Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Benarkah orang Kristen tidak dapat dirasuk setan?

mujizat's picture

Sebagian Kristen berpendapat bahwa orang Kristen tidak dapat dirasuk setan karena adanya Roh Kudus dalam dirinya. Tapi ada sebuah kejadian di sebuah SMU Kristen (tak usahlah kusebut namanya) dimana banyak murid mengalami kerasukan setan secara massal di antaranya tentulah murid Kristen juga, mereka sampai trance (tak sadar) karena ketika kerasukan mrk berteriak-teriak tapi setelah sadar mereka bengong,... yang berarti memang mereka sungguh-sungguh kerasukan.

Seorang dosen Kristen denominasi tertentu mengatakan bahwa keberadaan Roh Kudus menyebabkan tidak mungkin-nya seorang Kristen kerasukan, karena Iblis dan roh jahat hanya bisa menggoda (berarti Iblis berada luar jiwa atau tubuh) dan bukan merasuki (di dalam tubuh atau jiwa untuk menguasai). Tapi menurut saya fakta di lapangan belum tentu demikian.

Bagaimana dengan Yudas?

Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia. (Yoh 13:2)

Di ayat tsb bolehlah diartikan bahwa Iblis berada di luar Yudas, dan hanya membisikkan rencananya kpd Yudas. Lalu ada ayat ini:

Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot. Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. (Yoh 13:26b,27a)

Nah, ayat itu tidak mungkin dapat disangkali bahwa Iblis dapat merasuki Yudas. Tapi apakah saat itu Yudas sudah ada Roh Kudus?

Saat itu Yesus masih Yesus, "belum menjadi" Immanuel. Sebab Yesus masih harus mati dulu, lalu Ia harus bangkit naik ke Sorga dulu, kemudian setelah itu Yesus dapat menjadi "Allah yang menyertai manusia" yaitu Immanuel.

Ketika Yesus sudah mati dan sudah bangkit dari kematian-Nya, maka Ia menghembusi kesebelas murid-Nya dan berkata:"Terimalah Roh Kudus" (Yoh 20:22), sehingga kesebelas murid2-Nya menerima Roh Kudus. Kemudian bersama banyak orang lainnya para murid Yesus itu dipenuhi Roh Kudus di hari raya Pentakosta (Kisah 2:1-4), dan memang dari kesebelas murid Yesus itu semuanya setia sampai mati, dan tidak pernah dirasuki setan dalam arti sampai dikuasai setan, teriak2 dst.

Tetapi bagaimana dengan contoh seseorang (tak perlu kusebut pula namanya) yang cinta Tuhan, sering mendoakan orang sakit dlm nama Yesus dan sembuh, sering mengusir setan demi nama Yesus, dan dari perilakunya dia tidak jahat, namun suatu kali dia pergi ke sebuah sungai kecil dekat rumahnya, tiba2 dia ngak sadar sampai berendam di air kali, dan beruntung ada seseorang yang kebetulan lewat, trus dipapahnya pulang dalam keadaan trance. Dia ngak pingsan tapi kalau diajak ngomong ngak nyambung. Ketika sampai di rumah, saat ketemu dengan anggota keluarganya dia bertanya:"kamu siapa??".

Nah, itulah fakta di lapangan.

Jadi, apakah orang Kristen masih dapat dirasuk setan?

Bagaimana jika seorang Kristen masuk anggota kuda lumping yang bener2 grup kuda lumping yang bener2 pakai kesurupan? (Bukan tepu2).

Kalau menurut hemat saya, ada baiknya memiliki pemahaman yang benar dahulu dalam hal "diselamatkan", "dipenuhi Roh Kudus" , "hidup dalam kekudusan" dst.

Ada ayat ini:

Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. (Yoh 14:23)

Saya berpendapat bahwa ayat tersebut mengajarkan bahwa KETAATAN seorang kristen kepada Firman Tuhan menyebabkan DUA pribadi ilahi lainnya, yaitu Bapa dan Yesus , MEREKA akan "tinggal" dalam diri orang taat Firman ini,... Dan di bawah kondisi ini, dimana Allah Tritunggal sepenuhnya "tinggal" dalam diri seseorang yang taat, maka TIADA YANG MUSTAHIL yang dapat terjadi, dan di bawah kondisi ini pula tak mungkin seseorang dapat dirasuki setan-setan.

Para rasul di gereja awal yang hidup dalam KETAATAN akan Firman Tuhan, mereka melayani disertai dengan tanda-tanda ajaib, oleh sebab ketaatan para rasul kepada Firman Yesus sehingga penyertaan Yesus menjadi FULL, itulah sebabnya orang2 dengan HIGH-FIDELITY seperti itu TIDAK MUNGKIN dapat dirasuk setan.

Artinya, orang Kristen "setengah-setengah" atau "suam-suam" MASIH DAPAT dirasuk setan,.... KAH??

Salam.

 

__________________

 Tani Desa

smile's picture

Merasuk bukan tujuan utama....

B.Muji,....

 

kalau orang kristen itu emangnya ada yang ga suam suam kuku?

Orang kristen ada yang ga melakukan dosa,

Rata rata  tiap hari dalam hidupnya,selalu melakukan kesalahan dan temasuk kategori dosa.

Saya ga percaya adanya kerasukan masal.

Saya ga percaya dengan orang yang kerasukan bisa dipegang oleh atu orang saja sudah tak berkutik,....

itu kerjaan anak anak aja biar ulangan dibatalkan atau prosesi belajar mengajar di hentikan....

mau bukti kalau orang kerasukan tenaganya seperti superman?

Markus
5:2 Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.
 

5:3 Orang itu diam di sana dan tidak ada seorang pun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai,
 

5:4 karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorang pun yang cukup kuat untuk menjinakkannya.
 

5:5 Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu

kerasukan bagi orang kristen?biasanya hanya pura pura aja, cari sensasi,..ketika sudah menerima Yesus, dan percaya tidak dapat dirasuki(IMO)

tujuan mereka sebenarnya ga merasuki manusia,..tapi  cukup menghancurkan kehidupan kita dengan tipu daya mereka  agar kita mendukakan roh kudus, yaitu dengan berbuat macam macam dosa.

 

ngerti ga yah b Muji?

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

mujizat's picture

Smile, kamu belum pernah lihat orang kerasukan?

Shalom,

Smile ngak percaya kerasukan massal?

Itu ada, itu banyak kasus. Kamu tinggal dimana? Di Jepang? Rusia?

Saya SERING melayani seorang yang kerasukan (sebagian) setan.

Ketika bermanifestasi, ada roh jahat tertentu yang bentuk manifestasinya akibatkan orang yang dirasuk tsb tenaganya berlipat.

Wahhh,... Smile, kamu perlu banyak pengalaman dunk,...

Salam.

__________________

 Tani Desa

smile's picture

Muji stress berat

Nah ini yang namanya SOK!

Ya jelas saya tinggal di Indonesia.

Kerasukan massal dari hongkong? Mana Buktinya?

Cuma cerita anda semata? ya lebih baik ngomong nya sama anak bayi aja.

Saya jamin anda ga akan punya talenta untuk bisa melakukan exorcism.

Kalau bisa tentunya itu kerasukan boong boongan. Anda ini kepala batu, sok ngeroh.

Jaman sekarag kerasukan hanya trik dan taktik saja.

Coba jawab saya,

seberapa besar tenaga setan?

Coba jawab saya, apakah orang yang kerasukan bisa matahin rantai?

Kalau bisa, baru saya percaya dengan kerasukan yang anda tangani.

Apa setan di amerika sama disini beda? Apa setan disini sama di jepang beda?

yang beda itu manusia, bukan setannya.

Pengalaman sih pengalaman, kalau ga ad bukti yang namanya gombalan.

emang anda sudah mengusir berapa setan ?

Coba saya tanya yang terakhir...nama setan setannya siapa saja?

Yang merasuk? karena iblis atau setan akan keluar dengan terpaksa setelah dia menyebutkan namanya.

ah, ada ada saja,...mimpi kok di blog....stress!

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

iik j's picture

kerasukan tidak rumit..

Hi smile & muji,

setelah off lama... I'm back... :P

Bukan masalah ga percaya iblis lho yah... (karena tentang mereka ada tertulis di Alkitab)

Dulu, saya sempat menilai terjadinya 'trance' tersebut adalah ulah iblis yang tidak menyukai pujian penyembahan, doa, dsb.. 

tapi ternyata pengalaman di lapangan membuktikan bahwa kerasukan2 yang sering dipertontonkan baik di kebaktian2 KKR atau di tempat umum atau dimanapun juga tempat2 lain kadang sebenarnya hanya berupa luapan emosional  yang tak terkendali (maaf saya tak tahu arti psikologisnya).

Dulu... sempat panik jika melihat orang2 yang dalam kondisi tak sadar dan berulah aneh seperti itu. tapi sekarang tidak lagi.

Kenapa?

Karena nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan dan serumit yang di-asumsikan. 

He he he.. cuma tinggal disentuh pelan saja, dan bilang "hei sudahlah... tidak usah berulah aneh2... Yesus mengasihimu..." 

Udah selesai. Dia diam, berhenti dan bisa diajak bicara baik2...

Jadi?

Kadang "orang Kristen" kita terlalu bombastis dengan meng-klaim ini roh apa .. dan itu roh apa... dan menggembar-gemborkan seolah2 'mereka' (roh-roh itu) hebat dan "sangar"... dan kita butuh perjuangan hebat untuk mengusirnya, tapi nyatanya?

Saya percaya, jika seseorang benar2 penuh dengan Roh Tuhan, pasti 'tidak segitunya' menggembar-gemborkan hal ini, karena dia pasti mengenal dengan baik KUASA yang ada di dalam dirinya dan kuasa iblis yang diusirnya...

Coba ditelaah lebih lanjut yah om muji... 

GBU smile & Om Muji...

 

mujizat's picture

Iik_J, soal kerasukan

Shalom IIk, selamat jumpa lagi.

Soal kerasukan kadang masih menimbulkan tanda tanya bagi yg belum pernah saksikan kasus spt ini, tapi tidak bagi yg sudah diberi kesempatan menangani soal ini.

Setuju mbak Iik_J , setan alis roh jahat bisa merasakan level kuasa yang menyertai seseorang. Seperti ketika menghadapi Yesus yang penuh Roh Kudus, maka setan2 gemetar, dan dengan sedikit perintah mrk langsung pergi tanpa kuasa melawan.

Pengalaman, sekali lagi pengalaman menunjukkan bahwa kedekatan seorang pelayan Tuhan dengan Tuhan Yesus, dengan sumber hidup melalui penyembahan dan ketaatan sepertinya berbanding agak lurus dg "level" urapan. Itulah sebabnya, dengan kata2 yang tidak harus teriak2 namun "full-power" maka setan mau tak mau harus patuh untuk keluar dari seseorang yang dirasukinya.

Agak geli juga teringat masa lalu, ketika mulai diajar Tuhan, sampai teriak2 waktu ngusir setan, ini seperti memotong kayu dengan pisau tumpul. Tapi jika pakai golok tajam, dengan sedikit tenaga maka kayu langsung terpotong.

Salam.

__________________

 Tani Desa

iik j's picture

Saya tidak berurusan dengan level urapan

 

setan alis roh jahat bisa merasakan level kuasa yang menyertai seseorang. Seperti ketika menghadapi Yesus yang penuh Roh Kudus, maka setan2 gemetar, dan dengan sedikit perintah mrk langsung pergi tanpa kuasa melawan.

Pengalaman, sekali lagi pengalaman menunjukkan bahwa kedekatan seorang pelayan Tuhan dengan Tuhan Yesus, dengan sumber hidup melalui penyembahan dan ketaatan sepertinya berbanding agak lurus dg "level" urapan. Itulah sebabnya, dengan kata2 yang tidak harus teriak2 namun "full-power" maka setan mau tak mau harus patuh untuk keluar dari seseorang yang dirasukinya.

 

Om Muji menyebut level urapan?

Maaf, saya tidak pernah berurusan dengan level urapan dan juga tidak pernah mau tahu tentang level urapan. Buat saya, itu bukan hal mutlak yang harus dipelajari. Dan lagi, bukannya urusan membuat level tidak pernah diperintahkan Yesus di Alkitab?

Jadi buat apa membuat level-level'an??

Buat saya sederhana saja, Markus: 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, ...

Itu kataNYA kan? Jadi, lakukan saja... (tidak usah ditambah2 level, asumsi manusia, pengajaran nge'roh, atau apapun juga)

sangat simple kan..

 

 

 

smile's picture

ik, si ROHaya tukang ngeroh

Itulah ik, kalau segala sesuatunya dihubungkan dengan musik ya jadinya lahir sosok Muji.

Saya percaya, jika seseorang benar2 penuh dengan Roh Tuhan, pasti 'tidak segitunya' menggembar-gemborkan hal ini, karena dia pasti mengenal dengan baik KUASA yang ada di dalam dirinya dan kuasa iblis yang diusirnya...

Itulah, Ik,karena dia belum apa apa, jadinya sok ngeroh,...Ilmu Padi keliatan banget berlaku buat muji.Dia baru ditanam tapi udah yang seperti padi mau dipetik.

Orang yang punya pengalaman itu pasti lebih pintar dan bijak bicara,yang baru baca alkitab aja yang sok ngeroh kek dia....

Rohaya...rohaya...emang susah tuh 'perempuan'

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

mujizat's picture

Smile, Muji bugar jasmani rohani

Shalom.

Dear Smile,

Setan banyak macemnya, jumlah yg masuk bisa variatif.

Dalam kasus di Gadara, Yesus mengusir setan yang jumlahnya banyak, saking banyaknya mereka menyebut kelompok mrk sebagai Legion. Itu setan dalam jumlah banyak. Setan ngak maha hadir. Di kasus gadara, setela kelompok Legion keluar dari org yg kerasukan, ada lebih kurang 2000 ekor babi yang dirasuki setan2 yg baru keluar itu, jadi sedikitnya ada 2000 ekor setan yang merasuki org di kuburan itu, makanya tenaganya berlipat-lipat dari orang lumrah, sampai bisa mutusin rantai besi.

Setan yg merasuki seseorang bisa banyak, bisa juga sedikit.

Baru hari kemaren, Senin 24 Oktober 2011 di sekolah tempat saya bekerja, ada siswa putri kerasukan (jur Listrik), kalau gak percaya datang saja ke sini, SMKN1 Magelang Jl Cawang 2 Kota Magelang jateng kodepos 56123. Beberapa orang yang memegangi siswi tsb merasakan tenaga yg kuat ketika anak tsb meronta, padahal dia siswi putri.

Smile, ha ha haa, Muji mana mungkin mimpi di blog?

Kalau setan ngaku namanya jin atau genderuwo atau mungkin ngaku engkongnya Smile, emang itu penting? Kalau Iblis bapa segala dusta, bukankah roh jahat juga bisa dusta? kalau setan yang lagi diusir ngaku bernama Jibril, haruskah kita percaya? Yang penting diusir saja.

Salam.

__________________

 Tani Desa

smile's picture

Muji....ga usah nyolot deh

Kalau setan ngaku namanya jin atau genderuwo atau mungkin ngaku engkongnya Smile, emang itu penting?

Muji, keliatannya anda itu memang sok yah. Jangan bawa bawa engkong gue dong.

Engkong kamu aja tuh ada dimana? neraka?

orang tua ga ada urusan sama obrolan ini anda bawa bawa. Gak punya sopan santun yah.

Baru hari kemaren, Senin 24 Oktober 2011 di sekolah tempat saya bekerja, ada siswa putri kerasukan (jur Listrik), kalau gak percaya datang saja ke sini, SMKN1 Magelang Jl Cawang 2 Kota Magelang jateng kodepos 56123. Beberapa orang yang memegangi siswi tsb merasakan tenaga yg kuat ketika anak tsb meronta, padahal dia siswi putri.

Coba turuti cara iik.....tepuk aja tuh anak...bilang aja, udah, ga usah kesurupan deh...
Yang aneh, kenapa selalu perempuan?

Anda ini memang sok ngeroh. Sok banget.Lama lama muak liat anda. Guru kok kayak gitu,kasihan murid murid anda....punya guru kek anda...

Coba kamu kalau deket...... saya yang bakal usir setan dari tubuh dan pikiran anda...mungkin (T)uhan Yesus pun mual liat tingkah kamu yang sok ngeroh...


__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Zakheus's picture

@kerasukan

menurutku seorang kristen sejati (yg benar2 mencintai Tuhan) tidak mungkin kerasukan...

Dulu juga mamaku sering menanam tanaman tertentu dan barang2 tertentu yg katanya sebagai PENANGKAL Mahluk halus..

Tapi setelah membaca kitab suci yang isinya krg lebih " Roh yang ada dalam dirimu lebih besar dari roh manapun yg ada didunia ini"

sejak itu saya percaya tidak akan mungkin oprang percaya kesurupan, kecuali jika orang tersebut sengaja membuka diri utk hal2 yg berbau mistik sepertinya yg dulu pernah dilakukan mamaku

 

 

Zakheus's picture

@kerasukan

menurutku seorang kristen sejati (yg benar2 mencintai Tuhan) tidak mungkin kerasukan...

Dulu juga mamaku sering menanam tanaman tertentu dan barang2 tertentu yg katanya sebagai PENANGKAL Mahluk halus..

Tapi setelah membaca kitab suci yang isinya krg lebih " Roh yang ada dalam dirimu lebih besar dari roh manapun yg ada didunia ini"

sejak itu saya percaya tidak akan mungkin oprang percaya kesurupan, kecuali jika orang tersebut sengaja membuka diri utk hal2 yg berbau mistik sepertinya yg dulu pernah dilakukan mamaku