Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

"Sudah Selesai"

oeniyati's picture

"SUDAH SELESAI"
Yohanes 19:29-30
"Setelah mencicipi anggur asam itu, Yesus berkata, “Sudah selesai.” Kemudian, Ia menundukkan kepala-Nya dan mati."
(oleh: Yulia Oeniyati)

Kalau kita mendengar orang berkata, "Sudah selesai," kita pasti berasumsi bahwa orang tersebut mengatakannya dengan perasaan lega. Kemungkinan ia baru saja menyelesaikan tugas atau menyelesaikan pekerjaannya, atau bahkan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Jika hal yang diselesaikan itu merupakan hal yang berat, kalimat "sudah selesai" tentu menjadi penghiburan yang luar biasa. Namun, ketika manusia mengatakan "sudah selesai", seringkali hanya untuk waktu sementara, karena pada kenyataannya, selama manusia masih hidup, pekerjaan, tugas dan masalah tidak pernah selesai, bukan? Satu pekerjaan selesai, akan ada pekerjaan lain yang menunggu; satu masalah selesai, masalah yang lain akan timbul... dan seterusnya. Apalagi kalau hasil dari penyelesaian tidak tuntas, maka masalah bukannya menjadi selesai, malah mungkin menjadi masala lebih besar.

Ada saat di mana manusia bisa mengatakan "sudah selesai" dalam arti yang sesungguhnya, yaitu ketika menjelang ajal. Saat itulah manusia baru menyadari bahwa hidupnya benar-benar selesai, karena ia tahu bahwa sudah tidak ada lagi yang bisa dikerjakan di dunia ini. Tapi kesadaran bahwa hidupnya sudah selesai tidak menjamin bahwa ia betul-betul sudah menyelesaikan hidupnya dengan baik. Fakta membuktikan bahwa tidak banyak manusia yang menyelesaikan hidupnya dengan kelegaan. Betapa banyaknya manusia yang menjelang ajal masih belum melakukan apa yang seharusnya dia lakukan ketika masih hidup. Misalnya, masih banyak orang yang seharusnya dia tolong tetapi belum ditolongnya; masih banyak orang yang seharusnya dia ampuni tapi belum ia lakukan, atau sebaliknya... dan seterusnya... Bahkan bagi kebanyakan orang, seringkali hidup berakhir dengan penyesalan, bukan kelegaan.

- Sun Yat Sen: "Oh kawan-kawan seperjuanganku, revolusi Tiongkok belum selesai. Haruslah engkau terus berusaha."
- Lundwig Ban Beethoven: "Masakan aku hanya menulis bbeerapa not dan harus melepaskan tangan untuk bertemu kematian?"
- Sokrates: "Aku masih belum menyelesaikan satu hal, aku masih berhutang satu ekor ayam."
(Stepen Tong, 7 Perkataan SALIB, LRII, 1992)

Hanya ada satu orang di dunia ini yang pernah mengatakan "Sudah selesai," dalam arti yang sesungguh-sungguhnya. Orang itu adalah Yesus Kristus.

Ketika Yesus Kristus berkata, "Sudah selesai," di atas kayu salib, Ia benar-benar mengatakannya dengan kelegaan yang sempurna. Sesudah mengatakan demikian Ia menyerahkan nyawanya kepada Allah. Kristus telah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang diberikan Bapa di surga kepada-Nya. Pekerjaan apakah itu? Minimal ada 5 pekerjaan penting yang telah Yesus Kristus selesaikan di dunia ini:

1. Yesus Kristus menyelesaikan kuasa dosa.

Manusia telah jatuh ke dalam dosa, dan upah dosa adalah maut -- kematian. Itulah upah yang seharusnya diterima manusia yang berdosa. Puji Tuhan, karena kasih-Nya, Allah mau mengirimkan Anak-Nya yang tunggal, Yesus Kristus untuk datang ke dunia dan menggantikan manusia dan menyelesaikan kuasa dosa yang membelenggunya. Karena ketaatan-Nya kepada Bapa, Kristus rela mati menanggung dosa manusia di atas kayu salib, dan karena ketaatan-Nya, Bapa membangkitkan Kristus dari kematian sehingga dosa dan kuasa maut dikalahkan-Nya.

2. Yesus Kristus menyelesaikan permusuhan antara Allah dan manusia.

Dosa telah membuat manusia menjadi musuh Allah yang Mahakudus. Dosa adalah kejijikan di mata Allah dan dosa harus dihukum. Mungkinkah manusia diperdamaikan lagi dengan Allah? Tidak mungkin, kecuali manusia dihukum supaya keadilan Allah kembali ditegakkan. Kematian Kristus di atas kayu salib merupakan jalan satu-satunya keadilan Allah dipuaskan. Darah Kristus menjadi korban pendamaian yang sempurna dan tak bercela di hadapan Allah supaya menyelesaikan permusuhan manusia dengan Allah dan hubungan dipulihkan kembali. Sebagai akibat pemulihan itu maka hubungan antara manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri juga dipulihkan.

3. Yesus Kristus menyelesaikan penggenapan nubuat-nubuat PL.

Sejak kejatuhan manusia dalam dosa, Allah telah berjanji untuk membebaskan manusia dari cengkeraman dosa. Melalui nubuatan para nabi-nabi di Perjanjian Lama, Allah terus-menerus meneguhkan janji-janji-Nya kepada manusia. Allah adalah Allah yang setia pada janji-Nya. Satu-persatu nubuat-nubuat itu digenapi Allah melalui ketaatan Yesus Kristus melaksanakan rencana penyelamatan Allah terhadap manusia. Sampai di atas kayu salib Yesus akhirnya menyelesaikan semua penggenapan nubuat-nubuat Allah.

4. Yesus Kristus menyelesaikan kuasa Iblis

Pada saat Yesus Kristus di atas kayu salib, Ia menderita penderitaan yang luar biasa. Sangatlah mudah bagi Kristus membatalkan semua penderitaan itu dan membiarkan manusia binasa. Tetapi Kristus tidak melakukannya, sebaliknya Ia memberikan perjuangan sekuat tenaga karena Ia tidak ingin Iblis menang dan manusia binasa. Iblis adalah musuh Allah yang harus dikalahkan. Dengan kerelaan penuh Kristus bertahan di atas kayu salib menanggung penderitaan hingga akhir hidupnya. Itu sebabnya ketika Yesus Kristus berkata, "Sudah selesai" dan kemudian menyerahkan roh-Nya kepada Allah Bapa, tirai besar yang memisahkan ruangan suci dan ruangan mahasuci menjadi robek. Tirai itu menjadi lambang bahwa pintu surga yang dulu tertutup, sekarang menjadi terbuka bagi manusia dan kuasa Iblis tidak lagi sanggup menahan pintu surga tertutup.

5. Yesus Kristus menyelesaikan kemenangan akhir kaum pilihan.

Kedatangan Yesus Kristus ke dalam dunia untuk menebus manusia adalah adalah janji yang Allah berikan bagi kaum pilihan. Namun, tanpa ketaatan Kristus sampai akhir, dengan mengalami penderitaan dan pengaliran darah, tidak mungkin Kabar Baik itu menjadi kemenangan yang nyata; tidak akan ada contoh bagi kaum pilihan untuk mampu bertahan hingga akhir. Puji Tuhan, karena sampai akhir hidupnya, bahkan sebelum kematian-Nya di kayu salib, Yesus Kristus telah mencapai kemenangan dengan teriakan, "Sudah selesai." Sekarang, kaum pilihan tahu dengan pasti bahwa Kristus telah menyelesaikan kemenangan bagi mereka.

Ayat Referensi:
Roma 5:6-8, Kolose 1:20-22, 2 Korintus 5:18-19, Efesus 2:13-16, 1 Yohanes 1:7-10, 1 Petrus 2:24, Kis 13:27, Mat. 27:51

Kesimpulan:
Kristus datang ke dunia untuk melakukan apa yang telah diperintahkan Allah Bapa kepada-Nya. Ia taat hingga akhir, bahkan ketika mengalami penderitaan yang luar biasa di atas kayu salib. Ketika Ia mengatakan "Sudah selesai," Ia mengatakan arti yang sesungguhnya bahwa pekerjaan-Nya sudah selesai dan tidak ada lagi yang perlu dilakukan oleh siapapun. Hanya Dialah yang sanggup dan hanya Dialah yang diharapkan Allah untuk menyelesaikan pekerjaan penebusan manusia. Dan Ia telah melakukannya dengan sempurna! Puji Tuhan!

guestx's picture

melakukan tugas dari Bapa dan taat hingga akhir

selamat bergabung di SS, bu Yulia :-)

Kristus datang ke dunia untuk melakukan apa yang telah diperintahkan Allah Bapa kepada-Nya. Ia taat hingga akhir, bahkan ketika mengalami penderitaan yang luar biasa di atas kayu salib.

betapa indahnya apabila setiap kita yang hidup dapat menutup mata untuk selamanya dengan ucapan yang sama,"sudah selesai" dan sama seperti Yesus, kita juga menyikapi ucapan tersebut sebagai "selesai mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang diberikan Bapa di surga".

seandainya saja setiap orang yang memanggil Tuhan sebagai Bapa tahu apa yang  ditugaskan kepadanya dan taat hingga akhir menjalankan misi tersebut...

__________________

------- XXX -------

ted's picture

menang bersama Kristus

Kuasa dosa sudah benar-benar diselesaikan oleh penebusan Kristus sehingga kita tidak lagi perlu melakukan apapun untuk mengusahakan keselamatan kita. Puji Tuhan!

namun seringkali kita sbg manusia justru masih berkubang dalam dosa, masih menikmati dosa. Kristus yang telah memberi teladan sbg Manusia yang menang thd dosa seharusnya juga menginspirasi kita utk berjuang melawan dosa dan hidup sbg pemenang. Mari kita hidup sebagai pemenang bersama Kristus!

bobbywa's picture

nubuat yang digenapi

Nubuatan tentang hadirnya Sang Penebus telah ada, sejak manusia jatuh ke dalam dosa. Allah tidak pernah menunda dan "berpikir sejenak" bagaimana cara menyelematkan manusia. Rencana agungNya atas penyelamatan manusia sudah ada sejak dalam kekekalan. Ini membuktikan bahwa Ia adalah Allah yang mengasihi manusia. Janji keselamatan yang diberikan oleh Allah dan nubuat-nubuat para "penyambung lidah" Allah di dalam PL terus menerus didengungkan. Ada satu harapan dan pembebasan sejati atas terkaman maut yang dialami manusia.

Pengharapan akan pembebasan itu diwujudkan melalui kehadiran Yesus Kristus yang dengan sempurna menggenapi setiap nubutan dan janji Allah dalam PL. Hal ini membuktikan bahwa Ia adalah Sang Pembebas yang dijanjikan Allah - yang tak lain dan tak bukan adalah diriNya sendiri - yang setia terhadap umatNya.

Andai satu saja penggenapan nubuatan PL tidak digenapi, maka Allah tidak dapat disebut lagi Allah karena lalai menggenapi janjiNya sendiri. Namun hal itu TIDAK TERJADI. Puji dan hormat bagi Allah.

jlwijaya's picture

oeniyati:maaf utk membersihkan setitik nila dalam susu yg baik

1)Tulisan yang sangat baik dan ajaran yang benar.hanya sati poin kecil yang saya ngak nyaman:

Kedatangan Yesus Kristus ke dalam dunia untuk menebus manusia adalah adalah janji yang Allah berikan bagi kaum pilihan.

Allah menghendaki semua di selamatkan ,kematian kristus adalah untuk menjadi tebusan bagi semua orang.

 

Rom 3:23  Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

1Ti 1:15  Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: "Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa," dan di antara mereka akulah yang paling berdosa. 

 1Ti 2:4  yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. 

1Ti 2:6  yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan. 

sedikit eksposisi untuk 1tim 2:1-6:

1)ayat 1 paulus menganjurkan tim utk berdoa bagi semua orang

2)ay 2 adalah apa tercakup dalam doa utk semua orang di ay 1.

3)ay 3menyatakan  doa yang sedemikan adalah doa yang di perkenan Allah.

4)ay 4 menyatakan kenapa Allah berkenan kepada doa yang sedemikian tak lain karena Allah menghendaki semua di selamatkan.

5)ayat 5 di mulai dengan kata "karena" untuk mendukung pernyataan di ayat 4,Allah itu esa berarti Allah adalah Allah semua manusia ,esa pula Dia yang menjadi pengantara........menyatakan Allah menetapkan satu pengantara bagi semua manusia

6) ayat 6 menyatakan Pengantara ini memberikan diriNya menjadi tebusan bagi semua manusia karena Dialah pengantara semua manusia milik Allah yang esa yang menghendaki semua manusia diselamatkan dan untuk alasan ini maka para utusannya harus berdoa untuk semua manusia.

oeniyati,"Yang menghendaki semua orang diselamatkan" adalah sebuah statement yang jelas dan gamblang dan ini adalah statement rasul paulus sendiri,statement ini di tulis di alkitab dan statement ini adalah firman Tuhan,apakah anda setuju?

saya hanya takutnya anda mengganti statement di atas dengan statement di bawah ini:'

"beberapa orang dan malaikat[a] dipredestinasi untuk kehidupan yang kekal, beberapa lagi telah dari semula telah ditentukan untuk kematian yang kekal. [b]"

statement kedua ini bukanlah apa yang ditulis di alkitab, juga tidak ada satu ayatpun yang menulis statement ini jadi statement ini bukan firman Tuhan ,tidak ada satu penulis alkitabpun yang menulis statement ini ,statement ini adalah statement dari satu golongan orang saja yang menyangka alkitab mengajarkan hal ini,memang seolah dari alkitab tapi sesungguhnya hanyalah pengertian yang di tafsirkan dari teks di alkitab,jadi sesungguhnya bukanlah statement langsung dari penulis  alkitab tetapi eisegesis dari sekelompok orang dari perkataan di alkitab.Amin

 

nisa's picture

"Mati suri sebelum selesai"

Yesus sudah selesai... tapi SS jauh dari selesai, imho, ia bahkan "mati suri sebelum selesai". 

Bu Yulia, selaku owner dari SS, nggak adakah terobosan lain yang bisa membuat SS kembali bergairah seperti dahulu ?

Andai gairah dahulu tidak sesuai dengan maksud Ibu ketika pertama kali membuat SS ini, maka munculkanlah gairah jenis lain. Jenis apa sajalah yang minimal membuat interaksi antar sesama pengguna SS lebih hidup, setidaknya lebih hidup daripada setahun belakangan ini.

jlwijaya's picture

Nisa:tapi lebih baik demikian.

-Dulu bergairah ternyata dii penuhi blogger dari aliran BIDAT M dan beberapa S yang ngaku 2 seolah mereka orang kristen bahkan mereka ada yang sebagai jemaat dari gereja Kristen ,kegairahan mereka adalah merusak citra orang Kristen dengan menggunakan kata2 makian dan hinaan ,hal ini mereka lakukan jelas demi penginjilan mereka.

Banyak juga orang Kristen sejati yang tertipu sehingga ikut terseret dalam kegairahan liar mereka dengan maki2 yang kasar karena blok2 dan komentar mereka yang ngawur dan sesat bahkan menghina Allah dan Yesus.

Keadaan sekarang memang terlalu sepi ,tetapi lebih baik ketimbang dulu di penuhi oleh hal2 yang sesat dan memalukan.

Samuel Franklyn's picture

Yang sesat dan memalukan itu jlwijaya

Yang sesat dan memalukan itu jlwijaya. 

jlwijaya's picture

Sf: ngak perlu emosi

-Ngak perlu emosi, sekalipun membela teman adalah hal yang baik.
Samuel Franklyn's picture

jlwijaya: nggak perlu emosi

Karena saya bilang anda sesat dan memalukan maka anda menilai saya emosi. Yang bilang sesat dan memalukan pertama kali adalah anda. Karena itu saya akan gunakan penilaian anda ke saya ke diri anda sendiri. Anda yang emosi. Nggak perlu emosi. Soal membela teman itu nggak ada hubunganya dengan pernyataan saya bahwa anda itu sesat dan memalukan. Berkata orang lain sesat adalah hal yang sesat. Kalau menurut ajaran Yesus di Matius 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. Orang macam kamu yang bilang si A sesat si B kafir/tidak percaya Tuhan itu musti masuk neraka. Paham nggak lu. Kenapa lu gua bilang sesat. Elu sudah meyimpang dari ajaran Yesus. Tindakan elu yang keliling SS dan bilang si A sesat si B kafir/tidak percaya Tuhan itu tindakan yang memalukan. Paham lu sekarang kenapa lu gua bilang sesat dan memalukan? Itu karena tindakan elu sendiri yang keluyuran SS sambil tuding kiri kanan. Ingat baik-baik. Yang memulai bilang sesat dan memalukan itu bukan gua tapi elu. Jangan mengeraskan hati. Bertobat luh. Mudah-mudahan lu masih bisa.
jlwijaya's picture

SF: Yang saya bilang sesat atau tepatnya penyesat bukan saudara.

-Orang yang tidak mengakui Yesus Kristus adalah Allah adalah bidat kristen dan mereka bukan saudara dalam Kristus, mereka yang merasa diri Kristen dari M dan SY adalah ngaku2 sendiri dan tak di akui saudara dalam Kristus oleh orang Kristen.OK

Standar sesat kamu mungkin orang yang salah ngomong/salah memahami alkitab tetapi bagi saya itu sesat itu mengacu pada bidat.

saya ngak pernah menyatakan kamu sesat karena di SS kamu ngak pernah membuat statement bidat.jadi yang saya maksut bidat di SS hanya mereka yang benar Nyata berbeda dari core believe kristen terutama mereka yang menyangkal ke-Allahan Putra.

Samuel Franklyn's picture

jlwijaya yang tidak paham Alkitab

jlwijaya yang tidak paham Alkitab. Kamu perlu belajar lagi Alkitab kamu. Apa yang dimaksud saudara dalam Matius 5:22 ? Itu terkait dengan ajaran Yesus dalam Matius 5. Yesus dengan jelas mengajarkan bahwa Allah yang di Sorga adalah bapak dari semua manusia. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak berasal dari Allah.

Kamu sudah mengambil jalan kebencian dengan bilang yang ini saudara dan yang itu bukan saudara. Terus kamu pakai kriteria kamu sendiri. Parah banget kamu ini. Yang kamu ikuti ajaran manusia bukan ajaran Yesus.

jlwijaya's picture

SF kamu sama saja menafsir ayat bertentangan dgn ayat lain

- sf kamu sama saja dengan semua yang lain di SS  menafsirkan ayat tapi bertentangan dengan ayat lain ,kamu pikir TUHAN bodoh berkata kontradiksi satu dengan yang lain.SF bukan karena boleh di maknai seperti itu maka makna ayat jadi seperti itu ,tetapi maknailah ayat sesuai dengan maksudnya sendiri yaitu sebenarnya maksud TUHAN, karena itu bagian dari firmanNya ,karena itu bagian dari firmanNYA maka perkataan itu tak mungkin kontradiksi dengan perkataan Tuhan yang lain.

SF di SS banyak orang sok pinter mengartikan ayat2 alkitab bahkan ada yang menganggap dia bukan nafsir tapi memahami tapi ternyata pendapatnya bertentangan dengan banyak ayat yang lain ,kamu tahu kenapa demikian ?Petrus sudah pernah menasehati bahwa tak boleh di mengerti menurut maksud kita tetapi itu adalah dari Roh Kudus .SF karena dari Roh Kudus maka Yesus berkata Roh Kudus yang akan membimbing kita memahami semua kebenaran(tentu semua yang Tuhan mau kita pahami).Kita tak usah memperdebatkan yang mana adalah hasil dari pimpinan Roh Kudus tetapi jika penafsirab/pemahaman kita tetang satu ayat bertentangan dengan ayat lain maka jelas bahwa apa, hasil penafsiran/pemahaman kita salah.

 

SF, ada berbagai makna kata saudara ,para penyesat itu juga adalah saudara karena sama berasal dari adam.tetapi bukan saudara seiman yang lahir dari Allah.dan di alkitab tertulis jelas ada penyesat ,anti Kristus dan bidat ,ajaran sesat ,nabi palsu dan sebagainya jadi apa masalahnya kalaupun kamu bilang saya benci maka yang saya benci adalah ajaran sesatnya yang bisa menyesatkan orang .

Samuel Franklyn's picture

jlwijaya yang super sakti

jlwijaya kau sakti sekali bisa tahu siapa yang lahir dari  Allah dan yang bukan. Padahal kelahiran baru itu kan masalah rohani yang tidak kelihatan sama sekali. Hebat sekali. Berhubung kau sudah mencapai taraf super sakti maka sudah saatnya saya berhenti menasihati kamu dan membiarkan kamu mengambil jalan yang kamu anggap benar. Bye manusia super sakti yang sesat dan memalukan.

jlwijaya's picture

SF:Jangan menciptakan fitnahan.

-Saya tidak tidak menyatakan orang yang belum menyatakan dirinya sendiri ,contohnya Kamu samuel franklin teapi orang yang menyatakan Yesus Kristus bukan Allah tentu dia adalah penyesat ,apalagi di tambah sejumlah perkataan yang menghina Yesus kristus ,YHWH dan juga menyatakan memahaman alkitab yang bertentangan dengan banyak ayat alkitab.OK

Semoga anda paham ,dan tidak kilaf.Jika orang2 itu dengan jujur menyatakan diri dari golongannya dan ingin menyatakan / menguji kepercayaannya maka akan saya hargai dan jika minta tanggapan maka saya akan tanggapi dengan sopan dan saya tidak akan menjuluki dia penyesat tapi jika dia bertopeng dan berjubah maka tak dapat di tahan saya mennyatakan dia sesat bahkan penyesat agar anak Tuhan hati2 dalam membaca tulisanNya.

Samuel Franklin harap di catat saya terutama bukan benci dengan orangnya tetapi ajarannya yang selain menyesatkan juga menghina YHWH dan Yesus Kristus.Jika itu mereka lakukan di web mereka terserah tapi karena ada di web yang menyatakan ini web kristen maka saya terpaksa sedikit menyerangnya.

 

nisa's picture

angle

jlwijaya, sesat dan memalukan buat sebagian orang adalah berani menyatakan pendapat untuk diuji bagi sebagian orang lainnya.

jlwijaya's picture

Nisa : Krn ada alkitab sbg standar / dasar maka bdt bkn relatif.

- Ada kata Relatif maka relatif iru ada dan ada kata mutlak maka itu juga ada dan demikianlah faktanya.

- Di alkitab menyatakan ada "sesat " maka sesat itu ada dan juga ada kata ajaran "bidat" maka bidat juga ada ,apalagi jika kita menyatakan menggunakan alkitab sebagai dasar maka bidat bukanlah relatif tapi mutlak.Tapi tentunya batasan menentukan hal itu bidat atau tidak tak boleh lebih besar/luas dari apa yang di nyatakan alkitab dan juga tak boleh lebih sempit dari apa yang dinyatakan Alkitab.

nisa's picture

standar suka2

bagi orang katolik, kita (kristen protestan) adalah sesat (baca: "EENS"). dan mereka pun menggunakan alkitab.

jlwijaya's picture

Ada banyak yang suka2 and yang mutlak.

Kan saya sudah bilang ada yang relatif ada yang mutlak.yang di Ss banyak yang mutlak. Cont: tidak mengakui Yesus Kristus adalah Allah.
nisa's picture

atas nama belajar

ketika orang sedang belajar, bumi yang bulat dianggap sebagai datar. tapi selama niatnya murni belajar, segalanya bisa dimaklumi.

melabeli sesat atau bidat, nggak ada gunanya selain menjauhkan minat untuk belajar. Yesus "katanya" datang untuk mereka yang tersesat, kenapa pula kita malah berlaku sebaliknya?

jlwijaya's picture

alasan bisa saja di buat tapi fakta beda.

-sekali lagi ya ,jika tak ada dasarnya maka sesat itu relatif tetapi jika ada alkitab sebagai standart maka sesat bukan relatif lagi?

-Jika sudah dinyatakan dan di buktikan bahwa bumi bulat kepada seseorang tapi dia tetap bilang itu bukan bulat tapi datar maka itu bukan belajar lagi namanya.jika sudah ada standard warna lalu daun yang hijau di bilang ungu ,itu gila bukan?

Nisa ,banyak orang salah memahami  terhadap alkitab tapi itu tak dapat di golongkan sesat  tetapi ada hal2 tertentu yang di jika salah maka itu fatal dan alkitab sendiri menyatakan orang yang mengajarkan hal itu penyesat.

2Jn 1:7  Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. 

2Jn 1:8  Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya. 

2Jn 1:9  Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak. 

2Jn 1:10  Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya. 

2Jn 1:11  Sebab barangsiapa memberi salam kepadanya, ia mendapat bagian dalam perbuatannya yang jahat.

nisa's picture

titik pembeda

"alkitab sebagai standar"? komentar kamu cuma bisa dibenarkan bila pemahaman alkitab kamu sudah pasti 100% benar.

kalo gue, rasanya pemahaman gue tentang alkitab belom nyampe 100%. apa yang ditulis oleh alkitab bisa jadi berbeda dengan apa yang gue mengerti. oleh karenanya, gue ga berani / berhak bilang orang lain sesat.

anyway, mungkin disinilah kita berbeda. orang yang mengerti 100% dengan orang yang belum 100% mengerti.

jlwijaya's picture

ngak perlu 100% nisa.

-ngak perlu 100% nisa 2 ayatpun mungkin cukup.contohnya menyangkal yesus adalah Allah menjadi manusia itu hanya 2 ayat:

 

Joh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah

Joh 1:14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. 

 

1Jn 4:2  Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,

1Jn 4:3  dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. 

 

2Jn 1:7  Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. 

 

Nisa keduanya di tulis oleh YOHANES yang satu injil yang lain adalah surat: Siapa Yesus Kristus sebelum datang sebagai manusia?Allah kan?.jadi menyangkal Dia adalah Allah  adalah sesat dan penyesat

 

Yesus kristus datang sebagai manusia dan di injil yohanes menyatakan Dia adalah Allah (yoh1:1) menjadi manusia(Yoh 1:14) jadi Yesus kristus yang Datang sebagai manusia adalah Allah yang menjadi manusia menyangkal ini adalah menyesat OK.

 

 

nisa's picture

blog mana sih?

jlwijaya, kamu memang hobby banget copas ayat yah rupanya? :)

gue jadi penasaran, sebenernya blog mana sih yang kamu tuduh sesat itu? bisa tunjukkan link nya?

gue pengen baca "side of story" dari orang yang kamu tuduh sebagai sesat itu. karena, bisa aja kan, bahwa kamu salah mengerti tulisan orang itu dan kadung menuduh dia sebagai penyesat?

atau... kamu sudah yakin 100% bahwa kamu benar2 memahami tulisan orang itu sebelum kamu mencap dia sesat?

jlwijaya's picture

Nisa : kalau kamu ngak tahu ya sudah ngak usah

-la elah nisa ngomong gini jauh kamu ,ngak tahu toh?? Kalau ngak tahu ya sudah ngak usah di ungkit2, saya nulis buat yang tahu aja .ok

Ngomong2 boleh tanya:

1) kamu percayakah Yesus Kristus adalah Allah yang setara Allah Bapa?

NB: tenang saja saya tahu apa yang saya katakan.

nisa's picture

ga mikirin

gue percaya Yesus adalah Tuhan, tapi apakah Dia setara atau tidak dengan Allah Bapa, gue ga tau dan ga tertarik untuk tahu.

buat gue, topik tritunggal adalah topik paling ga menarik. begitu juga dengan keesaan Tuhan.

buat gue ga ada bedanya Tuhan itu mau ada 1 atau 1000, selama Dia / Mereka bersepakat bahwa kita manusia cukup menjadikan Yesus sebagai teladan. jadi karena Dia / Mereka kayaknya akur2 aja menjadikan Yesus sebagai satu2nya tolok ukur, buat gue, buat apa juga dipikirin? ;)

dengan dasar pemikiran ini, antara Yesus setara dengan Allah Bapa atau tidak, ga jadi soal buat gue.

sebenernya yang menarik dan sedang gue pergumulkan sekarang2 ini adalah alasan kenapa Yesus memilih cara disalib untuk menebus manusia. kalo gue jadi Tuhan, buat apa susah2 menundukkan diri pada hukum yang adalah buatan gue sendiri? itu satu2nya pertanyaan gue yang terkait dengan jati diri Yesus.

tentang posisi Dia bagaimana dan sebagainya, gue ga peduli.

guestx's picture

malas mikir

gak mikirin.

hahaha...pink pig style :-)

ikutan ah. gw jg mulai males mikirin apa yang gak pernah disuruh pikirin oleh Tuhan.

__________________

------- XXX -------

jlwijaya's picture

Nisa:Kenapa Yesus Harus di salib?

 

gue percaya Yesus adalah Tuhan, tapi apakah Dia setara atau tidak dengan Allah Bapa, gue ga tau dan ga tertarik untuk tahu.

dari pernyataan ini menyatakan Kamu Tidak percaya YESUS adalah Allah yang setara Allah Bapa Bukan?Nisa dialkitab tertulis dengan jelas Yesus menyatakan Bapa lebih besar dari diriNya dan ini 100% benar tetapi alkitab yang sama juga menyatakan Kalau Dia setara dengan Allah sebelum mengosongkan diri menjadi manusia artinya dalam keAllahan yesus Kristus setara dengan Bapa tapi saat inkarnasi di dalam rupa seorang hamba maka bapa lebih besar dari diriNya.(fil 2:6-7.kol 2:9)

buat gue, topik tritunggal adalah topik paling ga menarik. begitu juga dengan keesaan Tuhan.

Ya kamu ngak percaya Bapa adalah Allah ,Putra adalah Allah dan Roh Kudus adalah Allah tetapi hanya ada satu Allah

buat gue ga ada bedanya Tuhan itu mau ada 1 atau 1000, selama Dia / Mereka bersepakat bahwa kita manusia cukup menjadikan Yesus sebagai teladan. jadi karena Dia / Mereka kayaknya akur2 aja menjadikan Yesus sebagai satu2nya tolok ukur, buat gue, buat apa juga dipikirin? ;)

 


INI karena kamu percaya lebih dari satu Allah

 

dengan dasar pemikiran ini, antara Yesus setara dengan Allah Bapa atau tidak, ga jadi soal buat gue.

sebenernya yang menarik dan sedang gue pergumulkan sekarang2 ini adalah alasan kenapa Yesus memilih cara disalib untuk menebus manusia. kalo gue jadi Tuhan, buat apa susah2 menundukkan diri pada hukum yang adalah buatan gue sendiri? itu satu2nya pertanyaan gue yang terkait dengan jati diri Yesus.

tentang posisi Dia bagaimana dan sebagainya, gue ga peduli.

Nisa ,Allah bukan Allah yang semau gua tetapi Allah yang adil dan Benar maka jika IA mau menyalamatkan manusia bukan dengan cara yang semau gua berdasarkan kekuasaan dan kedudukanNya sebagai Allah tetapi tetap harus sesuai denga sifatnya yang adalah diri yang adil karenaNya Yesus Kristus harus mati di salib dan juga ada satu hal lagi yang penting yaitu dia yang mati harus adalah i manusia yang tanpa dosa dan Allah yang tak terbatas karena itu pengakuan Yesus adalah manusia dan Allah harus dan mutlak.aliran yang kamu ikuti selama ini menyangkal hal ini karenanya saya ajurkan belajar lepas dari aliran kamu dan pelajari firman saja dengan hati yang tulus. semoga anda di selamatkan.

 

nisa's picture

makasih :)

sudah gue duga ending nya akan begini... ok deh jlwijaya, terima kasih buat pengajaran nya :)

jlwijaya's picture

Nisa:ngak apa saya tahu kok

Nisa tanpa kamu jawab saya sudah tahu kok,kamu cukup jujur ,saya tahu kok yang lain juga sama d , m, s,j,m,l,h dan yang sudah hilang juga banyak . Download www.e-sword.net di dalamnya juga dowlnload commentary dan dictionary dan belajar sendiri dengan takut akan Tuhan ,minta dengan tulus dan sungguh agar lepas dari maut.saya bukan nyerang kamu tapi itu fakta 100%,Tuhan Yeus mengasihi kamu.
Kejarlah Kasih's picture

Jlwijaya,saya bantu ya..

Ini salah satu linknya: http://www.sabdaspace.org/node/10822#comment-93293

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

nisa's picture

iseng

kalau blog di link ini dikatakan sesat, maka mungkin gue juga akan dianggep sesat oleh jlwijaya.

imho, penulis blog ini "kk" kayaknya adalah orang yang iseng.

jelas2 dia menulis "Allah mengampuni semua dosa kita. Terimalah kebenaran ini sepenuhnya! Allah mengampuni. Allah mengampuni. Allah mengampuni. Allah sudah mengampuni! Hutang sudah dihapuskan!". 

di pengertian gue, menerima kebenaran adalah sama dengan percaya. makanya gue ga ngerti kenapa jlwijaya nuduh bahwa si kk ga percaya Yesus. gue juga ga ngerti kenapa si kk ga nerangin ke jlwijaya. di benak gue, kalo ga ada penjelasan lain, maka mungkin si kk emang lagi iseng aja ;)

jlwijaya's picture

KK bantuan anda salah dan bertentangan dengan ayat alkitab.

-pengampunan dan keselamatan di alkitab bersyarat yaitu dieroleh melalui  bertobat dan percaya:

 

Act_5:31  Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. 

bertobat di tempatkan di depan pengampunan dosa karena bertobat baru menerima pengampunan dosa.

 

Luk_13:5  Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian." 

ini perkataan Yesus bahwa yang ngak bertobat akan binasa.
keselamatan juga bersyarat perhatikan ayat ini:
Mar 16:16  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 
Yang percaya dan di babtis di selamatkan artinya keselamatan bersyarat yaitu percaya dan di babtis dan kalau ngak percaya di hukum karena asalnya mereka adalah orang dosa dan ini akan di nyatakan di depan tahta penghakiman Allah.

 

 

Kejarlah Kasih's picture

jangan emosi

sy kan cuma membantu km menunjukkan link kepada nisa, masa membantu dibilang salah..

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

100% sesat

kalau disederhanakan bunyi komentar Jlwijaya menjadi begini:

Alkitab menyatakan bahwa penyesat adalah yg menyangkal Yesus Kristus telah datang sebagai manusia,

NAMUN


Jlwijaya menyatakan bahwa penyesat adalah yg menyangkal Yesus Kristus adalah Allah sebelum datang sebagai manusia.

dan dalam hal ini, jika berbeda dengan Jlwijaya maka pasti 100% sesat dan penyesat.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK telah datang sbg manusia/telah datang di dlm daging(flash)???

KK telah datang sebagai manusia atau KK telah datang di dalam daging(flash)

pernyataan di atas tentu aneh dan salah kalau di kenakan pada  KK karena sebelum jadi manusia bukan KUCING tapi ngak ada dan juga sebelum menjadi daging  bukan arwah tetapi tidak ada.Tetapi pernyataan itu benar hanya benar di kenakan pada Yesus Kristus karena Yesus Kristus memiliki keberadaan sebelum menjadi manusia dan menurut Yohanes di tulisannya di injilnya Yesus kristus adalah ALLAH MENJADI MANUSIA jadi pernyatan YESUS KRISTUS telah datang di dalam daging adalah menyatakan Yesus Kristus adalah Allah yang datang di dalam Daging.

KK alkitab bukanlah di tulis berdasarkan keinginan manusia tetapi oleh dorongan Roh kudus sehingga kita menerimanya sebagai Firman Tuhan ,dan sebagai firman Tuhan maka isinya berhubungan satu dengan yang lain, apa lagi ini sama2 tulisan Yohanes jadi  Yesus kristus datang di dalam daging di surat yohanes adalah mengacu Allah yang menjadi daging di Yoh 1:1&14.Juga kata "telah datang sebagai"menyatakan sebuah pengakuan adanya keberadaan sebelum menjadi daging yaitu Allah yang adalah Roh menjadi daging.

 

oh 1:1 ....... the Word was God. 

Joh 1:14  And the Word was made flesh......

Joh 4:24  God is a Spirit:.............

KK,Firman yang adalah Allah yang menjadi daging di injil yohanes adalah Yesus Kristus.keharusan mengaku Yesus kristus datang didalam daging tentu adalah pengakuan  Allah yang adalah Roh telah datang didalam daging yaitu Yesus Kristus.kk ITULAH MAKNA  DARI PENGAKUAN Yesus Kristus telah datang sebagai manusia.

 

 

 

Kejarlah Kasih's picture

makna tidak boleh dibantah

jlwijaya sudah memberi makna, maka yg lainnya harap minggir kalau tidak mau dituduh sesat.  hahahaha... jlwijaya, semoga masih ada blogger yg masih mau mengajari kamu...

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Samuel Franklyn's picture

Kejarlah Kasih kita musti mengalah sama jlwijaya.

Kejarlah Kasih kita musti mengalah sama jlwijaya. Kita ini kan masih cetek sekali ilmu rohaninya sedangkan jlwijaya kan sudah mencapai taraf super sakti. Dia bisa tahu siapa yang lahir baru. Ini sakti sekali lho kalau menurut saya. Bwa ha ha ha.

jlwijaya's picture

Samuel franklin: satu kata untuk kamu?

La Elah......
Kejarlah Kasih's picture

menyelesaikan tujuan

Bu Yulia,

Salam, terima kasih buat SS nya. Semoga SS terus bertahan hingga akhir dan dapat menyelesaikan tujuan saat dibentuknya.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com