawah ini.

Luk 16:19-31

16:19 7 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari h  ia bersukaria dalam kemewahan. 16:20 Dan ada seorang pengemis i  bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, 16:21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja j  orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. 16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. 16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. 16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, k  kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. l  16:25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala m  yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita. n  16:26 Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang. 16:27 Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, 16:28 sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka o  dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini. 16:29 Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa p  dan para nabi; q  baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. 16:30 Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, r  tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat. 16:31 Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."

Anda menulis:

DI SINI Jelas bahwa tidak ada "Pertimbangan" Lagi dalam dunia orang mati dengan kata lain gak ada yang dapat ataupun perlu dilakukan lagi terutama untuk mengerjakan keselamatan yang Allah sudah berikan.

Perhatikan tulisan warna MERAH di atas. Si arwah orang kaya MASIH TERINGAT lima orang saudaranya yang masih hidup di Bumi, berarti otaknya masih bekerja, BELUM LINGLUNG, .....

Anda menulis:

Bahwa Allah telah mengaruniakan Hidup pada manusia, dan "maut" adalah akibat dari ketidaktaatan manusia itu sendiri (BUKAN PEMBERIAN Allah).

Benarkah? Bagaimana dengan ayat ini:

3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh 6  yang di dalam penjara, l  3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, (I Ptr 3:19-20)

Apakah ayat itu kurang jelas? Yesus menginjili roh orang mati yang TIDAK TAAT, dan bukannya arwah yang taat. Jangan lupa bahwa Yesus datang untuk ORANG BERDOSA, bukan untuk ORANG BENAR, Jika kita berpikir bahwa Yesus datang untuk orang benar, maka sejatinya kita belum memahami anugerah ALlah di dalam Penebusan Dosa oleh Yesus Kristus.

Yesus datang untuk menyelamatkan ORANG YANG TIDAK TAAT,...

Anda juga menulis:

Ini sangat tidak dapat saya setujui sebab bertentangan dengan Anugerah Allah dan Murka Allah.

Justru saya merasa ragu apakah ANda memahami makna Anugerah. Karena anugerah berbeda maknanya dengan upah. Anugerah adalah pemberian cuma2 dan samasekali bukan berdasarkan perbuatan baik atau perbuatan kebenaran.  Paulus tidak pernah punya rencana  menjadi Kristen, apalagi menjadi rasul. Justru dia terobsesi MENGHABISI jemaat Tuhan, namu Anugerah Allah membuat Paulus bertobat dan bahkan menjadi pekerja keras bagi Yesus.  Saya memahami kedaulatan Allah, saya memahami kehormatan Allah, tetapi Allah juga memberikan WAKTU KEMURAHAN yang terbentang dari sejak Yesus mati di salib sampai nanti kedatangan Yesus yang kedua kalinya, itulah RENTANG WAKTU MASA KEMURAHAN.  Orang2 yang menyianyiakan waktu kemurahan inilah - menurut hemat saya - mereka lah yang menyia-nyiakan alias tidak menghargai Anugerah Allah.

Orang2 berdosa di zaman Nuh adalah sebuah contoh dari jutaan, mungkin miliaran manusia yang mati dalam dosa, tetapi yang dipedulikan Tuhan Yesus. Kebanyakan kita membatasi waktu kemurahan adalah: selagi nafas masih mengalir. Namun I Petrus 3:18-20 mengajarkan hal yang berbeda.

Anda menulis:

Bagaimana mungkin ketaatan kepada Allah dan Upah Dosa adalah maut sebagai akibat dari ketidaktaatan, namun Upah dosa  sebagai akibat ketidaktaatan masih ada kesempatan untuk taat.

Dalam perumpamaan si anak bungsu yang habiskan hartanya di negeri asing  dengan berfoya-foya, itu adalah contoh manusia yang jatuh dalam pelukan dosa. Su Bungsu tidak mau taat untuk mengelola kekayaan yang dia bawa, tapi memboroskannya sampai jatuh miskin. Tapi, walu sudah JATUH, namun Bapa tetap menerimanya sebagai anak. Ini menggambarkan besarnya BELAS KASIHAN Bapa Sorgawi.

Anda menulis:

Taat=Hiudp VS Dosa=Maut namun dalam Maut masih ada kesempatan Taat, apakah yang anda dapat sampaikan dengan kedaulatan Allah atas perintah-perintahnya??!!

Hmm, nama Yesus berarti: Dia yang menyelamatkan umat-Nya dari dosa2 mereka (Mat 1:21).  Tanpa Yesus, maka semua orang berdosa (baca= YANG TIDAK TAAT) akan tetap berdosa, dan kelak akan dihakimi sebagai seorang berdosa. Yesus "TERPAKSA" menyerahkan diri-Nya untuk MATI sebagai PENEBUS DOSA, supaya dengan cara itu, Yesus dapat MENGALAHKAN MAUT yang mengancam setiap umat-Nya oleh sebab ketidak-taatan umat manusia selagi mereka hidup di bumi.

__________________

 Tani Desa

Hidup bukan Pilihan's picture

Kain kacian dech nasibnya?

Kalo yang anda maksudkan ayat pendukung anda sebagai penginjilan ke- 2 di dunia orang mati sejak zaman Nuh, bagaimana dengan nasib dari zaman Adam sampai dengan Zaman Nuh????

 

 

hai hai's picture

@Mujizat, PENGINJILAN Arwah

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

@Ko,kedatangan Yesus kedua kali

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Kis 1:9 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,Kis 1:10 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea,  mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."Kis 1:11 Ko, gimana dgn ayat di atas? Apakah ayat di atas bicara ttg kedatangan Yesus yg kedua kali?
hai hai's picture

@mama nia, Janji Yesus

Mama nia, siapakah kedua orang berpakaian putih tersebut? Banyak teolog yang MENGAJARKAN bahwa kedua orang berpakaian putih tersebut adalah MALAIKAT. Mereka adalah DUA orang MALAIKAT yang ada di kubur Yesus pada hari kebangkitan-Nya.

Pada zaman perjanjian Lama, Allah Berfirman lewat YHWH dan MALAK YHWH. Di samping itu Allah juga berfirman lewat malaikat Gabriel. di Pejanjian Baru, sebelum Yesus lahir, Allah berfirman lewat Malaikat Gabriel. Sebelum Yesus mengajar, Allah berbicara lewat Yohanes pembaptis. Setelah itu Allah berbicara lewat Yesus. apa yang terjadi setelah Yesus naik ke sorga? Allah berbicara melalui MALAIKAT TUHAN alias malaikat Yesus Kristus.

Apa yang terjadi ketika Allah berbicara lewat malaikat GABRIEL? Perjanjian Lama menjadi STANDARD kebenaran. Apa yang terjadi ketika Allah berbicara lewat kedua MALAIKAT di kubur Yeyus? Perjanjian Lama dan uCAPAN Yesus menjadi STANDARD kebenaran. Itu sebabnya, ketika malaikt BERKATA-KATA yang mendengarkan INGAT yang ada di dalam Pejanjian Lama dan yang diucapkan oleh Yesus.

Kita TIDAK tahu siapa yang BERBICARA karena Alkitab hanya MENCATAT dua orang baju putih. Namun kita TAHU BERITANYA ngaco belo. MUSTAHIL Yesus DATANG seperti dia peRGi. Di samping itu, KEDATANGAN kedua kali Yesus sudah TERJADI. SYARAT kedatangan Yesus kedua kali adalah:

GENERASI ini BELUM MATI.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

@Ko, sampai Ia datang

Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang. 1 Kor 11:26 

Ko, apa maksudnya frasa "sampai Ia datang" ? Kalo Yesus sudah datang, kapan tepatnya peristiwa itu terjadi? Bukankah kalo Yesus sudah datang, kita tidak perlu lagi melakukan perjamuan kudus ya Ko?

antonic's picture

tampaknya

tampaknya, kelihatannya dan sepertinya dari komen di atas si hai hai ini "percaya benar" bhw satu2nya jalan keselamatan pd zaman ini alias zaman perjanjian yg baru ini adalah LAHIR BARU bener gak sih?. apa sih lahir baru itu bung hai2? moga2 debu yg menempel di kulitku ini masih sanggup pasang kuping utk mendengarnya. btw anyway busway, bung hai2 apa anda sudah lahir baru? , ceritain donk rasanya. 

itu jg klo gak keberatan. thx

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, SELAMAT dari apa ya?

LAHIR baru adalah SATu-SATuNya jalan keselamatan? Ha haha ha ha ha ... SELAMAT dari apa ya?

LAHIR BARU? apa itu LAHIR BARU?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

@hai hai: sok jagoan

ah pura2. tp spy sampai ke situ gw mo tanya nih komen bung hai2 di atas dulu: 

Anda lihat? Anak SULUNG memang MENYEBALKAN dan SOK JAGOAN. Ketika ELOHIM menjadi ALLAH maka YHWH menjadi TUHAN alias MAHATUAN alias ANAK SULUNG. YHWH pun SOK JAGOAN dan MEMBINASAKAN seenak JIDATNYA. Itu sebabnya dia disebut MAUT. Apa yang terjadi ketika YHWH alias Yesus KEMBALI kepada Allah dan menjadi BAPA manusia? Orang-orang Kristen pun menjadi TUHAN alias MAHA TUAN alias ANAK SULUNG dan SO JAGOAN MEMBINASAKAN seenak JIDATNYA. Itu sebabnya mereka disebut MAUT kedua.

like father like son! buah jatuh tak jauh dr pohonnya! jika YHWH memang menyebalkan dan sok jagoan, bukankah anda jg menuduh  BAPA nya YHWH itu menyebalkan dan sok jagoan? krn yesus jelas berkata: 

5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak. 

hrsnya bung hai2 jg berani menuduh ALLAH atau BAPA yg tidak kelihatan itu sbg MENYEBALKAN DAN SOK JAGOAN juga. krn yg dikerjakan anak adalah yg dikerjakan BAPA. jika iya, itu tentu tuduhan yg menyebalkan.

atau ada skenario kedua: abraham lincoln berkata: jika ingin tahu karakter sebenarnya dr seseorang beri dia kekuasan. bung hai hai, alkitab mengajarkan yhwh itu penuh kuasa, powerful. namun bukan itu saja alkitab jg mengajarkan bhw di dalam roh ada KEBEBASAN! yhwh elohim itu berkuasa dan juga BEBAS MERDEKA!

2 kor 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh;  dan di mana ada RohAllah, di situ ada kemerdekaan

perpaduan yg mengasyikkan bukan? itulah seolah2 ia sok jagoan, namun bukan hanya sok jagoan dan kuasa tp dg kebebasannya ia BERTINDAK menanggung dosa alias bertanggung jawab.so god will said to you: I AM POWERFUL, I DO WHAT I WANT COZ I AM FREE, BUT I AM KIND, like father like son! i think that's a god that should we believe. what do u think bung hai2?

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Iblis adalah IBLIS

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

 

 

 

 

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Satu lagi dari ki hai2

Eisegesis liar
antonic's picture

@hai hai : jagoan jg manusia

Yesus adalah iblis? Entah mengapa terdengar lucu. Apalagi keluar dr mulut seorang jagoan. haha...apa sih hebatnya jagoan, jagoan jg manusia...Haha..haha…

pernah baca ayat ini bung hai2? Wahyu 20

20:1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; 

20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, 

20:3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. 

20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

Bung hai hai yang terhormat, JIKA YESUS ITU IBLIS kenapa Ia DILEMPAR KE JURANG MAUT? penguasa JURANG MAUT DILEMPAR KEJURANG MAUT? Yg megang kunci jg bukan yesus, tp MALAIKAT. Penguasa jurang maut nyerahin kunci jurang maut nya kpd malaikat spy ia dilempar ke dalam? ah yg bener aja! Gak masuk AKAL SEHAT!

=======

Anda jg sudah pernah baca apa kata paulus ttg MAUT? ini ayatnya bung hai2:

8:6 Karena keinginan daging adalah maut,tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

JIKA KEMATIAN YESUS MEMUSNAHKAN IBLIS, lalu mengapa di wahyu itu DIKATAKAN: Aku MATI namun Hidup, bukankah YESUS TIDAK MUSNAH, tp HIDUP KEMBALI? Tolong anda jelaskan bung hai hai!

Bung hai hai jagoan jg perlu banyak istirahat dan tidur yg cukup spy pikirannya tenang dan gak diketawain orang spy bisa melanjutkan hidup. jagoan jg manusia. Hahah…LOVE. Salam.

 

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Menjelaskan?

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

 

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

@hai hai

walau dulu lu bilang iblis adalah adam, dan sekarang iblis adalah yesus, entah mengapa gw percaya lu NGGAK plin plan, cuma lu masih kurang berani MENYATAKANNYA. 

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Tidak Mau Mengajarimu

ha ha ha ha ha ..... kisanak, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, hai hai sama sekali tidak kekurangan BERANI. hai hai hanya nggak mau mengajari anda. Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Huanan's picture

three in one

Yesus adalah iblis dan iblis adalah Adam. Berarti Yesus adalah Adam ?? waduhh gimana nih ?? Apakah bentuk PEMAHAMAN baru mengenai Tri tunggal atau three in one  kali ya ?Tongue out

__________________

Huanan

antonic's picture

sekali lagi gw tanya

20:1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; 

20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, 

klo yesus yg pegang kunci jurang maut, lalu di wahyu 20 ini siapa malaikat yg dimaksud ayat diatas? dan siapa yg ditangkap lalu diikat seribu taon lamanya, bukankah iblis? kenapa penguasa jurang maut malah ditangkap oleh malaikat yg turun dr sorga?

lu bilang: Siapa yang Yang Memusnahkan Iblis oleh KEMATiaNNYA? Yesus.

yg jelas yesus TIDAK MUSNAH. krn ia berkata pd yohanes AKU MATI, NAMUN SEKARANG HIDUP LAGI. JADI iblis bukanlah yesus krn yesus MASIH HIDUP alias tidak musnah/mati!

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Mencla-mencle

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

@hai hai : ayam sayur

ini debat bukan ajar-mengajari, udah gw sanggah argumen lu, eh diem aja, klo gak tau mau jawab apa, mending mingkem, jangan kayak ayam sayur begitu. bikin malu ah!

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, SANGGAH

Kisanak terima kasih SUDAH bersusah payah MENYANGGAH argumen hai hai. Ha ha ha ha ha .... Padahal TIDAK DISANGGAH pun argumen hai hai TIDAK akan JATUH lho. Kenapa demikian karena ARGUMEN hai hai BERDIRI KOKOH, jadi nggak usah DISANGGAH. Ha ha ha ha ha ha ha ..

hai hai memang nggak mau JAWAB itu sebabnya MiNGKEM, kisanak. hai hai SUDAH MINGKEM dan ngak mau MENJAWAB sebelum anda suruh mingkem. Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hidup bukan Pilihan's picture

mengalir aja

menyampaikan pendapat gak perlu maksa,..

 

bener koq gw setuju cara hai hai mengungkapkan pendapat  ha ha ha ha  gak usah di bawa repot, apalagi di bawa emosi.  hai hai aja ketawa melulu...  mau-maunya di bikin emosi..

 

jadi kalo mau berpendapat yach berpendapat aja...

 

Karena hidup bukan pilihan Itu sebabnya kita jangan terpengaruh dengan hal ini

Yesus Kristus adalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup... jadi gak usah repot ngurusin hal kayak gini apalagi emosi...


hahahahahhahha  kita juga khan bisa tertawa,...

 

--------------------------

Hidup bukan Pilihan

 

 

antonic's picture

@HBP

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

 

 

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, BERISIK

Komentar ini dihapus oleh Admin karena melanggar policy.

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

@hai hai, silahkan dinikmati.

Komentar ini dihapus Admin karena melanggar policy.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.