Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Yahoo

victorc's picture
Shalom saudaraku, selamat siang. Selain berita cuaca tentang badai di banyak belahan dunia, termasuk taifun Matthew yang melanda Kepulauan Karibia dan Florida, ada suatu berita sekitar 4 hari lalu yang agaknya luput dari sorotan banyak media. Apa itu? Mungkin jika dijadikan judul film, AADY bakal menarik.

Ada apa dengan Yahoo
Yahoo beberapa hari lalu melaporkan bahwa 500 juta email telah diretas. Lalu ditambah dengan isyu bahwa Yahoo menggunakan peranti lunak tertentu untuk melakukan pemindaian atas perintah NSA.(1) Tentu saja NSA dan Yahoo secara resmi telah membantah bahwa mereka melakukan pemindaian terhadap email-email yahoomail. (2)
Namun demikian, laporan Reuter mengonfirmasikan dugaan pemindaian tersebut.(3)(4) Bisa jadi peranti lunak yang dimaksud adalah versi modifikasi dari PRISM (5), dan hal ini telah disinyalir oleh Edward Snowden sejak beberapa tahun silam.

Penutup
Jika semua dugaan ini benar, mungkin memang Yahoo sedang bermasalah tidak saja dalam hal finansial, namun juga soal menjaga keamanan data semua user. Masalah privacy data merupakan soal yang peka. Dan memang ada tuduhan bahwa Google, Facebook, Yahoo, Microsoft dll dipaksa bekerjasama dengan NSA Selamat menggunakan email, namun yakinlah bahwa NSA (the big brother) akan dapat mengendus apapun itu.

Versi 1.0: 8 oktober 2016, pk. 11:55
VC

Referensi:
(1) https://www.theguardian.com/technology/2016/oct/06/yahoo-email-surveillance-government-nsa-fisa
(2) https://www.cyberscoop.com/why-nsa-yahoo-deny-mass-email-surveillance/
(3) https://fcw.com/articles/2016/10/04/yahoo-scanned-emails-for-nsa.aspx?m=2
(4) http://www.reuters.com/article/us-yahoo-nsa-exclusive-idUSKCN1241YT
(5) https://en.m.wikipedia.org/wiki/PRISM_(surveillance_program)
__________________

"If You Want to Walk on Water, You've Got to Get Out of the Boat‎." - John Ortberg

The Second Coming Institute