Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

PULANG KE RUMAH BAPA - sebuah pemahaman berdasarkan tradisi yang salah kaprah

mujizat's picture

Mungkin sudah ribuan kali saya membaca di koran, di kolom kecik untuk pemberitahuan kepada sahabat2 dan handai taulan tentang seseorang yang dikasihi yang telah meninggal dunia, dituliskan sebagai "TELAH BERPULANG KE RUMAH BAPA" yang biasanya dipakai oleh umat Kristiani - Kristen maupun Katolik.  Saya tidak tahu kapan tradisi untuk mengatakan "pulang ke rumah Bapa di sorga" bagi orang yang baru saja meninggal. Tapi membolak-balik Alkitab, Firman Allah, saya tidak menemukan dukungan ayat yang meyakinkan, justru saya temukan bahwa istilah "pulang ke rumah Bapa" sungguh tidak alkitabiah.

BAGAIMANA ALKITAB MENYEBUTKAN KEMATIAN SESEORANG

Saya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana Alkitab menyebutkan seseorang yang meninggal. Kita lihat pada kematian Abraham, Ismael, Ishak dan Yakub, setidaknya Abraham, Ishak dan Yakub mewakili orang2 "benar".

Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun, lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutnya, tua dan suntuk umur, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya. (Kej 25:7-8)

Umur Ismael ialah seratus tiga puluh tujuh tahun. Sesudah itu ia meninggal. Ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.(Kej 25:17)

Adapun umur Ishak seratus delapan puluh tahun. Lalu meninggallah Ishak, ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya; ia tua dan suntuk umur, maka Esau dan Yakub, anak-anaknya itu, menguburkan dia.(Kej 35:28-29)

Setelah Yakub selesai berpesan kepada anak-anaknya, ditariknyalah kakinya ke atas tempat berbaring dan meninggallah ia, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.(Kej 49:33)

Lalu bagaimana dengan ayat2 di bawah ini?

39. Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!" 40. Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama? 41. Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." 42. Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja." 43. Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus." (Lukas 23:39-43)

Penjahat bertobat itu dijanjikan untuk masuk ke dalam Firdaus - tentunya Firdaus secara rohani - yang menggambarkan tempat yang menghiburkan dan menyenangkan di alam roh.  Dalam sebuah perumpamaan tentang orang kaya dan Lazarus si miskin, maka Lazarus ketika mati, arwahnya dibawa oleh malaikat ke pangkuan Abraham,

20 Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, 21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. 22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.(Lukas 16:20-22)

dan beberapa teolog sepakat menafsirkan "pangkuan Abraham" itu sebagai tempat yang sama yang telah disebut Yesus sebagai "Firdaus" (Luk 23:43).

Abraham, penjahat bertobat dan Lazarus si miskin, mereka ketika mati berada di Firdaus (dalam konteks alam roh atau alam arwah-arwah), tetapi apakah "Firdaus" yang dimaksudkan di sini adalah Sorga yang bermakna "Rumah Bapa"?

Setelah Yesus berjanji kepada penjahat bertobat (Luk 23:43), maka beberapa menit (atau jam) kemudian Yesus dan penjahat itu, keduanya sama-sama meninggal. Kemanakah perginya arwah Yesus dan arwah penjahat bertobat? Tentu saja Yesus membawa penjahat bertobat itu masuk ke dalam Firdaus - pangkuan Abraham. Yesus mampir sejenak di sana. Saya berpendapat bahwa Yesus sempat memberitakan Injil di Firdaus. Kemudian Yesus - masih di alam roh itu - Dia pergi ke tempat lain, yaitu tempat orang2 mati yang mati sebagai pendosa, di dalam ayat-ayat berikut:

18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, 19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, 20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.(I Ptr 3:18-20)

Nah, tetapi apakah "pangkuan Abraham" alias Firdaus rohani alias "ruang tunggu" bagi arwah-arwah orang benar atau arwah2 yang telah dibenarkan oleh penebusan Yesus itu sudah merupakan RUMAH BAPA?

YESUS PULANG KE RUMAH BAPA

Setelah mati selama "tiga hari", maka Yesus bangkit atau dibangkitkan. Ketika Yesus baru saja bangkit, Dia tidak mau disentuh oleh Maria Magdalena, sebab Dia BELUM ketemu Allah Bapa, dalam ayat berikut:

16 Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!", artinya Guru. 17 Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."(Yoh 20:16-17)

Jelas bukan? Sesaat setelah bangkit, Yesus ngak mau dipegang Maria Magdalena, sebab Yesus belum pergi kepada Bapa.  Ayat tersebut sekaligus menjelaskan bahwa sebelum Yesus naik ke Sorga (40 hari kemudian), maka sebenarnya Yesus sudah naik ke sorga ketemu dengan Bapa (ayat 17). Karena sesudah itu dalam beberapa kali penampakan, Yesus sudah BOLEH DISENTUH oleh murid-murid-Nya termasuk Thomas.

Empat puluh hari kemudian sesudah kebangkitan-Nya, Yesus naik lagi ke Sorga hingga hari ini. Beberapa ayat berikut membuktikan kenaikan Yesus ke sorga untuk BENAR-BENAR PULANG KE RUMAH BAPA.

19. Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. (Markus 16:19).

50. Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. 51 Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.(Lukas 24:50-51)

9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. 10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, 11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."(Kis 1:9-11)

Stefanus pada jelang kematiannya, dia melihat Yesus di sebelah kanan Allah (di sorga)

55 Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. 56 Lalu katanya: "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah." 57 Maka berteriak-teriaklah mereka dan sambil menutup telinga serentak menyerbu dia.(Kis 7:55-57)

ORANG KRISTEN DIANGKAT KE SORGA PADA KEDATANGAN YESUS KEDUA KALI

30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. 31 Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.(Mat 24:30-31)

16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; 17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.(I Tes 4:16-17).

51. Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. 53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.(I Kor 15:51-53)

Sudah sangat jelas sekali, bahwa kalimat "PULANG KE RUMAH BAPA" bagi orang yang baru saja meninggal adalah penghiburan kosong yang hanya didasarkan pemahaman tradisi yang tidak jelas sumbernya. Sebab untuk masuk ke sorga, setiap manusia (yang memenuhi kwalifikasi tertentu) harus mengenakan terlebih dahulu tubuh kemuliaan, yaitu diubah oleh Tuhan Yesus. Dan kita tidak bisa sendiri masuk, tetapi Yesus lah yang akan MENJEMPUT kita.

Semoga mencerahkan.

Amen

kardi's picture

@mujizat, roh orang yang sudah mati, berkumpul dulu?

@mujizat, roh orang yang sudah mati dikumpulkan dulu dengan leluhurnya, sampai hari penghakiman, begitukah? atau masih ada di rumah, gentayangan sampai 40 hari?Saya masih penasaran, apa bisa dipanggil rohnya untuk ditanyakan keadaannya bagaimana, ada dimana, dst....

Btw, saya merelakan dengan ikhlas kepergian my mom,yang meninggal di rumah saya. Sehari sebelumnya my mom mengucapkan haleluya 3x, dan 3 hari sebelumnya dilayani perjamuan kudus.Selama seminggu my mom tidak bisa masuk makanan maupun obat, usia my mom mencapai 95 tahun,dan sudah mengakhiri hidupnya dengan tetap beriman dan setia kepada Tuhan Yesus.Ini yang memastikan bahwa my mom sudah hidup baru bersama Nya.Keteladanan untuk tetap setia kepada Yesus, dan amanatnya untuk selalu rukun, bersatu, saling mengasihi diantara keluarga inti dan keluarga besar membuat saya tetap tegar, tidak ada lagi air mata yang keluar pada waktu pemakaman beliau.

mujizat's picture

@Kardi, arwah orang mati yg beriman kpd Yesus kumpul di,..

Shalom.

Kalau kita meneliti Kitab Suci akan jelas bahwa orang mati yang beriman kepada Yesus akan dikumpulkan dulu di "pangkuan Abraham". mereka belum "mengenakan apa yang tidak dapat binasa" (rs Paulus). Kalau saat ini mereka sudah ada di Sorga, maka siapa yang dibangkitkan ketika Yesus datang di awan-awan?

Selamat untuk iman ibunda.

Debu tanah's picture

@ Mujizat, pangkuan Abraham

[Kalau kita meneliti Kitab Suci akan jelas bahwa orang mati yang beriman kepada Yesus akan dikumpulkan dulu di "pangkuan Abraham" ]

 

Lukas

16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.
16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.

Alkitab berkata bahwa "orang miskin yang bernama Lazarus" lah yang duduk dipangkuan Abraham.

Bang Muji, kl membaca Alkitab itu yang teliti, kl mata sudah rabun, baiknya periksa mata ke dokter untuk minta resep kaca mata. Tongue out

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

mujizat's picture

Deta, dipangku Abraham

Hai Deta,

Memang benar bhw Lazarus si miskin duduk di pangkuan Abraham ketika dia mati, tapi apa kaupikir dia dipangku terus? Kalau iya, Abraham caapeekk dong,.. emangnya Lazarus gak bisa duduk sendiri?

Bagaimana dengan salah seorg penjahat yg disalib disebelah Yesus, yg berharap kepada Yesus, yang kemudian Yesus menjanjikan bahwa pada hari itu juga si penjahat akan ada bersama-sama Yesus di Firdaus Allah? Apakah ini beda dgn Firdaus di tempat mana Abraham pernah memangku Lazarus si miskin?

Atau kalau Deta ngotot bahwa semua orang miskin dipangku oleh Abraham, padahal jumlah org miskin jutaan, maka pangkuan Abraham penuh dgn arwah orang miskin, kalau begitu Abraham ngak bakalan kelihatan dunk? Tertimbun orang miskin, ha ha haaa,...

Ada-ada saja kamu, Deta,..

kardi's picture

@mujizat, dimanakah itu pangkuan Abraham?

Shalom,

@mujizat, dimanakah pangkuan Abraham? Bila Abraham sendiri berada di surga bersama Yesus, secara logika pangkuannya itu di surga juga kan?

Mungkin Hai-Hai, dapat bantu saya untuk mendapatkan pencerahan mengenai hal ini, semoga dalam waktu dekat ada blog Hai-Hai yang membahas tuntas tentang hal ini.

mujizat's picture

Kardi, punya bukti kalau sekarang Abraham sudah di Sorga?

Pak Kardi, apa anda punya dasar ayat kalau saat ini Abraham sudah berada di Sorga bersama Yesus?

Samuel Franklyn's picture

Blog ini ajaran sesat

Blog ini ajaran sesat. Silahkan baca blog saya yang berisi ajaran Alkitabiah:

Rumah Bapa.

 

mujizat's picture

Samuel Franklyn, Teolog NGAWURR

Bang Samuel, apa kabar, sudah sembuh saraf kejepitmu?

Saya sudah baca blog kamu, sayangnya saya menilai tulisan kamu ngawur. Itulah contoh penafsiran yang sembrono.

Kamu menafsirkan bahwa ketika seorang "benar" meninggal, lalu Yesus datang menjemput roh orang itu, lalu dibawa pulang ke rumah Bapa. Benarkah? Kalau benar, maka Yesus berulang kali datang - pergi menjemput arwah orang mati yang meninggal dalam Tuhan. Benarkah?

Bagaimana dengan ayat ini:

Kisah 1:9-11

 1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah s  Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. 1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih t  dekat mereka, 1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, u  mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali v  dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.

Menurut Kisah 1:11 tersebut, Yesus hanya akan datang kembali ke dunia dengan cara yang sama seperti ketika Dia naik ke sorga. Bisa dijelaskan?

Lalu bagaimana pula dengan ayat ini:

I Tes 4:16-17

 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat y  berseru dan sangkakala Allah z berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga a  dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; b 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, c  akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan d menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. e

Nah bang, silahkan dijawab. Smoga cepat sembuh.

Samuel Franklyn's picture

Mujizat kamu rabun atau tidak bisa membaca

Guru palsu Mujizat kapan mau bertobat?

Mujizat buka bacot:
Kamu menafsirkan bahwa ketika seorang "benar" meninggal, lalu Yesus datang menjemput roh orang itu, lalu dibawa pulang ke rumah Bapa. Benarkah? Kalau benar, maka Yesus berulang kali datang - pergi menjemput arwah orang mati yang meninggal dalam Tuhan. Benarkah?

Tidak benar. Saya tidak pernah menuliskan demikian.Kalau kamu sampai menulis hal diatas maka itu artinya kamu rabun atau tidak bisa membaca.

Yang saya tulis adalah:

Rumah Bapa

Yesus sebagai Anak Allah menyatakan dengan tegas bahwa kepergiannya dari dunia ini ialah untuk menyediakan tempat bagi kita di rumah Bapa Nya.

Yohanes 14:1-4

(1)  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

(2)  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

(3)  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

(4)  Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."

Semua orang yang meninggal dalam Yesus maka orang tersebut akan berkumpul bersama dengan Yesus. 

1 Tesalonika 4:13-14

(13)  Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

(14)  Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

Yesus saat ini duduk di sebelah kanan Allah.

Kolose 3:1

(1)  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

Karena semua orang yang meninggal dalam Yesus berkumpul bersama dengan Dia maka itu berarti orang tersebut juga berkumpul bersama dengan Allah. Inilah ajaran yang sesuai dengan Alkitab. Karena itu berita duka cita yang memuat istilah telah berpulang ke rumah Bapa adalah istilah yang Alkitabiah.

Allah adalah Bapa segala roh. Roh artinya nafas. Nafas adalah kehidupan.

Ibrani 12:9

(9)  Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?

Pada saat kematian debu kembali menjadi debu dan roh kembali kepada Allah Bapa.

Kejadian 3:19

(19)  dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

Ayub 34:14-15

(14)  Jikalau Ia menarik kembali Roh-Nya, dan mengembalikan nafas-Nya pada-Nya,

(15)  maka binasalah bersama-sama segala yang hidup, dan kembalilah manusia kepada debu.

Pengkhotbah 12:7

(7)  dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

mujizat's picture

Samuel Franklyn, kamu pakai lipstick apa?

Bang,

Tulisan kamu memang bermakna bahwa Yesus berulang-kali turun-naik menjemput arwah orang2 mati tertentu, untuk dibawa PULANG KE RUMAH BAPA. Atau mau mengelak?

Kamu tidak menanggapi soal kedatangan Yesus yang kedua kali di I Tes 4:16-17

Apa kamu takut sama ayat itu?

I Tes 4:16-17

 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat y  berseru dan sangkakala Allah z berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga a  dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; b 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, c  akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan d menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. 

Gimana hayo?

Apa kamu pikir semua orang Kristen (yang benar) saat ini DI RUMAH BAPA?

Kalau mereka sudah di rumah Bapa sekarang, lalu apa maknanya I Tes 4:16-17?

Samuel Franklyn's picture

Makna 1 Tes 4:16-17 adalah kebangkitan tubuh

Makna 1 Tes 4:16-17 adalah kebangkitan tubuh.

1Co 15:51-54

(51)  Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,

(52)  dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

(53)  Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.

(54)  Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan.

Semua yang mati dalam Yesus dikumpulkan bersama dengan Yesus. Yesus bersama dengan Allah. Karena itu mereka juga berkumpul bersama Allah. Mereka menantikan hari kebangkitan tubuh mereka.
mujizat's picture

SF, penafsiranmu sangat RAPUH

Jadi, menurutmu, roh2 orang mati yang "benar" saat ini di Sorga, smentara tubuh mereka tergolek di bumi. Sayangnya, kitab Wahyu tidak sependapat dengan pemahaman kamu.

Wahyu 20:1-4

Kerajaan seribu tahun

20:1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga p  memegang anak kunci q  jurang maut r  dan suatu rantai besar di tangannya; 20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. s  Dan ia mengikatnya seribu tahun t  lamanya 1 ,20:3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, u  dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya v  di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa 2 , w  sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. 20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta x  dan orang-orang yang duduk di atasnya 3 ; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. y  Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya z  karena kesaksian tentang Yesus a  dan karena firman Allah; b  yang tidak menyembah binatang c  itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan d  mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah e  sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun 4 .

Ini seperti Teologi Pengaburan alias Teologi Abu-Abu kah?

Seperti mainan Taman Kanak-Kanak

Roh orang mati masuk sorga, turun lagi ke bumi memasuki raganya, lalu tubuh jasmaninya hidup lagi, terus naik ke sorga lagi? Ha ha haa, lucu, lucu,.. kurang kerjaan saja.

Tapi lebih asyik lagi kalau ayat2 di atas dilanjutkan

Wahyu 20:5-6

20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan f  pertama. 20:6 Berbahagia g  dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu 5 . Kematian h  yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam i  Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, j  seribu tahun lamanya.

Bang SF,

Yesus disebut juga sebagai Yang Sulung.

Ketika Yesus mati, dalam roh Dia tidak ke sorga, tetapi mengunjungi roh-roh orang mati (I Ptr 3:18-20).

Yesus naik ke Sorga SESUDAH Dia bangkit, maksudnya tubuh jasmani Yesus BANGKIT. Yesus naik ke Sorga dengan tubuh jasmaninya yang telah mengenakan tubuh kemuliaan. Pahami dulu ini bang.

Kecuali kalau kamu menyangkan bahwa ketika Yesus mati, roh-Nya PULANG KE RUMAH BAPA DI SORGA, lalu setelah itu, Yesus turun ke bumi memasuki raga-Nya, lalu bangkit hidup lagi, akhirnya PULANG KE RUMAH BAPA DI SORGA.

Jangan aneh-aneh bang, ini namanya penyesatan. Ini namanya penghiburan pepesan kosong. Dosa itu bang, bertobatlah sebelum ,...


Samuel Franklyn's picture

Mujizat kamu belum membaca Wahyu dengan teliti

Roh seseorang memang bisa naik ke sorga. 

Wahyu 4:1-2
(1)  Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.
(2)  Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang.

2 Kor 12:2-4
(2)  Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau--entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya--orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.
(3)  Aku juga tahu tentang orang itu, --entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya--
(4)  ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.
Ayat-ayat yang kamu kutip semuanya konteksnya kebangkitan tubuh dan bukan roh berada dimana sesudah mati. Sungguh jauh berbeda dengan ayat yang saya kutip.
1 Tes 4:13-14
(13)  Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.
(14)  Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
Didalam kitab Ibrani  dan Wahyu jelas dicatat Allah tidak sendirian di Sorga. 
Ibrani 12:22-24
(22)  Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,
(23)  dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna,
(24)  dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel.
Baca baik-baik ayat diatas "kamu sudah datang". Sudah bukan akan.
Wahyu 5:11-12
(11)  Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
(12)  katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"
Rev 5:11-12
(11)  Then I looked, and I heard the voice of many angels around the throne, the living creatures, and the elders; and the number of them was ten thousand times ten thousand, and thousands of thousands,
(12)  saying with a loud voice: Worthy is the Lamb who was slain to receive power and riches and wisdom, and strength and honor and glory and blessing!

 

pwijayanto's picture

memangnya tahu jalan pulang?

ketika seorang mahasiswa mengabarkan seorang temannya (yang juga saya kenal, karena beberapa hari sebelumnya, sempat berbincang dengan saya), meninggal dunia, melalui layar chatting, menuliskan "telah pulang ke rumah bapa", saya komentar (bertanya): "apakah dia tahu jalan pulang?"

mahasiswa tadi cuma menuliskan tanda senyum ( :) )

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

pwijayanto's picture

memangnya tahu jalan pulang?

ketika seorang mahasiswa mengabarkan seorang temannya (yang juga saya kenal, karena beberapa hari sebelumnya, sempat berbincang dengan saya), meninggal dunia, melalui layar chatting, menuliskan "telah pulang ke rumah bapa", saya komentar (bertanya): "apakah dia tahu jalan pulang?"

mahasiswa tadi cuma menuliskan tanda senyum ( :) )

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

mujizat's picture

pwijayanto, hanya org yg tidak tahu yang petentang petenteng

Pak Wijayanto,

Menurut hemat saya, Alkitab mengajarkan bahwa ketika seseorang meninggal, maka arwahnya DIBAWA OLEH MALAIKAT dan ditaruh di tempat yang semestinya, seperti contoh kasus orang kaya dan Lazarus.

Saya berpendapat, bahwa banyak orang mengira, kalau dia mereka mati, maka rohnya bisa bebas pergi kemanapun yang dia suka. Kalau dia lihat surga, ada bidadari, maka ia bisa berlari menghambur kepada bidadari. Mungkiiin begitu.

Barangkali ada juga yang beranggapan bahwa kalau seseorang merasa banyak berbuat kebaikan, maka dia ketika mati bisa petentang petenteng berjalan arwahnya dengan gagah menuju surga. Surgane simbah Maridjan po? Ha ha

hai hai's picture

@Mujizat, Pangkuan Abraham

Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. Lukas 16:20-22

Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lukas 16:23

Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun, lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutnya, tua dan suntuk umur, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya. Kej 25:7-8

Mujizat: Kalau kita meneliti Kitab Suci akan jelas bahwa orang mati yang beriman kepada Yesus akan dikumpulkan dulu di "pangkuan Abraham". mereka belum "mengenakan apa yang tidak dapat binasa" (rs Paulus). Kalau saat ini mereka sudah ada di Sorga, maka siapa yang dibangkitkan ketika Yesus datang di awan-awan?

MENAFSIRKAN:

FIRDAUS = PANGKUAN Abraham = SORGA

Namanya jugaTAFSIRAN ya bolah-boleh SAJA. Namanya juga TAFSIRAN ya MuSTAHIL ajaran Alkitab. Apa yang diajarkan Alkitab? Inilah yang diajarkan Alkitab:

Abraham di dalam KISAH Lazarus si PENGEMIS bukan NAMA SEBUAH TEMPAT. Kenapa demikian? Karena Orang kaya itu melihat Abraham di sebuah TEMPAT dan Lazarus duduk dipangkuannya. Kepada Abrahamlah orang kaya itu lalu NGERUMPI.

SETELAH mati Abraham DIKUMPULKAN dengan LELUHURNYA di PANGKUAN Abraham? Itu berarti ABRAHAM yang MEMANGKU ABRAHAM itu PASTI BUKAN manusia yang sudah ada sebelum Adam. Kenapa demikian? KArena Adam adalah LELUHUR Abraham bukan? Karena Abraham dan Adam sama-sama NONGKRONG di PANGKUAN Abraham bukan?

Abraham berapa BESAR TubuHNYa sehingga Lazarus bisa DUDUK di pangkuannya? Kalau setelah Mati HARUS nongkrong di pangkuan Abraham? Ha ha ha ha ha .... TAK U U ya?! Ha ha ha ha ha ha .... Mendingan di pangkuan Iis (ini istri saya) lagi. Ha  ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

Bang HAI HAI, asyiknya MENAFSIRKAN

Memang agak aneh mengapa dlm perumpamaan tersebut si miskin Lazarus didudukkan di pangkuan Abraham, kenapa bukan di pangkuan Adam,... !!

Apakah ini dikaitkan dengan janji Tuhan kepada Abraham bahwa dia akan menjadi bapa bagi sejumlah besar bangsa? (Sori, aku pinjem laptop anakku yg ga ada alkitabnya).

Menurut saya, tentu "pangkuan Abraham" tidak harus ditafsirkan secara huruf per huruf, tapi dipahami maknanya. Sebab, jika semua org miskin, ketika mereka mati "dilemparkan" ke pangkuan Abraham, kapan Abraham tidur?? Ha ha haa,.. baru mau tidur, mak GEDUBRAAKK,  ada arwah orang miskin yang barusan mati menimpa paha Abraham,.. kan penyiksaan namanya Ko? Ha haa

Tapi sebagian teolog mempunyai pemahaman bahwa arwah2 orang2 mati tertentu dikumpulkan di semacam "ruang tunggu" sampai Yesus datang kembali atau sampai hari kiamat.

hai hai's picture

@mujizat, Alkitab ditulis untuk dipahami

Alkiab ditulis untuk DIPAHAMI, bukan DITAFSIRKAN. apabila Yesus maksudkan bukan PANGKUANG Abraham secara HurufiaH, mustahil dia bilang PANGKuAN Abraham. Karena yang TERCATAT adalah PaNGKuaN Abraham maka kita PAHAMi saja sebagai PANGKuaN abraham.

Kapan Abrham tidur? DALANG dongeng TIDAK ada yang TIDUR. Dalam DONGENG, Abraham bisa MEMANGKU siapa saja.

Apabila anda MEMBACA dongeng, pahamilah itu SEBAGAI DONGENG. BUKAN menafsirkannya. Sama seperti yang harus kita lakukan ketika MENONTON film CarTOON Thom anda Jery.

Thom berlari kencang sekali dan ketika MEMANDANG ke bawah, dia pun melihat juraNG yang dalam sekali sehingga tidak kelihatan dasarnya. Dengan sisa TENAGA yang ADA, Thom pun berhenti BERLARI lalu BERBALIK dan LARI sekencangnya. Syukurlah, Dia tidak JADI jatuh ke dalam Jurang.

Ketika anda menonton adegan demikian dalam film Thom and Jery, anda HARUS memahami itu apa adanya. Anda MUSTAHIL menafsirkannya lalu BERKATA, itu adalah SIMBOL. Itu tidak boleh dipahami secara HURUFIAH namun harus dipahami SECARA ROHANIAH. itu adalah PeNGALAMAN ROHANi yang mustahil dipahami dengan AKAL, itu sebabnya HARUS DITAFSIRKAN agar lebih BERGUNA bagi Masyarakat.

Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ..... Itulah yang harus dilakukan oleh orang-orang yang membaca Alkitab. HARUS dipahami, TIDAK boleh DITAFSIRKAN.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kardi's picture

@hai hai,saya menantikan tulisannya setelah mati kemana?

@hai hai, saya menantikan tulisannya mengenai kematian seorang Kristen, dan ritual yang dilakukan keluarganya yang dibolehkan alkitab, bukan tradisi orang Tiong-Hoa yang katanya salah  itu.

Saya selalu mengikuti tulisan hai hai, yang walau membuat bingung sendiri tapi akhirnya ada sesuatu yang membuka wawasan pikiran saya. GBU

 

 

hai hai's picture

@Kardi, Menghadapi Kematian

Youzi ?? sedang berdiri bersama Ziyou ?? ketika melihat seorang anak sedang melampiaskan emosinya. Youzi lalu berkata kepada Ziyou, “Aku tidak dapat memahami orang-orang dewasa yang menyatakan kesedihan karena kematian dengan menangis sambil menghentak-hentakan kakinya. Sejak lama aku ingin menghapus kebiasaan itu. Menurutku, dalam berkabung, cukup asal menyatakan kesedihan yang mendalam.” Ziyou berkata, “Kesusilaan (Li ?) dimaksudkan untuk meredam emosi, juga dimaksudkan untuk membangkitkan emosi. Suku Rong ? dan Di ? memiliki tradisi untuk membiarkan emosi meluap bebas tanpa kendali.  Hal itu tidak sesuai dengan jalan suci kesusilaan (Lidao ??). Seseorang yang sedang merasa bahagia akan merasa gembira. Karena gembira, ia terpacu untuk menyanyi, ketika menyanyi ia terdorong untuk menari, ketika menari ia akan membiarkan emosinya meluap, setelah emosinya menguap ia akan merasa sedih, untuk mengungkapkan kesedihannya ia akan berkeluh-kesah, ketika berkeluh-kesah ia akan terdorong untuk meluapkan kesedihannya dengan memukul-mukul dada, ketika memukul-mukul dada ia terdorong untuk menghentak-hentakkan kakinya. Yang mengendalikan semua itu adalah kesusilaan (Li). Ketika menghadapi jasad orang mati, muncul perasaan takut dan tidak berdaya yang dapat membuat orang putus asa. Kebiasaan untuk menutup jenasah dengan kain, memasang tabir dan menghias peti mati dimaksudkan agar orang tidak merasa takut. Ketika seseorang meninggal, disajikan dendeng kering seolah akan melakukan perjalanan jauh. Ketika dikubur, kepadanya disajikan bermacam-macam sajian. Setelah dikuburkan, kepadanya disajikan berbagai makanan. Orang yang mati itu tidak ikut makan semua makanan yang disajikan baginya, namun kebiasaan ini dilakukan dari generasi ke generasi tanpa perbantahan. Semua itu dimaksudkan agar orang tidak merasa putus asa ketika menghadapi kematian. Itulah makna dibalik tata cara penguburan dan perkabungan. Menurutku, kecamanmu karena engkau salah dalam memahami tradisi.” Liji IIB:II:8 - Tangong xia

Kisanak, saya sudah membaca banyak buku dan kitab namun belum pernah menemukan yang tertulis di atas. Tata cara mengurus orang MATI sama sekali tidak dimaksudkan untuk orang yang MATI tersebut namun untuk orang handai taulan orang mati tersebut yang masi HIDUP. Saya tidak mengutip ayat-ayat Alkitab karena TERLALU banyak ayat yang HARUS dikutip sedangkan yang DIAJARKAN terlah dirangkumkan dengan baik oleh salah satu murid Kongzi yang bernama Ziyao.

Bila ada yang meninggal, mereka naik ke tempat yang tinggi lalu berteriak memanggil berkali-kali, juga dari bukit dan rawa. Mereka lalu menyertakan beras, daging serta pakaian. Menghadap Tian ? dan meninggalkan Di ?. Tubuh  dan nyawa (tipo ??) turun ke bawah, sementara zhiqi ?? (roh yang cerdas) naik ke atas. Orang mati di utara sementara orang hidup tinggal di selatan, di desa. Hal ini berlaku sejak purbakala. Liji VII:I:7 – Liyun

Kemana orang PERGI setelah mati?

  1. Manusia pada zaman Nuh setelah MATI mereka ke PENJARA (phulake)
  2. Manusia yang lainnya setelah mati mereka ke DUNIA orang MATI alias alam maut alias hades.

Menghadap Tian ? dan meninggalkan Di ?.

Di = TuHAN = YHWH

Tian = Allah = Elohim = Theos

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kardi's picture

@ hai hai terima kasih atas jawabannya

@ hai hai maaf telat baca jawabannya, saya masih terus menunggu blog hai-hai mengenai hades seperti yang dijanjikannya, mungkin ini hanya bagian dari pendahuluannya.Terima kasih, GLU